cara membuat website toko online

cara membuat toko online

Cara Membuat Website Toko Online

Blog about all latest PC & tech related news and info

Ternyata, Cara Membuat Website Toko Online Gratis Itu Mudah!

Siapa bilang membuat website itu sulit dan selalu memerlukan biaya besar? Bahkan saking mudahnya, seorang pemula yang baru menggeluti dunia bisnis online bisa mempelajari dan mempraktikkan cara membuat website toko online gratis sendiri. Namun, apakah semua pebisnis online wajib mempunyai website pribadi?

Jawabannya tentu saja tidak. Setiap pebisnis punya kebebasan dalam menentukan apakah ia membutuhkan website sendiri untuk mengelola toko onlinenya, atau lebih nyaman menumpang pada website-website e-commerce yang sudah punya nama, semisal bukalapak, lazada, tokopedia, dan sebagainya. Hanya saja, banyak benefit yang bisa didapat jika menggunakan bisnis sendiri.

Sebuah website ibarat rumah, dimana pemiliknya bebas untuk memperkenalkan diri, menunjukkan bakat, kegemaran, aktifitas, produk-produk dagangan, dan lain sebagainya. Semakin baik website tersebut dikelola, semakin banyak orang yang tertarik singgah dan membaca kontennya. Khusus untuk pebisnis, website toko online ditujukan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa yang diperdagangkan, menjaring calon pembeli, serta meningkatkan trafik transaksi.

Andai saat ini Anda berkeinginan punya website sendiri tapi belum tahu cara membuatnya, yuk ikuti cara-cara membuat website toko online gratis dan mudah berikut ini:

Mulailah dengan Membangun Tujuan yang Jelas

Karena pada dasarnya membuat website gratis itu mudah, maka siapa saja bisa melakukannya. Sehingga, begitu banyak orang yang sekadar “latah” membuatnya tanpa didasari tujuan yang jelas. Ujung-ujungnya website tersebut bak rumah tak berpenghuni dan tidak terawat. Kalau sudah begitu, boro-boro bertransaksi, sekadar singgah pun dipastikan pengunjung tak sudi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membuat website, landasi dulu keinginan tersebut dengan tujuan yang jelas. Tentukan kepentingannya untuk apa agar bisa disesuaikan dengan jenis layanan yang akan digunakan nantinya. Secara umum, kepentingan dari suatu website itu ada empat yakni:

  • Sebagai blog. Blog semacam diary digital dimana pemiliknya bebas menulis apa saja, tak harus terikat pada suatu tema.
  • Sebagai toko online. Toko online digambarkan sebagai tempat virtual dimana penjual dan pembeli bisa saling terhubung dan melakukan transaksi. Pemilik bebas mempromosikann produk atau jasa yang diperdagangkannya. Namun ada baiknya, satu website fokus pada satu jenis produk atau jasa tertentu. Misalnya, toko online yang hanya menjual kosmetik, pakaian muslim/muslimah, makanan ringan impor, layanan sedot debu, katering, dan sebagainya. Pengelompokkan tersebut bukan hanya membuat info grafisnya jadi lebih rapi dan terstruktur saja, tapi juga memudahkan calon pembeli menemukan barang yang dibutuhkannya.
  • Sebagai portofolio online pribadi. Website yang berisi portofolio pribadi biasanya banyak digunakan oleh orang-orang terkenal. Dikemas menyerupai biografi singkat si pemiliknya. Jadi, semua orang bisa mengetahui apa-apa yang berkenaan dengan dirinya, baik itu berupa identitas hingga pencapaian-pencapaian yang pernah diraihnya.
  • Sebagai portofolio online perusahaan. Mirip dengan portofolio online pribadi. Bedanya, konten dalam website seperti ini merujuk pada identitas suatu perusahaan tertentu (biasanya perusahaan-perusahaan besar dan yang kredibilitasnya terpercaya), meliputi sejarah pendirian, anggota yang bergabung di dalamnya, pencapaian-pencapaian atau penghargaan yang telah didapat, dan sebagainya.

Gunakan Layanan Platform Online yang Sesuai

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, membangun tujuan yang jelas atas website yang hendak dibuat kelak dapat membantu pengguna memilih layanan platform yang sesuai. Saat ini, tersedia berbagai macam pilihan platform online untuk website gratis yang sangat cocok untuk para pemula. Beberapa di antaranya seperti Blogspot.com, Medium.com, WordPress.com, About.Me, dan tak ketinggalan SIRCLO.COM.

Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya, pengguna ingin membuat blog, maka platform yang paling tepat adalah blogspot.com atau medium.com. Lain hal lagi jika pengguna menginginkan websitennya untuk berniaga, maka salah satu platform yang cocok untuk itu adalah SIRCLO.com. Website yang kontennya untuk kepentingan portofolio online pribadi, lebih bagus memilih About Me. Sedangkan untuk portofolio online perusahaan, kami menyarankan menggunakan wordpress.com.

Pelajari dan Manfaatkan Fitur-fitur yang Tersedia

Apapun yang diberikan secara gratis pasti ada limit-limit gratis. Begitu pula dengan  website gratis yang memiliki beberapa titik kelemahan pada fitur-fiturnya. Pertama, pemilihan nama domain. Untuk website-website gratis, nama domain platform akan melekat pada nama toko online yang pengguna inginkan. Contohnya, pengguna ingin menamakan toko onlinenya “Gudang Sepatu”, maka alamat website pengguna yang akan muncul adalah www.gudangsepatu.mysirclo.com. Begitu juga untuk platform gratis lainnya, akan selalu ada nama domain platform yang mengikuti. Jika tidak, maka pilihannya adalah membeli nama domain. Tingkatan harganya bervariasi, mulai dari seratus ribuan rupiah, hingga miliaran rupiah.

Titik kelemahan kedua terletak pada jumlah storage. Ketentuan pada website-website gratis, pengguna tidak bisa menginput konten sebanyak yang diinginkan. Rata-rata pengguna hanya bisa menginput 100 info produk. Jangan sedih! untuk seorang pemula, kuota tersebut sudah cukup memadai untuk promosi di awal-awal pengembangan bisnis. Kelak, jika bisnis yang dijalankan telah berkembang pesat, tidak ada salahnya mempersiapkan budget untuk menambah kapasitas.

Mulai Membuat Website

Setelah menempuh 3 cara di atas, kini saatnya berhadapan dengan monitor perangkat digital Anda. Pastikan bahwa Anda tersambung dengan jaringan internet yang stabil agar proses pembuatan website tidak tersendat-sendat.

Pertama-tama, buka platform online sesuai yang dibutuhkan. Ingat, bahwa sebelum sampai ke babak ini, sebelumnya kami telah menyarankan Anda untuk menentukan tujuan dari website yang dibuat.

Kedua, setelah memilih salah satu platform dan membuka halaman platform tersebut, selanjutnya silakan melakukan pendaftaran sebagaimana Anda membuat suatu akun pada layanan online tertentu. Ikuti petunjuk dan isilah kolom-kolom sesuai pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada halaman tersebut.

Ketiga, setelah syarat pendaftaran terpenuhi, Anda akan dihadapkan pada template sederhana. Abaikan  kondisi template tersebut sekalipun Anda sangat ingin mengubahnya. Sebab, di lain waktu Anda masih punya kesempatan yang sangat panjang untuk memperindah tampilan template.

Keempat, masukkan nama domain Anda beserta data-data yang diminta. Jangan lupa, pada tahap ini, pastikan Anda hanya memilih produk gratis. Selesai. Anda sudah punya website gratis sekarang.

Tahap Maintenance

Seumpama sebuah rumah, website juga memerlukan sentuhan keindahan. Di sinilah tahap yang sesungguhnya paling menyenangkan dan membutuhkan kreatifitas lebih. Setelah website sudah berhasil dibuat, kini waktunya untuk mempercanti tampilannya dengan foto maupun teks. Bukan hanya selesai sampai di situ, agar tampilannya tidak membosankan, Anda bisa melakukan “renovasi” secara berkala.

Mulailah mengundang teman-teman untuk masuk ke website Anda ketika Anda merasa segalanya sudah tampak sempurna dan layak untuk dipromosikan.

Keuntungan Memiliki Website Toko Online Pribadi

Setidaknya, ada dua keuntungan yang menyertai Anda jika berniaga melalui website pribadi, yakni:

Bebas Intervensi

Dengan mengelola website toko online pribadi, hal yang paling pasti Anda rasakan adalah terbebas dari intervensi pihak lain. Anda bisa leluasa berkreasi dan menumpahkan ide-ide. Sementara, jika lapak Anda berstatus menumpang dengan website-website e-commerce, otomatis mau tidak mau Anda harus mengikuti aturan main mereka. Apa-apa yang Anda inginkan belum tentu bisa terwujud selama Anda belum mengelola website sendiri.

Lebih Efektif dan Profesional

Mengelola website toko online pribadi melatih seorang pemula bersikap professional dan berani menghadapi risiko. Pun, efektifitasnya lebih besar ketimbang menumpang di website-website e-commerce.

Itulah cara membuat website toko online yang gratis dan sangat mudah. Tunggu apa lagi? Ayo coba sekarang juga!

Baca artikel yang lain mengenai Mouse Gaming Terbaik

LEAVE A REPLY

Anal