Belajar pemrograman komputer

belajar pemrograman

Belajar Pemrograman Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Pemrograman Komputer untuk Pemula

Dunia teknologi saat ini berada di gardu terdepan kemajuan suatu negara, khususnya bagi individu. Salah satu profesi yang paling menjanjikan di dunia bahkan disebut-sebut sebagai programmer, alias ahli di bidang programming. Mari menjelajah lebih jauh soal programming.

Apa Itu Programming?

Computer Programming, yang sering disingkat programming atau pemrograman, secara teori merupakan suatu cara untuk melaksanakan beragam set perintah agar komputer bisa melakasanakan tugas yang berbeda. Pemrograman ini melibatkan berbagai kegiatan mulai dari proses menulis, pengujian, perbaikan, sampai pemeliharaan kode.

Pemahaman mudahnya begini, program bisa diartikan sebagai sekumpulan instruksi agar sesuatu melakukan fungsi tertentu. Analoginya, jika Anda ingin melanggengkan program diet sehat untuk mengecilkan badan, cara yang Anda lakukan dalam menjalankan diet sehat itulah yang disebut program.

Sama halnya dengan dunia komputer. Program pada komputer juga akan melakukan fungsi tertentu, lewat instruksi tertentu. Bentuk instruksi itu berupa kode. Kode satu dan kode lainnya tentu berbeda. Misalnya untuk menulis, kodenya huruf. Untuk menghitung, kodenya angka.

Jadi bisa disimpulkan, secara mudah, pemrograman komputer itu adalah pembagian tugas dalam bentuk kode terperinci pada komputer, untuk menjalankan fungsi tertentu, sesuai kemampuan komputer itu sendiri. Dan lebih sederhana lagi, yaitu instruksi menulis kode program.

Apa Pentingnya Belajar Programming?

Sejak beberapa waktu lalu, ada kabar yang menyebutkan bahwa rencananya pemerintah akan memasukkan programming ke dalam kurikulum sekolah. Tentu, ini sangat penting. Berikut manfaatnya.

1. Seseorang akan Berkembang Otaknya untuk Berpikir Lebih Logis

Dalam dunia pemrograman ada istilah logika. Di sana Anda akan mempelajari banyak perintah komputer berbasis logika. Itu artinya, kaitan logika dan pemrograman sangat kuat. Program komputer tak bisa dibuat jika tanpa logika. Sebab itu Anda perlu menguasai dulu materi logika pemrograman sebelum membuat program. Materi logika ini erat hubungannya dengan matematika. Meski begitu, materi logika tak hanya bisa dipelajari untuk membuat program, tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Seseorang akan Terlatih Lebih Teliti

Pemrograman menuntut tiap pemrogram untuk selalu teliti. Mulai dari hal paling sederhana semisal menulis kode program. Anda harus memerintah dengan benar karena sedikit saja perbedaan bahasa program, seperti salah menggunakan huruf besar dan kecil, akan memengaruhi program yang dibuat. Bahkan lebih dari itu, seandainya Anda salah ketik, menemukan kesalahan pada program yang error bisa sangat menyulitkan. Untuk itu, Anda akan terlatih lebih teliti mengamati secara rinci, dan akan terbawa juga dalam kehidupan nyata.

3. Seseorang akan Berpikir Lebih Sistematis

Sistematis itu berarti berurutan, dengan kata lain tersusun rapi. Hal ini berlaku ketika menulis kode program. Jika kode yang semestinya berurutan ditulis berantakan, kemungkinannya ada: program tidak berjalan, atau berjalan tetapi terdapat kesalahan pada output. Dengan demikian, ketika Anda terlatih memprogram secara sistematis, cara berpikir Anda pun akan terasah agar lebih terorganisir, pun sistematis. Manfaatnya, Anda bisa menjalani tiap harinya lebih mudah.

4. Seseorang Lebih Mampu Memecahkan Masalah

Program sebetulnya dibuat untuk menuntaskan suatu masalah. Namun, jauh sebelum program dibuat, sang programmer perlu paham dulu apa saja solusi ringkas yang dibutuhkan. Itulah mengapa, tiap programmer dituntut lebih kritis menghadapi problem, sekaligus perlu aktif mencari jalan keluar. Hal ini akan berimbas juga pada kehidupan sehari-hari, di mana Anda akan lebih mudah menemukan solusi tiap kali menghadapi masalah.

Seperti Apakah Bahasa Pemrograman?

Belaja bahasa pemrograman memang tak semudah belajar bahasa ibu. Namun, tak berarti semua bahasa pemrograman sulit. Bagi pemula, setidaknya ada 5 bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Berikut di antaranya.

1. JavaScript

Javascript merupakan bahasa pemrograman web dan html yang bisa dipakai luas di situs web. Bahasa ini merespons lebih baik dan lebih cepat fungsi antarmuka, cocok bagi Anda yang gemar berkecimpung dalam dunia web development.

2. Ruby on Rails

Tak jauh berbeda dari Javascript, Ruby on Rails juga cocok jadi pilihan bagi ANda yang ingin berkecimpung dalam dunia web development. Bahkan, mempelajari Ruby sedikit lebih mudah, karena Anda tidak terlalu dituntut belajar banyak perintah. Situs-situs kesohor macam Github dan Goupon mengandalkan Ruby pada backend mereka.

3. Java

Java ini bisa dibilang sebagai bahasa pemrograman yang paling populer, mendunia, dan universal. Mengapa? Karena semua orang yang pernah bersentuhan dengan dunia virtual pasti mengenal Java, terutama lewat motonya “Tulis sekali dan jalankan di mana saja.” Tak hanya itu, Java juga dinilai sebagai bahasa objek dalam industri, yang juga memiliki kemampuan berjalan di nyaris seluruh platform.

4. Bahasa C

C ini bahasa pemrograman paling dasar yang dikembangkan oleh Microsoft. Penulisannya kini C# dan dibaca: C sharp. C# sendiri merupakan evolusi pemrograman dari C dan C++. Fungsinya sebagai bahasa program dasar bagi seluruh software untuk desktop. Untuk mempelajarinya, Anda bisa mengunduh gratis software Visual Studio.

5. Python

Sama seperti empat lainnya, Python juga mudah dipelajari, dan bisa digunakan pada alikasi desktop maupun web. Ada banyak project potensial pada Python, yang juga mendukung procedural, OOP, dan functional programming.

Di Mana Bisa Belajar Programming?

Belajar programming bisa di mana saja, baik itu offline atau online. Belajar offline memang perlu duit yang cukup banyak, tetapi mendapat pengajar terlatih pasti menunjukkan hasil yang lebih baik. Banyak tempat yang direkomendasikan, dan bisa Anda cek lewat pencarian google. Syaratnya, lembaga itu wajib disertifikasi.

Pun jika tidak, bukan masalah. Belajar online bisa memberikan hasil serupa asalkan Anda giat dan niat belajar.

  • Belajar Online

Untuk belajar programming online, ada situs berbayar dan juga gratis. Beberapa situs ilmu pemrograman terbaik yang direkomendasikan di antaranya Sphere Online Judge, Project Euler, Codeforces, Code Chef,  LeetCode, HackerEarth, Programming Praxis, TopCoder, The Python Challenge, HackerRank.

  • Situs Interaksi

Selain belajar online dan offline, Anda juga perlu menambah pemahaman programming lewat interaksi sosial, alias menyerap pengalaman orang lain. Mudahnya, bisa dilakukan dengan mengunjungi atau sign up ke beberapa situs seperti Quora, CareerCup, Reddit khusus Programming, atau Geeklist.

  • Aplikasi Ponsel Pintar

Bahkan, untuk menjadi programmer andal Anda juga bisa belajar lewat aplikasi di ponsel pintar. Beberapa aplikasi mudah bagi pemula di antaranya Learn CSS, Learn HTML, Learn PHP, dan Learn Javascript. Keempat aplikasi Learn tadi memang berfungsi seperti namanya. Yakni untuk mempelajari bahasa programming di bagian-bagian tertentu.

Misalnya, Learn CSS adalah mempelajari bahasa CSS yang akan ada perlukan untuk memperindah tampilan halaman web. Bahasa kerennya sebagai desainer grafis khusus web. Metode yang diajarkan cukup mudah dipahami dan tidak membosankan. Begitu pula yang lainnya. Termasuk PHP sebagai pengajaran ilmu programming tingkat sulit, ternyata bisa disampaikan dengan metode menarik lewat aplikasi Learn.

Jadi, tertarik untuk mulai belajar programming?

Baca artikel yang lain mengenai Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus

LEAVE A REPLY