cara membuat ringtone iphone

cara buat ringtone iphone

Cara Membuat Ringtone iPhone

Blog about all latest PC & tech related news and info

9 Langkah Mudah Cara Membuat Ringtone iPhone dengan iTunes

iPhone sekarang menjadi populer dikalangan smartphone, bentuk dan desain yang fantastis membuat smartphone ini disukai banyak orang termasuk saya. Terkadang anda ingin menganti ringtone default dari iPhone dengan MP3 favorit anda sebagai ringtone. Saya ingin membagikan cara mudah  membuat ringtone iPhone dengan iTunes

  • Masukkan lagu yang akan dibuat menjadi ringtone ke iTunes. Caranya cukup mudah tinggal lakukan drag and drop pada iTunes
  • Setelah music masuk ke iTunes, klik kanan pada iTunes maka akan keluar menu dan pilih pilihan “Get Info”

06-Cara Membuat Ringtone iPhone

  • Setelah dipilih akan keluar window baru, pilih pada bagian Option (seperti yang diberi kotak merah) setelah itu centang pada kotak yang berwarna biru seperti pada gambar.  Start Time adalah pada bagian mana mp3 ini akan dijadikan ringtone dan berhenti pada menit ke berapa ditentukan pada Stop Time. Setelah itu tekan Ok

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (2)

  • Setelah waktu untuk ringtone sudah ditentukan langsung klik kanan lagi pada mp3 itu dan pilih menu “Create AAC Version”. Setelah selesai maka pada folder file mp3 disimpan (iTunes Library) akan terdapat 1 file dengan nama yang sama dengan MP3 tadi tetapi waktu sudah diubah seperti yang anda pilih tadi.
  • Format dari ringtone harus “.m4r” jadi harus diubah terlebih dahulu. Format setelah create AAC version adalah “.m4a”. Cara mudah merubahnya adalah tinggal klik kanan pada file dan langsung ubah extention dari file itu. Jika extention dari file tidak muncul berarti Windows Explorer anda harus disetting terlebih dahulu agar extention file muncul. Hasil file akan terlihat seperti pada gambar.

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (3)

  • Ringtones  yang sudah jadi itu harus ditambahkan terlebih dahulu ke iTunes sebelum di-sync dengan iPhone. Caranya mudah, tekan menu iTunes pada pojok kiri atas dan pilih Preference->pada tab General centang pada bagian Tones

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (4)

  • Setelah itu pada bagian kiri atas secara default iTunes menampilkan “Music”, pilih pada bagian “Tones” dan masukkan ringtone yang sudah anda buat tadi.

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (5)

  • Setelah melakukan 7 step diatas berarti ringtone sudah siap untuk dilakukan Sync pada iPhone. Tancapkan iPhone dengan kabel USB, setelah itu pada bagian Tone centang “Sync Tones” (Ada option tambahan anda bebas memilih All Tones atau Selected Tones).

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (6)

  • Untuk cek apakah ringtones anda ada masuk pada iPhone, klik pada bagian “On This iPhone”, kemudian pada bagian kiri ada Tones, maka tones yang tadi akan muncul disana.

06-Cara Membuat Ringtone iPhone (7)

Itu adalah 9 langkah mudah untuk membuat ringtone gratis menggunakan iTunes. Saya pernah mengalami kejadian pada step ke 9 yaitu ringtone tidak masuk ke iPhone setelah di-sync dengan iTunes. Bagaimana memperbaikinya? Buang centang untuk sync ke semua bagian misalnya (music, video, tv shows, kecuali apps karena tidak ada centangnya. Setelah lakukan sync ulang dan “it’s work” ringtone akan masuk.

Baca artikel lain mengenai iPad Terbaru – iPad Air

3 RESPONSES

  1. devi ayu

    September 27, 2017 3:43 pm

    REPLY

    udah di ikutin semua caranya, tapi menu tones gx ada di itunes nya….

    • eddy setiawan

      September 27, 2017 9:19 pm

      REPLY

      Menu tones ada dibagian kiri iTunes Coba dicek di bagian menu iTunes nya.

  2. irlia

    October 25, 2017 4:34 pm

    REPLY

    semua uda diikuti cara nya step by step tp tidak ada version AAC.

LEAVE A REPLY

Anal