belajar pivot table

cara membuat pivot table

Belajar Pivot Table

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Pivot Table – Cara Menggunakan Pivot Table Untuk Mengolah Data

Microsoft Excel sudah banyak dipakai oleh banyak orang untuk membantu pekerjaan mereka, kali ini saya ingin berbagi mengenai cara mengolah data yang rumit dengan pivot table pada excel. Untuk versi excel yang saya pakai adalah versi 2013 tapi cara membuat pivot table untuk semua versi excel mirip-mirip.

Anda pernah membuka file excel kemudian melihat data yang begitu banyak dan rumit? Kemudian anda diperintahkan untuk mengolah data tersebut dan mengeluarkan sebuah kesimpulan untuk pengambilan keputusan dalam suatu pekerjaan. Pivot table akan sangat membantu anda dan akan mempercepat pekerjaan anda. Langsung saja kita bahas bagaimana cara menggunakan pivot table.

Apa itu Pivot Table?

Pivot table adalah suatu tool atau fitur yang ada pada excel yang dapat anda pakai untuk mengolah data yang sudah diformat dalam bentuk table. Kenapa harus table? Data yang akan anda olah harus diformat table jadi tidak boleh kosong ataupun data tidak lengkap. Berikut ini adalah contohnya:

belajar pivot table (1)

Dari gambar di atas dapat anda lihat bahwa data sudah dalam bentuk tabel, jadi pivot table akan menganggap tabel itu adalah database/data yang akan diolah.

Tujuan Menggunakan Pivot Table

Sebelum kita ke teknis anda harus mengetahui tujuan anda menggunakan pivot table untuk apa? Misalnya dari data yang ada diatas anda ingin mengetahui daftar customer yang menyumbang omzet terbesar bagi bisnis kita. Dengan pivot table anda mampu melakukan itu hanya dalam hitungan menit.

Data yang saya pakai adalah contoh saja jadi hanya sedikit tetapi pada dunia nyata anda akan menghadapi data dengan ribuan baris. Jadi ketika anda disuruh membuat daftar customer yang paling berkontribusi bagi perusahaan, jika dilakukan manual anda harus menghitung baris per baris bukan? Capek pastinya. Pivot table adalah SOLUSI bagi anda. Cepat dan akurat sehingga laporan anda tidak akan salah.

Secara singkat tujuan anda menggunakan pivot table adalah untuk mengolah data dengan CEPAT, ingat dengan CEPAT. Tujuan inilah yang akan diraih dengan belajar pivot table. Jadi ketika anda menguasai cara menggunakan pivot table anda sudah dapat mengolah data dengan cepat dan anda bisa mengambil keputusan yang tepat dari hasil laporan itu.

Cara Menggunakan Pivot Table

Sebelum kita ke pivot table ada beberapa syarat yang harus anda lengkapi untuk data yang akan diolah. Beberapa syarat itu adalah:

  • Data harus memiliki header. Dalam contoh saya adalah customer, kategori, barang, jumlah dll
  • Data harus lengkap untuk setiap cell jika kosong lebih baik diisi 0 atau diberi tanda “-“ agar hasil akurat.

Jadi saat data anda masih kacau anda harus memperbaiki agar pivot table dapat bekerja dengan baik. Mari kita ke teknisnya sekarang. Kita menggunakan contoh data yang ada diatas dan akan kita olah.

Pilih Tab Insert dan tekan pivot table

belajar pivot table (2)

Akan muncul Window baru dan pilih area data yang akan diolah.

belajar pivot table (3)

Tekan OK, saat selesai akan muncul menu baru disebelah kanan dimana nama header dari setiap kolom muncul disana.

belajar pivot table (4)

Pada bagian pojok kanan ada 4 kotak untuk meletakkan field/header dari kolom yang sudah tersedia. Anda bisa mencentang atau melakukan drag and drop.

belajar pivot table (5)

Anda pilih customer dan total maka akan memunculkan rangkuman data untuk setiap customer dan jumlah total belanja yang dilakukan masing-masing customer. Sangat sederhana bukan? Anda sudah bisa memberikan laporan daftar customer yang berkontribusi pada perusahaan.

Jika anda tambahkan kategori anda bisa menampilkan masing-masing customer dengan setiap kategori barang yang dibeli beserta dengan totalnya.

belajar pivot table (6)

Jika anda tidak suka format menurun anda bisa mengubahnya kesamping yaitu dengan menekan tombol segitiga pada field customer, field setting, pilih tab layout & print, pilih format tabulan form.

belajar pivot table (7)

belajar pivot table (8)

belajar pivot table (9)

Anda juga bisa mengubah layout menjadi kolom dan baris untuk masing-masing customer dan kategori barang seperti ini.

belajar pivot table (10)

Untuk download file excel contoh diatas dapat download disini.

Kesimpulan

Itulah contoh cara menggunakan pivot table yang dapat anda pakai untuk mengolah data dalam pekerjaan anda. Mudah bukan? Belajar pivot table akan sangat membantu anda membuat laporan dengan cepat. Itulah tujuan belajar dari pivot table. Anda dapat mengolah ribuan baris data hanya dengan beberapa klik saja.

Bila anda masih tidak mengerti cara menggunakan pivot table anda bisa download file excelnya dan melihat lebih detail. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung menuliskan pada komentar di bawah posting ini saya akan dengan senang hati menjadi asisten belajar pivot table untuk anda. Selamat belajar.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memilih CCTV

4 RESPONSES

  1. gunawan

    June 15, 2016 5:25 pm

    REPLY

    Apakah pivot table bisa disesain menjadi lebih indah lagi???

    • eddy setiawan

      June 15, 2016 5:50 pm

      REPLY

      Bisa pak. Anda saat sudah jadi pivot tablenya anda klik dan lihat di bagian atas ada option design. Nah disana anda bisa memilih berbagai macam style yang sudah disediakan oleh Excel. Semoga membantu ya pak. Jika anda yang kurang jelas bisa reply lagi.

  2. riduan

    June 28, 2016 10:42 am

    REPLY

    bisa pandu lewat tlp ngk

    • eddy setiawan

      June 28, 2016 8:40 pm

      REPLY

      Lewat Telepon sementara ini belum. Kami bisa bantu lewat Chat via BBM atau Whatsapp. Atau bisa lewat email juga.

LEAVE A REPLY