belajar algoritma pemrograman

belajar algoritma untuk pemula

Belajar Algoritma Pemrograman

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Algoritma Pemrograman Dasar untuk Pemula

Mempelajari bahasa pemrograman di zaman sekarang ini sangat penting karena memang kebutuhannya sudah semakin banyak. Jika Anda menguasainya maka bisa dijadikan peluang untuk dijadikan sebagai mata pencaharian. Maka dari itu, sekarang banyak sekali yang mempelajarinya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, bisa mempelajari hal ini akan sangat menguntungkan. Jika Anda ingin mempelajarinya maka yang menjadi dasar adalah algoritma pemrograman. Di sini akan diberikan informasi kepada Anda mengenai bagaimana cara belajar algoritma pemrograman.

Istilah algoritma mungkin sudah sering Anda dengar ketika di sekolah pada pelajaran matematika. Benar kan? Namun nyatanya algoritma juga bagian dari teknologi meski pengertiannya dengan algoritma matematika itu sama. Apakah Anda masih ingat apa yang dimaksud dengan algoritma.

Sekadar mengingatkan, algoritma adalah langkah-langkah atau urutan yang dilakukan agar pemecahan sebuah masalah bisa dilakukan. Jika diasumsikan pada kegiatan sehari-hari bisa seperti sedang memasak kue atau mie instan untuk lebih umumnya. Agar bisa menghasilkan makanan yang jadi maka harus ada proses yang dilakukan dan biasanya semuanya diurutkan.

Jika Anda berurusan dengan pemrograman maka logika Anda harus benar-benar dipakai agar bisa memecahkan masalah pemrograman yang akan Anda lakukan. Hal ini bisa dilatih dengan banyak cara yang bisa Anda lakukan. Di bawah nanti akan dibahas sedikit mengenai bagaimana cara memahami dan belajar algoritma pemrograman dengan mudah. Namun sebelumnya akan dibahas dulu lebih banyak mengenai algoritma pemograman bagi Anda yang sama sekali belum mengerti akan hal ini.

Mengenal Algoritma Pemograman Bagi Pemula

Algoritma bisa diartikan sebagai langkah-langkah yang logis agar dapat menyelesaikan masalah. Segala halnya diurutkan dengan sistematis. Jadi, apabila langkah-langkahnya tidak benar maka sebuah program tidak akan berjalan. Jika ini terjadi maka algoritma harus kembali disusun agar masalah dapat terpecahkan.

Algoritma bisa diartikan juga dengan metode, logika, dan tahapan sistematis yang fungsinya untuk memecahkan masalah. Algoritma pemrograman memiliki lima ciri penting, hal ini telah ditulis oleh Donald E. Knuth dalam buku dengan judul The Art of Computer Programming. Lima ciri penting yang dimaksudkan antara lain.

  • Algoritma harus berhenti ditulis jika Anda telah mengerjakan langkah-langkah yang terbatas.
  • Algoritma mempunyai nol, bisa juga lebih masukan atau input.
  • Semua langkah dalam algoritma harus didefinisikan dengan tepat jadi tidak ada yang ambigu atau berarti dua.
  • Algoritma harus efisien dan efektif.
  • Algoritma memiliki nol pada lebih keluaran atau output.

Cara Penulisan Algoritma Pemrograman

Secara garis besar, penyajian algoritma terbagi menjadi gambar dan tulisan. Jika menggunakan gambar adalah dengan flowchart. Flowchart adalah bagan yang menunjukan alir dalam sebuah program. Bagan ini akan dijadikan sebagai alat bantu dalam melakukan dokumentasi, dan komunikasi.

Pengambaran flowchart adalah dengan menggambar halaman dari bagian atas menuju bagian bawah. Dan dari bagian kiri ke bagian kanan. Anda harus menggambarkan atau mendefinisikannya dengan hati-hati agar pembaca bisa mengerti apa yang dimaksud. Kemudian waktu mulai dan berakhirnya harus Anda tentukan dengan cara yang jelas. Bukan hanya itu, setiap langkah yang akan dibuat harus Anda uraikan memakai deskripsi kata kerja, urutkan segala aktivitas dengan benar, dan pakai berbagai simbol flowchart standar.

Sedangkan jika menggunakan tulisan maka penyajiannya dengan menggunakan struktur bahasa tertentu, bisa dengan bahasa Inggris, Indonesia, dan pseudocode. Pseudocode adalah sebuah kode yang digunakan dalam pemrograman misalnya, C dan Pascal. Bahasa ini akan dikomunikasikan ke seorang programmer. Bahasa ini memang rumit karena menggunakan kode-kode yang harus Anda hapalkan di luar kepala. Jika Anda menggunakan notasi ini maka ada keuntungan yang bisa Anda rasakan, yaitu Anda bisa lebih mudah menerjemahkan notasi bahasa pemrograman.

Ada satu lagi cara yang dinamakan cara deskriptif. Jika menggunakan cara ini maka Anda harus menjelaskan setiap langkah-langkah menggunakan bahasa yang jelas. Salah satunya bisa menggunakan bilangan maksimum. Dengan cara ini Anda harus menggunakan tiga bilangan bulat yang maksimumnya ada di antara tiga bilangan tersebut. Jika akan menggunakan langkah ini maka Anda harus mengerti berbagai jenis bilangan atau algoritma yang ada dalam pelajaran matematika.

Itu dia bagaimana cara-cara penulisannya tapi maaf karena contohnya tidak akan diberikan di sini. Anda bisa belajar lebih banyak di buku mengenai algoritma pemrograman atau di website yang khusus membahas masalah ini.

Sudah mengerti dengan apa yang dimaksud algoritma pemrograman? Jika belum, setidaknya Anda sudah tahu lebih banyak mengenai hal ini. Sekarang lanjut ke bagaimana cara mempelajari algoritma pemrograman agar lebih mengerti.

Tips Memahami dan Menguasai Algoritma Pemrograman

Sebelum menjadi mahir dalam melakukan sesuatu tentunya harus dilakukan pembelajaran secara intensif dulu, begitu juga agar memahami algoritma pemrograman. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar cepat mengerti segala hal yang berhubungan dengan algoritma pemrograman. Berikut ini beberapa tipsnya.

Banyak Latihan

Ini adalah tips yang akan selalu diberikan kepada Anda yang ingin belajar apa saja. Pepatah bahasa Inggris mengatakan “Practice Make Perfect”, arti luasnya adalah dengan latihan maka kemampuan akan berkembang dengan lebih baik. Ini tidak hanya dilakukan pemula, orang yang sudah ahli saja harus terus belajar.

Latihan yang bisa Anda lakukan agar cepat menguasai algoritma pemrograman adalah belajar membuat solusi berbagai persoalan dengan menggunakan logika. Buat saja permasalahan sendiri kemudian cari jalan keluar atau solusinya. Meski sudah sering mendapatkan tugas dari dosen tapi Anda harus tetap memecahkan masalah lainnya karena masih banyak permasalahan lain yang harus dihadapi. Ilmu diluar tugas dosen itu lebih luas.

Banyak juga programmer pemula yang masih merasa sulit ketika harus mengekspresikan algoritma dalam pikirannya ke dalam algoritma pemrograman. Hal ini bisa dilatih dengan lebih banyak melihat contoh algoritma yang sudah ada. Semakin lama jam terbang Anda, dan semakin banyak masalah yang bisa dipecahkan maka Anda akan lebih berpeluang menjadi seorang programmer yang hebat.

Pelajari Dulu Bahasa Pemrograman yang Anda Suka

Meski ada banyak sekali bahasa pemrograman tapi Anda bisa mulai dulu dengan yang Anda suka. Apabila telah ada konsep algoritma yang dipegang maka Anda akan lebih mudah pindah ke bahasa yang lainnya karena Anda telah menguasai bahasa sebelumnya. Semakin banyak bahasa pemrograman yang Anda kuasai maka semakin besar kesempatan Anda untuk sukses menjadi seorang programmer profesional. Ini karena setiap perusahaan atau klien perseorangan membutuhkan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Ada yang butuh C++, Java, dan lain sebagainya.

Itu dia cara-cara dasar bagi Anda yang ingin cepat menguasai algoritma pemrograman. Memang awalnya belajar algoritma pemrograman sulit karena masih binggung dengan maksud-maksud dari sebuah permasalahan.

Demikianlah sedikit pembahasan dasar, dan pengertian dari algoritma pemrograman bagi Anda yang ingin belajar algoritma pemrograman. Jika Anda tekun pastinya bisa menjadi programmer yang andal, intinya Anda harus banyak latihan agar bisa lebih berkembang pengetahuannya. Jika Anda memahami dasar-dasar dari algoritma pemrograman mungkin nanti akan lebih mudah belajar. Jika Anda tidak bisa kuliah sistem informatika, Anda bisa belajar lewat buku mengenai bahasa pemrograman.

Anda ingin belajar alogritma pemrograman? Silahkan meninggalkan komentar di bagian bawah posting ini jika anda ingin belajar melalui blog ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membagi Bandwidth

2 RESPONSES

  1. Upin

    September 15, 2017 4:40 pm

    REPLY

    Tolong dilanjutkan kakak bagaimana cara nya

LEAVE A REPLY

Anal