aplikasi presentasi

cara presentasi

Aplikasi Presentasi

Blog about all latest PC & tech related news and info

Aplikasi Presentasi Terbaik dan Tips Melakukan Presentasi

Sebelum melakukan presentasi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dulu. Pertama tentu saja adalah menyiapkan materinya. Untuk menyelesaikan pekerjaan ini, butuh aplikasi presentasi yang sekarang jenisnya ada 2 macam yaitu aplikasi untuk PC atau komputer serta aplikasi untuk smartphone khususnya android.

Aplikasi Presentasi untuk Komputer

Bagian ini kita akan membahas dahulu mengenai aplikasi presentasi untuk komputer karena komputer sudah menjadi alat utama bekerja dan yang kedua barulah smartphone anda. Langsung saja berikut ini adalah daftar aplikasi presentasi untuk komputer:

Power Point

Salah satu software presentasi untuk PC atau komputer yang selama ini paling sering dipakai adalah Microsoft Office PowerPoint. Hampir semua orang yang pernah melakukan presentasi pasti kenal dengan aplikasi yang satu ini.

Dapat dikatakan, PowerPoint merupakan rajanya aplikasi presentasi karena sejak dulu hingga sekarang memang terkenal dengan kemampuannya yang sangat handal. Fitur-fiturnya sangat lengkap, mampu memberi bantukan maksimal pada semua orang yang ingin membuat materi presentasi.

Prezi

Tapi selain PowerPoint, ada sebuah sofware presentasi untuk PC lainnya dengan sistem kerja yang tidak kalah sempurnya bernama Prezi. Perangkat lunak ini menggunakan konsep Zoom dan sistem transisi menuju ruang baru dengan slide. Menurut beberapa pendapat yang pernah menggunakannya, Prezi sangat cocok untuk melakukan presentasi di dunia pendidikan seperti organisasi mahasiswa, dan sebagainya.

Customshow

Aplikasi presentasi berikutnya yang juga sangat bagus adalah CustomShow yang selama ini lebih sering dipakai oleh kalangan perusahaan dan pelaku bisnis. Karena CustomShow punya kemampuan yang sangat bagus, hampir menyamai PowerPoint.

SlideDog

SlideDog merupakan aplikasi yang juga bisa dipakai untuk membuat materi presentasi. Salah satu kelebihannya adalah mampu membuat pemakainya melakukan interaksi bersama audien. Selain itu pengguna bisa menambah live polling atau minta feedback dari audiens. Fiturnya bisa diaktifkan dan digerakan dengan ponsel yang berfungsi sebagai remote control.

Keynote

Aplikasi keynote ini berjalan di operating sistem Mac jadi jika anda tahu presentasi Steve Job, nah dia pasti pakai Keynote. Software ini jelas unggul dalam hal animasi, grafik, dll. Software ini mempunyai tema-tema pilihan yang jumlahnya ada 30 tema dan semuanya bisa dilengkapi dengan foto.

ClearSlide

Aplikasi berikutnya adalah ClearSlide dari SlideRocket yang sangat cocok dipakai oleh para presenter yang terjun di dunia marketing dan pemasaran. Melalui presentasi yang dijalankan dengan ClearSide, penawaran dan promosi produk dapat dilakukan dengan metode yang lebih mudah.

Slideshark

Selain itu masih ada lagi Slideshark yang juga sering digunakan oleh kalangan pemasar atau sales di seluruh dunia. Salah satu jenis fitur paling menarik yang dipunyai aplikasi ini adalah fitur untuk menyimpan, share dan melakukan tracking melalui jaringan intenet.

Haiku Deck

Aplikasi atau software presentasi untuk PC berikutnya, Haiku Deck merupakan suatu aplikasi yang berbasis templete. Sehingga presenter bisa membuat materi presentasi dengan tampilan yang lebih elegan. Jumlahnya ada 35 templete yang dilengkapi dengan foto sebanyak 35 juta pilihan.

Powtoon

Kemudian yang terakhir adalah aplikasi bernama Powtoon yang berbasis sistem animasi. Jadi presenter bisa membuat materi presentasi dalam bentuk video animasi dengan tampilan yang sangat unik. Selain itu, aplikasi ini lumayan mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Aplikasi Presentasi untuk Ponsel Android

Saat ini kegiatan presentasi tidak hanya dapat dilakukan dengan PC atau komputer dan laptop saja. Ponsel atau smartphone jenis android juga bisa dipakai untuk melakukan kegiatan yang sama. Apalagi sekarang sudah ada beberapa macam aplikasi presentasi untuk android dengan kemampuan yang sangat bagus, tidak kalah dengan aplikasi presentasi untuk PC atau laptop.

Impress

Impress merupakan salah satu aplikasi presentasi untuk android yang diciptakan oleh Libre Office. Kemampuannya hampir menyamai PowerPoint dari MS Office. Melalui aplikasi ini presenter bisa melalukan proses editing secara fleksibel.

Selain itu, juga dapat menambah gambar, agar tampilan materi presentasi bisa terlihat makin atraktif. Demikian pula dengan efek lainnya seperti animasi dan slideshow, semua bisa dibuat menurut kebutuhan.

Keistimewaan berikutnya, ukuran font dan bentuk hurufnya lebih beragam dan dapat dipakai pada ponsel android yang kapasitas RAM-nya hanya sebesar 512 Mb saja. Sedangkan ukuran minimal hardisk-nya 2 Gb dan layar dengan resolusi 1024 x 768.

Prezi

Prezi merupakan aplikasi presentasi yang tidak hanya bisa dipakai pada PC saja, namun juga dapat dioperasikan melalui smartphone android. Fitur yang disediakan software presentasi ini antara lain adalah membuat video, gambar, mengatur zoom dan menambah navigasi 2D atau 3D.

Selain itu, Prezi juga dapat dipakai untuk mengimpor file yang formatnya berbentuk ppt, jpg, pdf dan format-format lainnya. Kemudian untuk presenter yang tidak mempunyai waktu lagi untuk membuat templete, Prezi sudah menyediakannya secara lengkap.

Slideflight

Slideflight adalah aplikasi presentasi untuk android yang cocok dipakai untuk melaksanakan presentasi yang dilakukan oleh mahasiswa, kalangan bisnis dan event organizer. Sistem kerja aplikasi ini memiliki banyak kesamaan dengan MS PowerPoint, tinggal diklik saja.

Bukan itu saja, materi presentasi yang dibuat dengan Slideflight juga dapat diekspor dalam bentuk file pdf. Dan selain android, smartphone berbasis ios juga bisa menggunakan aplikasi dengan dengan mudah.

Beamer

Beamer merupakan aplikasi presentasi yang bentuk tampilannya berupa halaman, tidak slide seperti aplikasi presentasi lainnya. Meski terlihat aneh, namun software ini jadi lebih mudah dicetak dan dibagikan langsung pada audiens.

Spesifikasi smartphone android minimal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi ini antara lain memiliki RAM dengan kapasitas minimal 512 Mb dan memakai prosesor pentium 3 atau diatasnya. Sedangkan space hardisk yang dibutuhkan hanya sebesar 300 Mb saja.

Join Me

Join Me adalah aplikasi presentasi yang dapat dipakai untuk melakukan presentasi jarak jauh melalui konferensi berbasis audio dan suara. Presenter bisa mengundang beberapa orang pada waktu yang bersamaan setelah memberi kode khusus pada orang-orang tersebut. Selanjutnya konferensi atau presentasi dapat diselenggarakan secara langsung sambil menunjukan materi dan data.

Google Slides

Sepertinya Google tidak ingin ketinggalan dalam segala hal terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi. Perusahaan raksasa asal Amerika ini sudah membuat aplikasi presentasi yang dinamakan Google Slides. Segala macam pekerjaan seperti pengeditan, pasang templete, dan sebagainya bisa dikerjakan dengan aplikasi ini secara online.

Tips Membuat Materi Presentasi yang Menarik

Setelah mengetahui aplikasi presentasi untuk android dan software presentasi untuk PC, kini saatnya belajar membuat presentasi menarik agar audiens merasa senang mendengar aneka penjelasan yang disampaikan presenter. Apabila materi presentasi dibuat dengan baik, paling tidak akan ada 2 keuntungan yang akan didapat.

Keuntungan pertama audiens akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan kepada mereka. Selain itu materi juga gampang diingat, sehingga semua audiens akan bersenang hati melaksanakan materi yang diterima dari presenter. Keuntungan kedua, desain slide presentasi makin mudah dibuat jika materinya juga ditulis dengan cara yang benar.

Agar kedua keuntungan tersebut bisa diraih bersama-sama, ada beberapa teknik atau metode penulisan dan pembuatan materi yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Menggunakan Metode 5W+1H

Teknik ini sering dipakai oleh jurnalis saat membuat tulisan berita, tetapi juga bisa digunakan presenter dalam menyiapkan materi presentasi. Hanya saja metode tersebut tidak perlu dibuat atau diaplikasikan semua, namun cukup menggunakan what dan why serta how saja.

Apabila biasanya presenter lain lebih tertarik memakai what ketika mengawali presentasinya, maka kebiasaan ini boleh dirubah dengan awalan berupa why atau mengapa. Melalui metode ini audiens akan merasa penasaran lalu mau mendengar materi presentasi yang disampaikan untuk mereka.

Sebagai contoh adalah materi presentasi yang mengupas alasan kenapa kita harus belajar dan mengetahui ilmu tentang bisnis. Dari sini kemudian bisa dilanjutkan dengan poin yang kedua yaitu what atau apakah. Misalnya bisnis apa yang dapat memberi keuntungan besar atau bisa pula membahas perbedaan bidang bisnis antara yang satu dengan yang lain.

Dari sini lalu dilanjutkan lagi dengan materi how atau bagaimana. Materi tersebut berupa ulasan atau penjelasan tentang teknik-teknik berbisnis, tips memilih bisnis yang menguntungkan dan sebagainya. Melalui materi ini audiens bisa diajak untuk berdiskusi sekaligus dikasih ilustrasi agar semakin mudah memahami.

Metode Problem Solution

Cara membuat presentasi menarik berikutnya adalah menggunakan metode problem solution. Dalam metode ini audiens diberi semacam kesadaran agar bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sebagai tahap awal, buat materi yang berisi penjelasan tentang masalah atau problem tersebut.

Setelah itu, dilanjutkan dengan materi yang mengulas teknik pemecahan masalah atau metode untuk menyelesaikan masalah itu. Jadi materi harus dibuat secara terperinci dan lengkap agar audiens bisa memahami jika solusi yang ditawarkan presenter merupakan solusi terbaik untuk mereka.

Selain itu, materi tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan lain, misalnya apa saja yang bisa menjadi penyebab munculnya suatu masalah atau problem. Jadi jika diurutkan secara teratur, materi pertama berisi problem atau masalah, materi kedua penyebab dan materi ketiga adalah pemecahan masalah.

Metode Segitiga

Teknik atau cara membuat presentasi menarik yang ketiga disebut metode segitita. Dibanding yang pertama dan kedua, metode ini tergolong paling sederhana dan mudah dibuat. Materinya tinggal disusun secara berurutan dan dijelaskan satu demi satu.

Sebagai contohnya adalah materi tentang bagaimana cara jadi seorang pebisnis yang sukses. Untuk materi pertama, dapat diisi dengan tulisan atau contoh-contoh para pelaku bisnis yang berhasil menggapai kesuksesan.

Kemudian untuk materi berikutnya berisi penjelasan tentang teknik belajar menjadi pebisnis ulung. Misalnya belajar dengan tekun, selalu fokus pada pekerjaan atau bidang yang ditekuni, dan seterusnya.

Sedangkan materi terakhir berupa penjelasan atas segala urusan yang berkaitan dengan dunia bisnis. Misalnya jenis tantangan yang biasanya jadi halangan beserta cara menanggulanginya. Untuk materi yang ketiga ini, bisa dilakukan pengulangan tentang teknik-teknik para pebisnis dalam menyelesaikan rintangan yang mereka hadapi.

Tips Menyampaikan Presentasi yang Baik dan Menarik

Tidak berbeda dengan cara membuat presentasi, menyampaikan presentasi juga memerlukan strategi-strategi khusus. Bukan hanya seorang pemula saja, presenter yang sudah profesional sekalipun tetap membutuhkan strategi-strategi tersebut agar acara presentasi yang dijalankan bisa terlaksana dengan sukses.

Setidaknya ada 3 langkah utama yang perlu dikerjakan oleh presenter apabila ingin berhasil membuat presentasi menarik sehingga audiens merasa puas. Ketiga langkah tersebut masing-masing adalah persiapan, permulaan melakukan presentasi dan menyampaikan presentasi.

Tips Persiapan Presentasi

Sebelum mengawali dan menyampaikan presentasi, seorang presenter harus bisa melakukan persiapan sebagus mungkin. Bahkan persiapan ini harus dilaksanakan beberapa hari sebelum presentasi tersebut diselenggarakan.

Pertama adalah latihan pernafasan, karena seorang presenter harus dapat bicara dalam jangka waktu yang lumayan lama hingga beberapa jam. Latihan pernafasan ini bertujuan untuk jaga diri agar nafas tidak cepat habis saat menyampaikan materi presentasi dan berdiskusi dengan audiens.

Khusus untuk pemula, disarankan melakukan latihan menyampaikan presentasi kepada orang lain misalnya teman sendiri. Melalui latihan tersebut, tidak akan muncul rasa grogi saat harus berhadapan dengan audiens yang memiliki karakter berbeda-beda.

Bentuk latihan lain yang perlu dijalani yaitu bicara dengan bahasa tubuh atau body language. Kemampuan menggunakan bahasa tubuh adalah hal yang sangat penting agar bisa membuat presentasi menarik di hadapan audiens. Selain itu bahasa tubuh juga dapat menjadi semacam ciri khas seorang presenter.

Selanjutnya siapkan materi presentasi secara lengkap, seperti catatan kecil yang ditulis pada selembar kertas hingga materi lengkap yang dibuat dalam bentuk tulisan, slide, video, gambar dan sebagainya. Semua harus dikuasai dan dipelajari dengan cermat.

Setelah itu, lakukan adaptasi atau penyesuaian diri dengan lingkungan dimana presentasi akan diselenggarakan. Pelajari dengan seksama cara menggunakan proyektor, mikrofon, komputer atau laptop dan perlengkapan lainnya. Tujuannya agar saat presentasi berjalan bisa fokus dan selalu percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang.

Tips Memulai Presentasi

Sebelum membicarakan topik utama dalam presentasi sebaiknya dilakukan pembukaan. Salah satu caranya adalah memberi gambaran tentang tujuan presentasi tersebut pada audiens. Pada segmen ini, dapat disampaikan perasaan gembira pada audiens karena mendapat kesempatan bagus untuk bertemu dengan mereka.

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan memberi pertanyaan sebagai bentuk awal komunikasi dan diskusi. Tentu saja selain kabar, pertanyaan tersebut juga harus punya hubungan erat dengan topik presentasi yang mau disampaikan.

Berikutnya adalah memberi cerita singkat pada audiens yang topiknya juga berkaitan dengan topik presentasi. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan penyampaian data atau informasi lainnya yang mampu membuat audiens merasa penasaran dan tertarik mengikuti jalannya presentasi. Barulah setelah itu dapat diteruskan dengan penyampaian materi pokok presentasi.

Tips Melakukan Presentasi

Saat melakukan presentasi dan sedang membahas materi utama, komunikasi dengan audiens harus tetap dilakukan. Sehingga mereka mau mendengar penjelasan materi yang disampaikan dari awal hingga akhir.

Agar penyampaian materi pokok ini berjalan lancar dan tidak membosankan, saat bicara atau sedang memberi penjelasan jangan hanya melihat layar proyektor saja. Sambil menjelaskan melalui monitor, sekali-sekali presenter juga memperhatikan peserta presentasi hingga terjadi kontak mata dengan mereka.

Selain itu presenter harus mampu menunjukan jika dirinya memiliki rasa antutias yang tinggi atas materi yang ditunjukan pada audiens. Rasa antutias tinggi ini bisa diperlihatkan melalui penggunaan kata-kata menakjubkan, menggairahkan, mengejutkan, mencengangkan dan lain sebagainya saat menunjukan data dan informasi.

Cara membuat presentasi menarik juga dapat dilakukan dengan memberi ketegasan terhadap beberapa poin materi yang dianggap mempunyai arti sangat penting. Berilah penjelasan lebih lengkap pada poin-poin materi terpenting tersebut.

Kemudian yang terakhir, selalu biasakan diri menggunakan tatanan bahasa dan kalimat yang mudah dimengerti oleh audiens. Jangan terlalu sering memakai istilah bahasa asing jika kata tersebut ada dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa asing tidak dapat dijadikan jaminan untuk menunjukan tingkat intelektualitas seorang presenter.

Demikianlah ulasan lengkap tentang jenis-jenis aplikasi presentasi, software presentasi, cara presentasi, dan tips membuat presentasi menarik untuk audiens. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk semuanya.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih VGA

LEAVE A REPLY

Anal