cara membagi bandwidth

software pembagi bandwidth

Cara Membagi Bandwidth

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Cara Membagi Bandwidth dengan Mikrotik

cara membagi bandwidthAnda yang memiliki situs tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bandwidth. Tapi Anda yang baru terjun dan baru memiliki situs, tentu masih belum paham apa itu bandwidth. Nah, dalam artikel kali ini kami akan berbagi informasi seputar bandwidth dan cara membagi bandwidth supaya pengunjung bisa dengan mudah mengakses situs yang Anda miliki dan tanpa gangguan yang berarti.

Apa sih itu Bandwidth?

Tahukah Anda apa itu bandwidth? Bandwidth bisa diartikan sebagai ukuran dari transfer data yang dilakukan oleh suatu situs. Bandwidth ini dipengaruhi oleh banyaknya kunjungan pengunjung pada situs kita, banyaknya halaman yang dikunjungi, serta file yang diakses oleh pengunjung.

Semakin sering sebuah situs diakses, akan semakin berkurang bandwidthnya. Sementara itu, jika bandwith dari situs yang kita miliki habis maka akan tampil halaman “Bandwidth Limit Execceded”. Ini artinya situs Anda tidak bisa diakses lagi. Setiap awal bulan, bandwidth ini akan ter-reset dan penuh lagi. Tapi, jika Anda tidak sabar untuk menunggu hingga akhir bulan, upgrade paket hosting bisa Anda lakukan. Bisa juga dengan menambah bandwidthnya saja.

Meskipun hampir sama, bandwidth berbeda dengan data transfer. Untuk menemukan perbedaan dari kedua istilah ini tidak terlalu sulit. Letak perbedaan dari keduanya, yaitu bandwidth menunjukkan volume data yang bisa ditransfer setiap unit waktunya. Sementara itu, data transfer merupakan ukuran lalu lintas data dari situs. Untuk lebih mudahnya, bandwidth bisa dikatakan sebagai rate data transfer.

Jika bandwidth yang ada tersedia dalam jumlah yang besar, sebuah situs akan ter-load dengan cepat lantaran server mampu mentransfer data yang besar untuk setiap detiknya. Namun, hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar lantaran jumlah data transfer akan bergantung dari jumlah pengunjung serta ukuran file yang ada pada situs Anda. Semakin tinggi tingkat pengunjung, akan semakin besar juga jumlah data yang ditransfer dari situs yang Anda miliki. Ini artinya akan semakin besar pula data transfernya.

Berikut ini beberapa hal yang memengaruhi pemakaian bandwidth.

Tampilan Situs

Saat sebuah situs diakses, bandwidth account akan berkurang sesuai dengan ukuran halaman yang di-load. Situs yang mengandung banyak gambar dan video cenderung akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding dengan situs biasa yang hanya menampilkan gambar dan teks saja.

Download dan Upload

Download maupun upload file juga akan memengaruhi pengurangai bandwidth account. Gunakanlah akun Anda semaksimal mungkin. Jika tidak diperlukan sebaiknya kurangi aktivitas download maupun upload pada situs Anda.

SMTP dan POP3

Selain tampilan situs, POP3, dan SMTP, penggunaan email client sepehrti outlook juga akan mengurangi jumah bandwidth. Baik itu mengirim maupun menerima e-mail. Terutama attach file yang akan mengurangi bandwidth lebih besar.

Contohnya, jika Anda mempunyai ukuran halaman situs sebesar 50 KB, setiap pengunjung situs akan membuka halaman dan mengunduh informasi sebesar 50 KB ke PC maupun laptop mereka. Jika dalam sehari ada 100 pengunjung yang dating ke situs kita, ini artinya telah terjadi transfer data sebesar 5.000 KB dari server kita ke PC atau laptop pengunjung. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa bandwidth merupakan besaran data yang sudah ditransfer dari kuota hosting pemilik situs ke PC atau laptop pengunjung.

Cara Membatasi Bandwidth Situs Dengan Mikrotik

Berikut ini beberapa langkah cara mengatur bandwidth situs dengan mikrotik, salah satu software pembagi bandwidth.

  • Lakukan login ke Mikrotik dengan menggunakan WinBox.
  • Jika Anda sudah login, pilihlah IP firewall.
  • Pilih tab Mangle. Ini berfungsi untuk menandai paket, koneksi maupun routing. Di sini Anda akan menandai paket mana yang akan dibatasi dengan menggunakan mark-connection yang diubah menjadi mark-packet. Kemudian, pilihlah add (+) untuk menambah rule yang baru.
  • Pilihlah tab General , kenudian isi chain dengan tulisan “forward”.
  • Pilihlah tab action, dan isilah bagian action ini dengan mark connection dan new connection mark dengan bw-limit-con, kemudian klik.
  • Kemudian, buatlah mark packet yang akan dibatasi. Pada tab Mangle, klik add (+). Pada general, pilihlah chain dan isi dengan forward. Pilih juga connection mark yang sebelumnya diisi bw-limit-con dengan connection mark.
  • Pilihlah tab action kemudian pilih mark packet dan tulis bw-limiter pada new mark packet.
  • Pilihlah menu Queue.
  • Untuk membuat rule aturan besaran bandwidth contoh untuk upload dan download diberi 512k per-link, pilihlah Queue Types. Klik add (+) untuk membuat rule baru.
  • Berilah nama queue type ini download dengan rate 512 k dan kind pcq. Pilih Dst.Address untuk download di bagian classifier, klik OK.
  • Selanjutnya, ketik nama queue type untuk upload dengan rate 512 k dan kind pcq. Pilih Srt.Address, untuk upload di bagian classifier, kemudian klik OK.
  • Pada menu queue, pilihlah tab simple queue, kemudian pilih add (+) untuk pembuatan rule simple queue baru.
  • Pada tab general, labeli dengan nama bw-512, lalu pada time pilih hari kerja saja.
  • Pada tab advanced, isi mark packet dengan nama mark packet yang sebelumnya, yaitu bw-limiter. Kemudian pilih all untuk interface yang akan dibatasi. Pada bagian target upload dan donload, pilih queue type yang telah dibuat, yaitu download dan upload yang ratenya telah diatur yaitu 512k. Klik OK.

Nah, demikianlah informasi tentang cara membatasi bandwidth. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Spesifikasi Komputer Untuk Game

LEAVE A REPLY

Anal