belajar desain grafis

belajar desain grafis untuk pemula

Belajar Desain Grafis

Blog about all latest PC & tech related news and info

Langkah Belajar Desain Grafis untuk Pemula

Belajar desain grafis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan jalur pendidikan formal, kursus belajar desain grafis di lembaga-lembaga tertentu, dan belajar secara otodidak. Ada banyak peluang pekerjaan juga yang berhubungan dengan desain grafis. Anda bisa bekerja di berbagai bidang pekerjaan dan perusahaan digital seperti media dan start up. Lalu, bagaimana cara belajar desain grafis untuk pemula secara otodidak. Simak pembahasan berikut.

Modal Dasar dan Syarat Menjadi Desainer Grafis yang Andal

Sebelum belajar desain grafis, ada baiknya Anda mengetahui modal dasar dan syarat menjadi seorang desainer grafis yang andal. Apa saja syarat tersebut?

  1. Belajar Sedini Mungkin. Belajar desain grafis memang bisa ditempuh secara formal dengan menempuh di pendidikan tinggi. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai belajar sebanyak mungkin tentang desain grafis dan bidang ilmu lainnya yang berhubungan dengan desain grafis. Mengenal dan memulai belajar desain grafis sejak SMA akan memberikan peluang yang lebih besar untuk Anda menguasai bidang ini dengan lebih dalam. Atau, jika Anda baru menaruh minat pada bidang ini sekarang, maka mulailah bekali diri Anda sekarang juga. Bisa dengan mulai belajar sendiri di rumah dengan mencari banyak informasi dan tutorial belajar desain grafis di internet.
  2. Belajar Desain Grafis sampai Tahap Perguruan Tinggi. Jika Anda serius ingin menguasai bidang desain grafis dengan jalur formal, bisa memilih bidang desain grafis di perguruan tinggi. Selain Anda mendapatkan gelar dalam bidang ini, Anda pun semakin membuka luas kesempatan diri Anda untuk mendapatkan ilmu desain grafis yang lebih dalam dan kesempatan kerja yang lebih luas lagi.
  3. Selalu Mengetahui Perkembangan Terbaru dalam Dunia Desain Grafis. Selalu up to date dengan berbagai perkembangan dalam bidang desain grafis penting untuk dilakukan. Dunia desain grafis terus berkembang, salah satunya software desain grafis. Setiap bulannya, software desain grafis terus berkembang dan selalu muncul yang baru.
  4. Harus Memiliki Ciri Khas dan Idealisme. Setiap orang tentunya memiliki idealismenya masing-masing termasuk dalam bidang desain grafis. Begitu juga dengan Anda, sebaiknya Anda tidak melepaskan idealisme Anda dalam bidang desain grafis tetapi tetap mengikuti permintaan klien atau perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak lupa juga untuk selalu memiliki ciri khas dalam setiap desain grafis yang Anda hasilkan. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih pada karya Anda sehingga klien atau perusahaan mengetahui dengan jelas bahwa desain tersebut adalah karya Anda.
  5. Selalu Disiplin, Teliti, dan Penuh dengan Inovasi. Disiplin menjadi salah satu kunci untuk Anda tetap dipercaya dalam mengerjakan berbagai proyek desain grafis. Selain itu, ketelitian dalam mengerjakan desain grafis juga tidak boleh dilupakan. Semakin Anda teliti, semakin kecil kemungkinan Anda melakukan kesalahan atau detail yang terlewat dari desain yang Anda buat. Penuh inovasi. Menjadi seorang desainer grafis juga harus penuh dengan inovasi sehingga karya-karya Anda selalu terlihat segar dan selalu dicari.

Langkah-langkah Belajar Desain Grafis untuk Pemula Secara Otodidak

Belajar desain grafis secara otodidak memang tidak mudah. Diperlukan niat yang kuat dan latihan yang terus-menerus. Berikut beberapa langkah belajar desain grafis untuk pemula secara otodidak.

  1. Tentukan Cara Belajar Desain Grafis yang Cocok. Cara belajar sangat penting dan berpengaruh pada hasil. Anda harus bisa menentukan cara belajar desain grafis yang cocok untuk Anda. Ada pilihan langkah belajar desani grafis secara  otodidak untuk Anda, pertama Anda belajar teori terlebih dahulu kemudian berlatih dan memulai belajar melalui tutorial atau langsung belajar dari tutorial belajar desain grafis. Pastikan Anda memilih cara belajar yang nyaman. Semakin Anda merasa nyaman, semakin mudah bagi Anda untuk menguasai desain grafis dengan mudah dan cepat.
  2. Memulai dari Bagian yang Umum. Mempelajari sesuatu sebaiknya dimulai dari yang umum terlebih dahulu. Dalam bidang desain grafis pun sama. Misalnya, mulailah untuk mengenal desain grafis secara umum baik dari sisi teori maupun dalam praktik. Setelah itu, seraplah ilmu lebih dalam dan lebih detail lagi. Setelah itu, setahap demi setahap, Anda akan semakin mahir membuat desain grafis baik yang sesuai denga idealisme Anda maupun yang sesuai dengan permintaan klien atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Memanfaatkan Internet sebagai Salah Satu Media Belaja. Anda bisa menemukan dan mendapatkan banyak hal melalui internet. Di saat Anda membutuhkan banyak materi dan pengetahuan tentang desain grafis dalam waktu yang relatif cepat, carilah menggunakan internet. Internet dan belajar otodidak memiliki keterkaitan yang kuat. Anda bisa menemukan banyak website untuk belajar desai grafis secara gratis dan mudah serta berbagai tutorial yang mudah untuk Anda ikuti. Manfaatkan internet semaksimal mungkin selama masa belajar Anda.
  4. Mencoba untuk Ikut Tergabung dalam Berbagai Komunitas Desai Grafis. Mengikuti sebuah komunitas yang khusus untuk desain grafis akan memberikan Anda kesempatan untuk bertemu dengan banyak desainer grafis. Baik desainer grafis yang sudah ahli maupun pemula seperti Anda. Gunakan kesempatan tersebut untuk bertanya, berlatih, dan melihat cara mereka memandang ilmu desai grafis dan melihat karya-karya terbaik mereka. Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi penting mengenai desain grafis seperti tempat kursus desain grafis yang bagus, lowongan pekerjaan di bidang desain grafis, dan masih banyak lagi.

Software dan Tempat Belajar Desain Grafis

Terdapat dua hal penting dalam mempelajari desain grafis yaitu software desain grafis dan tempat belajar desain grafis. Untuk bisa membuat sebuah desain grafis, Anda harus menguasai setidaknya satu software desain grafis yang umum digunakan. Berikut beberapa software desain grafis yang umum digunakan.

  1. Software Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator. Software yang sudah tidak asing lagi ini memang banyak digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat hasil karyanya. Beberapa hal yang bisa Anda buat dengan menggunakan software ini di antaranya manipulasi foto, membuat gambar 3D, membuat user interface, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk membuat desain vektor, Anda bisa menggunakan Adobe Ilustrator. Beberapa desain yang bisa Anda buat dengan software ini adalah membuat karakter animasi, membuat logo, dan masih banyak lagi.
  2. Software Corel DRAW. Tentu Anda juga sudah tidak asing dengan software Corel DRAW ini. Sama halnya dengan Adobe Ilustrator, Corel DRAW merupakan salah satu software yang dikeluarkan oleh Corel Corporation untuk membuat gambar vektor dan editing. Beberapa desain yang bisa dibuat menggunakan software ini di antaranya membuat sketsa, membuat logo, membuat brosur, membuat karakter animasi, dan masih banyak lagi.

Selain mengetahui dan menguasai software desain grafis, Anda juga harus mendapatkan tempat belajar desain grafis. Salah satunya tempat belajar desain grafis secara online. Beberapa website untuk belajar desain grafis secara online dengan menggunakan bahasa Indonesia di antaranya desainstudio.com, desaindigital.com, dan ilmugrafis.com.

Itulah pembahasan mengenai beberapa langkah untuk belajar desain grafis secara otodidak untuk pemula. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan selamat belajar!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop ASUS Untuk Game Berat

LEAVE A REPLY