Blog Index Alternative

Blog about all latest PC & tech related news and info
  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Label Harga Elektronik

Penggunaan Label Harga Elektronik Dalam Bisnis

Electronic price labelling atau label harga elektronik merupakan suatu peralatan atau mesin yang memiliki manfaat tinggi dalam dunia bisnis terutama jual beli retail. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk membuat lebel pada barang atau produk yang dijual. Adapun tujuannya antara lain adalah untuk memberi kepastian harga bagi konsumen terhadap barang yang akan mereka beli.

Selain itu, juga bisa memberi kemudahan pada pembeli dan konsumen untuk mengetahui jenis atau tipe barang yang ingin dipilih. Bukan itu saja, dengan adanya perangkat tersebut, bagian kasir jadi lebih mudah dan cepat menjalankan tugasnya. Terutama saat menghitung nilai total harga yang harus dibawar konsumen atas semua barang yang dibeli.

Pengertian Digital Price Tag

Digital Price Tag atau Label Harga Elektronik adalah label dalam bentuk elektronik yang bentuknya seperti monitor super mini yang menampilkan informasi barang yang dijual. Informasi bisa bervariasi mulai harga, berat, dimensi dan sebagainya. Label harga elektronik sering dijumpai pada supermarket atau toko retail tapi sayangnya di Indonesia teknologi ini masih belum begitu populer.

Melalui blog ini saya ingin memperkenalkan betapa mudahnya dengan label harga elektronik dibandingkan dengan label harga manual seperti yang sudah ada dipasaran. Alat-alat yang dipakai oleh label harga elektronik antara lain:

  • Display label harga
  • Control Center untuk label harga elektronik
  • Wifi Router
  • Komputer/Label dengan program khusus untuk digital price tag

Kelebihan dan Kekurangan Digital Price Tag

Dengan adanya teknologi ini label harga elektronik akan menggantikan label manual yang sudah ada dipasaran. Tetapi setiap teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihannya untuk itu berikut ini versi dsolusindo mengenai kelebihan yang didapatkan dari digital price tag:

  • Display harga menjadi lebih menarik dan mendetail.
  • Sangat mudah jika ada perubahan harga karena user tinggal mengganti pada software dan melakukan sinkronasi maka secara otomatis label harga akan mengikuti database.
  • Tidak akan terjadi kesalahan harga saat customer membayar di kasir.
  • Tingkat service/pelayanan menjadi lebih cepat dan akurat.

Selain dari kelebihan yang sudah disebutkan diatas mari kita bahas sekarang kekurangan yang dimiliki digital price tag:

  • Membutuhkan dana lebih mahal karena semua perangkat elektronik.
  • Label harga elektronik menggunakan baterai jadi harus ada maintain dari pihak IT.
  • Jika ada kerusakan perlu waktu lebih lama untuk memperbaiki beda dengan label manual yang tinggal diganti saja.

Itu adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh digital price tag. Apakah anda pelaku bisnis ingin menggunakannya? Teknologi ini tentu akan memudahkan anda bagi pengusaha retail.

Cara Kerja Digital Price Tag

Label harga elektronik memiliki beberapa komponen yang sudah disebutkan diatas. Pada bagian ini kita akan membahas mengenai cara kerja digital price tag. Kita berasumsi bahwa suatu supermarket sudah menggunakan sistem IT yang sudah terpusat pada 1 database. Dari database inilah software khusus akan melakukan sinkronasi antara data barang yang ada di database dengan label harga elektronik.

Jadi secara otomatis ketika data-data barang berudah di database maka secara otomatis label harga elektronik akan meng-update displaynya sesuai dengan database yang ada di komputer server.

Sistem sinkronasi inilah yang menjadi sangat penting dalam digital price tag karena dengan ini cara kerja label manual yang harus mengganti label 1 per 1 ketika ada perubahan harga akan ditiadakan dan tergantikan dengan sinkronasi yang otomatis.

Penerapan Teknologi Barcode

Barcode sudah menjadi teknologi umum yang sudah digunakan semua pebisnis retail. Dengan menggunakan label harga elektronik bagaimana dengan sistem barcode yang sudah berjalan? Jawabannya adalah kombinasikan keduanya dengan harmonis. Untuk menerapkan digital price tag pada bisnis retail anda maka yang diganti hanya label harga manual dengan label harga elektronik jadi display harga menjadi lebih akurat dan tidak menyusahkan ketika ada perubahan harga.

Sedangkan untuk pembayaran dikasir tetap menggunakan barcode label dan sistem pembayaran anda yang lama masih tetap berjalan seperti biasanya. Jadi yang perlu anda lakukan hanya mengubah label manual dengan digital price tag.

Kesimpulan

Sistem digital price tag sangat menjanjikan untuk kemudahan mengatur display data barang untuk customer. Terutama ketika menampilkan harga yang berubah-ubah, digital price tag mengubah semuanya menjadi lebih mudah dengan sistem sinkronasi yang disediakan. Tetapi semuanya ini membutuhkan investasi dana lebih karena semua label manual akan tergantikan dengan label harga elektronik. Dengan kemudahannya apakah anda pelaku bisnis siap mengubah bisnis retail anda? Apakah anda siap menerima perubahan ini di dalam bisnis retail anda?

Baca artikel yang lain mengenai PC atau Laptop Untuk Gaming

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Salah satu fungsi firewall pada jaringan komputer adalah sebagai pengontrol akses kepada semua pihak yang mempunyai akses atas jaringan pribadi dari pihak lain atau pihak luar. Saat ini, kata firewall sering dikonotasikan pada suatu sistem yang mengatur teknik komunikasi di dua jenis jaringan yang tidak sama.

Pengertian Firewall dan Fungsinya

Firewall merupakan suatu perangkat atau sistem yang memberikan izin pada lalu lintas dalam jaringan. Terutama sekali jaringan yang sudah dianggap punya tingkat keamanan tinggi, agar dapat melaluinya. Tapi selain itu fungsi firewall juga dipakai untuk mencegah agar tidak ada lalu lintas jaringan berbahaya yang masuk dalam sistem.

Pada umumnya, firewall atau sistem keamanan jaringan diaplikasikan di suatu mesin yang telah terdedikasi serta berjalan di gateway atau pintu gerbang. Gateway ini biasanya terletak diantara perbatasan antara satu jaringan dan jaringan yang lain.

Saat ini jumlah perusahaan yang memerlukan akses internet makin banyak. Tentu saja hal ini mengakibatkan kebutuhan perlindungan atas data perusahaan dan aset digital ikut bertambah tinggi. Misalnya lindungan dari serangan peretas atau hacker, pelaku mata-mata dan berbagai aksi pencurian data lainnya.

Jadi dapat disimpulkan, firewall merupakan suatu mekanisme atau teknik yang dibuat dengan tujuan utama menciptakan sistem perlindungan terhadap jaringan komputer. Adapun sistem kerjanya dijalankan dengan cara menyaring dan memfilter semua data yang masuk dan keluar dalam jaringan.

Data yang dianggap aman diizinkan masuk, sementara yang dicurigai sebagai data tidak aman tidak mendapatkan izin untuk lewat di jaringan. Demikianlah garis besar cara kerja firewall dalam sebuah jaringan di komputer dan perangkat sejenis lainnya.

Jenis-jenis Firewall dalam Jaringan Komputer

Sebenarnya firewall itu terdiri dari berbagai macam namun yang paling sering digunakan ada 7 jenis. Salah satunya adalah Packet Filter yang memiliki bentuk paling sederhana dan sering dibekali dua NIC atau Network Interface Card.

Jenis kedua dinamakan Cirkuit Level Gateway yang berbentuk komponen proxy server. Pada umumnya sistem keamanan jaringan atau firewall tipe ini mampu beroperasi di level paling tinggi dalam model referensi OSI.

Berikutnya adalah Application Level Firewall. Penggunaannya akan menimbulkan efek pada pelarangan masuk melalui firewall secaara langsung. Selanjutnya permintaan masuk ini akan dialihkan di layanan jaringan privat kemudian diteruskan kepada komputer yang pertama kali meminta masuk.

Jenis lainnya, NAT atau Network Adress Translation yang mampu memberi lindungan secara otomatis pada sistem. Tipe Firewall ini hanya memberi izin koneksi dari perangkat komputer yang berada dibalik firewall dengan cara menjalankan multiplexing dalam lalu lintas jaringan internal.

Firewall kelima adalah Stateful firewall yang mampu menggabungkan aneka keunggulan dan biasanya ditawarkan secara paket. Firewall tipe ini dapat memfilter lalu lintas jaringan sesuai karakteristik dalam paket. Selain itu juga punya kemampuan mengecek sesi koneksi agar bisa diyakinkan jika suatu sesi koneksi telah mendapat izin.

Ada lagi Virtual Firewall yang biasanya dipasang dalam perangkat komputer maupun sistem keamanan jaringan lainnya. Dalam tipe firewall yang satu ini, beberapa jaringan bisa diberi proteksi melalui izin.

Selanjutnya yang terakhir, Transparent Firewall yang juga sering disebut Brindging Firewall. Tipe ini sebetulnya bukan merupakan firewall asli namun hanya suatu turunan dari satatefull firewall dan dapat melakukan segala hal yang juga dijalankan firewall tipe packet filtering.

Aplikasi Firewall Windows

Agar sistem atau cara kerja firewall dalam sebuah jaringan dapat dijalankan, maka butuh alat khusus atau software. Saat ini sudah banyak software farewall yang bisa didapatkan atau diunduh dan digunakan secara gratis.

Zone Alarm Basic Firewall merupakan salah satu contohnya. Perangkat ini dapat melindungi komputer dari hal-hal yang membahayakan terutama yang muncul dari jaringan internet. Ada beberapa pilihan yang semuanya dapat dipakai untuk mengatur sistem keamanan terutama di sistem OS Windows 7.

Kemudian ada lagi Comodo Firewall yang saat ini merupakan aplikasi firewall paling sering diunduh oleh pengguna komputer. Sistem pertahanannya sangat kuat dan protektif. Selain itu, pengaturan sistem keamanannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui fitur-fitur yang disediakan.

Aplikasi firewall pilihan berikutnya adalah Online Armor Free Firewall yang fiturnya sangat lengkap sekaligus mampu memberi perlindungan maksimal pada perangkat komputer. Tidak hanya ancaman yang muncul dari dalam atau internal saja, ancaman gangguan dari eksternal juga dapat dilindungi termasuk transaksi online dan pencurian data identitas.

PC Tools Firewall Plus merupakan aplikasi firewall yang dilengkapi fitur-fitur dan memiliki kemampuan tinggi guna melakukan pemantauan terhadap lalu lintas web dan situs. Termasuk juga lalu lintas online secara dua arah dan dilengkapi opsi untuk vertifikasi sistem keamanan. Sehingga jika ada ancaman yang muncul pengguna komputer akan mendapat pemberitahuan.

Aplikasi untuk menjalankan fungsi firewall pada jaringan komputer berikutnya dinamakan Tiny Wall. Kelebihannya, aplikasi ini tidak membutuhkan space besar, namun tetap memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu juga tidak akan memunculkan fitur pop up saat disetting.

Aplikasi Private Firewall juga boleh dipilih sebab kemampuannya dalam melindungi jaringan komputer juga sangat sempurna. Tidak hanya serangan dari peretas dan hacker saja, virus dan malware yang membahayakan juga dapat ditangkis dengan aplikasi yang satu ini.

Fungsi dan Manfaat Internet Firewall

Secara umum, cara kerja firewall dalam sebuah jaringan selalu memberi berbagai manfaat dan fungsi terhadap penggunanya. Terutama yang berkaitan dengan masalah keamanan suatu jaringan dan menjaga data hingga informasi penting, agar tidak bisa diketahui atau dicuri oleh pihak lain.

Untuk pengguna internet terutama yang memiliki situs dan website, firewall merupakan suatu sarana yang berfungsi sebagai pelindung konten dari pembajakan. Ketika perangkat komputer dikoneksikan dengan jaringan internet, tentu banyak orang yang dapat mengakses semua data dalam situs. Namun hal ini tidak akan bisa terjadi jika menggunakan program firewall.

Selain pembajakan konten dan pencurian data, pengaktifan koneksi internet juga seringkali memunculkan malware dan virus. Keduanya masuk dalam jaringan komputer melalui website atau situs yang sedang dibuka.

Tanpa ada sistem proteksi yang sempurna, komputer akan jadi lebih mudah terkena serangan malware dan virus tersebut. Namun untungnya ada sebuah sistem keamanan jaringan yang sangat handal mengatasi hal tersebut, yaitu firewall.

Sedangkan untuk windows, firewall juga memiliki fungsi yang tidak kalah besar. Saat suatu jaringan komputer dikoneksikan dengan jaringan internet, harus selalu dilengkapi perangkat lain seperti kabel telpun tanpa router, modem DSL, dan lainnya. Jadi secara otomatis jaringan komputer ini akan mempunyai alamat IP yang bisa diketahui oleh banyak orang.

Dampaknya adalah, segala jenis fitur, aplikasi hingga data dan file yang ada dalam komputer dapat diakses dan dicuri orang lain. Jika data dan file tersebut bersifat rahasia, sudah barang tentu akan menimbulkan bahaya apabila disalahgunakan.

Kondisi inilah yang menjadikan fungsi firewall menjadi hal yang sangat penting. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah, semua data dan file tersebut dirusak atau atau dirubah oleh para hacker dan peretas sehingga tidak dapat difungsikan lagi seperti sebelumnya.

Jika diistilahkan, fungsi firewall pada jaringan komputer tidak ada bedanya dengan polisi atau satpam yang mendapat tugas mengamankan suatu lokasi. Tapi pada firewall, yang dijaga adalah jaringan komputer berikut data, aplikasi dan segala hal yang ada di dalamnya.

Baca artikel yang lain mengenai PC atau Laptop Untuk Gaming

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Fungsi Active Directory

Fungsi Active Directory, Teknik Setting, dan Dasar-dasar Pembelajarannya

Dilihat dari segi manfaatnya, Active Directory adalah sebuah layanan direktory yang dimiliki sistem operasi jaringan dari Microsoft Windows Server. Sedangkan fungsi Active Directory atau AD yang paling utama adalah menjadi directory service untuk menyimpan file, data, dan informasi.

Bentuk dari AD ini antara lain adalah grup, user atau pengguna, hardware, komputer beserta aneka kebijakan keamanan yang disebut dengan nama Group Policy Management. Semuanya tercakup dalam sebuah database yang sistemnya selalu terpusat.

Pengertian Lebih Lengkap tentang Active Directory dan Alasan Penggunaannya

Active Directory memiliki peran sebagai penyedia sarana yang berfungsi untuk menjalankan proses adminitrasi. Jaringannya selalu dibuat secara terpusat dari level domain hingga lintas domain.

Ketika komputer, laptop, notebook, dan perangkat sejenis lainnya telah memanfaatkan Acitive Directory, ada beberapa dampak positif yang diperoleh. Di antaranya adalah pemakaian mesin printer hingga email bersama aplikasi-aplikasi lainnya bisa dioperasikan dan disimpan dalam suatu sistem yang terpadu dan terpusat. Inilah fungsi Active Directory atau AD.

Melalui sistem yang terpadu tersebut, semua pekerjaan yang berhubungan dengan perawatan software dan hardware menjadi lebih mudah dilaksanakan. Demikian pula dengan sistem lain terkait dengan urusan pengawasan pemakaian komputer. Selain itu jika terjadi gangguan atau kerusakan, bisa diketahui dan ditangani secepat mungkin.

Alasan berikutnya tentang penggunaan Active Directory adalah untuk memudahkan membuat kebijaksanaan tentang pemakaian perabot komputer dan membuat deploy aplikasi jadi makin mudah.

Bagi perusahaan yang memiliki beberapa kantor cabang yang lokasinya di luar kota atau luar daerah, Active Directory dapat memiliki peran yang sangat besar. Terutama untuk melakukan penghematan biaya perjalanan dan akomodasi karyawan ketika harus pergi ke kantor cabang yang lain.

Cara Melakukan Setting Active Directory Windows Server 2012

Setelah memahami pengertian dan fungsi Active Directory, maka selanjutnya dapat belajar tentang cara melakukan setting Active Directory Windows Server 2012. Saat Windows Server 2012 selesai diinstal, akan diperoleh server.

Tetapi harus diketahui jika server ini belum mempunyai kelengkapan fitur Active Directory dan layanan yang lain. Agar bisa dijadikan suatu DHCP server atau DNS server dan Domain Controller server, harus dilakukan konfigurasi lebih dulu satu demi satu.

 1. Mengubah Nama Default pada Server

Karena Windows Server 2012 tidak memiliki nama yang spesifik, maka harus dirubah melalui beberapa langkah. Pertama server manager dan lokal server dibuka. Setelah itu, fitur Computer Name diklik dan pilih tombol Change. Berikutnya isi dengan nama sesuai keinginan di kolom Computer Name dan klik tombol OK, lalu server di-Restart.

2. Instalasi Active Directory dan DHCP Beserta DNS

Guna mengaktifkan fitur Active Directoru dan DHCP beserta DNS di server, Server Manager harus dibuka lagi lalu klik tombol manage, lalu disusul klik tombol Add Roles and Features. Setelah windows baru Add Roles and Features Wizard muncul, klik tombol Next.

Kemudian fitur Installation Type diklik dan pilihlah Role-bases and feature based installation, lalu klik tombol Next. Di Server Selection, harus dipilih Select a server from the server pool. Selanjutnya cek Active Directory Domain Service dan DHCP Server beserta DNS Server.

Dalam mengatur fungsi Active Directory ini, pemakai diminta konfirmasi layanan lainnya yang ingin diaktifkan. Selanjutnya tinggal memilih Add Features dan klik tombol Next. Lalu yang terakhir klik tombol Install.

Berikutnya Windows Server 2012 akan memberitahu langkah-langkah berikutnya berupa link yang warnanya biru di Result. Setelah itu, bisa mengkonfigurasi Server agar menjadi Domain Controller.

3. Konfigurasi Server Jadi Domain Controller

Sebagai langkah pertama klik tombol Promote this server to a domain controller, lalu pililah Deployment Configuration dan Add a new forest. Setelah itu kasih nama domain baru sesuai nama perusahan atau yang lainnya.

Masuk ke Domain Controller Option, kolom Forest Functional level serta Domain functional sesuai nama pada sistem operasi server dan melengkapinya dengan password. Setelah itu, klik tombol Next hingga masuk pada Addtional Option. Di bagian ini isi NetBIOS Domain Name tanpa .com, .net, dan sebagainya.

Langkah terakhir tinggal menyelesaikan proses installasi kemudian server bisa reebot sendiri. Hasil dari semua proses tersebut adalah munculnya beberapa menu baru. Hal ini merupakan tanda apabila Active Directory dan DHCP beserta DNS sudah tersetting atau terinstal secara sempurna. Termasuk juga semua fitur active directory, juga telah terpasang di komputer.

Cara Mudah Belajar Dasar-dasar Active Directory

Agar dapat lebih memahami fungsi Active Directory, ada beberapa materi dasar yang harus dipelajari. Namun tidak perlu takut, semua materi ini mudah dipahami sekaligus dipraktikan langsung.

Materi pertama dalam belajar Active Directory dinamakan Replication Strategy. Ketika ada sebagian Domain Controller yang berjalan bersama dan ada pemakai mengubah yang mengubah data, maka Domain Controller harus disesuaikan. Sehingga pengguna lainnya bisa mendapat info terbaru yang dirubah tersebut.

Materi tentang site juga perlu dipelajari. Site merupakan suatu kumpulan Domain Controller Server dan memiliki tugas mengurus domain dan menjalankan Replication. Bagi perusahaan, tujuan dari tugas ini adalah agar bisa mengakses Active Directory di Domain Controller yang ada di site kantor meski hanya merupakan kantor cabang saja.

Bahan untuk belajar Active Directory selanjutnya adalah Global Catalogs, yaitu suatu indexes atas data-data yang disimpan dalam Domain Controller. Sehingga proses pencarian informasi dan data dapat dilakukan secepat mungkin.

Sedangkan materi selanjutnya yang berhubungan dengan DNS (Domain Name System) dan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) sudah dijelaskan di bagian atas. Semua saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya sehingga perlu dipelajari secara lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Active Directory

Dalam penggunaannya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Active Directory atau AD. Kelebihannya antara lain tidak membutuhkan lagi kehadiran fisik administrator. Karena komputer, group dan konfigurasi pemakai dapat dikerjakan secara remote. Hal ini bisa terjadi karena adanya GC (Global Catalog) yang selalu menyimpan obyek jaringan dan konfigurasi komputer.

Meski tidak perlu datang secara fisik, administrator tetap dapat masuk atau log in dari perabot komputer mana saja selama masih berada dalam jaringan network. Selain itu, juga masih bisa menjalankan konfigurasi atas obyek di masing-masing komputer jaringan.

Bukan itu saja, Active Directory juga dapat melakukan pengelolaan atas jutaan obyek. Hal ini sangat berbeda dengan arsitektur pada Windows NT. Sistem ini hanya memiliki kemampuan maksimal menangani obyek sebanyak 40 ribu saja pada setiap domain.

Kelebihan berikutnya, Active Directory sangat kompitabel dengan berbagai macam teknologi standar dan protocol. Misalnya LDIF dan LDAP. Sehingga Active Directory dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan teknologi lainnya dan Novell Directory Service.

Sementara itu, untuk kelemahannya, Active Directory harus menyediakan server khusus yaitu Domain Controllers. Bagi sebagian perusahaan terutama yang skalanya kecil, anggaran yang harus dikeluarkan pasti akan terasa mahal dan tinggi.

Selain itu, Active Directory akan menjadi sangat kompleks jika dipakai pada lingkungan yang besar. Bahkan perlu diwaspadai pula, data sangat riskan bocor. Apabila sifatnya rahasia pasti akan merugikan pihak yang memakainya. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Active Directory yang biasanya dialami para usernya.

Semoga ulasan tentang fungsi Active Directory dan info terkait lainnya ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

Baca artikel yang lain mengenai PC atau Laptop Untuk Gaming

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Tablet untuk Presentasi

Teknik Menggunakan dan Memilih Tablet untuk Presentasi

Selain bisa menyelesaikan berbagai macam tugas, tablet juga dapat dipakai untuk melakukan presentasi. Menggunakan tablet untuk presentasi merupakan suatu pilihan yang sangat pas, karena banyak keuntungan yang akan diperoleh. Salah satunya, perangkat ini juga berfungsi sebagai alat remote, keyboard, dan mouse pada perangkat laptop.

Keuntungan selanjutnya, pengguna atau presenter tidak harus memantau laptop ketika ingin mengganti atau merubah slide dan menggerakan kursor atau mengaktifkan beberapa program. Lebih dari itu, yang tidak kalah penting adalah orang yang melakukan presentasi dapat lebih leluasa berkomunikasi dan berinteraksi bersama audiens.

Teknik Menyambungkan Tablet pada Proyektor

Dibanding laptop apalagi komputer, presentasi dengan tablet akan menjadi lebih praktis dan efisien karena bentuknya kecil dan berbobot ringan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tablet yang dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi serta fitur-fitur sebagai media penghubung pada proyektor.

Beberapa aplikasi presentasi terbaru yang bisa dioperasikan dalam perangkat tablet sebagai alat presentasi antara lain adalah Microsoft Power Point. Aplikasi ini dapat difungsikan untuk membuat dokumen dalam bentuk slide dengan tampilan yang sangat menarik. Apabila ingin mencoba aplikasi lain dengan fungsi yang sama, dapat pula menggunakan Google Slide.

Selain itu, ada polaris Office + PDF yang dapat digunakan mengedit serta membuat dokumen terutama dalam bentuk tulisan dan gambar. Selanjutnya jika mau mencari aplikasi presentasi terbaru untuk membuat slide berbentuk video, bisa memilih MiniMovie-Slide Video Editor. Semua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis menggunakan Google Play Store.

Untuk menghubungkan tablet untuk presentasi dan proyektor, harus menyediakan beberapa peralatan dulu seperti kabel HDMI, kabel Mhl, Conveter Micro USB dan Mirecast. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Kabel HDMI dan kabel Mhl digunakan untuk menyambungkan perangkat tabel ke proyektor.

Sedangkan Mirecast memiliki fungsi yang sama, tapi harus dilengkapi dengan perangkat lain yaitu Receiver Dongle Wifi HDMI. Selanjutnya alat ini dipasang pada proyektof. Sedangkan di tablet dibenami aplikasi presentasi terbaru Mirecast dan disesuaikan dengan tipenya.

Tablet Murah dan Terbaik untuk Presentasi

Saat ini di pasaran sudah banyak sekali beredar tablet untuk presentasi yang bisa diperoleh dengan harga murah dan berkualitas sempurna. Meski bukan merupakan merek kondang tetapi tablet-tablet murah ini cocok digunakan oleh siapa saja mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional.

  • Cube iwork8 merupakan tablet yang memakai dual operation system android 4,4 kitkat dan windows 10. Dengan dana sebesar 1,2 juta rupiah saja, presentasi menggunakan tablet bisa dilakukan dengan nyaman dan lancar. Apalagi sudah dilengkapi dengan kartu grafis intel HD dan quad core.
  • Tablet murah berikutnya yang dapat dipakai untuk presentasi adalah Cube i10 yang memiliki ukuran layar sebesar 10,6 inchi dan resolusi 1,366 x 768 WXGA. Dengan baterai yang daya kekuatannya 6600 mAh tablet untuk presentasi ini bisa diaktifkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Di pasaran harganya kurang lebih 2 juta rupiah.
  • Tablet merek Chuwi Hi8 Pro juga cocok dipakai untuk presentasi dan mendapat dukungan dari chipset Intel Cherry Trail Z8300 quad core 1,44 dan dilengkapi GPU Intel HD Graphic Gen. Sistem operasi yang digunakan dalam tablet seharga 1,3 juta rupiah ini bersifat dual system, masing-masing Android 5,1 Lollipop dan Windows 10.
  • Untuk mereka yang ingin melakukan presentasi menggunakan tablet murah, masih ada satu pilihan lain yang tidak kalah menarik, yaitu Onda V919 3G s. Tablet yang mempunyai ukuran 9,7 inchi ini dilengkapi bateri 7.200 mAh dan dapat dioperasikan secara online pada jaringan 3G. Harganya sangat rendah, tidak lebih dari 1,6 juta rupiah.
  • Akan tetapi, jika ingin memilih presentasi dengan tablet yang dilengkapi jaringan 4G, maka pilihan terbaiknya adalah Teclast X98 Plus II. Layarnya yang berukuran 9,7 inchi merupakan layar berteknologi IPS Retina Secreen. Dukungan lainnya berasal dari 4G RAM beserta 64 GB ROM, sehingga memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar. Harganya sekitar 2 juta rupiah.

Laptop yang Bisa Dijadikan Tablet

Selain memiliki performa yang lebih unggul, ada beberapa merek laptop yang dapat dijadikan tablet untuk melakukan presentasi. Contohnya adalah Acer Switch 11V yang ukuran layarnya sebesar 11,6 inchi. Perangkat ini dilengkapi processor tipe intel core M yang mampu bekerja dengan kecepatan maksimal karena didalamnya terdapat RAM berkapasitas 4 GB.

Dell Inspiron 11Z-3148 yang harganya sekitar 8,7 juta juga bisa dijadikan pilihan sebagai alat presentasi berkemampuan tinggi. Processornya memakai intel core i3-4030U dan 3M cache yang kecepatannya mencapai 1,9 GHz. Selain itu, masih ditambah RAM dengan kapasitas 4 GB dari tipe ddr3. Untuk menyimpan data, laptop ini dibekali hardisk berkapasitas sangat besar, 500 GB dan berkecepatan 5400 rpm.

Kegiatan presentasi menggunakan tablet bisa dilakukan pula dengan laptop merek Genpro, yang tidak lain merupakan produk dari Evercoss. Dibanding laptop lainnya, harga produk ini tergolong murah tidak lebih dari 3 juta rupiah. Meski demikian spesifikasinya lumayan bagus dan memakai processor dari intel atom X5-Z8300 serta RAM sebesar 2 GB dengan kapasitas penyimpanan data 128 GB.

Tips Melakukan Presentasi Menggunakan Tablet

Saat ini kegiatan presentasi dengan tablet makin sering dipilih sebab dianggap lebih praktis dibanding menggunakan laptop. Akan tetapi, ketika menggunakan perangkat ini, dibutuhkan beberapa tips khusus agar kegiatan presentasi tersebut dapat berjalan lancar sekaligus mampu membuat semua audiens merasa senang dan puas.

Sebelumnya harus diketahui dan disadari, tidak semua jenis tablet dapat difungsikan sebagai alat presentasi. Oleh sebab itu, harus diteliti dulu apakah tablet tersebut mampu menjalankan perannya sebagai media presentasi.

Jika jumlah audiens-nya hanya sedikit atau berkisar puluhan orang saja, tablet dapat menjadi sebuah pilihan tepat. Namun apabila jumlah peserta presentasi mencapai ratusan orang, lebih baik jangan melakukan presentasi menggunakan tablet karena acara ini pasti dilaksanakan dalam ruang besar dan membutuhkan remote. Kecuali jika tablet tersebut dapat dihubungkan dengan proyektor tanpa memerlukan kabel atau bersifat wirelles.

Tips berikutnya, siapkan bahan atau makalah presentasi melalui komputer atau laptop. Sebab bagaimanapun juga komputer dan laptop jauh lebih fleksibel untuk membuat persiapan atau melakukan editing ketika ada materi yang harus diperbaiki atau disempurnakan.

Jadi intinya tablet memang hanya digunakan khusus untuk berpresentasi saja, bukan sebagai media membuat materi dan makalah presentasi. Membuat materi dan makalah presentasi bisa jadi lebih sulit dan butuh waktu lama jika menggunakan tablet.

Berikutnya, terapkan rumus KISS atau keep it simple stupid. Artinya adalah, buatlah makalah atau bahan presentasi dalam bentuk yang sesederhana mungkin. Hindari penggunaan animasi atau transisi yang terlalu berlebihan. Meski saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk mengoperasikan animasi dan transisi di tablet, namun tetap saja kemampuannya sangat terbatas.

Harus dipahami, presentasi dengan tablet itu tetap punya keterbatasan dibanding komputer atau laptop. Jangan sampai terjadi kegagalan atau muncul masalah ketika kegiatan presentasi sedang dilangsungkan. Misalnya tablet tiba-tiba hang dan sebagainya.

Tips yang terakhir, sebelum menggunakan tablet untuk presentasi lakukan persiapan sebaik mungkin. Bahkan jika perlu berlatihlah lebih dulu. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting, sebelum dipakai tablet tersebut harus dicoba dihubungkan dengan proyektor. Jadi apabila ada masalah bisa diketahui dan diselesaikan secepatnya.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Cooling Pad Terbaik

Memilih Cooling Pad Terbaik dan Perbedaannya dengan Vacum Cooler

Setiap orang yang selalu aktif menggunakan laptop harus memiliki cooling pad terbaik agar perangkat tersebut dapat awet dan tidak mudah rusak. Khususnya kerusakan yang diakibatkan oleh mesin-mesin laptop yang memanas setelah berjam-jam diaktifkan.

Cooling pad merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mendinginkan laptop agar terhindar overheating atau kepanasan. Selain itu, yang tidak kalah penting juga melindungi pemakainya dari suhu panas yang muncul dari mesin-mesin laptop.

Sistem dan Cara Mendinginkan Laptop

Dalam garis besarnya sistem dan cara mendinginkan laptop itu ada 2 macam, secara pasif dan dan aktif. Pendingin pasif merupakan suatu alat yang tidak memerlukan daya maupun tenaga untuk mengaktifkannya. Pada umumnya bentuknya berupa alas yang dikasih garam organik, sehingga memiliki kemampuan menyerap panas yang keluar dari mesin laptop.

Selain itu, ada yang lebih sederhana, hanya berupa alas biasa yang dipasang di bawah laptop. Tujuannya adalah untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak menimbulkan hawa yang terlalu panas. Bahan yang digunakan untuk membuatnya bersifat konduktif.

Sedangkan pendingin aktif merupakan mesin pendingin yang memerlukan daya energi untuk mengaktifkan atau menghidupkannya. Biasanya alat ini berbentuk kipas kecil yang dipasang di bawah laptop untuk menambah aliran udara.

Sumber tenaga untuk menghidupkannya dapat berasal dari laptop sendiri yang dihubungkan dengan pendingin tersebut melalui kabel USB serta dipasang pada port. Alat pendingin inilah yang dinamakan cooling pad.

Tips Memilih Cooling Pad

Untuk memilih cooling pad terbaik pilih yang kipasnya dapat dipindah agar bisa lebih bebas menentukan tempat peletakannya. Tapi jika ternyata kipasnya tidak bisa dipindah, utamakan kipas terpasang pada bagian bawah lubang laptop karena dari lubang tersebut udara panas akan muncul.

Pendingin laptop atau cooling pad yang bagus selalu memiliki kipas yang ukurannya lebih besar. Jika ukuran kipasnya besar, maka angin yang dikeluarkan dari alat tersebut juga besar. Sehingga kemampuannya dalam mendinginkan mesin laptop dapat berjalan sempurna.

Sebagian besar cooling pad memiliki satu, dua atau tiga kipas. Jika ingin memiliki pendingin laptop terbaik, pilih yang jumlah kipasnya lebih dari satu agar anginnya semakin bertambah banyak. Apabila jumlahnya ada tiga satu diantaranya pasti terletak di bawah lubang ventilasi sehingga angin dari cooling pad dapat langsung masuk dalam laptop.

Kecepatan putaran kipas memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemampuannya untuk mendinginkan mesin. Jadi pilih yang putarannya paling cepat dengan cara mengecek ukuran RPM cooling pad tersebut pada label atau kardus pembungkusnya. Semakin tinggi RPM-nya, maka cooling pad bisa berputar lebih cepat.

Tidak hanya kecepatan putarannya saja, cooling pad terbaik selalu menghembuskan angin yang arahnya kebawah. Alasannya untuk melindungi mesin laptop agar tidak mudah terkena kotoran debu. Akan tetapi jika ingin memperoleh tingkat penyerapan panas lebih besar, maka pilihan terbaiknya adalah yang arah anginnya keatas. Risikonya, pengguna laptop harus rajin membersihkan bagian ventilasi laptop agar mesinnya tidak cepat kotor.

Bahan cooling pad laptop yang bagus berasal dari alumunium atau besi dan logam lainnya yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Jangan menggunakan pendingin laptop yang terbuat dari platik. Bahan ini mempunyai kemampuan sangat rendah dalam menyerap panas, meski harganya lebih murah.

Tips yang terakhir, cek cooling pad tersebut saat dihidupkan. Pilih yang tidak menghasilkan suara tinggi karena akan membuat konsentrasi kerja jadi buyar. Tingkat kebisingan ini dapat diketahui melalui ukuran dBA-nya yang juga tertulis pada label dan kardus pembungkus. Jika ukuran dBA-nya kecil, menandakan tingkat kebisingan yang rendah.

Cooling Pad untuk Gaming

Untuk penggemar permainan game yang menggunakan laptop, cooling pad menjadi sebuah kebutuhan utama yang tidak boleh dilupakan. Karena biasanya saat bermain game akan selalu menghidupkan laptop hingga berjam-jam lamanya. Untuk itu perlu cooling pad yang bagus agar semua komponen laptop bisa terjaga dengan baik keawetannya.

Di pasaran ada salah satu merek cooling pad yang direkomendasikan, yakni Cooler Mater Notepal X-Slim II. Desainnya sangat sederhana dan ramping. Alat ini cocok dipasang di laptop yang ukuran layarnya 15,6. Harganya tidak terlalu mahal, kurang lebih 270 ribu rupiah.

Merek cooling pad laptop yang bagus dan paling rekomended lainnya adalah Cooler Master Silent Fan Notepad CMC-3. Pendingin laptop dengan ukuran dimensi 32,3 x 5 x 29 ini dibuat dari plastik, namun dilengkapi dengan karet berkualitas prima. Sehingga cukup handal untuk menjaga keawetan mesin dan bisa dipakai untuk laptop ukuran 10 sampai 15 inchi. Harganya sekitar 125 ribu rupiah.

Jika ingin memiliki cooling pad terbaik yang dilengkapi dengan empat kipas, maka pilihan utamanya adalah Deepcool Multi Core X6 Cooling Fan. Keempat kipas tersebut bisa menyala semua, atau bagian bawahnya saja yang diaktifkan. Dengan ukuran dimensi 38 x 29,5 x 2,5 cooling pad dari alumunium ini bisa dipasang di laptop yang ukuran maksimalnya 16,6 inchi. Harganya sekitar 250 ribu rupiah.

Selain itu, masih ada uNique Laptop Cooler Maxcool-7 Black seharga 130 ribu rupiah. Mesin pendingin laptop terbaik ini memiliki ukuran 33 x 25 x 4 cm dan dapat dipasang di laptop berukuran 10 hingga 15 inchi. Kipasnya ada dua dan semuanya bisa menghasilkan angin atau udara yang besar.

Merek Cooling Pad Rekomended untuk Laptop Biasa

Sedangkan untuk pengguna laptop biasa yang tidak dipakai untuk bermain game, pilihannya juga cukup banyak. Misalnya cooling pad merek Deepcool Notebook Cooler N19 yang dapat digunakan untuk laptop berukuran 14 inchi ke bawah.

Bahan yang digunakan untuk membuat cooling pad yang bagus ini adalah alumunium dan mampu menyerap panas dengan optimal. Di pasaran, harganya kurang lebih 100 ribu rupiah saja.

Pilihan berikutnya adalah Deepcool Notebook Cooler N17 yang harganya sedikit lebih mahal 140 ribu rupiah. Meski harganya lebih mahal, tetapi pendingin laptop terbaik ini dilengkapi dengan kipas berukuran besar dan terbuat dari bahan metal. Selain itu, suaranya sangat halus dan tidak ada bisingnya sama sekali.

Micropack Cooling Pad CP-172A juga dapat dijadikan pilihan utama dan sangat kompitable untuk laptop ukuran besar hingga 17 inchi. Harganya memang tergolong mahal 330 ribu, tapi dilengkapi dengan dua kipas besar yang bisa dinyalakan bersama-sama. Meskipun digunakan dalam jangka waktu lama namun tetap mampu menjaga laptop agar tetap dingin.

Perbandingan Cooling Pad vs Vacum Cooler

Selama ini masih banyak yang merasa bingung memilih cooling pad atau vacum cooler untuk menjaga laptop mereka dari kerusakan. Sebelumnya sebagian besar pemakai laptop memang memilih cooling pad. Namun setelah beredar vacum cooler banyak yang ingin meninggalkan cooling pad.

Ada sebagian yang menyebutkan vacum cooler dapat bekerja secara maksimal dibandingkan cooling pad karena keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda. Kelebihan utama yang ada di vacum cooler adalah mampu menyedot debu dan udara panas dari laptop. Namun pada sisi yang lain alat ini selalu memunculkan suara bising saat diaktifkan.

Jadi jika bicara tentang kualitas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Oleh karena itu keputusan terbaik tetap berada di tangan pengguna sendiri. Apabila ingin suasana yang tenang dan tidak berisik, maka cooling pad terbaik adalah sebuah pilihan yang tepat. Tetapi jika tahan dengan suara berisik maka dapat menggunakan vacum cooler.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Printer Barcode Terbaik

Memilih Printer Barcode Terbaik dan Perangkat Lainnya

Sesuai dengan namanya, printer barcode memiliki fungsi utama untuk membuat cetakan label barcode. Setiap pebisnis pasti ingin mempunyai printer barcode terbaik untuk melancarkan usahanya. Namun sebelum membahas hal ini, perlu diketahui lebih dulu bahwa mesin printer ini memiliki sistem kerja yang agak berbeda dengan mesin printer biasa atau konvensional.

Pada umumnya, printer barcode dibuat dengan teknologi pemanasan atau thermal. Jadi ketika melakukan proses pencetakan, kertasnya dipanaskan dengan pemanas atau thermal yang ada di mesin printer. Salah satu kelemahan utama dari sistem ini adalah hasil cetaknya lebih cepat rusak atau pudar terutama ketika suhu udara disekitarnya lebih panas.

Perbedaan lainnya, mesin printer biasa biasanya menggunakan kertas dalam bentuk lembaran. Tetapi untuk printer barcode, kertas yang digunakan berupa gulungan atau roll paper berlapis stiker. Tujuan dari penggunaan roll paper ini adalah agar lebih praktis. Karena sebagian besar barcode selalu digunakan setiap waktu dengan ukuran kertas yang kecil. Tentu akan menjadi repot jika harus sering mengganti kertas printernya.

Memilih Kertas Printer Barcode

Berdasarkan penjelasan di atas, maka setelah berhasil mendapatkan printer barcode terbaik pengusaha juga harus mengetahui cara memilih kertas stiker barcode yang seringkali disebut dengan nama label barcode. Jenis kertas ini terdiri dari beberapa macam bahan. Di Indonesia, label barcode yang paling sering digunakan antara lain vallum TTR, semicoated, silver mate, Chromo dan Yupo.

Dibanding jenis lainnya, harga vallum TTR lebih murah. sebagian besar penggunanya berasal dari kalangan pelaku UKM, penjual retail, distro pakaian, konveksi dan lainnya. Selain itu, banyak pula industri skala besar yang memilih label barcode ini sebab sesuai dengan jenis hasil produksinya.

Dilihat dari karakteristiknya kertas printer semicoated punya kemiripan dengan valum TTR. Perbedaannya terletak pada bahan kertas yang digunakan. Kertas vallum TTR tidak bersifat mengkilap, sedangkan semicoated terlihat mengkilap. Penyebabnya, kertas vallum TTR tidak dilengkapi lapisan di permukaannya.

Hasil cetak kertas vallum TTR tidak mudah rusak meski digosok. Namun jika kena percikan air, cetakannya jadi tidak awet dibanding kertas semicoated karena mendapat lindungan dari lapisan glossy. Akan tetapi, di sisi yang lain semicoated juga cepat rusak apabila suhu udara di sekitarnya panas.

Meskipun harganya lebih mahal tapi kertas Yupo sangat cocok disandingkan dengan printer barcode yang bagus sehingga sering disebut sebagai label premium. Karena itu penggunaan kertas ini juga sangat terbatas. Kelebihannya antara lain yaitu tidak mudah sobek, tahan lama atau tidak mudah luntur dan tahan terhadap segala macam cuaca baik panas atau dingin.

Memilih Printer Barcode yang Baik

Untuk mendapatkan printer barcode terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau membeli perangkat ini. Pertama cek lebih dahulu semua kelengkapan pada fitur-fiturnya. Salah satu ciri terpenting yang dipunyai printer barcode yang bagus adalah fiturnya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, perlu juga dicek apakah fitur-fitur tersebut harus ditambah dengan modul khusus atau tidak.

Setelah itu, pastikan kapasitas printernya yang juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jika butuh label barcode hingga puluhan ribu, sebaiknya memilih printer barcode khusus skala industri. Meski harga printer barcode ini lebih mahal, namun tidak akan menimbulkan masalah jika dipakai untuk mencetak barcode berkali-kali.

Sebaliknya untuk pebisnis yang hanya membutuhkan label barcode dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, sebaiknya memilih printer barcode murah saja. Mutu dan kualitasnya memang tidak sebagus printer barcode terbaik namun tetap mampu menjalankan tugas-tugas dengan hasil yang sempurna.

Memilih Alat Barcode Scanner

Setelah mendapatkan mesin printer dan label barcode, kebutuhan berikutnya yang juga harus disediakan alah alat barcode scanner. Meski telah memiliki printer barcode yang bagus, tapi tidak akan ada artinya sama sekali jika belum tersedia barcode scanner.

Fungsi dari alat ini adalah untuk membaca data barcode, lalu diubah menjadi angka. Untuk memilih barcode scanner terbaik ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Misalnya jenis usahanya toko atau pabrik, frekuensi penggunaan, sistem pemindaian, sistem koneksi barcode dan jarak pemindaian.

Pen type atau hand held wand adalah barcode scaner paling sederhana, murah dan tahan lama sekaligus mudah dioperasikan. Namun penanya harus diletakan pada barcode dan jika terkena sentuhan hingga berkali-kali barcode jadi mudah rusak.

Tipe lainnya laser barcode scanner ketika dioperasikan hanya didekatkan (tidak disentuhkan) dengan jarak antara 6 hingga 24 inchi. Kemudian ada lagi hand free atau fixed mount barcode scanner yang bisa diletakan di tempat-tempat khusus dan bersiat serba guna. Selain itu sangat cocok untuk pebisnis besar karena kemampuannya dalam menjalankan fungsinya juga tinggi.

Tipe berikutnya adalah cordless barcode scanner, lebih pas dipakai oleh industri besar karena tidak membutuhkan kabel. Ada lagi portable data terminal yang sistem operasinya memakai baterai. Cocok untuk pebisnis yang sering berpindah tempat karena bersifat portable.

Wearable barcode scanners adalah scanner barcode yang dapat dihubungkan dengan printer barcode terbaik dengan cara yang lebih praktis, tinggal ditunjukan pada barcode. Setelah itu, tombol pengaktifan ditekan, maka alat ini akan langsung menjalankan tugasnya.

Aplikasi untuk Membuat Barcode

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk membuat barcode yang bisa didownload secara gratis. Misalnya ByeteScout Barcode Generator yang mampu memunculkan beberapa macam barcode dalam format yang berbeda-beda seeprti JPG, TIFF, PNG, GIF atau BMP.

Zint Barcode Studio juga pantas dipilih karena tidak hanya bisa menghasilkan aneka barcode, tapi juga dapat diubah warnanya. Bukan itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang dapat dipakai untuk mengubah ukuran gambar barcode.

Pilihan lainnya adalah Free barcode Generator. Aplikasi barcode ini mempunyai kemampuan menghasilkan barcode yang terdiri dari 3 macam kategori, alpha numerik, numeric only, dan industry standards. Hasil barcode-nya bisa diputar dan hanya memerlukan space yang sangat ringan sebesar 1 MB saja.

Memilih Aplikasi Toko

Tidak hanya aplikasi barcode, pelaku usaha sebaiknya juga melengkapi diri dengan aplikasi toko. Selain berbayar ada pula penyedia software yang menyediakan aplikasi ini secara gratis. Untuk memeroleh aplikasi toko gratis bagus dan cocok, harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama tentu saja harus memiliki fitur yang lengkap untuk mendukung operasional kegiatan usaha. Beberapa jenis fitur terpenting yang paling sering dipakai antara lain fitur penjualan, kasir dan pembelian. Fungsi dari fitur-fitur ini adalah untuk mengolah data dan pengontrolan stok barang.

Jenis usaha yang dijalankan juga perlu dipertimbangan saat menentukan pilihan aplikasi toko gratis. Setiap bidang usaha pasti memiliki karakteristik dan kebutuhan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Jadi cari keterangan tentang fungsi dari masing-masing aplikasi, lalu dipilih yang sesuai.

Tips berikutnya, semua kebutuhan dan tugas harus bisa diselesaikan melalui satu aplikasi saja sehingga tidak usah memakai bermacam-macam aplikasi karena tidak praktis. Selain itu, yang tidak kalah penting, mudah dioperasikan dengan hasil yang akurat dan sempurna. Tujuannya untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan dan membuat keputusan.

Terakhir, aplikasi tersebut bisa dioperasikan di daerah mana saja meski tidak ada sambungan internetnya. Jadi intinya dapat dipakai secara offline baik menggunakan komputer maupun laptop dan smartphone. Tentunya akan menjadi lebih bagus lagi apabila aplikasi ini bisa dihubungkan dengan mesin printer barcode terbaik yang dimiliki.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Belajar Desain Grafis

Langkah Belajar Desain Grafis untuk Pemula

Belajar desain grafis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan jalur pendidikan formal, kursus belajar desain grafis di lembaga-lembaga tertentu, dan belajar secara otodidak. Ada banyak peluang pekerjaan juga yang berhubungan dengan desain grafis. Anda bisa bekerja di berbagai bidang pekerjaan dan perusahaan digital seperti media dan start up. Lalu, bagaimana cara belajar desain grafis untuk pemula secara otodidak. Simak pembahasan berikut.

Modal Dasar dan Syarat Menjadi Desainer Grafis yang Andal

Sebelum belajar desain grafis, ada baiknya Anda mengetahui modal dasar dan syarat menjadi seorang desainer grafis yang andal. Apa saja syarat tersebut?

  1. Belajar Sedini Mungkin. Belajar desain grafis memang bisa ditempuh secara formal dengan menempuh di pendidikan tinggi. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai belajar sebanyak mungkin tentang desain grafis dan bidang ilmu lainnya yang berhubungan dengan desain grafis. Mengenal dan memulai belajar desain grafis sejak SMA akan memberikan peluang yang lebih besar untuk Anda menguasai bidang ini dengan lebih dalam. Atau, jika Anda baru menaruh minat pada bidang ini sekarang, maka mulailah bekali diri Anda sekarang juga. Bisa dengan mulai belajar sendiri di rumah dengan mencari banyak informasi dan tutorial belajar desain grafis di internet.
  2. Belajar Desain Grafis sampai Tahap Perguruan Tinggi. Jika Anda serius ingin menguasai bidang desain grafis dengan jalur formal, bisa memilih bidang desain grafis di perguruan tinggi. Selain Anda mendapatkan gelar dalam bidang ini, Anda pun semakin membuka luas kesempatan diri Anda untuk mendapatkan ilmu desain grafis yang lebih dalam dan kesempatan kerja yang lebih luas lagi.
  3. Selalu Mengetahui Perkembangan Terbaru dalam Dunia Desain Grafis. Selalu up to date dengan berbagai perkembangan dalam bidang desain grafis penting untuk dilakukan. Dunia desain grafis terus berkembang, salah satunya software desain grafis. Setiap bulannya, software desain grafis terus berkembang dan selalu muncul yang baru.
  4. Harus Memiliki Ciri Khas dan Idealisme. Setiap orang tentunya memiliki idealismenya masing-masing termasuk dalam bidang desain grafis. Begitu juga dengan Anda, sebaiknya Anda tidak melepaskan idealisme Anda dalam bidang desain grafis tetapi tetap mengikuti permintaan klien atau perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak lupa juga untuk selalu memiliki ciri khas dalam setiap desain grafis yang Anda hasilkan. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih pada karya Anda sehingga klien atau perusahaan mengetahui dengan jelas bahwa desain tersebut adalah karya Anda.
  5. Selalu Disiplin, Teliti, dan Penuh dengan Inovasi. Disiplin menjadi salah satu kunci untuk Anda tetap dipercaya dalam mengerjakan berbagai proyek desain grafis. Selain itu, ketelitian dalam mengerjakan desain grafis juga tidak boleh dilupakan. Semakin Anda teliti, semakin kecil kemungkinan Anda melakukan kesalahan atau detail yang terlewat dari desain yang Anda buat. Penuh inovasi. Menjadi seorang desainer grafis juga harus penuh dengan inovasi sehingga karya-karya Anda selalu terlihat segar dan selalu dicari.

Langkah-langkah Belajar Desain Grafis untuk Pemula Secara Otodidak

Belajar desain grafis secara otodidak memang tidak mudah. Diperlukan niat yang kuat dan latihan yang terus-menerus. Berikut beberapa langkah belajar desain grafis untuk pemula secara otodidak.

  1. Tentukan Cara Belajar Desain Grafis yang Cocok. Cara belajar sangat penting dan berpengaruh pada hasil. Anda harus bisa menentukan cara belajar desain grafis yang cocok untuk Anda. Ada pilihan langkah belajar desani grafis secara  otodidak untuk Anda, pertama Anda belajar teori terlebih dahulu kemudian berlatih dan memulai belajar melalui tutorial atau langsung belajar dari tutorial belajar desain grafis. Pastikan Anda memilih cara belajar yang nyaman. Semakin Anda merasa nyaman, semakin mudah bagi Anda untuk menguasai desain grafis dengan mudah dan cepat.
  2. Memulai dari Bagian yang Umum. Mempelajari sesuatu sebaiknya dimulai dari yang umum terlebih dahulu. Dalam bidang desain grafis pun sama. Misalnya, mulailah untuk mengenal desain grafis secara umum baik dari sisi teori maupun dalam praktik. Setelah itu, seraplah ilmu lebih dalam dan lebih detail lagi. Setelah itu, setahap demi setahap, Anda akan semakin mahir membuat desain grafis baik yang sesuai denga idealisme Anda maupun yang sesuai dengan permintaan klien atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Memanfaatkan Internet sebagai Salah Satu Media Belaja. Anda bisa menemukan dan mendapatkan banyak hal melalui internet. Di saat Anda membutuhkan banyak materi dan pengetahuan tentang desain grafis dalam waktu yang relatif cepat, carilah menggunakan internet. Internet dan belajar otodidak memiliki keterkaitan yang kuat. Anda bisa menemukan banyak website untuk belajar desai grafis secara gratis dan mudah serta berbagai tutorial yang mudah untuk Anda ikuti. Manfaatkan internet semaksimal mungkin selama masa belajar Anda.
  4. Mencoba untuk Ikut Tergabung dalam Berbagai Komunitas Desai Grafis. Mengikuti sebuah komunitas yang khusus untuk desain grafis akan memberikan Anda kesempatan untuk bertemu dengan banyak desainer grafis. Baik desainer grafis yang sudah ahli maupun pemula seperti Anda. Gunakan kesempatan tersebut untuk bertanya, berlatih, dan melihat cara mereka memandang ilmu desai grafis dan melihat karya-karya terbaik mereka. Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi penting mengenai desain grafis seperti tempat kursus desain grafis yang bagus, lowongan pekerjaan di bidang desain grafis, dan masih banyak lagi.

Software dan Tempat Belajar Desain Grafis

Terdapat dua hal penting dalam mempelajari desain grafis yaitu software desain grafis dan tempat belajar desain grafis. Untuk bisa membuat sebuah desain grafis, Anda harus menguasai setidaknya satu software desain grafis yang umum digunakan. Berikut beberapa software desain grafis yang umum digunakan.

  1. Software Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator. Software yang sudah tidak asing lagi ini memang banyak digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat hasil karyanya. Beberapa hal yang bisa Anda buat dengan menggunakan software ini di antaranya manipulasi foto, membuat gambar 3D, membuat user interface, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk membuat desain vektor, Anda bisa menggunakan Adobe Ilustrator. Beberapa desain yang bisa Anda buat dengan software ini adalah membuat karakter animasi, membuat logo, dan masih banyak lagi.
  2. Software Corel DRAW. Tentu Anda juga sudah tidak asing dengan software Corel DRAW ini. Sama halnya dengan Adobe Ilustrator, Corel DRAW merupakan salah satu software yang dikeluarkan oleh Corel Corporation untuk membuat gambar vektor dan editing. Beberapa desain yang bisa dibuat menggunakan software ini di antaranya membuat sketsa, membuat logo, membuat brosur, membuat karakter animasi, dan masih banyak lagi.

Selain mengetahui dan menguasai software desain grafis, Anda juga harus mendapatkan tempat belajar desain grafis. Salah satunya tempat belajar desain grafis secara online. Beberapa website untuk belajar desain grafis secara online dengan menggunakan bahasa Indonesia di antaranya desainstudio.com, desaindigital.com, dan ilmugrafis.com.

Itulah pembahasan mengenai beberapa langkah untuk belajar desain grafis secara otodidak untuk pemula. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan selamat belajar!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop ASUS Untuk Game Berat

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Belajar Android untuk Pemula

Cara Mudah Belajar Android untuk Pemula

Belajar android studio untuk pemula sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya saja perlu niat dan usaha yang kuat agar walaupun belajar sendiri di rumah, Anda tetap bisa belajar android untuk pemula dengan cepat dan juga setidaknya mampu menguasai dasar-dasarnya. Anda termasuk beruntung karena saat ini sudah banyak aplikasi di android yang memberikan kesempatan untuk Anda belajar pemrograman android dengan lebih mudah dan simpel.

Beberapa Software Penting Sebelum Belajar Android

Belajar pemrograman android dan belajar membuat aplikasi android memerlukan software khusus. Anda harus mempersiapkan beberapa software khusus ini sebelum mulai belajar adroid. Anda bisa mengunduhnya dengan mudah melalui smartphone android Anda.

Learn Java

Learn Java merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk bisa mempelajari bahasa pemrograman yang populer di dunia. Anda akan dituntun untuk belajar pemrograman Java atau android sehingga memudahkan Anda untuk bisa membuat sebuah aplikasi untuk android. Beberapa pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari Learn Java ini adalah object, array, variable, operator, dan class. Bahkan dengan aplikasi ini, Anda sebenarnya tidak belajar sendirian. Anda bisa bersaing dengan mereka dari belahan bumi lain dengan mengumpulkan poin dan peringkat ketika mempelajari pemrograman android di Learn Java.

Programming Hub

Aplikasi Programming Hub ini termasuk jenis aplikasi belajar pemrograman android yang cukup lengkap karena tersedia 15 bahasa pemrograman di dalamnya. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang tersedia dalam aplikasi ini adalah HTML, Phyton, Java, dan PHP. Terdapat sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan sebuah eksperimen secara langsung ketika mempelajari berbagai bahasa pemrograman, yaitu live online compiler. Untuk para pemula, aplikasi ini memberikan banyak kesempatan untuk bisa menguasai pemrograman dengan cepat dan mudah.

Codebox

Aplikasi Codebox merupakan jenis aplikasi yang hanya menyediakan dua pembelajaran bahasa pemrograman. Tetapi, bahasa pemrograman yang tersedia dalam Codebox adalah yang paling populer, yaitu Java dan C. Kelebihannya, aplikasi ini memiliki interface yang rapi dan memudahkan para pengguna pemula untuk belajar pemrograman Java atau Android dengan mudah. Anda tidak perlu merasa pusing dengan semua pembelajaran pemrograman yang sulit, Codebox membuat Anda bisa belajar dengan mudah dan nyaman.

Udacity

Jika Anda mencari tempat khusus untuk belajar pemrograman Android yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, gunakan aplikasi Udacity. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk belajar berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Phyton, Javascript, HTML, CSS, dan masih banyak lagi. Anda juga akan mendapatkan penjelasan materi pemrograman langsung dari para ahli dalam bidang ini seperti dari Google, MongoDB, Cloudera, dan Facebook. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai kemudahan belajar dengan adanya fitur kuis, solusi, dan video.

Tips dan Langkah-langkah dalam Belajar Pemrograman Android

Belajar android untuk pemula tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meski terkesan mudah ditambah dengan hadirnya banyak aplikasi untuk belajar android, Anda tetap membutuhkan usaha untuk bisa menguasai pemrograman android sendiri. Simak beberapa tips dan langkah-langkan belajar pemrograman android berikut.

Mengenal Bahasa Pemrograman Android

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bahasa pemrograman android. Ada banyak bahasa pemrograman untuk android, tetapi bukan berarti Anda harus mempelajari semuanya. Cukup pilih beberapa yang memang utama dan Anda butuhkan. Jika memang Anda berniat untuk membuat aplikasi asli atau native dengan menggunakan aplikasi Android Studio, maka cobalah untuk pahami konsep dasar dari pemrograman Java, C, dan C++. Sedangkan bagi Anda yang tertarik membuat aplikasi campuran atau hybrid, artinya Anda harus memahami konsep dasar dari bahasa pemrograman HTML5.

Memastikan Tujuan Anda Belajar dan Membuat Aplikasi Android

Tujuan seseorang mempelajari pemrograman android tentuya berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk kepentingan penelitian seperti untuk tugas akhir atau skripsi, dan ada yang bertujuan untuk ladang bisnis. Artinya, Anda belajar pemrograman android untuk menghasilkan aplikasi yang bisa Anda jadikan bisnis. Khusus untuk pembuatan aplikasi sebagai bagian dari bisnis Anda, sebaiknya Anda benar-benar membuat aplikasi yang bermanfaat. Artinya, aplikasi yang Anda buat sebagai bisnis Anda tersebut merupakan aplikasi yang memang memberikan manfaat untuk para penggunanya. Selain Anda mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang Anda buat, Anda pun mendapatkan kepuasan karena para pengguna aplikasi Anda merasa sangat puas.

Mencari Website Tutorial Belajar Android

Belajar otodidak memang menyenangkan, selain waktunya bisa fleksibel, Anda pun bisa belajar di mana saja. Hanya saja, Anda perlu memilih dengan baik website tutorial belajar android mana yang cocok dan nyaman untuk Anda. Carilah tutorial yang benar-benar Anda pahami. Belajar membuat aplikasi android dan belajar pemrograman android benar-benar harus Anda kuasai dengan baik untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai harapan. Salah satu tempat Anda untuk belajar android adalah Develope Android Apps yang merupakan situs resmi dari Google untuk para developer yang ingin belajar pemrograman android.

Memiliki Komputer dengan Spesifikasi Tepat untuk Belajar Pemrograman Android

Untuk serius belajar pemrograman android, Anda harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang memenuhi syarat untuk belajar pemrograman android. Untuk Anda yang menggunakan Android Studio, berikut beberapa spesifikasi yang harus dimiliki oleh komputer atau laptop Anda.

  1. RAM minimal 4 GB dan lebih baik lagi jika menggunakan komputer atau laptop dengan RAM 8
  2. Memiliki resolusi layar minimal 1280 x 800 piksel.
  3. Didukung prosesor minimal Dual Core.
  4. Menggunakan Windows 7/8 32-64 bit.
  5. Menggunakan Java Development Kit 7 dan 8.
  6. Menggunakan 400 MB ruangan pada memori.

Komponen pada Aplikasi Android

Anda juga perlu mengetahui apa saja komponen yang terdapat dalam aplikasi android. Berikut pengetahuan dasar mengenai komponen aplikasi android.

  1. Komponen Activity. Komponen ini merupakan komponen yang memuat interface atau tampilan pada layar aplikasi android.
  2. Komponen Broadcast Receiver. Komponen ini adalah yang meregister serta menangai semua kebutuhan pada sistem android seperti menggunakan kamera, menghidupkan layar, mengatasi masalah penggunaan baterai, dan masih banyak lagi.
  3. Komponen Content Provider. Komponen ini menjadi penyedia data untuk aplikasi lain seperti SQLite, Contact Manager, dan lain-lain.
  4. Komponen Service. Komponen ini merupakan komponen pemberi tahu sistem tentang apa yang hendak dijalankan pada latar belakang seperti file I/O, latar belakang untuk musik, dan lain-lain.

Belajar android pemula memang cukup mudah tetapi juga perlu waktu dan usaha untuk bisa menguasainya dengan baik. Oleh karena itu, semoga pembahasan mengenai cara mudah belajar android untuk pemula dalam artikel ini bisa banyak membantu Anda. Pastikan Anda tidak mudah menyerah dalam belajar pemrograman Android dan penuhi spesifikasi penting untuk Android Studio pada komputer atau laptop Anda agar proses belajar Anda berjalan dengan lancar. Selamat belajar!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop ASUS Untuk Game Berat

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Laptop Multimedia Murah

Cerdas Memilih Laptop Multimedia Murah

Laptop menjadi sebuah barang yang saat ini sangat penting untuk dimiliki terutama bagi mereka yang memang bekerja atau mengambil kuliah di bidang yang membutuhkan banyak bantuan laptop. Salah satunya mereka yang mengambil kuliah jurusan multimedia atau mereka yang memang bekerja di bidang multimedia. Memiliki laptop multimedia murah menjadi salah satu impian yang harus diwujudkan di tengah tingginya harga laptop multimedia.

Ya, umumya laptop multimedia memang memiliki harga yang relatif tinggi karena spesifikasi yang dimilikinya. Selain itu, umumnya laptop multimedia juga lebih canggih dibandingkan dengan laptop gaming karena salah satunya laptop multimedia digunakan oleh mereka yang membuat game itu sendiri.

Fitur yang Wajib Dimiliki Laptop Multimedia

Laptop multimedia bukanlah laptop biasa. Laptop multimedia umumnya digunakan untuk berbagai keperluan dalam hal multimedia yang memerlukan kecepatan, ruang yang luas, dan ketepatan. Terutama bagi para mahasiswa bidang multimedia yang harus memadukan antara video, teks, audio, dan animasi. Lalu, apa saja fitur yang wajib dimiliki oleh sebuah laptop multimedia sehingga ia bisa dikatakan sebagai laptop multimedia terbaik untuk Anda? Berikut ulasannya.

Layar Laptop

Layar laptop laptop dalam hal ini berhubungan dengan kualitas layar dan ukurannya. Kedua unsur ini sangat penting dimiliki oleh sebuah laptop multimedia. Dari segi ukuran, laptop multimedia sebaiknya memiliki ukuran 14 inci ke atas. Ukuran ini akan memudahkan dalam pengerjaan semua yang berhubungan dengan bidang multimedia. Begitu juga dengan kualitas layar. Pastikan bahwa kualitas layar untuk mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan multimedia minimal beresolusi 1.600 x 900 piksel. Layar dengan resolusi ini mampu untuk bisa menampilkan gambar dengan detal dan juga tajam. Ada baiknya untuk memilih laptop multimedia dengan resolusi layar yang sudah full HD, yaitu 1.920 x 1.080 piksel.

Ketangguhan Kinerja Laptop

Sebuah laptop multimedia dituntut untuk memiliki kinerja yang tangguh. Kinerja yang tangguh artinya harus didukung oleh sokongan RAM dan prosesor yang juga tinggi. Artinya, sebuah laptop multimedia minimal harus didukung oleh RAM paling minimal adalah 6GB. Sedangkan prosesornya, sebaiknya sudah prosesor Intel Core i5. Kinerja yang tangguh berhubungan dengan salah satunya cara menampilkan gambar dengan tidak adanya lag. Tidak adanya gangguan seperti lag atau gangguan lainnya membuat performa laptop multimedia menjadi tangguh. Terlebih jika Anda harus menjalankan banyak program dalam satu kali pemakaian laptop setiap saatnya.

Kartu Grafis dalam Laptop Multimedia

Dukungan dari kartu grafis juga penting dalam sebuah laptop multimedia. Ya, salah satu fitur penting dalam laptop multimedia adalah RAM dan prosesor yang mumpuni. Akan tetapi, peran kartu grafis juga penting. Ternyata, untuk laptop multimedia kartu grafis yang paling baik adalah yang dipasang terpisah dari prosesornya. Mengapa? Kinerja laptop multimedia dengan kartu grafis yang terpisah diklaim memiliki kinerja yang lebih tangguh dan lebih baik jika dibandingkan dengan laptop yang kartu grafisnya terpasang bersamaan dengan prosesor. Contohnya adalah kartu grafis ATI dan NVIDIA. Kedua jenis kartu grafis tersebut memiliki memori.

Laptop dengan Kualitas Suara yang Tangguh

Kebutuhan laptop multimedia tidak hanya berhubungan dengan kualitas layar dan prosesor yang tangguh. Laptop multimedia yang berkualitas tinggi juga memiliki suara yang baik dan tangguh. Orang yang bekerja di bidang multimedia juga memerlukan kualitas suara laptop yang berkualitas. Jika kualitas suara laptop tidak mumpuni, maka Anda harus membeli perangkat pendukung audio terpisah seperti speaker eksternal atau headphone agar bisa mendengarkan dengan lebih baik.

Laptop Multimedia Asus

Salah satu merk laptop yang memproduksi tipe laptop multimedia adalah Asus. Salah satu tipe laptop Asus yang cocok untuk bidang multimedia adalah Asus N550JV. Terdapat banyak keunggulan dari Asus N550JV yang mendukung sebagai laptop multimedia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Didukung oleh prosesor terbaru Intel Core i7-4700HQ. Prosesor yang sudah lebih tangguh ini juga semakin mendukung kinerja laptop untuk kebutuhan multimedia dengan clock speed 2,4GHz dan Turbo Frequency yang bisa mencapai 3,4GHz.
  2. Didukung layar lebar yang memuaskan kebutuhan kerja multimedia. Laptop Asus ini memiliki lebar layar 15,6 inci yang akan sangat mendukung kebutuhan kerja multimedia Anda. Selain layarnya yang lebar dan luas, ternyata ASUS N550JV juga sudah ditanami kartu grafis tinggi yaitu NVIDIA Geforce GT 740M. Dari segi kartu grafis sudah bisa ditebak bukan bagaiman kinerja laptop dari Asus ini?
  3. Didukung oleh hardisk yang luas. Laptop multimedia tidak hanya membutuhkan prosesor, kartu grafis, dan layar yang berkualitas tinggi, tetapi juga hardisk yang luas. Anda tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang luas untuk menyimpan semua hasil pekerjaan Anda yang memang memakan memori yang tidak sedikit. Laptop Asus ini memiliki hardisk dengan kapasitas tinggi, yaitu 1 TB.

Tips Memilih Laptop Multimedia 5 Juta ke Bawah

Laptop multimedia sebenarnya tidak selalu mahal. Terdapat beberapa jenis laptop multimedia yang sebenarnya harganya sekitar 5 juta ke bawah. Berikut beberapa tips dalam memilih laptop multimedia 5 juta ke bawah dan beberapa contoh laptopnya.

  • Pilih laptop multimedia dengan RAM minimal 4 GB untuk laptop multimedia di bawah 5 juta.
  • Pilih ukuran layar laptop minimal 14 inci agar pandangan tetap terasa luas saat mengerjakan pekerjaan atau tugas-tugas multimedia.
  • Beberapa contoh laptop multimedia di bawah 5 juta sebagai berikut
  1. Laptop Lenovo Ideapad G40-45-8BID. Laptop Lenovo ini dibanderol dengan harga sekitar 3,9 juta. Menggunakan prosesor AMD A8-6410, laptop dari Lenovo ini juga didukung RAM 4 GB dengan memori sebesar 500 GB yang membuat Anda tetap nyama menggunakannya untuk kegiatan multimedia Anda.
  2. Laptop Asus A455LA-WX667D. Laptop Asus ini memiliki harga sekitar 4,725 juta. Spesifikasi yang dimilikinya di antaranya ukuran layar 14 inci dengan resolusi HD, RAM 4GB, Keseluruhan laptop yang tipis sehigga ringan dibawa ke mana-mana, dan prosesor Intel Core i3 5005U. Kelebihan lain yang dimiliki laptop Asus ini adalah speaker yang sudah didukung teknologi SonicMaster.
  3. Laptop Dell Inspiron 14-3458. Laptop dari Dell ini dibanderol dengan harga 4,6 jutaan. Beberapa spesifikasi yang mendukungnya di antaranya ukuran layar 14 inci, layar sudah beresolusi HD yang didukung oleh teknologi TrueLife, menggunakan prosesor Intel i3 4005U, dan sudah disertakannya kartu grafis VGA NVIDIA Geforce 820M.
  • Pastikan laptop pilihan Anda benar-benar mendukung pekerjaan dan tuga multimedia walau harganya di bawah 5 juta.

Demikian pembahasan mengenai cara cerdas untuk memilih laptop multimedia murah dengan harga di bawah 5 juta dan pembahasan mengenai laptop multimedia lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap selektif dalam memilih laptop multimedia. Pastikan Anda mendapatkan laptop multimedia harga terjangkau dengan kualitas yang tetap sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop ASUS Untuk Game Berat

  1. eddy setiawan
  2. , , ,
  3. Leave a comment

Laptop untuk Desain Grafis

Tips Pintar Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Desain grafis memang memerlukan sebuah perangkat seperti komputer atau laptop yang dapat menunjang kinerja untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ketika awal kemunculannya, laptop yang banyak disebut sebagai komputer jinjing, tetapi banyak desainer grafis tidak begitu antusias dengan kehadirannya. Sebagian besar dari mereka lebih memilih komputer dibanding laptop yang saat itu belum menunjang kebutuhan desain grafis dengan baik. Saat ini, sudah banyak laptop untuk desain grafis. Sehingga para desainer desain grafis bisa melakukan pekerjaannya di mana pun dengan mudah dan praktis. Walau begitu, penggunaan komputer untuk desain grafis juga masih banyak digunakan.

Laptop vs Komputer Desain Grafis

Baik laptop maupun komputer memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam hal performa dalam membuat sebuah desain grafis. Para desainer bebas menentukan lebih nyaman menggunakan perangkat apa untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, komputer. Walaupun komputer tidak sepraktis laptop yang bisa dibawa ke mana saja, tetapi membuat desain grafis menggunakan komputer terasa nyaman.

Selain layarnya yang luas, karena rata-rata layar komputer lebarnya lebih dari 14 inci, ukuran prosesor yang digunakan pada komputer umumnya lebih besar. Selain besar, juga performanya lebih baik karena tidak mudah panas. Hanya saja, komputer termasuk perangkat yang membutuhkan perangkat lainnya sebelum dioperasikan dan pastinya tidak bisa dibawa ke mana saja kapan saja.

Untuk laptop desain grafis, sekarang ini spesifikasinya terus bertambah. Banyak produsen laptop yang terus meningkatkan performa laptop desain grafis buatannya untuk memenuhi kebutuhan para desainer desain grafis. Laptop desain grafis yang ideal umumnya yang memiliki layar di atas 14 inci. Selain pandangan desainer menjadi lebih luas, juga akan jauh lebih memudahkan pekerjaan saat mendesain. Keunggulan utama dari laptop desain grafis, selain semua fitur yang dimilikinya, adalah kepraktisan dan kemudahannya untuk dibawa ke mana saja. Anda bisa dengan mudah menunjukkan hasil kerja Anda kepada klien di mana saja dan kapan saja hanya dengan membawa laptop dan mengoperasikannya.

Beberapa Laptop Desain Grafis di Pasaran

Mencari dan mendapatkan laptop untuk desain grafis sekarang ini tidaklah sulit. Sudah banyak laptop desain grafis dengan spesifikasi dan harga yang bersaing. Ingin laptop desain grafis 7 jutaan? Atau laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan? Sekarang ini ada cukup banyak merek laptop yang menawarkan laptop desain grafis dengan harga yang berada di bawah 10 juta tetapi dengan spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D yang menggiurkan.

Berikut ini beberapa contoh laptop desain grafis yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Laptop Asus A451LN-WX028D. Laptop besutan Asus ini merupakan salah satu laptop untuk desain grafis yang memiliki harga sekitar 7,5 juta. Spesifikasi yang dimilikinya di antaranya layar sebesar 14 inci dengan HD Color Shine, DDR3 4GB, Core i54200U 1.6GHz, Nvidia Geforce GT840M 2GB, 1 TB, dan dilengkapi juga dengan WiFi, bluetooth, card reader, DVDRW, kamera, dan DOS.
  2. Laptop Toshiba Satellite L40-AS102. Laptop dari Toshiba ini memang baru didukung Core i3 3227U 1.9 GHz tetapi performanya tetap nyaman digunakan untuk desain grafis. Harganya sekitar 7,3 juta. Beberapa spesifikasi lain yang dimilikinya di antaranya DDR3 2GB, Nvidia Geforce GT740M 2GB, 500 GB, layar selebar 14 inci WXGA, dan fitur lain seperti DOS, WiFi, DVDRW, dan bluetooth.
  3. Laptop Lenovo Edge E445-5IA. Laptop dari Lenovo yang dibanderol dengan harga sekitar 5,9 juta ini didukung oleh prosesor AMD A8 5550 2.1GHz. Spesifikasi lain yang mendukunya di antaranya DDR3 4GB, layar seluas 14.1 inci dengan WXGA, AMD Radeon HD8570M 1GB, juga dilengkapi dengan kamera, DOS, dan WiFi.
  4. Laptop HP 14-R017TX. Laptop yang berasal dari produsen HP ini memiliki harga sekitar 5,3 jutaan dengan spesifikasi yang menggoda. Beberapa spesifikasi yang dimilikinya di antaranya Nvidia Geforce GT820M 2GB, didukung core i3 4030U 1.9GHz, layar sudah HD LED seluas 14 inci, RAM 2 GB, memori 500GB, dan fitur lainnya seperti WiFi, kamera, DVDRW, dan DOS.
  5. Laptop Acer Aspire E5-471G. Dari Acer, salah satu laptop yang cocok untuk desain grafis adalah Acer Aspire E5-471G dengan harga 5,8 juta. Spesifikasinya di antaranya Core i3 4030U, memiliki layar selebar 14 inci dengan HD Acer Cine Crystal, sudah didukung Nvidia Geforce GT 820M 2GB, RAM 2GB dengan memori internal 500GB, dan fitur lainnya seperti DOS, WiFi, kamera, dan DVDRW.

Tips Pintar untuk Memilih Laptop Desain Grafis

Memilih laptop untuk kebutuhan desain grafis tetap harus dengan pertimbangan yang matang. Tidak hanya dari segi praktisnya saja, tetapi juga spesifikasi yang akan mendukung kinerja selama bekerja. Berikut beberapa tips untuk memilih spesifikasi laptop dan merek laptop yang cocok untuk desainer.

  1. Memilih Prosesor Laptop. Salah satu spesifikasi penting dari sebuah laptop untuk desain grafis adalah prosesor yang digunakannya. Agar pekerjaan Anda membuat desain grafis berjalan lancar, maka Anda memerlukan prosesor yang cepat. Prosesor yang cepat tidak selalu karena tingkat GHz-nya yang tinggi, karena berbeda spesifikasi laptop akan berbeda cara kerjanya. Pilih laptop dengan prosesor yang tepat agar pekerjaan desain grafis bisa selesai dengan baik.
  2. Pemilihan RAM yang tepat. RAM sangat berpengaruh pada kecepatan dan kinerja dari laptop terutama laptop untuk desain grafis. Pilihlah laptop desain grafis dengan RAM minimal 4GB. RAM yang semakin tinggi akan membuat kinerja laptop juga semakin tinggi sehingga lebih memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Beberapa model RAM yang perlu Anda ketahui di antaranya DDR1, DDR2, dan DDR3.
  3. Memilih Prosesor yang Digunakan. Jika Anda merasa nyaman menggunakan Intel, maka pilihlah prosesor Intel dengan standar Core i5. Sedangkan untuk yang nyaman menggunakan AMD, bisa memilih AMD10. Keduanya sudah memenuhi syarat kecepatan dan cocok digunakan untuk berbagai aplikasi pembuatan desain grafis.
  4. Memilih Ukuran Layar dan Harddisk. Ukuran layar laptop juga penting dijadikan pertimbangan. Pilihlah ukuran yang dirasa nyaman untuk Anda, apakah yang ukurannya sedang sekitar 13 atau 14 inci atau bahkan yang besar 15 atau 17 inci. Sedangkan untuk harddisk, ada baiknya memilih laptop dengan harddisk minimal 500 GB. Masalah besarnya kapasitas penyimpanan akan tergantung dari Anda yang membutuhkannya, jadi sesuaikan dengan kebutuhan file yang akan Anda simpan.
  5. Memilih Merek Laptop. Salah satu tips penting untuk memilih laptop desain grafis adalah merek laptop. Walau tidak selalu menjadi yang utama, tetapi merek laptop juga memiliki peran terhadap kualitas laptopnya. Pilihlah laptop dengan merek yang memang kualitasnya sudah diakui banyak pihak jika memang Anda memiliki dana yang memang sudah dipersiapkan. Tetapi, jika kebutuhan mendesak dengan dana yang terbatas, Anda tetap bisa membeli laptop dengan merek lain tetapi dengan kualitas yang juga tidak begitu jauh jika dibandingkan dengan merek yang sudah sangat dikenal.

Itulah pembahasan dan beberapa tips pintar untuk memilih laptop untuk desain grafis. Semoga bermanfaat dan selalu teliti dalam memilih barang elektronik seperti laptop!

Baca artikel yang lain mengenai Motherboard Untuk Gaming