cara maintenance server

cara merawat server

Cara Maintenance Server

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pengertian dan Cara Maintenance Server yang Tepat

Hingga saat ini masih banyak pengguna komputer yang tidak tahu cara maintenance server secara baik dan benar. Padahal kegiatan ini memiliki banyak manfaat dan di antaranya adalah membuat perangkat komputer jadi makin awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pengertian Maintenance Server

Maintenance server merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas yang tujuan utamanya adalah menjalankan sistem perawatan komputer server beserta segala macam perangkatnya. Kerja dari sistem ini terbagi dalam 2 golongan besar. Masing-masing adalah maintenance software atau perangkat lunak dan mainetenance hardware atau perangkat keras.

Maintenance software biasanya dikaitkan dengan pekerjaan update aplikasi software seperti patch software, antivirus dan perangkat lain yang pada kurun waktu tertentu harus diperbarui. Sedangkan maintenance hardware berhubungan dengan urusan yang sifatnya teknik terhadap semua elemen perangkat keras suatu komputer server.

Misalnya pembersihan monitor, CPU, perabot input atau perangkat printer. Tetapi dari semua itu, yang paling penting adalah memperbaiki semua jenis perangkat pada jaringan yang punya kaitan dengan sistem operasi pada unit-unit komputer. Terutama yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain.

Adapun tujuannya adalah untuk menjaga agar semua unit komputer yang terkoneksi tersebut dapat digunakan dan dioperasikan secara bersama-sama. Kegiatan ini sendiri pada umumnya dilakukan secara berkala. Selain itu penentuan waktunya disesuaikan dengan kondisi maupun kebijakan setiap pihak yang mengurusnya. Demikian penjelasan singkat tentang pengertian maintenance server pada komputer.

Tips Membuat Server Maintenance Checklist

Server maintenance checlist adalah suatu jadwal atau daftar yang sudah dibuat dengan tujuan untuk menjalankan pekerjaan maintenance pada semua perangkat secara berkesinambungan dan berkala. Ada banyak sekali hal yang perlu mendapatkan perhatikan saat membuat server maintenance checklist.

Pertama, pakai UPS (Uniterruptible Power Supply). Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika aliran listrik mengalami gangguan atau mati. Jadi sistem perawatan komputer server tetap dapat dijalankan karena perabot komputer tidak kehilangan sumber daya untuk mengaktifkan atau menghidupkannya. Selain itu juga untuk menjaga komponen-komponen komputer dari kerusakan.

Dari sini kemudian aktifkan jadwal otomatis update software misalnya antispyware, antivirus dan aplikasi lainnya yang bersifat updateable. Apabila memakai sistem operasi windows, bisa memanfaatkan fasilitas AutoPatcher atau manual update.

Setiap bagian maintenance di hardware device yang akan di-maintenance harus selalu dibaca petunjuknya dan dikumpulan dalam sebuah catatan. Kemudian bagi pengguna Outlook, setup fitur email Auto Archive dan set pula Fied Path agar back up data dalam komputer bisa lebih mudah dilakukan.

Khusus untuk komputer client, ada suatu cara maintenance server yang harus diperhatikan. Gunakan aplikasi antivirus yang diupdate secara online dan masukan hasil update-nya dalam jaringan client.

Simpanlah CD Driver di CD Sleeve, sedangkan driver disimpan dalam NAS yang digunakan untuk akses langsung. Selain itu juga harus disimpan dalam komputer yang berbeda agar bisa dijadikan sebagai dokumen. Pekerjaan ini biasanya dilakukan seminggu sekali.

Selanjutnya jalankan disk scan agar bisa mengetahui kondisi terkini harddisk. Demikian pula dengan defragmentasi terhadap disk juga perlu dilakukan dan hapus semua data atau file yang sudah dipakai. Misalnya windows temp, cookies, offline acces, profile temp dan sebagainya. Lakukan pekerjaan ini setiap seminggu sekali.

Teknik perawatan komputer server atau maintenance checlist selanjutnya, back up semua file dalam NAS dan dikerjakan sesuai keperluan seperti harian atau mingguan. Jika ingin cara yang lebih praktis, gunakan batch file agar pemakain software dapat diminimalisasi.

Setelah itu update lagi virus definition dan antispyware definition pada server kemudian drive C di-scan. Setelah selasai, buat daftar mingguan terutama yang berkaitan dengan kerusakan di disk space full, hardware dan insiden seperti serangan virus, kerusakan software dan lainnya.

Untuk kegiatan perawatan komputer server bulanan, biasanya adalah pengecekan di update software, uninstal atau delete aplikasi yang tidak dipakai lagi dan membuat laporannya. Lalu untuk yang sistem empat bulanan, keyboard, layar komputer dan area sekitarnya dibersihkan dengan alat pembersih khusus, seperti vacum cleaner dan lap. Selain itu, password juga perlu diubah atau diganti dengan yang baru.

Tips Maintenance Hardware dan Software Server

Menurut garis besarnya, cara maintenance server itu sebenarnya hampir sama dengan cara perawatan komputer biasa. Hanya saja yang membedakan adalah, harus dilakukan lebih rutin karena server merupakan pusat dari segala kegiatan yang dijalankan dengan komputer.

Maintenance Hardware Server

Untuk hardware server, salah satu jenis pekerjaan yang tidak boleh pernah dilupakan adalah membersihkan semua perabot dari kotoran dan debu. Perlu diperhatikan, saat lapisan isolator yang ada di PCB harus dilakukan secara hati-hati karena bisa menimbulkan korosi dalam area sekitarnya. Lebih baik menggunakan degreaser cleaner atau contact cleaner sebab kuas dapat membuat debu makin mudah masuk.

Biasanya komputer server lebih sering diaktifkan dibandingkan komputer lainnya. Karena itu sistem pendinginnya harus diberi tambahan. Misalnya dengan kipas atau dimasukan di dalam ruang yang ada AC-nya.

Apabila menggunakan peripheral atau hardware tambahan, pasang pada bagian yang pas dan dikencangi dengan baut sesuai jenisnya. Pemasangan baut yang tidak sesuai dengan jenisnya dan kurang kencang pemasangannya bisa membuat hardware tambahan tersebut cepat rusak.

Teknik perawatan komputer server di hardware berikutnya yang perlu diperhatikan adalah aliran listrik. Tegangan listrik yang tidak stabil dapat membuat komputer mati atau shutdown secara mendadak. Agar hal ini tidak terjadi, gunakan UPS atau stablizer di setiap komputer.

Selanjutnya, jangan lupa menempatkan komputer dan CPU di ruang yang dilengkapi ventilasi udara terutama pada ruang yang tidak ada AC-nya. Jika tidak ada ventilasi udaranya, elemen dan semua komponen dalam komputer mudah panas dan cepat rusak. Selain itu, saat menaruh CPU dan layar komputer usahakan jaraknya lebih dari 30 sentimeter dari dinding.

Jangan lupa pula menjauhkan komputer dari berbagai benda yang mengandung magnet sebab bisa berpengaruh terhadap kinerja dan keawetan mesin komputer. Contohnya antara lain trafo listrik, kartu ATM atau kartu kredit dan sebagainya.

Maintenance Software Server

Lanjut pada bagian software server, pertama harus selalu memakai aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan atau kapasitas harddisk saat menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini memiliki pengaruh besar kinerja komputer.

Teknik atau cara merawat server software selanjutnya, jangan lupa menghidupkan aplikasi antivirus dan harus selalu diupdate setiap waktu. Kehadiran virus selalu membuat perangkat komputer tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan lancar. Selain itu pilih antivirus yang sesuai dengan sistem operasi komputer.

Berikutnya, lepas aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan lagi. Setiap program pasti perlu space atau tempat penyimpanan. Jadi aktifkan saja aplikasi atau software menurut kebutuhan agar tidak terlalu memakan space karena jika terlalu penuh dapat membuat kinerja komputer jadi lambat.

Tips lainnya, lakukan deffrag secara berkala agar semua data bisa ditata dan diurutkan sesuai dengan jenis-jenisnya. Sehingga beban komputer menjadi lebih ringan dan keawetannya bisa lebih panjang.

Kemudian yang terakhir, lakukan pembersihan recyle bin dengan teratur sebab segala macam data yang tersimpan dalam folder ini juga bisa menghabiskan ruang di harddisk. Demikianlah cara maintenance server yang sangat dianjurkan untuk semua penggunanya.

Baca artikel yang lain mengenai VGA terbaik

LEAVE A REPLY

Anal