cara edit subtitle

cara edit subtitle film

Cara Edit Subtitle

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Edit Subtitle atau Sync Subtitle Yang Mudah

Kali ini kita akan membahas mengenai cara edit subtitle untuk nonton film. Bagi kita yang hobi nonton film tentunya akan kesusahan saat ingin menonton film atau TV series favorit dan ternyata subtitle yang dicari tidak ada yang cocok. Tidak cocok yang saya maksud ini adalah tidak sinkron kadang bisa terlambat atau kadang bisa muncul terlalu cepat. Bagi yang hobi nonton film pasti sudah sering mengalami ini, sudah cari lama dan downlaod tidak ada yang cocok.

Untuk itu saya ingin share kepada anda yang hobi nonton agar bisa melakukan sync subitle sendiri ataupun edit subtitle sendiri. Selain itu saya akan membagikan tips kepada anda semua bagaimana cara cepat untuk mendapatkan subtitle yang cocok. Mari langsung saja.

Tips Download Subtitle Agar Selalu Cocok

Bagi anda semuanya pasti sudah mengetahui website penyedia subtitle yang lengkap, rekomendasi saya adalah berikut ini:

  • com
  • org
  • net (khusus untuk TV Series barat)

Nah dari web-web itu anda bisa cari subtitle yang anda inginkan, favorit saya adalah subscene.com. Trik untuk menemukan yang cocok adalah berikut ini:

  • Sebelum download cari dulu subitltle nya apakah sudah ada. Caranya adalah lihat nama file film yang akan di-download biasanya ada kode-kode
  • Misalnya kode itu adalah YIFY, EVO, ERTG, dll
  • Nah lihat di website penyedia subtitle apakah kode-kode itu ada pada subtitle jika ada sudah pasti 100% subtitle cocok dan sinkron juga.

Hal Penting Dalam File Subtitle

Sebelum ada bisa melakukan edit subtitle atau sync subtitle anda harus mengetahui dulu format penulisan dari suatu subtitle. Kali ini yang akan saya bahas adalah file subtitle dengan extention .srt, selain .srt ada berbagai macam format tetapi hanya file .srt yang paling umum menurut saya. Berikut ini adalah contoh format penulisan dari subtitle berformat .srt.

1

00:00:10,240 –> 00:00:12,307

(dog barks, lion growls)

2

00:00:13,276 –> 00:00:15,344

(dog continues barking)

3

00:00:17,554 –> 00:00:19,622

Hey, Murdoch.

4

00:00:23,627 –> 00:00:25,161

What’s the matter, boy?

Penjelasan dari format itu adalah sebagai berikut:

  • Nomer 1 2 3 4 adalah nomer urut dari bagian subtitle
  • Baris yang kedua adalah lama dari subtitle akan tampil pada film. Timer awal hingga timer akhir
  • Bari yang ketiga adalah subtitlenya.

Mudah bukan? Jadi anda yang ingin melakukan edit subtitle untuk file .srt sekarang sudah mengerti mana yang harus diedit.

Cara Edit Subtitle Secara Manual

Untuk melakukan edit subtitle secara manual caranya cukup mudah tapi sangat melelahkan karena anda harus melihat 1 per 1 mana yang harus di edit. Jika yang ingin diedit adalah kata-katanya maka anda tidak punya pilihan lain selain harus menelurusi 1 per 1.

Cara membuat file .srt adalah dengan bantuan notepad pada Windows anda sudah dapat melakukan edit pada subtitle. Mudah bukan? Kemudian bagaimana jika anda harus melakukan editing subtitle yang tidak sinkron? Cara manualnya adalah anda harus memajukan atau memundurkan 1 per 1 dengan notepad. Cara otomatisnya akan saya bahas pada bagian berikutnya.

Cara Sync Subtitle Secara Otomatis

Tentunya mana ada yang ingin melakukan editing subtitle secara manual karena sangat melelahkan. Untuk itu saya akan memperkenalkan program bantu agar anda tidak perlu melakukan edit subtitle secara manual. Program yang akan saya jelaskan ini berfungsi untuk sync subtitle. Jadi subtitle yang terlambat dan terlalu cepat akan bisa disesuai sehingga subtitle jadi sinkron.

Cara Edit Subtitle

Penjelasan tampilan program:

  • Textbox awal adalah untuk load file .srt
  • Range digunakan untuk menentukan area mana yang perlu dilakukan sinkronasi. Jadi pada file srt seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya terdapat nomer pada bagian atas timer. Nomer itulah yang harus anda isikan pada range. Cara mengisi kotak pertama diisi range awal dan kotak kedua diisi range akhir.
  • Pada gambar sudah dijelaskan bahwa subtitle anda apakah terlalu cepat atau lambat? Anda tinggal pilih dan masukkan berapa detik.
  • Pilih pada bagian yang tepat jika terlalu lambat masukkan pada bagian terlalu lambat dan tekan repair
  • Jika terlalu cepat maka masukkan pada bagian terlalu cepat dan tekan repair.

Untuk downlaod program di atas bisa download disini.

Kesimpulan

Program ini akan sangat membantu anda sebagai cara edit subtitle yang mudah. Bagi anda yang hobi nonton film program ini wajib anda download, siapa tahu ke depan anda mencari subtitle dan ketemu TAPI tidak sinkron. Program ini akan membantu anda dengan sangat baik. Jika ada kendala dalam menjalan program ini atau ada yang ingin ditanyakan langsung saja menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memilih CCTV

LEAVE A REPLY