cara download driver printer

cara download driver

Cara Download Driver Printer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Download Driver Printer Dengan Mudah

Driver adalah software yang harus anda install agar printer dapat berjalan dengan baik. Ada komputer yang tidak memerlukan driver jadi printer tinggal plug and play langsung dapat dipakai. Tetapi ada printer yang harus intall driver dahulu agar bisa dipakai, lalu bagaimana jika driver printer anda hilang? Biasanya anda beli printer mendapatkan DVD/CD driver tetapi terkadang kita teledor dan hilang. Berikut ini ada 3 tips cara mudah untuk melakukan download dari internet.

cara download driver printer (2)

Cara Download Driver Printer Melalui Google

Bagi anda yang jarang di depan komputer atau jarang menggunakan Google mungkin anda akan kesulitas menemukan website yang cocok untuk download driver dari printer anda. Cara yang harus dilakukan adalah mengetikan “keyword yang tepat”. Tanpa keyword yang tepat Google tidak bisa memberikan hasil yang bagus pada anda. Berikut ini adalah tips-nya:

  • Ketahui dulu tipe dari printer anda.
  • Ketikan pada Google [merk printer] [tipe printer] driver download
  • Tambahkan 2 kata driver dan download pada akhir
  • Kemudian anda dapat memilih dari hasil Google yang paling aman anda dapat memilih link yang berasal dari website merk printer anda. Misalnya Canon, Hp, Epson, Brother, dll
  • Tetapi jika tidak ada maka anda harus mencari dari hasil Google itu. Paling mudah anda dapat mencoba pada halaman pertama hasil pencarian di Google.

Cara Download Driver Printer Melalui Website

Cara kedua adalah dengan mengunjungi website dari printer itu. Misalnya merk printer anda adalah Canon, anda dapat membuka website Canon dan melakukan download driver printer. Pada setiap merk printer terdapat website yang menyediakan support system dimana anda dapat mengetikkan tipe printer sehingga driver dapat anda download. Seperti pada gambar di bawah ini adalah contoh dari website Canon.

cara download driver printer (1)

Dari gambar itu dapat dilihat bahwa anda dapat dengan mudah menemukan driver printer anda:

  • Anda tinggal memilih produk Canon
  • Memilih produk, tipe dan model
  • Setelah itu tekan tombol find maka anda dapat menemukan driver yang anda cari.

Begitu pula dengan website yang lain. Memang beda interface tetapi cara kerjanya adalah sama jadi anda tinggal memasukkan produknya dan tipe maka anda dapat menemukan drivernya.

Cara Download Driver Printer Menggunakan Driver Pack

Cara yang ketiga ini paling mudah karena anda tinggal download Driver pack. Driver pack adalah kumpulan dari segala jenis driver sehingga anda dapat menggunakannya untuk printer yang lain juga. Tetapi ukuran file ini sangat besar yaitu 8GB jadi bila ada rekan anda yang mempunyai ada baiknya ada pinjam sebentar untuk install driver saja. Untuk download driver pack caranya adalah:

  • Anda dapat melakukan download melalui file server seperti rapidgator, mediafire, dll. Link dapat anda cari melalui forum-forum misalnya saja Warez-bb.org
  • Cara lain anda dapat mendownload menggunakn torrent. Kunjungi website torrent favorit anda dan cari dengan keyword Driver Pack.

Setelah anda download anda dapat menggunakannya untuk install driver printer anda ataupun untuk driver lainnya.

Kesimpulan

Itulah 3 tips dari saya untuk download dan install driver printer sehingga anda yang kehilangan driver dapat menemukan penggantinya dengan mudah. Jika ada yang kurang jelas langsung saja bertanya melalui komentar di bawah posting ini. Semoga bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Engsel Laptop Patah

LEAVE A REPLY