Belajar Coding

belajar programming

Belajar Coding

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Unik Belajar Coding Untuk Pemula

Bagi kebanyakan orang, belajar coding bisa menyulut stres. Belum lagi jika program yang dibuat malah error. Memang, jika dilihat awam coding dan pemrograman tak ubahnya soal matematika super rumit dan memusingkan. Terutama jika Anda berkutat dengan rangkaian kode script ala bahasa programming yang cuma dimengerti komputer semata.

Namun, bukan berarti belajar coding dan pemrograman harus selamanya perlu serius. Masih banyak cara yang bisa Anda pilih untuk belajar keduanya dengan santai dan menyenangkan. Salah satunya dengan bermain gem. Tak percaya?

Ada beberapa jenis gem yang memang dirancang khusus untuk mempelajari kode-kode bahasa programming seperti Phyton, Javascript, C#, dan masih banyak lagi. Khususnya bagi pemula atau yang sudah mahir programming.

Tujuannya tak lain agar si penggunanya tambah jago dan semakin paham soal programing. Ada beberapa game yang tinggal dimainkan, ada juga yang sifatnya open source. Dengan kata lain, kode-kode itu bisa dikembangkan dan dimodifikasi sendiri. Menarik, bukan?

Mau tahu gem apa saja yang bisa dipakai belajar coding? Berikut ulasan lengkapnya.

CodeInGame

Gem satu ini hanya bisa diakses lewat situs web. Bukan cuma satu gem saja, melainkan sangat banyak. Gem ini merupakan yang paling populer da kekinian untuk belajar pemrograman. Mulai dari mini gem yang santai, gem balapan, petualangan, sampai tembak-tembakan seru dengan pesawat luar angkasa. Tujuannya satu, agar Anda bisa belajar sambil main, atau sebaliknya.

Di sini Anda bisa belajar banyak cara mengatasi permasalahan ala programmer, yakni dengan pakai coding. Setiap level akan menggunakan kode-kode yang semakin meningkat sesuai tingkatan level. Namun tenang saja, semua ada panduannya.

Untuk memainkan gem, Anda perlu menggunakan bahasa pemrograman semisal Java dan Javascript, C dan C++, Ruby, Python3, Dart, Cojure, Bash, dan banyak lainnya. Total ada lebih dari 25 bahasa pemrograman yang tersedia.

Selain seru, Anda juga bakal menemukan beragam konsep baru soal dunia pemrograman. Tampilan gem-nya juga ala programmer, di mana Anda akan menemukan banyak jendela yang memudahkan main gem sambil menulis kode. Tertarik memainkan? Berikut panduannya.

  • Log in atau sign up dengan mendaftar terlebih dulu jika belum punya akun. Anda bisa menggunakan facebook, email, Google+ github hingga linkedin.
  • Isi data diri secara lengkap jangan sampai ada yang terlewat termasuk foto profil atau keterangan pekerjaan.
  • Jika sudah masuk, Anda yang pemula baiknya mengikuti tutorialnya lebih dulu agar tak kebingungan.
  • Tahap selanjutnya dalam tutorial adalah percobaan pertama. Di sini Anda bebas memilih jenis bahasa pemrograman yang ingin dipelajari. Untuk mudahnya, coba pilih coding C++.
  • Setelah menulis koding yang diinginkan, Anda akan diperlihatkan gambaran desain yang sudah dibuat
  • Dari sana, cukup lakukan coding yang sesuai dengan Hit pada gem.

Meski teorinya bisa menyulitkan, praktiknya tak akan sesulit yang Anda bayangkan karena tutorialnya sangan rinci dan lengkap.

Anda yang sudah cukup paham dan menginginkan tantangan lebih, bisa mencoba fitur multiplayer. Fitur ini memungkinkan Anda bermain dengan programmer lainnya. Asyiknya, Anda juga bisa main sambil belajar coding dari mereka. Bahkan ada pula kontes yang disajikan untuk skill yang Anda miliki dengan banyak pemain gem lainnya dari seluruh dunia. Untuk semakin memperdalam skill, jangan lupa gabung dengan komunitas programmer di CodeIngame.

CodeCombat

Meski permainannya tak sebanyak CodeIngame, gem ini juga tak kalah seru. Khususnya bagi Anda yang baru menapaki jenjang pemula, gem ini cocok untuk belajar coding. Bentuknya sendiri serupa platform dengan virtual nyata. Basisnya adalah proyek komunitas yang tiap level permainannya diciptakan ratusan pemain relawan. Di sini juga tidak terlalu banyak bahasa pemrograman yang tersedia sehingga pemula tak akan kewalahan. Beberapa di antaranya Lua, Python, Java, CoffeeScript dan JavaScript.

Code Monkey

Gem ini juga cocok buat pemula, terutama yang belum terlalu mengenal dan masih terbatas pemahamannya soal coding. Permainannya sendiri berupa edukasi lingkungan berjenis arcade. Anda bisa bersenang-senang menyelamatkan dunia dengan menangkap pisang, sambil belajar coding.

Menariknya, semakin terampil Anda memainkan gem ini, akan semakin terampil pula kemampuan coding Anda, dan boleh jadi, Anda bisa mengembangkan gem dan aplikasi sendiri setelah ahli memainkan Code Monkey.

Vim Adventures

Gem satu ini benar-benar santai karena khusus menyajikan konten arcade. Anda tak akan menemukan permainan jenis action, dan tentu lebih santai juga untuk belajar coding. Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari pun terbatas yaitu vim. Untuk bermain, Anda bisa menggunakan kursor dengan menggerakkan mouse seperti  biasa, atau dengan kode khusus yang disebut ‘stick’ agar lebih praktis dan tetap lincah bermain gem saat menuliskan kode. Yakni ‘l’ untuk bergerak ke kanan atau maju, ‘h’ untuk bergerak mundur atau ke kiri, ‘j’ untuk turun, dan ‘k’ untuk naik.

Screeps

Gem ini bisa jadi solusi belajar JavaScript dengan mudah dan menyenangkan. Uniknya, memainkan permainan ini cuma perlu menuliskan kode JavaScript tanpa harus mengumpulkan poin. Anda juga bisa memainkannya kapan pun di mana pun, bahkan saat sedang offlne. Gem ini juga diklaim sebagai yang pertama menggunakan sandbox strategi MMO.

Permainan ini memang dirancang khusus buat orang yang tertarik memahami lebih jauh soal JavaScript. Terlepas dari dia itu pemula atau tergolong mahir. Dengan kata lain, pemainnya tidak dituntut menguasaai JavaScrip, melainkan tahu segelintir dasarnya saja sudah cukup. Bagi yang sudah mahir pun bukan masalah, karena gem ini akan menguji keterampilan Anda.

Cyber Dojo

Khusus bagi Anda yang ingin memperdalam ketrampilan pemrograman Cyber Dojo paling direkomendasikan. Varian bahasa pemrograman tersedia lengkap di sini. Mulai dari Python sampai JavaScript tersedia lengkap. Basisnya pun sumber terbuka alias open source. Artinya, memungkinkan Anda mengembangkan dan memodifikasi tiap level permainannya.

Codesaya

Tak hanya situs gem programming asal luar negeri, Indonesia juga punya situs yang memberikan Anda cara unik belajar coding. Namanya CodeSaya. CodeSaya ini bertujuan agar masyarakat Indonesia, baik yang menggeluti dunia coding ataupun tidak, bisa jadi coder berkualitas.

Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal, cukup buka situs web-nya. Pembelajarannya pun seru karena pemahaman materi bakal langsung diperiksa oleh soal coding baru yang muncul. Jika berhasil menjawab, Anda akan segera dapat poin. Selanjutnya, bila mencapai poin tertentu atau berhasil menuntaskan sebuah kelas, Anda akan dapat lencana. Sistem belajarnya mirip main gem, bukan?

Tak perlu khawatir berbayar, karena situs belajar coding ini gratisan. Meski nantinya akan ada kelas premium yang menyediakan fitur khusus, tetap semua kelasnya bisa diakses secara gratis. Bahasa pemrograman yang digunakan CodeSaya sejauh ini hanya empat, yaitu PHP, Phyton, Git dan JavaScript.

Namun justru itu yang terpenting, Fokus belajarnya lebih kepada pengembangan web karena dengan membuat situs, orang akan lebih mudah belajar pemrograman. Sementara phyton dan PHP sengaja diunggulkan karena merupakan bahasa pemrograman yang sedang naik daun, serba bisa, dan punya banyak modul. Selain tampilannya yang menarik, di sini Anda juga bisa mengikuti forum diskusi dan situsnya juga terbilang ramah ponsel, alias cukup ringan saat digunakan.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membuat VPS Sendiri

LEAVE A REPLY