Blog Index Alternative

Blog about all latest PC & tech related news and info
  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Software Monitoring Jaringan Komputer

Software Monitoring Jaringan Komputer Terbaik Open Source & Komersil

Dunia komputer tentu saja memiliki korelasi erat dengan yang namanya software. Salah satu contoh nya adalah software untuk monitoring jaringan komputer. Para tehnisi IT sering menggunakan piranti lunak ini untuk profesi mereka. Terutama, untuk memonitor infrastruktur jaringan LAN atau internet pada komputer.

Dengan software solusi control ini, para tekhnisi dapat melakukan banyak hal pada sistem jaringan komputer yang sudah dibangun. Mulai dari yang sederhana, seperti melakukan pengawasan kondisi masing-masing perangkat komputer dalam sistem jaringan. Memanage bandwith internet, melakukan trouble shooting, hingga melakukan remote.

Karena fungsi software monitoring jaringan komputer ini sangat penting bagi para tehnisi IT. Tidak heran jika para tehnisi IT banyak yang tertarik mencari dan mendownload software solusi ini. Kamu mungkin salah satu satu dari mereka, yang saat ini ingin mencari dan mendownload software monitoring jaringan untuk mengontrol sistem IT kamu.

Ketahui Cara Memilih Software Monitoring Jaringan

Agar bisa mendapatkan dan menggunakan software monitoring network yang terbaik. Maka berdasarkan situs helpsystems, kamu perlu mempertimbangkan 6 hal penting berikut :

1. Cakupan Software

Ini adalah pertimbangan utama yang perlu dipertimbangkan para adminstrator jaringan, selama melakukan seleksi software yang akan digunakan. Untuk mengetahui seberapa luas cakupan atau scope dari software monitoring jaringan yang akan dipilih.

Maka kamu perlu mengetetahui kebutuhan sistem IT mu terlebih dahulu. Caranya dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah software ini nantinya akan digunakan hanya untuk satu lokasi atau di banyak tempat ?
  • Apakah software ini hanya akan digunakan untuk memonitor server atau juga untuk perangkat lainnya ?
  • Ketahui apa saja yang ingin kamu monitor, kontrol, atau awasi dalam sistem IT ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu kamu mengetahui seperti apa software monitoring jaringan yang sesuai kebutuhan dan budget mu.

2. Konektivitas dan Skalabilitas

Sistem jaringan komputer tentu akan selalu terus berkembang hari demi hari. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan bagaimana konektivitas dan skalabilitas software monitoring jaringan yang akan dipilih.

Ketahui berapa banyak perangkat yang dapat dikoneksikan ke dalam sistem IT yang kamu bangun. Seberapa banyak data yang akan melintas pada sistem jaringan kamu. Kamu juga perlu mempertimbangkan software monitoring jaringan yang menawarkan opsi skalabilitas. Karena ini mempermudah kamu mengetahui apa saja jenis data dari aplikasi monitoring yang dapat ditahan. Dan akan mempermudah kamu mengambil tindakan ketika data telah mencapai batas limit.

Software yang menawarakan opsi skalabilitas dapat memperpanjangan siklus monitoring pada program atau software menjadi lebih lama. Sehingga kamu atau perusahaan jaringan kamu dapat memanfaatkan data atau kondisi ini, bahkan ketika terjadi perkembangan yang cukup besar.

3. Sistem Manajemen

Berdasarkan catatan dari kontributor TechRepublic Nick Hardiman, software solution saat ini memungkinkan administrator jaringan memilih cara bagaimana mereka akan memanage sistem jaringan. Apakah akan dikelola langsung oleh tim IT perusahaan yang berada di lokasi atau dikelola oleh pihak ketiga di lokasi mereka.

Bagi sebuah bisnis yang ingin mendapatkan kontrol yang lebih rinci pada sistem dan aktivitas jaringan. Maka mereka direkomendasikan untuk membeli dan menggunakan software solution yang dikelola di lokasi. Sementara untuk sektor enterprise sepertinya tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola jaringan mereka.

Manajemen jaringan biasanya akan dipercayakan pada pihak ketiga. Karena waktu utama sektor enterprise lebih digunakan untuk mengurus bisnis inti mereka.

4. Deteksi Otomatis

Beberapa software solution ada yang sudah didukung dengan teknologi deteksi otomatis. Teknologi deteksi otomatis (automatic discovery) ini, memungkinkan software melakukan scaning menggunakan SNMP untuk menentukan status terbaru komponen jaringan.

Misalnya, ketika terjadi penambahan komponen jaringan, maka software mampu melakukan scaning otomatis dan sekaligus menambahkan komponen baru tersebut ke sistem.

 5. Fitur Pemetaan

Selain fitur deteksi otomatis, fitur pemetaan juga perlu ada dalam sebuah software monitoring jaringan terbaik.

Fitur pemetaan ini, memungkinkan para tehnisi IT memiliki sebuah gambaran dari insfrastruktur TI dan komponen dalam jaringan yang ada.

Fitur ini tidak hanya memberi gambaran visual saja, tapi juga memposisikan perangkat pada jalur koneksi yang tepat dan menghubungkan dengan perangkat lainnya.

 6. Peringatan atau Notifikasi

Peringatan atau notifikasi bisa juga dikenal sebagai Alerting, memungkinkan tehnisi IT dengan mudah mengetahui terjadi tindakan atau aktivitas yang mencurigakan pada sistem jaringan. Teknisi IT atau administrator jaringan dapat mengambil tindakan pencegahan dengan cepat sebelum terjadi kerusakan berat pada sistem jaringan.

2 Klasifikasi Software Monitoring Jaringan

Software monitoring jaringan sebenarnya terbagi dalam beragam klasifikasi yang berbeda. Dan dari empat klasifikasi yang telah dipublikasikan paessler, dua diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Open Source Software

Software monitoring jaringan open soruce bisa jadi rekomendasi terbaik bagi kamu para tehnisi dengan budget ketat.

Beberapa keuntungan utama menggunakan software open source ini juga sangat costumable dan dapat digunakan tanpa harus membayar biaya lisensi.

Hanya saja beberapa software open source memiliki fungsi yang terbatas. Sehingga tidak mampu memberi laporan monitoring jaringan secara detail.

2. All-IN-ONE

Ini adalah software yang diklasifikasikan khusus untuk para profesional network monitoring. Pada sumber terpercaya lainnya, All-IN-ONE juga bisa disebut sebagai klasifikasi software komersil. Software dalam klasifikasi ini dipastikan menawarkan seluruh fungsi monitoring jaringan dengan fitur-fitur canggih.

Software solution All-IN-ONE ini dapat mengontrol protokol konvensional sperti SNMP, paket snifing, aliran protokol-protokol untuk memonitoring bandwith.

Tidak hanya itu, software kategori komersil ini juga menawarkan kontrol dan monitoring jenis protokol yang lebih luas. Misalnya SQL, FTP, HTTP, Exchange, POP3, virtual servers, dan lainnya.

Software Monitoring Jaringan Open Source dan Komersil Terbaik

ZABBIX

ZABBIX adalah salah satu software monitoring jaringan open source terbaik yang populer digunakan oleh beberapa perusahaan. Contohnya, Dell, ICANN, Orange, Salesforce dan yang lainnya.

ZABBIX dirancang khusus untuk memonitor apa saja, mulai dari performa dan ketersediaan software, jaringan aplikasi web hingga database.

ZABBIX sudah didukung dengan SNMP dan menawarkan laporan yang lebih baik. ZABBIX dapat diinstal pada Linux, AIX, Windows, Solaris, MacOS X, FreeBSD, OpenBSD, dan yang lainnya. Untuk konfigurasi dan cara menggunakan software ZABBIX, kamu bisa mengetahuinya melalu video YouTube berikut.

Link untuk Download Software ZABBIX

Intermapper

Intermapper adalah software monitoring jaringan komputer yang masuk dalam kategori komersil atau klasifikasi ALL-IN-ONE. Intermapper dapat digunakan untuk seluruh sektor bisnis mulai dari sektor bisnis pendidikan, finance, pemerintah dan pertahanan, kesehatan, telekomunikasi, media, teknologi, hingga sektor manufakturing. Hanya dengan alamat IP, Intermapper mampu memonitor banyak hal. Mulai dari server, endpoints, perangkat wireless, firewall, router, perangkat mobile dan masih banyak lagi.

Intermapper juga sudah dilengkapi dengan fitur deteksi otomatis, sistem alerting, dan live interface.  Intermapper sudah kompatibel dengan berbagai perangkat berbasis Windows, Linux, dan MacOS. Untuk konfigurasi dan cara menggunakan Intermapper, kamu bisa melihatnya melalui video YouTube ini.

Link untuk Download Free Trial Software Intermapper

Kesimpulan

Agar kamu mengetahui bagaimana cara memilih software monitoring jaringan yang tepat dengan mudah dan cepat. Maka kamu bisa menggunakan 6 pertimbangan yang sudah dibahas di atas.

Software monitoring jaringan yang terbaik tidak hanya dapat dijalankan secara optimal pada Windows, Linux, dan MacOS. Tapi, software solusi terbaik yang populer juga menawarkan fitur-fitur canggih, powerfull, dan mudah digunakan.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Laptop dan Notebook

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer

Mengenal Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer yang Populer

Sebagai calon tehnisi IT atau calon pengguna komputer untuk berbagai keperluan. Tentu perlu mempelajari komputer.

Salah satu materi yang menarik untuk dibahas dan dipelajari adalah, mengenal jenis-jenis sistem operasi komputer.

Komputer atau Desktop PC, merupakan salah satu produk tekonologi canggih yang terdiri dari beberapa rangkaian bagian pendukung.

Diantaranya adalah, rangkaian perangkat keras atau hardware, seperti monitor, motherboard, prosesor, RAM dan lainnya.

Dan, juga terdiri dari piranti lunak atau software, contohnya sistem operasi.

Paduan antara hardware dan software terbaik. Terbukti mampu membuat kinerja komputer jadi lebih handal ketika dioperasikan oleh pengguna.

Sehingga, komputer dapat dengan mudah dioperasikan oleh seluruh pengguna untuk berbagai keperluan dan kebutuhan.

Baik untuk keperluan belajar, bekerja, dan mengembangkan bisnis. Hingga, komputer digunakan sebagai perangkat hiburan terbaik, seperti memutar musik audio dan video, hingga bermain game.

4 Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

Sistem operasi pada sebuah komputer memiliki fungsi yang cukup penting. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Sebagai Software Utama Pendukung Hardware

Sistem operasi merupakan software inti, yang menjadi pendukung seluruh hardware komputer agar dapat bekerja maksimal, ketika komputer dinyalakan.

Sebagai Mekanisme Sistematis untuk Proses Komputasi

Sistem operasi memiliki kemampuan untuk melakukan penjadwalan secara sistematis.

Diantaranya adalah, prosesing data, pemakaian memori, penyimpanan data dan sumber daya lainnya.

Sebagai Perantara antara Aplikasi dengan Hardware

Dengan adanya sistem operasi, pengguna dapat melakukan instalasi sejumlah software atau aplikasi lainnya pada hardware komputer.

Sebagai User Interface

Sistem operasi memungkinkan sebuah perangkat komputer memiliki antar muka pengguna (user interface) yang lebih ramah dan fungsional.

Sehingga, memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer untuk berbagai kebutuhan.

 

2 Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer

Agar komputer dapat dioperasikan, pengguna terlebih dahulu perlu melakukan instalasi sistem operasi.

Ada dua metode populer yang bisa dipilih untuk melakukan instalasi sistem operasi pada sebuah perangkat komputer.

Pertama, instalasi menggunakan piringan cakram CD atau DVD yang berisi file sistem operasi.

Kedua, instalasi komputer menggunakan atau memanfaatkan USB flashdisk yang sudah berisi file sistem operasi.

 

Jenis-Jenis Sistem Operasi Populer Premium

OS komputer premium atau berbayar terdiri dari beragam jenis. Dua diantaranya yang populer yang sering digunakan diantaranya adalah sebagai berikut :

OS Windows

OS Windows, adalah salah satu sistem operasi premium rancangan perusahaan Microsoft yang resmi dirilis pertama kali pada 20 November 1985.

Microsoft, merancang sistem operasi Windows dengan bahasa pemerograman C, C++ dan dipadukan dengan teknologi Graphical User Interface (GUI).

Hasilnya, sistem operasi Microsoft Windows memiliki antarmuka pengguna dengan grafis yang mengesankan. Lebih baik dan mudah bila dibandingkan dengan perintah teks.

Sejak pertamakali dirilis, hingga saat ini, sudah ada berbagai macam versi OS Windows yang dapat dipilih untuk digunakan.

Beberapa diantaranya yang populer yang masih digunakan saat ini adalah :

Versi Windows Tanggal Rilis System Requeriments
Windows Vista 30 Januari 2007 Prosesor 800 MHz 32 Bit (x86), atau 800 MHz 64 Bit (x64) & RAM 512 MB + 20 GB HDD
Windows 7 22 Oktober 2009 Prosesor 1 GHz atau lebih tinggi 32bit (x86) atau 64bit (x64) & RAM 1 atau 2 GB + 16 GB HDD
Windows 8 26 Oktober 2012 Prosesor 1GHz atau lebih tinggi, RAM 1 GB (32bit) + 16 GB (32bit) atau 20 GB (64bit) HDD
Windows 8.1 18 Oktober 2013 Prosesor 1GHz atau lebih tinggi, RAM 1 GB (32bit) + 16 GB (32bit) atau 20 GB (64bit) HDD
Windows 10 29 Juli 2015 Prosesor 1GHz atau lebih tinggi, RAM 1 GB (32bit) + 16 GB (32bit) atau 20 GB (64bit) HDD

 

Sistem Operasi macOS

macOS adalah sistem operasi populer premium yang dikembangkan secara eksklusif dan dipasarkan oleh Apple Inc.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984, MacOS adalah singkatan dari (Machintosh Oprating System). Yaitu, sebuah sistem operasi yang hanya dapat berjalan pada seluruh komputer Machintosh Apple.

Apple merancang macOS dengan bahasa programing C, C++, Objective-C dan Swift dan GUI berbasis UNIX.

Hasilnya, macOS benar-benar memiliki antarmuka yang intuitif, aman dari resiko ancaman atau serangan virus, kinerja cepat dan stabil pada prosesor Intel. Apple macOS juga sudah didukung dengan 34 bahasa.

Guna meningkatkan pengalaman pengguna, Apple terus memperbaharui sistem operasi yang mereka kembangkan. Berikut versi terbaru dari macOS:

Versi MacOS Tanggal Rilis System Requirements
macOS Sierra 10.12 20 September 2016 OS X 10.7.5 atau diatasnya, RAM 2GB & 8.8GB Disk Space + Apple ID
MacOS High Sierra 10.13 1 September 2017 macOS Sierra 10.12, RAM 2GB & 8.8GB Disk Space + Apple ID

Ragam Pilihan OS Populer Gratis

OS Linux

Sistem operasi linux dikembangkan oleh Linus Torvald dan secara resmi diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991.

OS Linux adalah salah satu pilihan OS gratis bersifat Open Source yang populer untuk digunakan pada perangkat komputer server.

Sistem operasi Linux ini juga sangat baik dan kompatibel dengan berbagai merek komputer ternama seperti Dell, IBM, Hewlett-Packard dan yang lainnya.

OS Linux juga terdiri dari beragam varian versi, diantaranya yang cukup populer yang saya ketahui adalah, Ubuntu dan Redhat.

Linux dapat diinstal pada komputer dan dapat dikendalikan dengan berbagai perintah antarmuka. Mulai dari antarmuka berbasis teks Command Linte Interface (CLI) atau antarmuka berbasis grafis Graphical User Interface (GUI).

Endless OS

Endless OS adalah salah satu sistem operasi gratis terbaru yang tersedia untuk dipilih oleh pengguna komputer maupun laptop.

Endless OS dikembangkan oleh Endless Mobile ,Inc. dan secara resmi dirilis di Jakarta, Indonesia, Selasa, (4/7/2017).

Sistem Operasi Endless OS memiliki antarmuka dengan desain yang intutif bahkan hampir mirip dengan antarmuka ponsel pintar.

Hasilnya, sistem operasi Endless OS ini tidah hanya cocok untuk bekerja, tapi juga untuk belajar dan bermain.

Endless OS juga telah didukung dengan sejumlah aplikasi fungsional seperti web browser, aplikasi office untuk meningkatkan produktivitas.

Sistem operasi Endless OS juga sudah dilengkapi dengan lebih dari 99 aplikasi yang dapat digunakan saat tidak tersedianya jaringan koneksi internet yang memadai.

Versi Endless OS Tanggal Rilis System Requierements
Full Version 4 Juli 2017 Chip Intel 64bit atau AMD, 2GB RAM 32GB HDD
Light Version 4 Juli 2017 Chip Intel 64bit atau AMD, 2GB RAM 16GB HDD

Kesimpulan

Berdasarkan tinjauan dan pengalaman pemakaian, jenis-jenis sistem operasi komputer cukup beragam pilihannya.

Kamu bisa memilih menggunakan 2 ragam os populer premium lalu mempelajari cara mengoperasikannya.

Atau, juga bisa memilih sistem operasi open source untuk keperluan komputer server dan juga menjalankan aplikasi saat tidak tersedia jaringan koneksi internet yang memadai di lokasi kamu tinggal.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Laptop dan Notebook

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Laptop 2 in 1 Terbaik

Review dan Spesifikasi 4 Laptop 2 in 1 Terbaik 2017

Selain hp, produk elektronik lainnya yang sangat diperlukan adalah laptop. Alat ini bisa digunakan untuk apa saja, baik sebagai media untuk melakukan pekerjaan, pelajaran, sampai hiburan semata. Di zaman sekarang Anda mendapatkan laptop dengan sangat mudah, dari yang biasa sampai yang 2 in 1. Yang dimaksud dengan laptop 2 in 1 adalah laptop yang bisa dijadikan tablet juga. Penasaran dengan apa saja laptop 2 in 1 terbaik? Di sini akan dibahas mengenai review dan spesifikasi dari 4 laptop 2 in 1 terbaik tahun 2017.

Pada tahun 2017 ini sepertinya akan menjadikan laptop 2 in 1 lebih dikenal bahkan tren. Hal ini dikarenakan banyak vendor hp yang memproduksi laptop jenis ini yang bisa dijadikan tablet juga. Laptop seperti ini bisa dilipat-lipat sampai sudut 180 derajat kemudian layarnya bisa dilepas dari keyboard.

Jika sudah terlepas maka laptop Anda akan berubah menjadi tablet pada umumnya. Ini karena layarnya bisa disentuh. Jika sudah menjadi tablet maka beberapa spesifikasinya bisa menyesuaikan spesifikasi tablet biasa seperti ukuran RAM menjadi lebih kecil begitu juga kapasitas media penyimpanannya.

Baiklah, itu dia sedikit pengenalan mengenai laptop dengan teknologi terbaru. Langsung saja, ini dia 4 laptop 2 in 1 terbaik beserta sedikit review dan pembahasan spesifikasinya.

Dell XPS 12

Ini dia laptop 2 in 1 pertama yang akan dibahas di sini. Laptop 2 in 1 atau hybrid ini bisa dibilang terbaik karena layarnya telah memiliki resolusi 4K Ultra HD yang membuat tampilan visual di layarnya menjadi jernih sekali. Ukuran layarnya adalah 12.5 inci jadi bisa dibilang ini termasuk notebook.

Tampilan warna yang dihasilkan oleh layar laptop ini sangat konsisten meski Anda melihatnya dari arah samping. Ini karena digunakannya teknologi bernama IGZO IPS Panel. Agar tidak rusak ketika terjatuh atau tergores, layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass yang sudah dikenal bisa menjaga kerusakan berbagai hp dan tablet.

Jika layarnya dilepas dan menjadi tablet maka akan menjadi tipis karena hanya 8 mm, bobotnya juga jadi 790 gram dari yang semula 1.27 kg saat jadi laptop. Tidak ada kipas pendingin untuk laptop ini tapi karena prosesor yang digunakannya berjenis Intel Core M5-6Y57 maka tidak akan membuat laptop panas. Daya tahan pun bisa menjadi efisien karena bisa bertahan selama 10 jam.

Kapasitas SSD laptop ini adalah 256 GB, RAM sebesar 8 GB, dan sistem operasinya Windows 10. Harganya kini adalah sekitar 20 juta rupiah.

HP Spectre x360

Sebagai salah satu produsen laptop terbaik, HP mencoba melakukan hal terbaiknya lewat laptop 2 in 1 ini. Uniknya, ada dua pilihan layar untuk laptop ini, paling kecil 13.3 inci dan paling besar 15.6 inci. Begitu juga dengan resolusi layarnya yang bisa dipilih. Ada yang 4K Ultra HD, dan hanya full HD. Namun, dengan perbedaan itu bukan berarti tidak sama levelnya.

Namun yang sudah diperkenalkan saat ini baru yang berukuran 13.3 inci pada tahun 2016 yang lalu. Layar yang digunakannya berjenis OLED QHD kemudian menggunakan GPU Intel Iris Grafis. Dengan layar yang resolusinya tinggi Anda para pencinta film atau suka membaca buku digital pasti akan dimanjakan oleh kenyamanan yang diberikannya. Kemudian, kapasitas RAM terbesar yang dimilikinya adalah 16 GB jadi bisa berjalan dengan lancar jika melakukan kegiatan multitasking. Sementara SSD penyimpanannya adalah 512 GB. Harga yang ditawarkan untuk laptop ini adalah sekitar 16 juta rupiah.

Acer Switch Alpha 12

Di antara 4 laptop 2 in 1 terbaik yang dibahas di sini, inilah yang harganya paling murah karena ada di kisaran 7 juta rupiah, tapi kecanggihannya tidak biasa saja. Ingin tahu bagaimana kehebatannya? Berikut ini reviewnya.

Jika dilepas dari keyboard-nya, layar laptop ini sangat tipis dengan ketebalan hanya 9.5 mm dan berat 900 gram saja. Meski bodinya tipis tapi kemampuan laptop ini sangat dimaksimalkan dengan digunakannya pendingin cair. Liquid cooling ini menjadi solusi terbaik untuk membuat laptop tidak terlalu panas tapi ingin mempertahankan bodinya yang tipis. Dengan demikian, Anda pasti tidak akan merasakan ketidaknyamanan karena perubahan suhu yang terjadi jika dipakai terlalu lama.

Prosesor yang digunakan bagus sekali, yaitu Intel Core i3/i5/i7. Pilihan yang beda dengan laptop berdimensi sama yang biasanya memakai prosesor Intel Core M yang jelas-jelas lebih lambat.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh laptop 2 in 1 ini adalah memiliki kaki penyangga. Gunanya adalah untuk ditancapkan pada dock keyboard jika Anda akan mengubahnya jadi laptop. Sistem operasinya sudah menggunakan Windows 10. Kemudian, laptop ini punya kamera Intel Real Sense 3D yang akan menghasilkan foto dengan resolusi terbaik. Jika Anda ingin menggunakan pena stylus maka Anda sangat bisa.

Meski harganya lumayan murah tapi spesifikasi laptop hybrid ini sangat keren, bukan?

Asus VivoBook Flip TP301 UJ

Ini dia laptop hybrid terakhir yang akan dibahas, tapi bukan berarti yang paling jelek. Justru ini dia yang bisa dibilang paling canggih.

Laptop 2 in 1 ini mempunyai layar berukuran 13.3 inci dengan jenis IPS HD. Dibandingkan layar sentuh dari laptop atau notebook lainnya, layar sentuh ini memiliki respon yang terbaik. Dengan begitu laptop ini sangat cocok bagi Anda yang suka bermain game PC berlayar sentuh. Ketebalan dari laptop ini adalah 19.9 mm sehingga gampang dipegang karena tipis. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai tablet maka hanya perlu memutar layarnya sehingga keyboard dan layar saling membelakangi. Ini lebih praktis dibandingkan Anda harus membongkar pasang bagian layar dan keyboard.

Anda juga bisa menggunakan laptop 2 in 1 ini menjadi empat buah mode, ada tablet mode, laptop mode, tent mode, dan stand mode. Anda bisa menggunakan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin menonton film atau membaca buku digital Anda bisa menggunakan tent mode agar tidak repot memeganginya.

Prosesor yang digunakan laptop ini adalah Intel Core i7-6500 U yang memiliki kemampuan baik. Kapasitas RAM-nya adalah 4 GB, kemudian memori HDD hard-disk sebesar 1 TB yang bisa membuat Anda menyimpan banyak sekali file. Kemudian, laptop ini menggunakan sistem operasi terbaru, Windows 10.

Harga yang ditawarkan untuk laptop ini adalah sekitar 12,8 juta rupiah.

Itulah dia 4 buah laptop 2 in 1 yang terbaik untuk tahun 2017 ini. Namun sebenarnya ada banyak sekali laptop 2 in 1 yang bagus tapi memang harganya mahal karena termasuk inovasi baru. Jika Anda kurang puas dengan yang dibahas di sini, Anda bisa mencari informasi mengenai laptop hybrid lainnya, antara lain sebagai berikut.

  • ASUS ZenBook Flip UX360 harga 7,3 juta.
  • Lenovo Yoga 900 harga 18,2 juta.
  • Lenovo Yoga 900S harga 13,7 juta.
  • Dell Inspiron 13 7000 harga 3,9 juta.
  • Samsung Notebook 7 Spin harga 11,7 juta.
  • Microsoft Surface Book i7 harga 35,1 juta.

Dan masih banyak lagi laptop 2 in 1 lain yang lebih mahal maupun murah.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 laptop 2 in 1 terbaik 2017 beserta review spesifikasinya.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Laptop dan Notebook

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. 2 Comments

Belajar Algoritma Pemrograman

Belajar Algoritma Pemrograman Dasar untuk Pemula

Mempelajari bahasa pemrograman di zaman sekarang ini sangat penting karena memang kebutuhannya sudah semakin banyak. Jika Anda menguasainya maka bisa dijadikan peluang untuk dijadikan sebagai mata pencaharian. Maka dari itu, sekarang banyak sekali yang mempelajarinya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, bisa mempelajari hal ini akan sangat menguntungkan. Jika Anda ingin mempelajarinya maka yang menjadi dasar adalah algoritma pemrograman. Di sini akan diberikan informasi kepada Anda mengenai bagaimana cara belajar algoritma pemrograman.

Istilah algoritma mungkin sudah sering Anda dengar ketika di sekolah pada pelajaran matematika. Benar kan? Namun nyatanya algoritma juga bagian dari teknologi meski pengertiannya dengan algoritma matematika itu sama. Apakah Anda masih ingat apa yang dimaksud dengan algoritma.

Sekadar mengingatkan, algoritma adalah langkah-langkah atau urutan yang dilakukan agar pemecahan sebuah masalah bisa dilakukan. Jika diasumsikan pada kegiatan sehari-hari bisa seperti sedang memasak kue atau mie instan untuk lebih umumnya. Agar bisa menghasilkan makanan yang jadi maka harus ada proses yang dilakukan dan biasanya semuanya diurutkan.

Jika Anda berurusan dengan pemrograman maka logika Anda harus benar-benar dipakai agar bisa memecahkan masalah pemrograman yang akan Anda lakukan. Hal ini bisa dilatih dengan banyak cara yang bisa Anda lakukan. Di bawah nanti akan dibahas sedikit mengenai bagaimana cara memahami dan belajar algoritma pemrograman dengan mudah. Namun sebelumnya akan dibahas dulu lebih banyak mengenai algoritma pemograman bagi Anda yang sama sekali belum mengerti akan hal ini.

Mengenal Algoritma Pemograman Bagi Pemula

Algoritma bisa diartikan sebagai langkah-langkah yang logis agar dapat menyelesaikan masalah. Segala halnya diurutkan dengan sistematis. Jadi, apabila langkah-langkahnya tidak benar maka sebuah program tidak akan berjalan. Jika ini terjadi maka algoritma harus kembali disusun agar masalah dapat terpecahkan.

Algoritma bisa diartikan juga dengan metode, logika, dan tahapan sistematis yang fungsinya untuk memecahkan masalah. Algoritma pemrograman memiliki lima ciri penting, hal ini telah ditulis oleh Donald E. Knuth dalam buku dengan judul The Art of Computer Programming. Lima ciri penting yang dimaksudkan antara lain.

  • Algoritma harus berhenti ditulis jika Anda telah mengerjakan langkah-langkah yang terbatas.
  • Algoritma mempunyai nol, bisa juga lebih masukan atau input.
  • Semua langkah dalam algoritma harus didefinisikan dengan tepat jadi tidak ada yang ambigu atau berarti dua.
  • Algoritma harus efisien dan efektif.
  • Algoritma memiliki nol pada lebih keluaran atau output.

Cara Penulisan Algoritma Pemrograman

Secara garis besar, penyajian algoritma terbagi menjadi gambar dan tulisan. Jika menggunakan gambar adalah dengan flowchart. Flowchart adalah bagan yang menunjukan alir dalam sebuah program. Bagan ini akan dijadikan sebagai alat bantu dalam melakukan dokumentasi, dan komunikasi.

Pengambaran flowchart adalah dengan menggambar halaman dari bagian atas menuju bagian bawah. Dan dari bagian kiri ke bagian kanan. Anda harus menggambarkan atau mendefinisikannya dengan hati-hati agar pembaca bisa mengerti apa yang dimaksud. Kemudian waktu mulai dan berakhirnya harus Anda tentukan dengan cara yang jelas. Bukan hanya itu, setiap langkah yang akan dibuat harus Anda uraikan memakai deskripsi kata kerja, urutkan segala aktivitas dengan benar, dan pakai berbagai simbol flowchart standar.

Sedangkan jika menggunakan tulisan maka penyajiannya dengan menggunakan struktur bahasa tertentu, bisa dengan bahasa Inggris, Indonesia, dan pseudocode. Pseudocode adalah sebuah kode yang digunakan dalam pemrograman misalnya, C dan Pascal. Bahasa ini akan dikomunikasikan ke seorang programmer. Bahasa ini memang rumit karena menggunakan kode-kode yang harus Anda hapalkan di luar kepala. Jika Anda menggunakan notasi ini maka ada keuntungan yang bisa Anda rasakan, yaitu Anda bisa lebih mudah menerjemahkan notasi bahasa pemrograman.

Ada satu lagi cara yang dinamakan cara deskriptif. Jika menggunakan cara ini maka Anda harus menjelaskan setiap langkah-langkah menggunakan bahasa yang jelas. Salah satunya bisa menggunakan bilangan maksimum. Dengan cara ini Anda harus menggunakan tiga bilangan bulat yang maksimumnya ada di antara tiga bilangan tersebut. Jika akan menggunakan langkah ini maka Anda harus mengerti berbagai jenis bilangan atau algoritma yang ada dalam pelajaran matematika.

Itu dia bagaimana cara-cara penulisannya tapi maaf karena contohnya tidak akan diberikan di sini. Anda bisa belajar lebih banyak di buku mengenai algoritma pemrograman atau di website yang khusus membahas masalah ini.

Sudah mengerti dengan apa yang dimaksud algoritma pemrograman? Jika belum, setidaknya Anda sudah tahu lebih banyak mengenai hal ini. Sekarang lanjut ke bagaimana cara mempelajari algoritma pemrograman agar lebih mengerti.

Tips Memahami dan Menguasai Algoritma Pemrograman

Sebelum menjadi mahir dalam melakukan sesuatu tentunya harus dilakukan pembelajaran secara intensif dulu, begitu juga agar memahami algoritma pemrograman. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar cepat mengerti segala hal yang berhubungan dengan algoritma pemrograman. Berikut ini beberapa tipsnya.

Banyak Latihan

Ini adalah tips yang akan selalu diberikan kepada Anda yang ingin belajar apa saja. Pepatah bahasa Inggris mengatakan “Practice Make Perfect”, arti luasnya adalah dengan latihan maka kemampuan akan berkembang dengan lebih baik. Ini tidak hanya dilakukan pemula, orang yang sudah ahli saja harus terus belajar.

Latihan yang bisa Anda lakukan agar cepat menguasai algoritma pemrograman adalah belajar membuat solusi berbagai persoalan dengan menggunakan logika. Buat saja permasalahan sendiri kemudian cari jalan keluar atau solusinya. Meski sudah sering mendapatkan tugas dari dosen tapi Anda harus tetap memecahkan masalah lainnya karena masih banyak permasalahan lain yang harus dihadapi. Ilmu diluar tugas dosen itu lebih luas.

Banyak juga programmer pemula yang masih merasa sulit ketika harus mengekspresikan algoritma dalam pikirannya ke dalam algoritma pemrograman. Hal ini bisa dilatih dengan lebih banyak melihat contoh algoritma yang sudah ada. Semakin lama jam terbang Anda, dan semakin banyak masalah yang bisa dipecahkan maka Anda akan lebih berpeluang menjadi seorang programmer yang hebat.

Pelajari Dulu Bahasa Pemrograman yang Anda Suka

Meski ada banyak sekali bahasa pemrograman tapi Anda bisa mulai dulu dengan yang Anda suka. Apabila telah ada konsep algoritma yang dipegang maka Anda akan lebih mudah pindah ke bahasa yang lainnya karena Anda telah menguasai bahasa sebelumnya. Semakin banyak bahasa pemrograman yang Anda kuasai maka semakin besar kesempatan Anda untuk sukses menjadi seorang programmer profesional. Ini karena setiap perusahaan atau klien perseorangan membutuhkan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Ada yang butuh C++, Java, dan lain sebagainya.

Itu dia cara-cara dasar bagi Anda yang ingin cepat menguasai algoritma pemrograman. Memang awalnya belajar algoritma pemrograman sulit karena masih binggung dengan maksud-maksud dari sebuah permasalahan.

Demikianlah sedikit pembahasan dasar, dan pengertian dari algoritma pemrograman bagi Anda yang ingin belajar algoritma pemrograman. Jika Anda tekun pastinya bisa menjadi programmer yang andal, intinya Anda harus banyak latihan agar bisa lebih berkembang pengetahuannya. Jika Anda memahami dasar-dasar dari algoritma pemrograman mungkin nanti akan lebih mudah belajar. Jika Anda tidak bisa kuliah sistem informatika, Anda bisa belajar lewat buku mengenai bahasa pemrograman.

Anda ingin belajar alogritma pemrograman? Silahkan meninggalkan komentar di bagian bawah posting ini jika anda ingin belajar melalui blog ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membagi Bandwidth

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Hardisk Eksternal Terbaik

Hardisk Eksternal Terbaik 2 TB Untuk PC dan Mac

Hardisk Eksternal terbaik menawarkan banyak keuntungan bagi setiap pemilik yang menggunakannya.

Selain menawarkan keuntungan dari sisi daya tahan yang lebih awet dan kompatibel dengan beragam OS. Performa hardisk portable berkualitas bagus juga biasanya lebih kencang.

Mudah untuk digunakan, kaya akan fitur, serta praktis untuk dibawa kemana pun dan kapan pun kamu mau.

Oleh sebab itulah mengapa sebagian besar orang lebih tertarik memilih dan membeli harsdisk eksternal terbaik.

Kamu mungkin saja salah satu dari mereka, oleh sebab itulah mengapa kamu saat ini tertarik untuk membaca postingan ini.

Saat ini rasanya tidak sulit bagi kamu untuk menentukan pilihan, yang mana  portable backup plus yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Karena, saat ini hardisk eksternal sudah tersedia dalam beragam pilihan kapasitas mulai dari 500 GB, 1TB, 2TB, hingga di atas 4TB.

Merek hardisk eksternal ternama populer yang bisa dipilih juga cukup lengkap, dan sudah tersedia untuk kamu beli.

Bagi kamu yang kebetulan saat ini berencana membeli hardisk eksternal baru berkapasitas 2 TB handal digunakan pada PC atau Mac.

Maka kamu bisa mempertimbangkan membeli dan menggunakan hardisk eksternal Seagate.

Mengapa ? Silahkan lanjutkan membaca postingan ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya.

 

Hardisk Eskternal Terbaik Merk Seagate

Seagate Brand Perpengalaman

Membeli hardisk eksternal tentu juga harus mempertimbangkan brand. Seagate adalah salah satu brand perusahaan yang sudah berpengalaman dalam memproduksi perangkat keras untuk komputer atau laptop.

Hardisk internal dan eksternal adalah salah dua contohnya. Kualitasnya hardisk Seagate sudah di akui, PC saya pun menggunakan hardisk Seagate.

Tidak hanya itu beberapa brand-brand laptop dan komputer populer juga menggunakan hardisk buatan Seagate untuk perangkat mereka.

Hardisk Seagate performanya cukup bandel. Bahkan tetap stabil ketika PC atau komputer dioperasikan dalam waktu yang cukup lama.

Kecepatan Revolution Per Minute (RPM) Tinggi

Bila sebagian kamu masih mempertimbangkan RPM ketika akan memilih hardisk eksternal, maka Seagate perlu kamu pertimbangkan.

Sebagian besar hardisk rancangan Seagate baik internal maupun eksternal memiliki kecepatan rotasi atau Revolution Per Minute (RPM) tinggi. Antara 5400 RPM hingga 7200 RPM.

Sebuah ukuran standar yang populer dan banyak dipilih untuk digunakan pada hardisk sebagian besar komputer dan laptop saat ini.

Dengan kecepatan rotasi tinggi, hardisk memiliki kecepatan transfer data jauh lebih cepat dan stabil.

Meskipun, Seagate saat ini mengungkapkan bahwa RPM tidak lagi jadi patokan utama ketika hadirnya pilihan Solid State Hard Disk (SSHD).

Desain Body Ideal dan Ukuran Paling Proporsional

Karena berpengalaman, Seagate tau benar bagaimana merancang sebuah hardisk eksternal tidak hanya kencang tapi juga benar-benar portable.

Hardisk Eksternal Seagate atau lebih dikenal dengan Dekstop Protable Backup Plus memiliki body yang tipis dan ukuran yang proporsional.

Tersedia ukuran yang paling tipis, yang disebut Ultra Slim dengan total dimensi 113,5 x 76 x 9,6 mm. Kapasitasnya mulai dari 1 TB hingga maksimal 2 TB.

Sementara untuk model yang paling tebal atau disebut model Fast berkapasitas 4 TB, dimensi totalnya hanya sekitar 116,9 x 78 x 22,35 mm.

Desain body yang tipis dengan ukuran yang proporsional membuat hardisk Seagate lebih praktis untuk dibawa kemana pun kamu mau.

Seagate juga menawarakan hardisk eksternal dengan ragam pilihan warna terbaik gold, putih, biru, merah, silver, hitam, dan masih banyak lagi.

Harga Jual Kembali Bagus

Pernah punya pengalaman menjual hardisk second ? Saya sih pernah memiliki pengalaman jual beli hardware komputer dan laptop second.

Peminat yang ingin membeli hardisk Seagate second untuk perakitan PC yang lebih ekonomis juga cukup tinggi.

Harga jual kembali hardisk Seagate second hand berkualitas ini cukup bagus. Dapat dijual kembali dengan patokan harga yang sesuai tidak terlalu murah.

Jaminan Garansi

Semua produk Seagate dijamin dengan garansi resmi, termasuk produk hardisk eskternalnya. Hardisk eksternal Seagate diilindungi dengan jaminan garansi resmi 2 tahun.

Menawarakan Fitur Keren

Hardisk eksternal yang dilengkapi dengan fitur canggih layak untuk kamu pertimbangkan. Seagate melengkapi hardisk eskternal nya dengan fitur keren yang memudahkan kamu dalam mengoperasikan hardisk eksternal.

Namanya Seagate Dashboard, memiliki tiga fitur keren yang memungkinkan kamu berbagi file atau backup dalam hardisk dan perangkat lainnya, jadi lebih mudah.

Termasuk juga melakukan backup seluruh file foto pada sosial media yang kamu miliki.

Antar muka fitur Seagate Dashboard sangat ramah pengguna. Fitur yang tersedia adalah sebagai berikut:

  1. Back Up komputer atau Laptop
  2. Back Up smartphone
  3. Back Up social media

 

Seagate Dashboard memungkinkan kamu melakukan backup komputer atau laptop cukup dengan satu single klik.

Sementara backup seluruh file smartphone dapat dilakukan memanfaatkan wireless antar kedua perangkat.

Khusus untuk melakukan back up seluruh foto pada social media milikmu. Juga benar-benar mudah dan cepat.

Cukup, pilih menu Social pada Seagate Dashboard lalu pilih salah satu social media milikmu.

Masukan id dan password social media kamu, maka seluruh file kamu akan otomatis terbackup ke dalam hardisk eksternal Seagate.

Link Download Seagate Dashboard untuk Mac OS

Kompatibel dengan OS Populer

Hardisk eksternal seagate dipastikan dapat dengan mudah dihubungkan ke berbagai perangkat dengan mudah.

Hardisk Seagate Expansion sudah menggunakan kabel USB 3.0 yang lebih cepat bila dibandingkan dengan USB 2.0.

Menariknya, hardisk Seagate juga dapat terintegrasi dengan komputer Windows atau berfungsi normal ketika disambungkan perangkat Apple iMac dan MacOS.

Karena Seagate telah melengkapi hardisk eksternalnya dengan driver khusus untuk Mac dan dapat diunduh gratis.

Link Download Paragon Driver untuk Mac (10.9 atau versi yang terbaru).

Backup Plus Slim 2 TB

Backup Plus Slim adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk dimasukan ke dalam daftar belanja kamu.

Khususnya bagi kamu yang ingin membeli hardisk expansion berkualitas kapasitas 2 TB desain elegan performa cepat, stabil, berfitur canggih, juga compatibel dengan PC dan Mac.

Backup Plus Slim sudah dilindungi logam pelindung khusus super tipis dalam berbagai pilihan warna mulai dari hitam klasik, perak, merah dan biru.

Backup Plus Slim sudah didukung dengan kabel USB 3.0, fitur Seagate Dashboard, dan driver Mac.

Sehingga dapat cepat terhubung ke PC Windows, atau berjalan normal pada Mac tanpa harus melakukan format ulang hardisk terlebih dahulu.

Foto Produk & Spesifikasi Seagate Backup Plus Slim 2 T

Detail Spesifikasi Backup Plus Slim 2 TB Seagate
Kapsitas Tersedia 500 GB, 1 TB, dan 2 TB
Konektivitas USB 3.0
Kecepatan Transfer Data 120 MB/s
Compatibel OS PC dan Mac
Dimensi 113,5 x 76 x 12,1 mm
Fitur Seagate Dashboard (Mac and Windows)
Berat 159 g
Pilihan warna Hitam, abu-abu, merah dan biru
Garansi 2 Tahun

Fungsi Backup Plus Slim 2 TB

Secara fungsi, Seagate Backup Plus eksternal tidak jauh berbeda dengan hardisk internal. Yaitu, sebagai aksesoris tambahan canggih untuk keperluan penyimpanan tambahan dan cadangan berbagai jenis dan ukuran file.

Mulai dari penyimpanan dokumen, gambar, musik, video, program atau software, bahkan Sistem Operasi kamu.

Berdasarkan tinjauan yang saya lakukan langsung ke situs resmi Seagate, Backup Plus Slim memiliki kemampuan menampung file dan dokumen sebanyak :

Kapasitas MP3 FOTO VIDEO FILM DVD
2 TB 33.320 jam 640.000 2.000 jam 500

Siapa yang Cocok Menggunakan Backup Plus Slim 2 TB ?

Siapa saja para pengguna PC atau Mac bisa membeli dan menggunakan Seagate Backup Plus Slim 2 TB. Namun menurut saya yang paling direkomendasikan dan cocok menggunakan hardisk eksternal ini adalah:

Kamu Para Tekhnisi IT

Para teknisi khususnya teknisi IT biasanya sering menggunakan beragam software, driver atau program canggih untuk keperluan kerja.

Seagate Backup Plus Slim dapat kamu jadikan perangkat terbaik untuk menyimpan seluruh software, driver dan program yang kamu miliki.

Performanya yang kencang dan stabil juga membuat kamu jadi lebih mudah saat melakukan transfer file.

Kamu yang Hobi Mengkoleksi Film

Kamu yang hobi download dan menonton film. Cocok juga untuk menjadikan Back Plus Slim sebagai perangkat penyimpan semua koleksi film terbaik favorit kamu.

Kamu yang Tidak Ingin Ribet Ketika Kehilangan File

Karena memiliki ukuran yang cukup besar. Seagate, dapat difungsikan sebagai hardisk cadangan untuk menyimpan semua file dan dokumen penting yang kamu miliki.

Backup Plus Slim, cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet, ketika kemungkinan kerusakan pada hardisk internal terjadi, dan menyebabkan hilangnya semua file penting.

 

Kesimpulan

Hardisk Eksternal terbaik adalah aksesoris protable canggih berkapasitas besar, performa cepat, desain tipis elegan, dan dibuat oleh brand berpengalaman.

Dan salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan adalah Seagate Backup Plus Slim.

Terutama kamu yang membutuhkan hardisk eksternal 2 TB berkualitas yang dapat bekerja maksimal pada PC dan Mac.

Seagate Backup Plus Slim 2 TB saat ini sudah tersedia di Indonesia. Kamu dapat membelinya melalui toko aksesoris komputer dan laptop di sekitar lokasi kamu tinggal. Atau membelinya langsung melalui situs resmi Seagete dan beberapa toko online yang ada di Indonesia. Salam.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membagi Bandwidth

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Bahasa Pemrograman Pascal

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal dan Peranannya Bagi Pemula

Di dalam pemograman ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari, dari algoritma sampai bahasa pemrogramannya. Bahasa pemrograman terdiri atas banyak sekali, yang paling sering didengar adalah Pascal, Java, dan C++ padahal sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang lain. Namun yang paling mudah adalah Pascal sehingga bagi Anda yang pemula bisa lebih mengerti. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai bahasa pemrograman Pascal dengan lebih lengkap.

Mari kita sama-sama belajar mengenai pengertian bahasa pemrograman Pascal agar lebih bisa mengenalnya.

Apa Sih Itu Bahasa Pemrograman Pascal?

Pascal bisa dibilang sebuah bahasa pemrograman yang biasanya dipelajari sebagai pengantar para pemula ketika akan memulai belajar algoritma serta pemrograman. Jadi, ini adalah bahasa pemrograman dasar yang perlu dipahami pemula. Pascal menjadi sangat mudah dipelajari karena segala perintahnya mirip bahasa Inggris. Seperti end, begin, read, dan write.

Sedikit membahas sejarah Pascal, sebenarnya Pascal dirancang untuk bisa digunakan pada keperluan akademik. Oleh karena ini sampai saat ini Pascal selalu dipelajari di berbagai sekolah sampai universitas di seluruh dunia. Selain itu Pascal juga adalah bahasa pemrograman yang dipakai pada Olimpiade Sains Nasional dalam bidang komputer.

Pascal dikembangkan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth dan populer sampai tahun 1990-an. Jika Anda sebagai pemula mengerti bahasa pemrograman ini maka nantinya bisa lebih mudah memahami bahasa pemrograman lainnya karena sudah tahu dasarnya.

Nama Pascal diambil dari Blaise Pascal yang merupakan ilmuwan asal Perancis yang menjadi pembuat kalkulator mekanis pertama yang menjadi cikal bakal dari komputer sekarang ini. Pascal dibuat atau di-design dengan structured programming yang akhirnya kini jadi popular sehingga bahasa pemrograman yang baru sering menggunakannya. Sejak dipublikasikan pada tahun 1970 akhirnya Pascal banyak dipakai  di universitas yang ada di Amerika dan Eropa.

Namun saat itu karena harga komputer sangat mahal maka bisa dipakai hanya oleh kalangan tertentu. Biasanya oleh universitas, dan perusahaan besar. Oleh karena sekarang ada banyak sekali bahasa pemrograman makanya bahasa Pascal mulai kalah bersaing dengan Basic, Algol, C, dan Fortran. Sejak tahun pertama dirilis mulai banyak bermunculan compiler bahasa Pascal atau program yang dipakai untuk jalankan bahasa Pascal. Ada UCSD Pascal, Turbo Pascal, dan Microsoft Pascal.

UCSD Pascal adalah compiler Pascal yang pertama kali dibuat oleh University of California. Compiler ini memang dibuat khusus untuk UCSD p-system. UCSD p-system merupakan sistem operasi yang ketika itu bisa dipilih jika membeli IBM PC. Setelah melihat adanya perkembangan akan Pascal maka kemudian Microsoft mengeluarkan Microsoft Pascal. Sayangnya tidak begitu popular karena harganya yang mahal. Selanjutnya baru dibentuk Turbo Pascal yang dibuat oleh sebuah perusahaan software bernama Borland.

Fitur-fitur yang Ada di Dalam Pascal

Sekarang mari sedikit belajar mengenai fitur yang ada pada bahasa pemrograman Pascal. Fitur yang ada dalam Pascal cocok digunakan dalam pembuatan aplikasi komersil dan sebagai bahan pembelajaran pemrograman. Berikut ini fitur-fitur yang dimaksud.

  • Tipe Data Bentukan

Pascal memperbolehkan Anda membuat tipe data bentukan yang bisa Anda definisikan sendiri.

  • Tipe Data Bawaan

Bahasa pemrograman ini memiliki data standar yang sangat umum Anda temukan dalam bahasa pemrograman lainnya seperti Real, Integrer, Character, dan Boolean.

  • Aturan Tipe Datanya Ketat

Maksudnya adalah Pascal itu membatasi hal-hal seperti penggunaan tipe data. Anda hanya dapat memakai variabel hanya untuk satu tipe data. Dan sebelum digunakan maka harus dilakukan deklarasi dulu.

  • Punya Macam-macam Struktur Data

Struktur data yang ada bahasa pemrograman ini antara lain Record, Array, Set, dan File.

  • Sederhana dan Ekspresif

Bahasa pemrograman Pascal menjadi sangat mudah dipelajari dan dipahami karena perintah-perintahnya kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

  • Mendukung Struktural Programming

Bahasa Pascal digunakan atau dirancang menggunakan konsep pemrograman terstruktur. Konsep tersebut mendukung sub program dengan menggunakan prosedur, dan fungsi.

  • Mendukung Pemrograman Objek

Pemrograman berbasis objek didukung oleh Pascal apalagi pada bagian compiler versi paling terakhir.

Itu dia apa saja fitur-fitur di dalam Pascal. Sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tentang Pascal kan? Namun, masih ada pembahasan lainnya agar pengetahuan Anda lebih bertambah

Meski Pascal mudah sekali dipelajari tapi Anda tidak boleh hanya menguasainya karena ini hanya dasarnya saja. Pascal hanya bisa digunakan untuk membuat program sederhana, tidak bisa yang besar. Ini dikarenakan perintahnya sangat terbatas. Tipe data dari Pascal adalah boolean, integer, string, dan lain-lain yang disebut dengan variabel. Kegunaan dari variabel adalah menyimpan nilai tertentu yang tergantung dengan jenis variabelnya. Oleh karena terstruktur maka Pascal mempunyai sintaks yang penulisannya dapat dipecah menjadi berbagai fungsi kecil dan dapat digunakan berulang-ulang.

Fakta lainnya, meski mudah tapi Pascal disebut dengan High Level Programming. Maksudnya adalah dimengerti dengan baik oleh manusia tapi tidak oleh mesin. Jadi jika ingin bisa diproses mesin harus diterjemahkan menggunakan bahasa pemrograman lainnya. Pascal memang dibuat agar para pemula lebih paham akan konsep pemrograman komputer jadi tidak mengapa jika Anda tidak bisa menciptakan aplikasi-aplikasi besar. Setelah belajar bahasa pemrograman lain pasti Anda bisa menjadi programmer yang lebih baik lagi.

Agar Anda paham akan konsep pemrograman menggunakan Pascal maka harus tahu hal-hal penting yang umum ada pada bahasa pemrograman apa saja atau the programming concept, antara lain sebagai berikut.

  • Tipe data dan variabel. Di dalam hal ini Anda harus mengenal boolean, integer, dan string.
  • Input dan Output. Di dalam bahasa pemrograman ini digunakan perintah white dan read.
  • Perulangan. Di dalam hal ini Anda akan menggunakan perintah while dan for.
  • Subrutin. Di dalamnya ada Fungsi dan Prosedur.
  • Percabangan. Di dalam hal ini perintah yang digunakan adalah case dan if.

Jika Anda sudah hafal dengan perintah-perintah yang  ada dalam Pascal maka Anda setidaknya sudah lumayan mengerti mengenai pemrograman. Agar lebih mengerti lagi maka Anda harus bisa membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Ketika memulainya mungkin Anda akan gagal tapi dari sini Anda jadi tahu bagaimana cara membetulkannya. Dengan demikian Anda bisa lebih cepat menguasai Pascal sehingga bisa beralih mempelajari bahasa pemrograman lainnya yang lebih sulit. Intinya tetap belajar.

Di dalam Pascal ada begitu banyak hal yang harus dipelajari sebut saja belajar penulisan kodenya, mengenal tipe data pascal lebih dalam, aritmatika pascal, struktur program, jenis-jenis operator pascal, perulangan-perulangan, deret pascal, dan banyak hal lainnya.

Jadi, apa pentingnya belajar pascal bagi pemula? Jawabannya agar bisa mengerti kinerja pemrograman karena inilah dasar dari bahasa pemrograman. Meski memang tidak banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila Anda masih SMA, mempelajari pascal sejak sekolah bisa menjadi pengantar bagi Anda jika akan mengambil kuliah jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Akan tetapi, Anda tidak cocok mempelajari Pascal apabila sudah paham bagaimana garis besar algoritma dan Anda ingin menguasai bahasa yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Langsung saja belajar Java, C#, C++, Python, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan tentang bahasa pemrograman Pascal yang membahas tentang apa itu Pascal dan apa kegunaannya bagi para pemula. Semoga bermanfaat dan Anda bisa cepat menguasainya. Nah apakah anda ingin menjadi programmer? Apa anda tiba-tiba berminat ingin belajar pascal? Jika anda ingin belajar pascal melalui blog ini silahkan meninggal komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membagi Bandwidth

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Elektrik

Ini Nih Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Elektrik

Di tengah himpitan ekonomi yang kerap dikeluhkan masyarakat Indonesia belakangan ini, sebetulnya jika kita jeli ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Salah satunya bisnis pulsa elektrik yang mengandalkan sebuah server untuk semua provider. Bisnis ini akan berkaitan erat dengan perangkat bernama komputer. Karena itu kami akan mengulas lebih dalam tentang spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik di sini. Namun, kami akan mengawalinya dengan sejarah dan perkembangan bisnis server pulsa elektrik itu sendiri.

Bisnis pulsa elektrik mulai ada semenjak voucher elektronik diperkenalkan ke tengah masyarakat. Perkembangannya cukup pesat, sebab penggunaannya cukup praktis dan pulsa menjadi suatu kebutuhan penting bagi para pengguna handphone. Sehingga bisnis semacam ini diprediksi akan terus berkembang sekaligus mendatangkan keuntungan bagi penjual. Apalagi, untuk memulai bisnis penjualan pulsa elektrik tidak membutuhkan modal besar, pengalaman yang memadai, dan tentunya minim risiko. Bermodal di bawah 100 ribu rupiah setiap orang bisa menjalankannya.

Akan tetapi, pada awal-awal kemunculannya, outlet-outlet membutuhkan lebih dari satu unit handphone untuk melayani pembelian pulsa. Sebab dulu transaksi saldo dilakukan dengan menggunakan chip dari masing-masing provider yang ada, seperti MKios (khusus untuk Telkomsel), M-Tronik (Indosat), DOMPUL (XL). Jadi, sebanyak apa jumlah provider yang tersedia, sebanyak itu pula chip yang dibutuhkan untuk bertransaksi.

Chip-chip khusus tersebut nantinya di pasang pada handphone penjual pulsa. Jadi jika penjual menyediakan pulsa dari beberapa atau seluruh provider, maka ia harus menydiakan handphone lebih dari 1 unit. Bayangkan saja repotnya menghandle transaksi dari handphone yang berbeda-beda.

Seiring berjalan waktu, ketidakpraktisan tersebut dapat teratasi dengan adanya server pulsa. Server pulsa memungkinkan proses transaksi saldo antara penjual ke pembeli berlangsung lebih mudah dan cepat. Hanya dengan 1 deposit, maka penjual bisa melakukan pengisian pulsa elektrik pada pelanggan provider manapun di seluruh Indonesia.

Nah, untuk menjalankan bisnis server pulsa elektrik, tentu perangkat utama yang dibutuhkan adalah komputer. Namun, bagaimana spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik ini sesungguhnya? Berikut penjelasannya.

Komputer Untuk Server Pulsa

Pada dasarnya, spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik tidak terikat dengan ketentuan baku. Ini memberi arti bahwa semua komputer sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai server pulsa. Akan tetapi, tiap-tiap jenis atau kelas komputer tentu akan memberikan pengalaman pemakaian yang berbeda-beda. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan, semakin baik kerjanya.

Secara umum komputer untuk server pulsa elektrik dapat berupa komputer built up maupun rakitan. Namun menurut pengalaman pengguna, komputer built up lebih memuaskan ketimbang komputer rakitan.

Komputer built up merupakan seperangkat komputer pabrikan yang setiap detil komponen pada motherboard-nya dibuat dalam satu paket oleh pabrik atau perusaahan pembuatnya. Dengan kata lain, semua perangkat keras atau spare part yang digunakan komputer tersebut sama. Sebagai contoh, komputer dengan merk ASUS, maka otomatis semua perangkat keras yang digunakannya juga bermerk Asus.

Lain hal dengan komputer rakitan. Sesuai namanya, komputer rakitan merupakan komputer yang dirakit oleh seseorang berdasarkan keinginan dan kebutuhannya. Komputer rakitan memang lebih fleksible, sebab memungkinkan si perakit menentukan sendiri tinggi rendahnya spesifikasi komputer yang diinginkan, baik itu mengenai hardisk hingga kapasitas RAM. Ini bukan pekerjaan mudah. Hanya orang-orang yang berpengalaman bisa melakukannya. Kendati bagi si perakit cara ini lebih menguntungkan, namun dari segi kualitas rata-rata masih di bawah komputer built up.

Motherboard Komputer Server Pulsa Elektrik

Pada sektor motherboard, komputer server pulsa elektrik minimal dilengkapi dengan 3 slot pci express. Banyak pertanyaan muncul, mengapa harus demikian?

Hal tersebut sejatinya akan berguna untuk menghubungkan modem dengan komputer tersebut. Tak kalah penting, prosesor yang digunakan sekurang-kurangnya adalah Quad Core atau Dual Core, baik itu AMD maupun Intel. Sebab, komputer yang difungsikan untuk pulsa elektrik akan bekerja 24 jam. Tanpa prosesor yang memadai, sudah pasti perangkat berisiko game over.

Agar kecepatan kerja server ini memuaskan, maka komputer idealnya dilengkapi dengan dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lantas, apa yang terjadi jika kapasitas RAM komputer kurang dari 2 GB? Sederhana saja, kapasitas RAM kurang dari 2 GB jelas akan mempengaruhi kecepatan kerja komputer itu sendiri, dengan kemungkinan-kemungkinan berupa transfer delay yang menjengkelkan. Tapi, semuanya tentu kembali lagi pada daya beli masing-masing individu. Komputer dengan spesifikasi lebih komplit dan RAM besar tentu lebih mahal ketimbang yang tidak.

Tambahan lain, kestabilan suhu juga perlu dijaga. Namanya mesin bekerja non stop, dipastikan suhu akan meningkat. Mesin yang panas juga berisiko menimbulkan kerusakan lebih cepat. Khusus untuk laptop yang dijadikan server pulsa elektrik, sebaiknya dilengkapi dengan cooling pad.

Salah satu contoh komputer dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas adalah Hewlett-Packard Compaq DC7900 Ultra Slim Core 2 Duo 2.93 Ghz PC. Dari sekian banyak komputer yang ada, Hewlett Packard Compaq inilah yang paling sering direkomendasikan untuk server pulsa elektrik. Ketahanannya teruji untuk pemakaian rutin selama 24 jam penuh.

Modem Internet

Selain komputer, bisnis penjualan pulsa elektrik ini perlu didukung dengan modem. Modem tidak mutlak ada apabila rumah atau tempat usaha Anda telah tersambung dengan internet nirkabel semacam Wi-Fi. Tapi, untuk berjaga-jaga andai koneksi internet di rumah sedang down, tak ada salahnya untuk tetap memiliki modem sebagai perangkat cadangan. Toh, harga model saat ini sudah terbilang jauh lebih murah dibandingkan dulu. Jenisnya pun beragam. Ada modem berbasis GSM, ada pula yang CDMA. Saran kami, sebaiknya pilih modem GSM saja karena kecepatannya lebih stabil daripada kebanyakan modem CDMA.

Modem Transaksi

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah modem transaksi. Modem transaksi tentu tidak sama dengan modem internet. Keduanya memiliki fungsi masing-masing dan tidak dapat menggantikan satu sama lain. Bagian terpenting dari modem transaksi terletak pada SMS Center dan SMS Sender. Bagi siapa saja yang berkeinginan mengembangkan bisnis pulsa elektrik ini, setidaknya punya 5 modem yang terdiri dari 2 modem untuk SMS Sender dan 3 lainnya untuk SMS center.

Cukup banyak jenis modem transaksi yang dapat dipilih sesuai ketersediaan budget masing-masing. Satu dari sekian banyak modem transaksi terbaik yang pernah ada ialah HP Siemens M55 dan C55. Keduanya nyaris memiliki keunggulan serupa dan dapat dijadikan modem GSM gateway. Selain itu, dalam menangani pesan masuk, HP Siemens M55 dan C55 ini terbilang sangat responsif.

Harganya pun relatif bersahabat. Di pasaran, Siemens M55 dan C55 dibandrol dengan harga Rp 250.000. Produknya mudah dicari di toko-toko ponsel seluruh Indonesia. Atas semua kelebihan yang dimilikinya tak heran jika Siemens M55 dan C55 disukai oleh para pemula maupun mereka yang telah berpengalaman di bisnis pulsa elektrik.

Demikian ulasan seputar spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik. Semoga berfaedah untuk para pembaca terutama yang berniat ingin berbisnis dalam pulsa elektrik.

Baca artikel yang lain mengenai Keyboard Gaming Terbaik

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Perbedaan Laptop dan Komputer

Perbedaan Laptop dan Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu mungkin akan mengalami kebingungan ketika tidak tahu apa perbedaan laptop dan komputer. Ketika dihadapkan sebuah pilihan. Kamu bingung, apakah harus membeli laptop atau sebaliknya akan membeli dan menggunakan komputer?

Agar tidak terlalu lama berada dalam situasi atau mengalami suasana yang sangat dilematis tersebut di atas.

Berikut saya sajikan postingan yang dapat menjelaskan perbedaan perangkat laptop/notebook dan komputer/PC.

Agar dapat menyala dan dioperasikan, maka laptop dan komputer memerlukan daya listrik.

Kedua perangkat teknologi canggih ini didukung dengan power supply.

Namun, power supply laptop dan komputer berbeda. Baik dari segi bentuk dan fungsinya.

Power supply laptop atau sering disebut dengan power adaptor. Berukuran lebih kecil dan tidak dilengkapi dengan kipas.

Power adaptor laptop merupakan perangkat terpisah dari unit laptop itu sendiri.

Power adaptor laptop berfungsi mengubah arus listrik AC menjadi DC satu arah.

Menurunkan tingkat tegangan listrik yang tinggi menjadi lebih rendah. Dan juga berfungsi sebagai charger untuk mengisi ulang baterai laptop.

Berkat baterai yang dapat diisi ulang, laptop dapat tetap menyala meski power adaptor telah dilepas dari sambungan listrik utama.

Sementara power supply komputer ukurannya lebih besar. Terintegrasi dalam casing PC di bagian atas dan minimal dilengkapi 1 kipas..

Power Supply komputer biasanya dilengkapi kabel atau pin konektor penyalur arus DC ke bagian-bagian komponen komputer lainnya.

Seperti komponen motherboard, Hard Drive, CD atau DVD ROM, dan Floppy Disk Drive.

Tidak sama dengan laptop. Ketika power supply tidak tersambung pada arus listrik, maka komputer tidak dapat tetap menyala dan dioperasikan.

Oleh sebab itulah selain ukuran body keseluruhan yang lebih compact. Berkat dukungan baterai yang mampu menampung daya dari power adaptor.

Membuat Laptop dapat dioperasikan dan digunakan dimanapun dalam waktu tertentu tanpa terhubung ke sumber daya listrik.

Sementara komputer lebih bersifat permanen. Tetap hanya dapat menyala dan dioperasikan ketika mendapat dukungan daya listrik secara langsung.

Besaran jumlah Watt antara power supply PC dan power adaptor laptop juga tidak sama.

Kebutuhan daya pada power supply PC Desktop berkisar 430 W hingga 500 W. Sementara daya power adaptor laptop paling rendah 29 W dan tidak lebih dari 130 W.

Hal inilah yang membuat laptop mengkonsumsi daya yang lebih rendah bila dibandingkan komputer saat dioperasikan.

Antara laptop dan komputer memang sama-sama dilengkapi dengan layar atau monitor.

Meski kecanggihan layar laptop dan komputer bisa saja berimbang. Namun tetap saja dari segi ukuran, layar antara kedua perangkat ini terlihat sangat jelas berbeda.

Layar laptop paling kecil ukurannya 13 inch sementara yang paling luas maksimal 17 hingga 18 Inch. Sementara untuk netbook 11 inch dan notebook 12 Inch.

Layar komputer tersedia dalam ukuran yang lebih besar atau luas mulai dari 21, 22, hingga di atas 24 Inch.

Layar laptop dirancang menyatu dengan keyboard laptop dalam konsep flip desain.

Sementara layar komputer, merupakan komponen mandiri yang letaknya terpisah dari keyboard dan casing komputer.

Laptop terbaru saat ini sebagian besar sudah dirancang dengan konsep desain unibody dalam bentuk yang lebih tipis.

Konsep desain ini membuat komponen-komponen laptop memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari komponen yang ada di dalam casing komputer atau PC.

Contohnya, ukuran hardisk laptop berbeda dengan ukuran hardisk komputer desktop.

Ukuran standar ketebalan hardisk laptop 2,5 inch dan komputer setebal 3,5 Inch.

Bahkan saat ini sebagian besar laptop telah didukung dengan jenis hard drive Solid State Drive (SSD). Bobotnya sangat tipis karena tidak menggunakan disk magnetik, dan kecepatan read nya juga lebih cepat.

Jadi tidak heran jika bobot laptop jauh lebih ringan bila dibandingkan bobot keseluruhan perangkat komputer. Mulai dari casing PC ditambah perangkat monitor dan lainnya.

Durasi pengoperasian laptop bisa saja selama komputer tapi itu tidak direkomendasikan.

Dengan baterai terisi penuh laptop terbaru yang terbaik dapat menyala tanpa sambungan listrik maksimal 10 hingga 12 jam.

Jika tersambung dengan power adaptor maka laptop dapat dioperasikan oleh penggunanya hingga 24 jam layaknya komputer.

Tapi biasanya pemilik laptop lebih memilih memperhatikan durasi pemakaian dan sering membutuhkan perawatan secara berkala. Agar laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

Berbeda dengan komputer meski tidak dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang. Jika tersambung ke aliran listrik, maka komputer dapat digunakan hingga 24 jam.

Komputer dengan casing yang bagus, tidak beresiko mengalami panas berlebih seperti yang sering dialami pada beberapa perangkat laptop.

Sehingga performa komputer tetap stabil, bahkan dengan perawatan minim sekalipun.

Dalam istilah yang mungkin pernah kamu dengar. Laptop tidak“sebandel” komputer.

Detail Perbedaan Dalam Tabel

Detail Laptop Komputer
Power Supply Watt 29 hingga 130 Watt 430 Hingga 500 Watt
Ukuran Power Supply 2,5 x 2,5 x 0,6 cm  (WxHxD) Adaptor Apple ATX 15x 8,6 x 14 cm (WxHxD)
Ukuran Layar 13, 17, maksimal 18 Inch Tersedia ukuran di atas 18 Inch
Bobot Total 2 hingga 2,5 kg Mencapai 40 kg lengkap
Durasi Pemakaian Maksimal 10 Jam dengan baterai Bisa hingga 24 Jam nonstop

Siapa yang Cocok Menggunakan Laptop ?

Laptop sebenarnya cocok digunakan oleh siapa saja yang sudah bisa mengoperasikannya.

Karena, saat ini laptop telah digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari belajar, bekerja atau berbisnis, hiburan dan gaya hidup.

Namun bila ditinjau dari segi ukuran dan berat laptop. Maka laptop secara khusus sangat cocok untuk pengguna dengan tingkat mobilitas tinggi.

Misalnya, digunakan oleh kamu yang berprofesi sebagai Traveler Blogger. Atau cocok juga oleh para Guru atau Dosen, Pelajar atau Mahasiswa.

Profesional dan pebisnis yang sering melakukan perjalanan dinas atau kator ke luar kota. Bisa juga menjadikan laptop sebagai peralatan kerja terbaik.

Siapa yang Cocok Menggunakan Komputer ?

Tidak jauh berbeda dengan laptop, komputer pun juga bisa digunakan oleh setiap individu yang memang mahir mengoperasikannya.

Tapi, komputer biasanya sering digunakan oleh beberapa lembaga atau perusahaan untuk mendukung operasional di dalam kantor.

Komputer juga cocok untuk digunakan untuk beberapa bisnis sebuah perusahaan.

Contohnya, pengusaha rental atau fotocopy, pemilik warnet atau game center, pelaku bisnis digital printing dan yang lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dipaparkan di atas. Sekarang setidaknya ada 5 perbedaan utama antara perangkat laptop dan komputer yang sudah kamu ketahui.

Mulai dari perbedaan dari segi bentuk, fungsi dan jumlah watt power supply. Dari segi luas ukuran layar antar kedua perangkat. Dari segi bobot total perangkat. Hingga batas durasi pemakaian dan performanya.

Kamu juga sudah mengetahui siapa saja pengguna yang paling cocok menggunakan dan membeli laptop dan komputer. Jadi saya rasa sekarang kamu tidak akan bingung lagi dalam menentukan yang mana seharusnya dipilih untuk dibeli.

Terakhir, jika ada sebagian pembaca yang mungkin sudah mengetahui perbedaan antara kedua perangkat komputer ini. Jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Salam.

Baca artikel yang lain mengenai Keyboard Gaming Terbaik

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Cara Membuat Katalog

Cara Membuat Katalog Produk Dengan Kingsoft Writer

Katalog produk menjadi salah satu perlengkapan terbaik yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi bagi setiap perusahaan.

Dengan membuat katalog produk secara lengkap dengan harga dan deskripsi yang detail.

Maka, tentu dapat memudahkan konsumen mengetahui produk yang sesuai kebutuhan dan budget, dengan cepat dan mudah.

Karena kebetulan saya baru saja menyelesaikan pembuatan katalog produk perdana sederhana dalam format PDF.

Saya akhirnya tertarik untuk berbagi pengalaman dan sedikit pengetahuan melalui postingan ini.

Meski hasilnya tidak terlalu pro, tapi sebagai awalan menurut saya cukup lumayan.

Semoga panduan membuat katalog ini dapat bermanfaat bagi para pebisnis online. Atau jadi inspiriasi bagi kamu yang berprofesi sebagai affiliate marketing.

Daftar Aplikasi Populer untuk Mendesain Katalog Produk

Setiap katalog produk tentu sangat erat kaitannya dengan desain. Agar proses pembuatan menjadi lebih mudah dilakukan di perangkat PC atau laptop.

Maka diperlukan sebuah peralatan atau software khusus yang memang dapat digunakan untuk mendesain katalog produk.

Ada beberapa aplikasi software pembuat katalog yang populer digunakan. Mulai dari software yang berbayar hingga yang gratisan. Diantaranya yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut :


Adobe Photoshop

Ini adalah salah satu software desain terbaik yang cukup populer dikalangan para desainer, khususnya desain grafis.

Dikembangkan oleh Adobe System, Photoshop fitur editing foto atau gambar dan efek yang cukup lengkap yang dibutuhkan para desainer.

Dirilis pertama kali pada tahun 1990-an. Photoshop sendiri telah dihadirkan dalam berbagai versi. Mulai dari Photoshop CS, CS2, CS3, CS4, CS5 hingga vesi yang terbaru saat ini Photoshop CC.

Photoshop merupakan software desain premium berbayar yang kompatibel dengan berbagai varian OS.

Mulai dari Microsoft Windows, Mac OS X atau versi yang lebih tinggi. Bahkan Photoshop juga dapat digunakan pada OS berbasis open source Linux.

Link Donwload Adobe Photoshop CC

 

CorelDraw

Dikembangkan oleh Corel, CorelDraw dapat dijadikan peralatan utama bagi para insan kreatif untuk menuangkan ide kreativitas mereka.

Sedikit berbeda dengan Photoshop, CorelDraw adalah software editor grafik vektor untuk menggambar dalam format digital.

Dirilis perdana pada tahun 1989, saat ini versi terbaru dari software ini adalah CorelDrawX8.

CorelDraw juga merupakan salah satu software premium berbayar yang bisa diinstal pada perangkat berbasis Windows, Linux, dan OSX.

Link Download CorelDrawX8

 

Kingsoft Writer 

Kingsoft Writer adalah salah satu software yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang software internasional WPS Office.

Kingsoft Writer sendiri bukanlah software desain. Namun merupakan salah satu software pengolahan dokumen Word gratis.

Meski gratis, fitur-fitur software Kingsoft Writer ini cukup lengkap hampir selengkap dengan software Word berbayar.

Mudah digunakan, memiliki ukuran file yang kecil, dan tersedia fitur export to PDF.

Kingsoft Writer cukup ringan untuk dioperasikan dan dapat diinstal pada perangkat berbasis Windows, Mac OS X dan Linux.

Pengguna Android dan iOS juga dapat menginstall Kingsoft Writer di perangkat mereka.

Link Download Kingsoft Writer

 

Membuat Katalog Produk PDF Dengan Kingsoft Writer

Tahap Pertama : Silahkan download terlebih dahulu software Kingsoft Writer.

Tahap Kedua : Install Kingsoft Writer di komputer atau laptop Kamu.

Tahap Ketiga : Selanjutnya, Buka software tersebut dengan cara klik ikon Kingsoft Writer di desktop komputer atau laptop kamu.

Tahap Keempat : Klik menu Writer di sudut kiri atas, lalu pilih File dan klik New Blank Document.

Tahap Kelima : Lakukan pengaturan halaman dokumen terlebih dahulu melalui menu Page Layout.

Tahap Keenam : Klik menu Insert lalu pilih menu Picture untuk menambahkan gambar atau foto, yang akan dijadikan sebagai cover depan katalog.

Tahap Ketujuh : Setelah cover dibuat, selanjutnya kamu tinggal memasukan seluruh foto produk beserta deskripsi produk ke halaman berikutnya.

Tahap Terakhir : Setelah katalog selesai dibuat. Selanjutnya pilih menu Writer > File, lalu klik menu Export to PDF.

 

Tips Menyusun & Membuat Katalog Produk PDF

Membuat katalog produk dalam bentuk pdf menggunakan software ini tidak begitu sulit.

Bila kamu terbiasa dengan Microsoft Word. Saya cukup yakin kamu dapat dengan mudah mengopersaikan Kingsoft Writer.

Untuk membuat katalog produk PDF dengan hasil yang cukup memuaskan. Maka kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut :

Lengkapi Katalog Dengan Daftar Isi

Agar memudahkan navigasi para pembaca katalog. Katalog produk sebaiknya memang harus dilengkapi dengan daftar isi halaman produk secara urut.

Lengkapi Katalog dengan Page Number

Katalog produk biasanya terdiri lebih dari satu halaman. Hampir sama dengan katalog edisi cetak, katalog produk PDF juga sebaiknya dilengkapi dengan Page Number atau nomor halaman.

Gunakan Backgroud Terbaik

Ini tidak terlalu wajib, tapi saya sendiri lebih senang memilih menambahkan warna pada backgroud. Tujuannya untuk memperindah katalog produk yang akan dibuat.

Kamu juga bisa menggunakan background halaman standar bawaan yang tersedia di Kingsoft Writer.

Gunakan Gambar Produk Transparan Resolusi Tinggi

Sebaiknya gunakan gambar atau foto produk transparan berformat PNG dengan resolusi yang tinggi.

Gambar dengan backgroud transparan format PNG dapat terlihat benar-benar menyatu dengan halaman.

Sementara resolusi tinggi membuat gambar tidak mudah blur atau pecah saat disesuaikan.

Optimalkan Fitur Kolom

Dalam satu halaman katalog produk, kamu dapat menggunakan beberapa format kolom. Kamu bisa memilih halaman dengan dua hingga tiga kolom.

Sehingga bermanfaat untuk meminimalisir banyaknya jumlah halaman yang akan dibuat. Perhatikan juga jenis dan ukuran font yang akan digunakan.

Optimalkan Penggunaan Fitur Tabel

Fitur tabel yang tesedia pada Kingsoft Writer dapat kamu gunakan secara optimal pada katalog yang ingin dibuat.

Selain memudahkan pembaca mengetahui detail produk yang kamu tawarkan. Tabel juga membuat spesifikasi produk yang ditampilkan jadi lebih rapih.

Lengkapi Katalog Dengan Informasi Penting

Selain deskripsi produk, detail spesifikasi, serta harga produk. Informasi penting lain yang bisa kamu tambahkan adalah nomor telpon, alamat email atau web perusahaan dan alamat sosial media.

Kamu dapat menambahkan informasi penting tambahan tersebut di cover bagian belakang katalog produk.

Dapatkan Inspirasi Tambahan

Untuk menghasilkan katalog produk PDF yang lebih baik dan desain mengesankan. Tidak ada salahnya kamu melihat-lihat katalog produk dari berbagai sumber.

Tapi tidak direkomendasikan untuk mengutip, mengcopy seluruh isi dari katalog produk yang sudah kamu dapatkan.

Lakukan Proses Edit dan Review 

Sebelum katalog yang kamu buat dibagikan, sebaiknya lakukan proses editor dan review terlebih dahulu.

Ketahui apakah ada kesalahan ketik pada deskripsi produk, uji katalog dengan berbagai perangkat, seperti melalui perangkat smartphone ataupun tablet.

Sisipkan Data Pendukung/ Testimoni Produk

Agar tujuan promosi berlangsung dengan baik, kamu dapat menambahkan data pendukung tambahan.

Misalnya, mengenai keunggulan salah satu bahan yang ada produk, atau bisa juga penghargaan atau award yang pernah didapatkan produk.

Testimoni produk juga cukup bermanfaat untuk membantu konsumen mengetahui bagaimana pengalaman konsumen lain yang telah lebih dulu membeli dan menggunakan produk.

Sertakan Juga Produk-produk dengan Promo atau Diskon Khusus

Selain memasukan produk-produk yang dibutuhkan konsumen. Tidak ada salahnya juga memasukan daftar produk yang masuk dalam program promo dengan harga yang sudah mendapatkan diskon khusus.

Hasilnya, pilihan produk dalam katalog yang dibuat akan lebih lengkap. Sehingga konsumen dapat menentukan pilihan yang sesuai kebutuhan dan budget dengan mudah.

 

Kesimpulan

Software Kingsoft Writer adalah salah satu pilihan tepat bagi kamu yang mencari cara termudah dalam membuat katalog produk sederhana PDF.

Katalog produk PDF yang dirancang dengan menerapkan tips di atas saya rasa hasilnya cukup lumayan bagus.

Bila ada sebagian pembaca yang memiliki metode lain dalam membuat dokumen promosi PDF. Jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Salam.

Baca artikel yang lain mengenai Keyboard Gaming Terbaik

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Aplikasi DJ Terbaik

Aplikasi DJ Terbaik Untuk Digunakan Di Laptop Apple

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk memilki karir cemerlang dibidang musik. Sebagai musisi, Anda bisa memulai karir sebagai seorang Disc Jockey.

Selain kreativitas, sebagai calon DJ profesional juga harus dapat memanfaatkan peralatan musik inovatif khusus DJ.

Anda bisa menginstal Aplikasi DJ di laptop untuk menghasilkan karya musik remix terbaik yang ngebeat dengan bass menggelegar dan hits.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan software DJ yang mudah digunakan, kaya fitur, efek keren lengkap, untuk membuat musik DJ. Maka pastikan Anda membaca postingan ini hingga selesai.

Postingan ini menyajikan pilihan aplikasi versi Free Trial dan versi Pro yang mungkin dapat diinstal para calon DJ terbaik untuk digunakan pada laptop Apple atau MacBook.

Aplikasi DJ Terbaik Free Trial & Pro

#1 Mixxx

Aplikasi Mixxx dapat dinstall dan digunakan di laptop Apple atau MacBook secara gratis. Mixxx, salah satu softaware digital open source yang cukup populer dikalangan para DJ.

Para DJ profesional ataupun pemula dapat mendownload Mixxx untuk meremix dua musik atau nada berbeda menjadi satu dengan mudah.

Aplikasi Mixxx memiliki tampilan atau antar muka yang cukup simple namun kaya akan fitur-fitur terbaik yang dapat digunakan DJ untuk membuat musik remix terbaik. Mixxx terdiri dari dua deck dan 1 fitur kontrol yang terletak dibagian tengah.

Masing-masing deck sudah dilengkapi fitur looping, pengaturan kecepatan irama, cue atau hotcue, time strech.

Sementara fitur kontrol yang teletak diantara dua deck dapat digunakan mengatur kualitas suara musik atau lagu mulai dari High, Medium atau Low.

Fitur kontrol ini juga dilengkapi dengan Pitch Bend yang berfungsi untuk merapatkan dan memodifikasi beat lagu.

Mixxx juga dilengkapi dengan empat decks efek sound dan musik library yang dapat menampung beragam lagu atau musik dengan format yang berbeda dan sudah terintegrasi dengan iTunes.

Link Download Aplikasi Mixxx

 

#2 Virtual DJ Home Edition

Bagi para DJ pemula yang ingin belajar bagaimana cara mengoperasikan meja Disc Jockey. Anda bisa mendownload Virtual DJ Home Edition dari Atomix Production.

Ini adalah software musik remix terbaik yang dapat diinstal dan digunakan secara gratis di perangkat MacBook yang DJ miliki.

Aplikasi DJ ini akan menampilkan meja Disc Jokey virtual terbaik yang dapat dikendalikan dengan bantuan keyboard laptop.

Antarmuka Virtual DJ Home Edition ini tidak kalah bila dibandingan dengan aplikasi DJ berbayar.

Virtual DJ Home Edition memiliki dua kontrol master volume dengan pilihan mixer yang mudah untuk dioperasikan.

Sound efek cukup lengkap mulai dari Flanger, Reverb, Phaser, Wah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khusus untuk versi Free Triel aplikasi DJ ini hanya mendukung untuk Master dan headphone output saja. Versi Free tidak dilengkapi dengan fitur untuk mengunduh contoh lagu, efek ataupun sampler.

Sementara untuk versi yang Pro, fitur-fitur yang ada didalamnya tentu jauh lebih lengkap.

Link Download Aplikasi Virtual DJ Home Edition

 

#3 Cross DJ

Aplikasi Cross DJ adalah tools terbaik dari pengembang Mixvibes.

Selain dapat digunakan pada iPad, dan iPhone. Cross DJ adalah salah satu DJ Mixer dan Console yang juga dapat diinstal di MacBook secara gratis.

Cross DJ dapat menghasilkan remix lagu dengan perpindahan yang bagus. Proses beat-match nya sangat baik. Beat dan bpm lagu yang diremix sangat syncrone.

Aplikasi Cross DJ sangat mudah untuk digunakan di laptop. Antarmuka aplikasi ini terdiri dari dua deck dengan dukungan untuk keperluan mixing video.

Masing-masing deck memiliki fitur lengkap seperti hotcue, loops, beat detection, tiga equalizer band dan tiga efek audio.

Tombol crossfadder yang berfungsi untuk mengganti lagu, juga bisa ditemukan di aplikasi Cross DJ.

Cross DJ juga sudah dapat dukungan dengan streaming service populer SoundCloud.

Jadi setelah selesai melakukan remix kamu dapat langsung merilisnya ke SoundCloud.

Atau Anda juga dapat mengambil lagu yang ingin di mix dari SoundCloud tanpa harus login.

Link Download Aplikasi Cross DJ Free

 

#4 djay PRO

Aplikasi djay PRO adalah salah satu software digital yang cukup populer dikalangan Disc Jockey.

Software remix lagu ini memilik fitur-fitur terbaik yang dibutuhkan untuk nge-DJ.

Aplikasi karya Alogoriddim tetap mudah digunakan oleh para calon DJ atau DJ profesional.

Piranti lunak ini memiliki interface yang lebih modern dan sudah dapat terintegrasi ke iTunes dan Spotify.

Antarmuka djay PRO terdiri dari 4 deck, waveform eye catching, sampler, drum pads, loop, cue, beat dan efek lengkap.

Link Download Aplikasi djay PRO

 

# 5 Ableton Live

Ableton Live dapat memudahkan Anda dalam membuat dan meremix lagu di laptop Apple.

Aplikasi Ableton Live hampir mirip dengan FL studio. Aplikasi ini cukup sering dipilih untuk digunakan oleh para DJ Produser maupun musisi.

Ableton Live cukup mudah digunakan untuk keperluan perform para DJ di Indonesia.

Ableton Live ini memiliki sample pack yang cukup banyak dan dapat digunakan sebagai bahan membuat lagu.

Ableton Live memiliki 4000 audio dan MIDI patterns, dan 400 drum kits.

Sejumlah fitur canggih lainnya yang bisa digunakan oleh para DJ diantaranya, Auto-Warp, deteksi downbeat, fitur push, picth bend dan masih banyak lagi.

Link Download Aplikasi Ableton Live

 

#6 Serato DJ

Serato adalah pionir pertama yang menawarkan software DJ. Tidak heran jika Serato DJ selalu direkomendasikan oleh para DJ Profesional.

Ini adalah salah satu Aplikasi DJ Pro yang memiliki empat deck lengkap dengan waveform penuh warna.

Serato juga dilengkapi dengan fitur Quick Sync Control. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan proses beat-match secara instan. Selain terdapat hotcues dan loops, terdapat juga fitur Slip Mode.

Khusus bagi mereka yang baru saja berlatih menjadi DJ yang profesional. Serato juga menawarkan Serato DJ Intro.

Aplikasi ini cukup simpel dan dapat dengan mudah dimainkan di laptop Apple para DJ. Namun versi gratis ini tidak mendukung semua hardware DJ.

Serato DJ Intro hanya compatibel dengan Numark, Denon, Vestac, DDJ dan Wego.

Link Download Aplikasi Serato DJ Intro

 

#7 Magix Digital DJ 2

Magix Digital DJ 2 adalah software virtual DJ terbaik buatan Magix. Aplikasi ini cukup baik untuk digunakan berlatih oleh Anda yang ingin menjadi DJ yang Pro dan hits.

Meski memiliki tampilan yang cukup sederhana dan tidak banyak fitur ekstra yang ditawarkan. Digital DJ2 dapat dengan baik dijalankan di laptop Apple para DJ.

Para calon DJ profesional dapat mencocokan nada remix musik yang akan dibuat dengan mudah menggunakan Digital DJ 2. Aplikasi DJ ini telah dilengkapi fitur  otomatis pencocok nada.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan efek yang cukup variatif serta didukung dengan pemutar sampel yang ramah pengguna. Digital DJ 2 juga dapat compatibel dengan banyak kontroler DJ.

Link Download Aplikasi Magix Digital DJ 2

 

Kesimpulan

Cukup banyak pilihan Aplikasi DJ terbaik yang dapat diinstal dan digunakan di laptop Apple. Mulai dari yang gratis maupun berbayar.

Dari 7 software virtual DJ di atas, saya berharap Anda dapat memilih salah satu yang terbaik yang sesuai kebutuhan dan budget.

Semoga, setelah mendownload Aplikasi DJ dan menginstallnya di laptop Apple yang Anda miliki. Anda dapat berlatih meremix musik dengan teknik yang benar layaknya seorang DJ profesional.

Baca artikel yang lain mengenai Mouse Gaming Terbaik

Anal