cara membuat presentasi di android

aplikasi buat presentasi di android

Cara Membuat Presentasi di Android

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tutorial Praktis Cara Membuat Presentasi di Android agar Terlihat Menarik

Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berwujud berbicara di hadapan banyak orang. Presentasi ini dapat menjelaskan tentang topik tertentu, menjelaskan tentang tawaran pekerjaan, atau memparkan sebuah proyek. Presentasi ini dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang sesuai. Presentasi dapat dilakukan untuk kegiatan bisnis maupun dalam proses belajar dan mengajar.

Presentasi ini bertujuan untuk menjelaskan, meyakinkan, atau sekedar memberi informasi kepada para pendengarnya. Untuk membuat presentasi semakin menarik bisa mengunakan media pendukung. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dengan slide presentasi. Slide presentasi ini bisa dibuat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah open office. Anda juga bisa menggunakan aplikasi berbayar, yaitu Microsoft Power Point yang merupakan bagian dari Microsoft Office.

Namun, saat ini slide presentasi juga dapat dibuat menggunakan smartphone, sebagai contoh menggunakan sistem operasi android. Cara membuat presentasi di android ini cukup mudah dan mempunyai banyak keuntungan lain.

5 Aplikasi Terbaik Android untuk Membuat Presentasi

Aplikasi buat presentasi di android ini cukup beragam dengan berbagai fitur andalannya masing-masing. Setiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini berbagai aplikasi yang dapat digunakan sesuai dengan tata cara membuat presentasi di android yang menarik.

Polaris Office

Sebuah aplikasi office terbaik yang ada di Google PlayStore dilihat dari rating yang diperoleh. Bahkan, apliaksi ini mendapat banyak penghargaan, beberapa diantaranya adalah 2015 Best App, Editor’s Choice, dan juga Top Developer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, menyunting, dan menyimpan dokumen tersebut ke dalam smartphone. Sehingga aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat file presentasi yang menarik dengan mudah, cepat, dan di mana saja.

Bahkan, aplikasi ini juga terdapat dukungan untuk tipe file PDF. Dengan banyaknya kelebihan yang bisa dirasakan menjadikan aplikasi ini cukup berat untuk dijalankan dalam smartphone bertipe low end. Akan tetapi, aplikasi ini mempunyai berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat, antara lain:

  • Terdapat dukungan cloud storage atau penyimpanan secara online. Penyimpanan online ini bisa disesuaikan dengan berbagai penyedia layanan yang ada, antara lain Dropbox, One Drive, Google Drive, dan berbagai jenis layanan cloud storage yang lain.
  • Aplikasi dapat digunakan untuk menyunting, membuat, atau hanya melihat isi dari berbagai tipe dokumen.
  • Mempunyai tingkat kompatibilitas dokumen yang tinggi terhadap tipe file lain. Sebagai contoh file bertipe Microsoft Office Word, Google Docs, Excel, ODF, dan file Power Point.
  • Dapat mengelola berbagai jenis tipe file dokumen, antara lain Word, Spreadsheet, TXT, PDF, dan tipe file lainnya.
  • Mempunyai pilihan template dokumen yang beragam.
  • Mempunyai jenis pilihan bagan yang bermacam-macam, mulai dari bagan yang berbentuk 2D hingga 3D.
  • Untuk membuat file presentasi, terdapat 37 efek transisi slide yang menarik dan unik. Sehingga memudahkan dalam cara membuat presentasi di android

Microsoft Power Point

Aplikasi Microsoft Power Point ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Perusahaan terkemuka Microsoft Corporation. Aplikasi ini memungkinkan untuk membuat slide presentasi tanpa harus menghidupkan PC atau notebook. Aplikasi ini mempunyai kelebihan dari segi tampilan antar muka yang menarik dan memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai kualitas yang baik dan dukungan dokumen yang lengkap. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, menjadikan pengguna dengan mudah untuk menerapkan berbagai cara membuat presentasi di android dengan baik dan menarik. Aplikasi Microsoft Power Point ini mempunyai berbagai fitur-fitur utama, yaitu:

  • Dapat mengkonversi bagan atau gambar dengan tepat ketika membuka sebuah slide presentasi.
  • Terdapat dukungan kompatibilitas file dan akurasi yang tinggi.
  • Antar muka aplikasi mudah untuk digunakan.
  • Terdapat fitur untuk dapat menyisipkan bagan, gambar, animasi, dan transisi dengan mudah dan memberikan hasil yang menarik.
  • Dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi android.

OfficeSuite

Cara membuat presentasi di android juga dapat menggunakan aplikasi OfficeSuite. Jenis aplikasi ini hampir menyerupai Polaris Office. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai fitur eksklusif dengan tanpilan yang menarik dan mudah dioperasikan. Selain itu, aplikasi ini digunakan oleh banyak pengguna di berbagai negara. OfficeSuite dapat digunakan untuk sistem operasi android dan IOS. Fitur utama dari aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Terdapat dukungan dokumen untuk jenis file docx, doc, xls, xlsx, dan berbagai ekstensi dokumen Microsoft Office lainnya.
  • Terdapat juga dukungan file dengan ekstensi RTF, CSV, LOG, EML.
  • Dapat menyesuaikan Bahasa yang diinginkan dalam aplikasi OfficeSuite.
  • Dapat melakukan sharing file ke dalam cloud storage, e-mail, WiFi direct, dan Bluetooth.

WPS Office

Aplikasi android WPS Office ini juga dapat anda manfaatkan untuk membuat slide presentasi. Kelebihan dari aplikasi ini mempunyai tampilan antar muka yang sederhana, sehingga memudahkan untuk melakukan penyuntingan dokumen. Kekurangan aplikasi ini adalah terkesan rumit ketika anda hanya ingin membuat catatan singkat. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan berbagai iklan yang terkesan menganggu. Namun, aplikasi ini mempunyai fitur andalan, yaitu:

  • Aplikasi WPS Office terintegrasi dengan layanan penyimpanan Dropbox.
  • Tersedia menu untuk akses cepat ketika ingin membuka file dokumen.
  • Respon aplikasi sangat responsif dan cepat.

Google Slide

Cara membuat presentasi di android ini juga dapat menggunakan aplikasi Google Slide. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis di smartphone android. Kelebihan dari aplikasi ini adalah simple, ringan, dan mudah untuk dioperasikan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, menyunting berbagai jenis dokumen. Sehingga, dapat dengan mudah membuat slide presentasi. Namun, dalam aplikasi ini kurang tersedia tools yang kompleks ketika anda ingin membuat slide presentasi yang atraktif. Akan tetapi, aplikasi ini tetap mempunyai fitur utama yang dapat diandalkan, yaitu:

  • Tampilan sederhana yang mudah untuk dimengerti dan digunakan.
  • Aplikasi dapat digunakan ketika dalam keadaan offline maupun terhubung dengan internet (online).
  • Dapat menampilkan dokumen, slide dengan cepat.

Cara Membuat Presentasi yang Mudah di Android

Cara membuat presentasi di android dengan mudah dapat menggunakan salah satu aplikasi yang sudah dipaparkan di atas. Dengan adanya berbagai dukungan aplikasi buat presentasi di android ini, menjadikan pengguna aplikasi office untuk berbagai keperluaan sehari-hari menjadi sangat dimudahkan. Untuk membuat slide presentasi menggunakan android sangat mudah dan cepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda terapkan.

  1. Buka aplikasi presentasi yang anda install di dalam smartphone anda.
  2. Pilih menu untuk membuat presentasi baru jika anda belum mempunyai dokumen, atau anda juga dapat memilih menu untuk membuka dokumen presentasi ketika anda ingin melakukan penyuntingan.
  3. Silakan memilih tema yang sesuai untuk presentasi anda.
  4. Buatlah judul presentasi anda dengan singkat, namun jelas di bagian slide pertama.
  5. Tulis semua isi dari presentasi yang ingin anda tampilkan.
  6. Terapkan berbagai efek transisi untuk membuat slide presentasi anda menjadi semakin menarik.
  7. Anda juga bisa menambahi dengan berbagai gambar yang mendukung dari isi presentasi anda.

Tips agar Presentasi Android Lebih Menarik

Anda bisa membuat slide presentasi dengan menerapkan berbagai tips tentang cara membuat presentasi yang baik dan menarik berikut ini.

  1. Gunakan jenis dan ukuran font yang mudah dibaca.
  2. Hindari menggunakan kata dan penjelasan yang berlebihan. Sebaiknya anda hanya menyebutkan poin penting dalam slide presentasi anda.
  3. Hindari menggunakan efek transisi yang berlebihan.
  4. Hindari menggunakan gambar yang tidak sesuai dengan isi presentasi anda.
  5. Sesuaikan tema latar belakang presentasi anda dengan isi yang akan anda presentasikan.

Cara presentasi pakai android ini sangat mudah digunakan dan diterapkan. Bahkan, smartphone android juga dapat dijadikan remote untuk mengatur perubahan setiap slide presentasi yang ingin ditampilkan saat proses presentasi tersebut sedang berlangsung. Oleh sebab itu, penggunaan smartphone dapat dimaksimalkan ketika sedang melakukan presentasi penting. Selain keberadaan aplikasi yang mendukung, cara membuat presentasi di android menjadi menarik dan mudah dimengerti ini menjadi faktor yang utama.

Baca artikel yang lain mengenai Motherboard Untuk Gaming

LEAVE A REPLY

Anal