cara membedakan power bank asli dan palsu

perbedaan power bank asli dan palsu

Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu

Blog about all latest PC & tech related news and info

Bagaimana Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu

Makin maraknya power bank dari tahun ke tahun karena kebutuhan dari gadget kita. Perkembangan teknologi untuk baterai masih belum begitu cepat tetapi perkembangan dunia gadget sangat cepat sehingga kebutuhan akan energi tidak terpenuhi. Itulah mengapa sekarang power bank menjadi sahabat sejati gadget anda.

Merk Power Bank Samsung Berkeliaran di Indonesia

Merk Power Bank Samsung Berkeliaran di Indonesia

Merk-merk power bank yang terbaik di dunia hingga power bank palsu sudah banyak beredar di Indonesia yang lagi hot sekarang adalah power bank palsu yang diberi merk Samsung. Samsung Indonesia tidak mengeluarkan power bank tapi darimana semua power bank Samsung ini? Semua dari importir China yang mendompleng ketenaran merk Samsung sehingga saat ini lagi booming dipasaran. Banyak toko yang menjual power bank Samsung ini tetapi kualitasnya abal-abal. Pada posting ciri-ciri power bank samsung asli anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari pembaca yang memperkuat statement ini.

Kali ini saya ingin memberikan tips bagi penggemar gadget terutama saat anda akan membeli power bank untuk gadget anda, anda harus tahu apakah power bank yang anda beli itu asli atau palsu. Agar power bank itu tetap awet dipakai jadi anda tidak perlu ganti terus-terusan power bank sekaligus anda juga menghemat uang. Berikut ini saya membagikan 4 tips cara membedakan power bank aslli dan palsu.

Pelajari Merk Power Bank

Pelajari Merk Power Bank

Tips pertama adalah pelajari dulu merk dari suatu power bank. Anda harus tahu apakah suatu merk power bank ada versi KW-nya (palsu). Barang palsu sangat mirip sekali dengan yang asli jadi pembeli bisa terkecoh. Misalnya saja moment 2012 saat itu power bank Yoobao masih sangat booming begitu banyak toko menjual power bank Yoobao dengan harga dibawah standart karena hal ini sudah ada power bank dengan merk Yoobao tetapi versi KW masuk ke Indoensia. Dengan kejadian ini semakin banyak orang tahu bahwa merk Yoobao sudah ada versi palsu jadi anda perlu berhati-hati. Kasus ini terjadi saat ini sama persis hanya saja merk yang dipalsukan adalah Samsung.

Merk power bank lain yang tidak ada versi palsu misalnya Romoss, Enerpad, Probox, dll. Merk-merk itu tidak ada versi palsunya jadi anda masih aman jika membeli merk-merk tersebut. Dengan anda tahu bahwa suatu merk ada versi palsu atau tidak, anda bisa mengambil langkah untuk tidak membeli merk itu agar anda aman dari penipuan.

Harga Power Bank Masuk Akal atau Tidak

Harga Power Bank Masuk Akal atau Tidak

Tips kedua adalah dari harga. Harga menentukan kualitas dari suatu power bank. Tetapi harus asli ya, jika palsu rumus itu tidak berlaku tentunya. Sekarang kita buat perbandingan, misalnya power bank Samsung 88.000mAh harga Rp 150.000,- vs power bank Romoss 20.000mAh harga Rp 425.000,-, saya mencoba sendiri dan memang jual merk Romoss dan tidak pernah kualitasnya mengecewakan semua customer mengatakan power bank Romoss bagus. Romoss saja yang asli kapasitas 20.000mAh dengan harga 425.000,- apakah masuk akal jika kapasitas lebih besar harganya malah lebih murah?

Sebagai referensi dari saya dikatakan suatu power bank itu bagus jika harga seperti berikut ini:

  • Kapasitas 5000mAh = Range antara Rp 175.000,- s/d Rp 225.000,-
  • Kapasitas 10.400mAh = Range antara Rp 250.000,- s/d Rp 325.000,-
  • Kapasitas 20.000mAh = Range antara Rp 350.000 s/d Rp 450.000,-

Dengan range harga diatas anda sudah bisa mendapatkan power bank dengan kualitas super, sedangkan dibawah itu sedikit anda bisa mendapatkan power bank dengan kualitas medium. Kualitas medium artinya power bank ini sudah cukup bagus untuk dipakai sehari-hari tidak sampai terlalu jelek juga.

Berat Dari Power Bank

Berat Dari Power Bank

Tips yang ketiga dari berat, anda mungkin sudah mengetahui bahwa power bank yang berat lebih bagus karena menggunakan komponen-komponen yang berkualitas daripada yang ringan, terutama dari baterai yang dipilih. Hampir 90% isi dari power bank itu adalah baterai sedangkan sisanya adalah komponen untuk mengatur power bank itu sendiri. Jadi saat anda pegang dan timbang-timbang jika ringan berarti power bank itu tidak menggunakan baterai yang bagus. Jika tidak menggunakan baterai yang bagus artinya power bank itu sudah pasti jelek.

Berikut ini referensi dari saya power bank dengan berat berikut ini adalah powe bank dengan merk asli:

  • Kapasitas 5000mAh = Range antara 175 gram,- s/d 200 gram
  • Kapasitas 10.400mAh = Range antara 250 gram s/d 300 gram
  • Kapasitas 20.000mAh = Range antara 400 gram s/d 500 gram

Untuk referensi di atas tidak bisa akurat sekali karena masih kurang lebih untuk beratnya. Tetapi paling tidak jika mendekati anda sudah bisa mendapatkan perkiraan asli atau palsu. Untuk mengetahui berat dari suatu power bank anda bisa melihat pada packing-nya jadi anda yang tidak tahu cara menimbang tetap bisa mengetahuinya dengan mudah. Tips ketiga ini kadang bisa diakali oleh pabrik power bank yaitu dengan mengganti baterai di dalam power bank dengan pasir sehingga beratnya sama dengan yang asli. Itulah mengapa ke-4 tips harus anda gunakan dalam membedakan power bank asli dan palsu.

Review Orang-Orang Tentang Power Bank Yang Akan Anda Beli

Review Orang-Orang Tentang Power Bank Yang Akan Anda Beli

Tips terakhir adalah mencari berbagai macam review dari internet karena anda pastinya bukan pembeli pertama dari suatu merk power bank. Anda dapat mencari di Internet lewat Google merk power bank yang akan anda beli dan baca review-review dari orang yang sudah pakai apakah mereka puas atau tidak. Dengan melihat review-review tersebut anda sudah mendapat gambar apakah suatu merk power bank ini asli atau palsu. Darimana anda bisa mendapatkan review-review tentang merk power bank yang akan anda beli? Misalnya dari:

  • Google
  • Forum (kaskus, chip, dll)
  • Blog
  • Majalah, dll

Dari review-review yang anda dapatkan anda harus menilai dahulu apakah power bank ini asli ataukah sudah ada versi KW/palsu. Anda bisa mencari info juga tentang merk, sehingga anda lebih mantap karena tips pertama dari saya adalah merk power bank dahulu cari apakah ada versi palsu atau tidak.

Demikian 4 tips dari saya cara membedakan power bank asli dan palsu semoga tips ini bisa membantu anda penggemar gadget untuk mendapatkan power bank yang asli dan bagus. Jika ada yang akan ditanyakan atau share pengalaman anda langsung saja tinggalkan komentar di bawah ini agar kita semua membantu penduduk Indonesia untuk belanja cerdas.

Baca artikel yang lain mengenai Merk Power Bank Terbaik

19 RESPONSES

  1. Cyberindo rumah

    December 2, 2015 5:54 pm

    REPLY

    sangat bermanfaat gan, saya beli powerbank yang 88000 tapi kok cepet abiss..

    jadi curiga

    • eddy setiawan

      December 2, 2015 6:03 pm

      REPLY

      Biasanya cuman tulisannya aja itu gan 88000 tapi charge hanya bisa 4-5x an saja.

  2. Bayu

    February 1, 2017 11:09 am

    REPLY

    Apa ciri power bank advance yg asli

    • eddy setiawan

      February 2, 2017 1:08 pm

      REPLY

      Pendapat saya power bank advance hanya ada 1 jenis saja gan tidak ada asli dan KW nya

  3. Yayan

    April 1, 2017 1:16 am

    REPLY

    Sy beli online power bank Hippo F1 20.000 mah..tp kemasannya kardus coklat..harganya 200rb..pb nya lumayan besar dan berat +- 500gr ,diatas kardus ada tulisan “1 year waranty”juga ada kartu garansinya..sy pake cas hp o*po kapasitas baterainya 3000mah bisa sampe 5x.
    Apakah itu juga termasuk yg kw atau asli?
    Mohon pencerahannya..

    • eddy setiawan

      April 1, 2017 8:41 pm

      REPLY

      Menurut saya itu asli kalo bisa sampai 5x. Kapasitas 20.000 rata-rata bisa charge hp sebanyak itu memang. Tinggal lihat ketahanannya sekarang gan awet atau tidaknya.

    • Prasadaagra

      July 5, 2017 6:14 pm

      REPLY

      Menurut ane itu asli cnn bekas gan , msi paket kardus coklat.
      Yg asli ada hologram gan.

  4. sulistyo

    April 27, 2017 10:20 am

    REPLY

    Power bank samsung S7 edge palsuuuuuuuu

  5. Suherli

    May 19, 2017 4:29 pm

    REPLY

    iya juga ada di kounter harga powerbank 35.000 penipuan awas jangan di beli bila mah besar tapi harga murah anda menyesal.

  6. Prasadaagra

    July 5, 2017 6:18 pm

    REPLY

    Gan kalo ane beli pb hippo smore 24k mah
    Di as sih sekitar 12 jam pake cas 2 ampera. Dan bisa ngecas hp 3.000 mah 7x.
    Ini termasuk asli ya gan ada hologram nya juga.

    • eddy setiawan

      July 5, 2017 7:42 pm

      REPLY

      Asli gan kalau performa seeprti yang agan ceritakan.

  7. Bayu aditya

    July 23, 2017 4:59 pm

    REPLY

    Gan saya mau tanya apa perbedaan Power Bank WELLCOMM 10000 MaH Model FR100.yang Asli

  8. InaTriana

    September 23, 2017 11:02 am

    REPLY

    Aq beli pb hippo 10000mah, garansi 1taun, berat 230gr, harga 250… Kira2 ini asli apa nggak? Mksih

    • eddy setiawan

      September 27, 2017 9:14 pm

      REPLY

      Setahu saya hippo belum ada versi KW nya gan

  9. Purwanti

    October 3, 2017 10:39 am

    REPLY

    Kalau merk viverr rekomen gak?apakah ada palsunya jg?

    • eddy setiawan

      October 9, 2017 7:31 am

      REPLY

      Belum pernah dengar merek itu gan. Untuk Palsunya saya rasa belum ada itu.

  10. zami

    November 20, 2017 8:52 am

    REPLY

    Saya mau beli power bank uneed m20 20000 mAh quick carger harganya 319rb micro usb dan lighting, tpi diwebsite resminya tidak ada tipe tersebut, yang ada quick carger 12000 mAh diweb resminya kisaran 400rb keatas.
    Saya liat feedback dari yg udh beli katanya bagus dan real kapasitas.
    Mohon solusinya gan mnrt agan gmna power bank uneed m20 ?
    Thanks

    • eddy setiawan

      November 21, 2017 10:13 pm

      REPLY

      Uneed saya belum pernah coba sendiri gan. Tapi salah lihat di Bhinneka ada jual nah biasanya produk yang bisa masuk bhinneka barangnya udah oke itu gan

LEAVE A REPLY

Anal