Bahasa Pemrograman Pascal

belajar pascal

Bahasa Pemrograman Pascal

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal dan Peranannya Bagi Pemula

Di dalam pemograman ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari, dari algoritma sampai bahasa pemrogramannya. Bahasa pemrograman terdiri atas banyak sekali, yang paling sering didengar adalah Pascal, Java, dan C++ padahal sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang lain. Namun yang paling mudah adalah Pascal sehingga bagi Anda yang pemula bisa lebih mengerti. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai bahasa pemrograman Pascal dengan lebih lengkap.

Mari kita sama-sama belajar mengenai pengertian bahasa pemrograman Pascal agar lebih bisa mengenalnya.

Apa Sih Itu Bahasa Pemrograman Pascal?

Pascal bisa dibilang sebuah bahasa pemrograman yang biasanya dipelajari sebagai pengantar para pemula ketika akan memulai belajar algoritma serta pemrograman. Jadi, ini adalah bahasa pemrograman dasar yang perlu dipahami pemula. Pascal menjadi sangat mudah dipelajari karena segala perintahnya mirip bahasa Inggris. Seperti end, begin, read, dan write.

Sedikit membahas sejarah Pascal, sebenarnya Pascal dirancang untuk bisa digunakan pada keperluan akademik. Oleh karena ini sampai saat ini Pascal selalu dipelajari di berbagai sekolah sampai universitas di seluruh dunia. Selain itu Pascal juga adalah bahasa pemrograman yang dipakai pada Olimpiade Sains Nasional dalam bidang komputer.

Pascal dikembangkan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth dan populer sampai tahun 1990-an. Jika Anda sebagai pemula mengerti bahasa pemrograman ini maka nantinya bisa lebih mudah memahami bahasa pemrograman lainnya karena sudah tahu dasarnya.

Nama Pascal diambil dari Blaise Pascal yang merupakan ilmuwan asal Perancis yang menjadi pembuat kalkulator mekanis pertama yang menjadi cikal bakal dari komputer sekarang ini. Pascal dibuat atau di-design dengan structured programming yang akhirnya kini jadi popular sehingga bahasa pemrograman yang baru sering menggunakannya. Sejak dipublikasikan pada tahun 1970 akhirnya Pascal banyak dipakai  di universitas yang ada di Amerika dan Eropa.

Namun saat itu karena harga komputer sangat mahal maka bisa dipakai hanya oleh kalangan tertentu. Biasanya oleh universitas, dan perusahaan besar. Oleh karena sekarang ada banyak sekali bahasa pemrograman makanya bahasa Pascal mulai kalah bersaing dengan Basic, Algol, C, dan Fortran. Sejak tahun pertama dirilis mulai banyak bermunculan compiler bahasa Pascal atau program yang dipakai untuk jalankan bahasa Pascal. Ada UCSD Pascal, Turbo Pascal, dan Microsoft Pascal.

UCSD Pascal adalah compiler Pascal yang pertama kali dibuat oleh University of California. Compiler ini memang dibuat khusus untuk UCSD p-system. UCSD p-system merupakan sistem operasi yang ketika itu bisa dipilih jika membeli IBM PC. Setelah melihat adanya perkembangan akan Pascal maka kemudian Microsoft mengeluarkan Microsoft Pascal. Sayangnya tidak begitu popular karena harganya yang mahal. Selanjutnya baru dibentuk Turbo Pascal yang dibuat oleh sebuah perusahaan software bernama Borland.

Fitur-fitur yang Ada di Dalam Pascal

Sekarang mari sedikit belajar mengenai fitur yang ada pada bahasa pemrograman Pascal. Fitur yang ada dalam Pascal cocok digunakan dalam pembuatan aplikasi komersil dan sebagai bahan pembelajaran pemrograman. Berikut ini fitur-fitur yang dimaksud.

  • Tipe Data Bentukan

Pascal memperbolehkan Anda membuat tipe data bentukan yang bisa Anda definisikan sendiri.

  • Tipe Data Bawaan

Bahasa pemrograman ini memiliki data standar yang sangat umum Anda temukan dalam bahasa pemrograman lainnya seperti Real, Integrer, Character, dan Boolean.

  • Aturan Tipe Datanya Ketat

Maksudnya adalah Pascal itu membatasi hal-hal seperti penggunaan tipe data. Anda hanya dapat memakai variabel hanya untuk satu tipe data. Dan sebelum digunakan maka harus dilakukan deklarasi dulu.

  • Punya Macam-macam Struktur Data

Struktur data yang ada bahasa pemrograman ini antara lain Record, Array, Set, dan File.

  • Sederhana dan Ekspresif

Bahasa pemrograman Pascal menjadi sangat mudah dipelajari dan dipahami karena perintah-perintahnya kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

  • Mendukung Struktural Programming

Bahasa Pascal digunakan atau dirancang menggunakan konsep pemrograman terstruktur. Konsep tersebut mendukung sub program dengan menggunakan prosedur, dan fungsi.

  • Mendukung Pemrograman Objek

Pemrograman berbasis objek didukung oleh Pascal apalagi pada bagian compiler versi paling terakhir.

Itu dia apa saja fitur-fitur di dalam Pascal. Sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tentang Pascal kan? Namun, masih ada pembahasan lainnya agar pengetahuan Anda lebih bertambah

Meski Pascal mudah sekali dipelajari tapi Anda tidak boleh hanya menguasainya karena ini hanya dasarnya saja. Pascal hanya bisa digunakan untuk membuat program sederhana, tidak bisa yang besar. Ini dikarenakan perintahnya sangat terbatas. Tipe data dari Pascal adalah boolean, integer, string, dan lain-lain yang disebut dengan variabel. Kegunaan dari variabel adalah menyimpan nilai tertentu yang tergantung dengan jenis variabelnya. Oleh karena terstruktur maka Pascal mempunyai sintaks yang penulisannya dapat dipecah menjadi berbagai fungsi kecil dan dapat digunakan berulang-ulang.

Fakta lainnya, meski mudah tapi Pascal disebut dengan High Level Programming. Maksudnya adalah dimengerti dengan baik oleh manusia tapi tidak oleh mesin. Jadi jika ingin bisa diproses mesin harus diterjemahkan menggunakan bahasa pemrograman lainnya. Pascal memang dibuat agar para pemula lebih paham akan konsep pemrograman komputer jadi tidak mengapa jika Anda tidak bisa menciptakan aplikasi-aplikasi besar. Setelah belajar bahasa pemrograman lain pasti Anda bisa menjadi programmer yang lebih baik lagi.

Agar Anda paham akan konsep pemrograman menggunakan Pascal maka harus tahu hal-hal penting yang umum ada pada bahasa pemrograman apa saja atau the programming concept, antara lain sebagai berikut.

  • Tipe data dan variabel. Di dalam hal ini Anda harus mengenal boolean, integer, dan string.
  • Input dan Output. Di dalam bahasa pemrograman ini digunakan perintah white dan read.
  • Perulangan. Di dalam hal ini Anda akan menggunakan perintah while dan for.
  • Subrutin. Di dalamnya ada Fungsi dan Prosedur.
  • Percabangan. Di dalam hal ini perintah yang digunakan adalah case dan if.

Jika Anda sudah hafal dengan perintah-perintah yang  ada dalam Pascal maka Anda setidaknya sudah lumayan mengerti mengenai pemrograman. Agar lebih mengerti lagi maka Anda harus bisa membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Ketika memulainya mungkin Anda akan gagal tapi dari sini Anda jadi tahu bagaimana cara membetulkannya. Dengan demikian Anda bisa lebih cepat menguasai Pascal sehingga bisa beralih mempelajari bahasa pemrograman lainnya yang lebih sulit. Intinya tetap belajar.

Di dalam Pascal ada begitu banyak hal yang harus dipelajari sebut saja belajar penulisan kodenya, mengenal tipe data pascal lebih dalam, aritmatika pascal, struktur program, jenis-jenis operator pascal, perulangan-perulangan, deret pascal, dan banyak hal lainnya.

Jadi, apa pentingnya belajar pascal bagi pemula? Jawabannya agar bisa mengerti kinerja pemrograman karena inilah dasar dari bahasa pemrograman. Meski memang tidak banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila Anda masih SMA, mempelajari pascal sejak sekolah bisa menjadi pengantar bagi Anda jika akan mengambil kuliah jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Akan tetapi, Anda tidak cocok mempelajari Pascal apabila sudah paham bagaimana garis besar algoritma dan Anda ingin menguasai bahasa yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Langsung saja belajar Java, C#, C++, Python, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan tentang bahasa pemrograman Pascal yang membahas tentang apa itu Pascal dan apa kegunaannya bagi para pemula. Semoga bermanfaat dan Anda bisa cepat menguasainya. Nah apakah anda ingin menjadi programmer? Apa anda tiba-tiba berminat ingin belajar pascal? Jika anda ingin belajar pascal melalui blog ini silahkan meninggal komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membagi Bandwidth

LEAVE A REPLY