belajar bahasa pemrograman

belajar membuat program

Belajar Bahasa Pemrograman

Blog about all latest PC & tech related news and info

Suka Duka Belajar Bahasa Pemrograman Bagi Pemula

Kali ini saya ingin mengulas mengenai bahasa pemrograman, bahasan kali ini sangat teknis terutama untuk anda-anda yang suka dunia IT pasti akan suka. Posting ini mengenai belajar bahasa pemrograman, apa sih itu bahasa pemrograman, cara belajarnya dan lain-lain. Dalam posting ini saya ingin mengajak anda yang gemar belajar/suka dunia IT untuk memberikan vote atau comment apakah anda suka belajar pemrograman secara otodidak/belajar sendiri?

Ada bagian dari blog ini/kategori yang bertujuan untuk memberikan belajar komputer gratis, untuk itu pada kesempatan posting ini saya ingin mencari tahu seberapa banyak minat pembaca blog ini ingin memanfaatkan blog ini untuk belajar dunia pemrograman.

Apa itu Bahasa Pemrograman

Pengertian dari bahasa pemrograman menurut saya yaitu sebuah bahasa/kode yang anda ketikkan pada komputer sehigga komputer akan melakukan apa yang anda perintahkan. Ada berbagai macam bahasa pemrograman, mungkin anda sudah banyak yang tahu jenis-jenis bahasa pemrograman yang ada di dunia. Pembahasan ini lebih cocok untuk anda-anda yang masih beginner dalam dunia pemrograman atau anak-anak SMA yang masih mau masuk dunia IT.

Contoh beberapa bahasa pemrograman yang ada yaitu:

  • Bahasa Pascal
  • C/C++/C#
  • Basic
  • Java
  • Android
  • dsb

Masih banyak lagi bahasa pemrograman dan tidak ada batas untuk anda belajar dan berkreasi di dunia ini. Apalagi sekarang dunia mobile sudah menggunakan bahasa pemrograman juga. Komputer akan semakin tertinggal dengan gadget-gadget canggih yang sudah dapat diprogram.

Apakah Saya Tepat Belajar Bahasa Pemrograman

Bagi anda yang masih SMA dan memilih untuk pemrograman komputer anda jangan berpikir bahwa belajar komputer akan sama ketika anda di SMA. Ketika di bangku kuliah belajar bahasa pemrograman lebih sulit daripada belajar program-program aplikasi seperti photoshop, microsoft office, dll. Untuk itu anda harus menanyakan ini pada diri anda sendiri “apakah saya tepat belajar bahasa pemrograman?”

Pendapat saya anda yang berkarakter introvert cenderung lebih cocok untuk belajar bahasa pemrograman. Kenapa? Karena orang introvert lebih suka menyendiri, jarang suka bergaul nah itulah momen-momen dimana anda bisa bergulat dengan komputer anda belajar bahasa pemrograman.

Selain introvert anda harus tahan stress karena belajar membuat program terkadang ada error yang harus diselesaikan sendiri tidak bisa oleh orang lain (ini akan saya jelaskan pada posting yang lain). Ketika ini terjadi anda akan duduk lama di depan komputer dan mencari error 1 per 1, jadi tingkat stress jauh lebih tinggi dibandingkan dengan belajar yang lainnya.

Anda tidak perlu pintar yang perlu adalah rajin, sering latihan membuat program akan mengasah logika anda dan secara otomatis ketika anda dihadapkan dengan bahasa pemrograman otomatis otak anda akan langsung bisa membaca apa yang akan dilakukan oleh komputer ketika program ini dijalankan.

Bagi anda yang tidak termasuk dalam kategori yang sudah saya sebutkan jangan berkecil hati, jika memang anda minat di bidang ini anda pasti bisa untuk menguasainya. Tetapi karakter yang saya sebutkan tadi jika anda adalah salah satunya maka anda sangat cocok untuk menjadi programmer sejati.

Cara Terbaik Belajar Bahasa Pemrograman

Bagi anda yang masih pemula jelas ingin mengetahui cara belajar terbaik seperti apa, ada berbagai macam cara untuk belajar bahasa pemrograman dan ini saya baca dari Quora. Dari sana ada bagian yang menjawab cara belajar terbaik untuk belajar bahasa pemrograman, nah berikut ini saya sajikan kepada anda semuanya

Belajar dari Buku yang Sudah Lama

Anda berpikir buat apa belajar dari buku lama tetapi kenyataannya ilmu pemrograman tidak pernah mati dan setiap hari ada saja buku baru yang muncul. Untuk itu jangan meremehkan yang sudah lama yang mungkin di dalam buku itu berisi ilmu yang berguna bagi anda.

  • Pros : buku lama sudah pasti sumbernya terpercaya. Buku biasanya berisi informasi yang lengkap mengenai topik yang dibahas.
  • Cons : informasi pada buku tidak bisa terupdate secara otomatis

Untuk menemukan buku programming anda bisa download dan mencari pada link tersebut mana yang cocok buat anda.

Latihan Membuat Program

Konsep ini adalah learning by doing, jadi anda belajar/latihan dengan membuat program sederhana untuk mengasah kemampuan logika anda.

  • Pros : Dengan menjalankan latihan anda jelas lebih mengerti cara menulis coding, bagaimana mengaplikasikan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa pemrograman. Banyak latihan akan semakin mengasah skill anda dalam coding.
  • Cons : Ada suatu titik dimana ketika anda ingin komputer melakukan hal tertentu tetapi anda bingung tidak tahu harus menulis coding apa. Hal ini bisa membuat anda frustasi.

Video Tutorial

Video tutorial bisa sangat membantu anda untuk latihan secara karena anda melihat bagaimana video menjelaskan coding yang dituliskan. Ada 2 macam video tutorial yaitu screen dari coding dengan penjelasan dan yang kedua adalah kombinasi face to face video bersamaan dengan screen coding. Treehouse adalah salah satu tempat belajar yang bagus yang menyediakan video tutorial.

  • Pros : Belajar dari sebuah video lebih mudah daripada anda harus membaca buku dan mengaplikasikannya.
  • Cons : Terkadang pada video anda belum tentu mengerti konsep yang dijelaskan sehingga anda harus lebih dalam lagi belajarnya.

Menggunakan Learning Interactive Platform

Belajar dengan cara ini sangat asik anda bisa menuils coding dan hasilnya dapat anda lihat secara langsung sehingga belajar dengan cara ini bisa lebih asik dan fun tentunya.

  • Pros : Interactive plaftorm sangat bagus ketika anda bosan dengan cara belajar yang lama. Anda bisa bertemu dengan coder lain sehingga anda bisa share pengalaman.
  • Cons : Jika anda belajar dengan cara ini saja, ada tidak bisa mendapatkan ilmu yang lengkap pada topik yang anda inginkan.

Untuk beberapa website yang dapat anda gunakan untuk interactive platform yaitu:

Mengikuti Kelas Programming atau Workshop

Belajar cara ini mirip dengan les privat, cara ini yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia untuk mengejar ketinggalan di sekolah.

  • Pros : Anda bisa berinteraksi dengan guru disana sehingga anda bisa lebih mengerti. Jika ada yang tidak mengerti anda bisa mengajukan pertanyaan.
  • Cons : Memerlukan biaya tambahan dan belum tentu anda menemukan kelas/workshop yang sesuai dengan keinginan anda.

Membuat Sebuah Project

Belajar dengan cara ini hanya untuk yang sudah mahir sehingga dalam suatu project anda bisa mengerti lebih dalam apa saja yang perlu dilakukan.

  • Pros : Anda bisa mengerti lebih mendalam bagaimana cara programming dalam kehidupan nyata bukan hanya di sekolahan saja.
  • Cons : Jika anda belum mahir anda akan bingung harus melakukan apa.

Bagian Tersulit Belajar Bahasa Pemrograman

Siapa bilan jadi programmer itu mudah? Semuanya perlu perjuangan bukan? Nah setelah anda mengetahui berbagai macam cara belajar pemrograman sekarang saya ingin membahas mengenai bagian tersulit ketika anda belajar yaitu:

  1. Anda tidak mengetahui mulai belajar dengan bahasa apa. Apakah C, C++, Java, PHP? Anda akan bertanya pada guru, teman, advance programmer dan lama kelamaan anda makin bingung harus mulai darimana.
  2. Anda tidak mengetahui dimana harus belajar. Ketika banyak yang harus dipelajari anda malah bingung nantinya harus belajar dimana apakah webiste? Buku? Video tutorial?
  3. Anda tidak mengetahui apa yang perlu dipelajari. Bahasa pemrograman pada hari ini sangat banyak apakah anda ingin belajar desktop, mobile apps, website? Anda akan bingung mau memilih yang mana.
  4. Anda tidak mengetahui cara belajarnya. Makin bingung lagi anda tidak mengerti cara belajarnya, apakah anda harus membaca buku, nonton video tutorial, dsb.

Itu beberapa bagian tersulit yang saya temukan dari sumber Quora yang memang semua programmer pasti mengalami hal ini. Belajar bahasa pemrograman tidak ada matinya. Anda harus siap untuk belajar dan terus belajar untuk update ilmu anda jika tidak ilmu anda akan mati atau ketinggalan jaman.

Kesimpulan

Dari sini kita bisa mengetahui cara belajar mana yang anda minati dan bagian tersulit dalam belajar pemrograman itu seperti apa. Apa yang anda perlukan untuk belajar bahasa pemrograman sekarang anda sudah mengetahui, sekarang apakah anda ingin menjadi programmer? Jika anda ingin belajar pemrograman lewat blog ini silahkan meninggalkan komentar apa yang ingin anda pelajari nanti akan kami buatkan posting terpisah. Bagi pemula anda bisa belajar cara mengasah logika untuk menulis coding. Ayo belajar dan belajar itu gratisssssss.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Notebook dan Netbook

LEAVE A REPLY