beli laptop second

beli laptop bekas

Beli Laptop Second

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Cara Beli Laptop Second agar Dapat yang Bagus

Membeli laptop bekas bisa dijadikan alternatif jika anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli laptop baru. Namun, membeli laptop bekas dibutuhkan ketelitian yang tinggi karena bisa saja kemampuan dan tampilannya telah mengalami penurunan yang sangat banyak. Misalnya, prosesornya bekerja dengan lambat, atau sudah ada program-program yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena ini anda harus mengetahui tips bagaimana cara memilih laptop bekas.

Tips Beli Laptop Bekas

Karena sudah pernah dipakai oleh orang lain maka ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli sebuah laptop bekas. Oleh karena setiap pemilik memiliki cara penggunaan yang berbeda, ada yang apik dan ada yang sembarangan. Supaya Anda tidak salah dalam menentukan laptop bekas yang akan dibeli maka bisa ikuti cara memilih yang ada di bawah ini.

  • Hindari Membeli Laptop Bekas Secara Online

Membeli laptop bekas di situs online memang akan lebih mudah karena anda tidak perlu pergi ke tempatnya. Namun ada kekurangannya juga, yaitu anda tidak bisa melihat barangnya secara langsung sehingga tidak akan tahu apakah masih bagus atau tidak. Meski sudah dijelaskan melalui deskripsi terkadang ada bagian-bagian yang tidak sesuai.

Jika memang harus membeli secara online maka pilih yang bisa bertemu langsung dengan penjualnya, seperti di olx.co.id, forum jual beli kaskus, dan beberapa tempat online lainnya yang memiliki fitur bertemu dengan penjualnya langsung. Atau bisa belanja di Tokopedia tapi pada toko yang sudah memiliki reputasi baik, melakukan penjualan yang sudah banyak, reviewnya bagus-bagus, dan memiliki lencana emas.

  • Periksa Kelengkapan

Ini adalah hal yang penting juga karena bisa saja ada beberapa kelengkapan yang tidak baik maupun hilang. Jika seperti ini maka anda harus lebih repot karena perlu mencari kelengkapan lainnya sendiri dan membelinya secara terpisah. Kelengkapan-kelengkapan yang harus anda cek antara lain nota pembelian, dus, kartu garansi, charger, CD/DVD driver, baterai, dan lain sebagainya. Jika semua kelengkapannya masih baik maka harga yang masih tinggi tidak masalah karena sesuai dengan kondisinya tapi jika banyak yang tidak ada lebih baik urungkan niat untuk membelinya dan cari penjual lain yang memiliki laptop bekas yang masih layak dan lengkap.

Kemudian, melakukan pengecekan nota pembelian dan kartu garansi juga bisa mengindikasikan bahwa laptop tersebut bukanlah curian jadi bisa aman. Jika masih lengkap anda juga bisa menjualnya lagi dengan lebih mudah. Oh ya, ada satu hal lagi. Untuk cek dus pembelian anda harus pastikan bahwa serial number yang ada di dus tersebut sama dengan yang ada pada bagian bawah laptop yang akan Anda beli.

  • Periksa Kondisi Bodi

Kebanyakan, laptop yang sudah pernah dipakai akan mengalami kerusakan di bagian bodinya karena sudah digunakan. Bisa karena goresan atau terjatuh. Meski semua komponennya masih bagus tapi bodinya sudah tidak terlalu baik Anda harus pikirkan ulang untuk membelinya karena kerusakan itu bisa saja mempengaruhi kinerjanya nanti.

  • Periksa Kondisi Segel pada Bagian Casing

Tips memilih laptop bekas selanjutnya adalah memeriksa kondisi segel atau stiker pada bagian casingnya yang ada di depan layar dan di casing bawahnya. Kenapa hal ini harus dilakukan? Jawabannya karena segel yang ada pada laptop adalah pemberian dari distributor, produsen, dan toko untuk menjual laptop yang baru. Hal ini bisa menandakan bahwa pemilik belum pernah membuka atau memperbaiki laptop tersebut. Segel memang sengaja disimpan di bagian atas dari baut laptop supaya jika sudah dibuka akan diketahui.

Contoh segel yang pernah dibuka adalah yang telah berlubang dan rusak. Apabila sudah seperti itu maka urungkan niat untuk membeli laptopnya karena siapa tahu bagian komponennya telah diganti dengan yang tidak resmi. Dan artinya juga laptop tersebut sudah pernah rusak dan pasti kemampuannya sudah tidak sebagus aslinya.

  • Periksa Tombol Keyboard

Keyboard adalah bagian yang paling penting dari sebuah laptop maka dari itu harus diteliti sebelum membelinya. Anda memang bisa menggunakan keyboard eksternal tapi tidak akan terlalu efektif dan artinya Anda harus mengeluarkan uang lagi.

Cara untuk memeriksa keyboard adalah dengan membuka microsoft office word dan notepad kemudian tekan semua tombolnya untuk bisa menentukan apakah semuanya bisa berfungsi atau tidak.

  • Periksa Layar

Anda bisa melakukan pengecekan bagian layar apakah ada bagian yang berbintik, buram, ada dead pixel, dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah goyangkan layar laptop yang akan diperiksa karena biasanya layar yang telah bermasalah akan menjadi putih, putih, atau bergelombang.

  • Periksa Touchpad

Oleh karena laptop tidak menggunakan Mouse untuk menggerakan kursor maka harus diperhatikan bagian touchpadnya. Apabila bagian ini rusak Tentu saja Anda tidak bisa menggunakan laptop ini dengan maksimal sehingga perlu membeli mouse tapi justru akan membuat semakin ribet.

  • Periksa Port Sound dan Speaker

Apabila bagian ini rusak maka anda tidak akan bisa memutar musik atau mendengarkan suara dari sebuah video. Dengan demikian anda harus menggunakan headset. Mencolokkan headset pada port adalah salah satu cara untuk memeriksa kemampuan port sound.

  • Periksa CD/ DVD Drive

Apabila Anda membutuhkan CD atau DVD drive maka hal ini harus Anda cek karena jika rusak ada tidak bisa memutar CD atau DVD. Cara untuk mengeceknya adalah dengan membuka piringannya. Apabila terbuka maka artinya drive untuk CD atau DVD masih bekerja. Coba juga dengan memburning data, apabila berhasil maka bagian ini masih bagus.

  • Periksa Hard Disk dan RAM

Kedua bagian ini juga sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja dari laptop. Agar bisa mengetahui kualitas hardisk maka anda bisa memakai aplikasi HDD sentinel untuk mengeceknya. Kemudian untuk bagian RAM pastikan bahwa bagian ini masih bagus.

Situs Jual Beli Laptop Bekas

Oleh karena kegiatan perdagangan online telah berkembang ada banyak sekali situs jual beli yang dibuat. Dari situs jual beli barang baru dan barang bekas. Memilih situs jualan barang bekas lebih sulit dibandingkan barang baru karena kondisi dari barang bekas sudah tidak seperti awalnya. Maka dari itu Anda harus benar-benar teliti memilihnya.

Supaya Anda tidak kecewa dengan barang yang hendak dibeli maka lebih baik beli barang dari situs yang bisa mempertemukan pembeli dan penjualnya.

Salah satu situs yang seperti ini adalah olx.co.id. Di sini yang menjual barangnya adalah pembeli aslinya bukan sebuah toko. Anda bisa bertemu dengan penjualnya sekaligus melihat barangnya apabila tinggal di kota yang sama. Atau bisa melakukan COD (Cash on Delivery). Dengan cara seperti ini anda bisa melakukan pengecekan lebih dalam terhadap laptop yang akan dibeli sehingga lebih yakin.

Situs jual beli selanjutnya adalah forum jual beli di Kaskus. Pada situs ini juga Anda bisa melakukan pertemuan dengan penjual barang bekas jadi sama-sama bisa memeriksa laptop yang akan dibeli. Reputasi situs Kaskus memang sudah sangat baik sehingga jumlah anggotanya pun sangat banyak.

Situs selanjutnya adalah situs e-commerce seperti Tokopedia. Di situs ini selain barang baru juga dijual barang bekas seperti laptop. Keamanan dari situs ini lumayan bagus karena akan memberikan lencana emas pada toko yang dipercaya. Selain itu, ada juga kolom review yang berisi keluhan atau pujian dari pembeli. Semakin banyak review yang bagus maka semakin terpercaya toko tersebut. Review yang diberikan di sini sudah pasti asli karena biasanya disertakan nomor invoice pembelinya sehingga orang yang bisa membeli review hanya yang telah berhasil melakukan transaksi.

Agar lebih aman lagi Anda bisa melakukan perjanjian kepada penjualnya, apabila barang tidak sesuai Anda bisa mengembalikannya dan mendapatkan barang yang baru.

Demikianlah informasi mengenai tips membeli laptop bekas dan dimana saja situs online barang bekasnya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Merawat Laptop

LEAVE A REPLY