Cara memilih laptop yang bagus

tips memilih laptop

Cara Memilih Laptop Yang Bagus

Blog about all latest PC & tech related news and info

Bagaimana Cara Memilih Laptop Yang Bagus

Saat ini laptop sudah menjadi gadget wajib yang hampir harus dimiliki oleh semua orang, bahkan anak sekolah diwajibkan untuk membawa laptop untuk keperluan sekolahnya. Begitu pentingnya laptop ini untuk menunjang pekerjaan anda maka kami ingin membagikan beberapa tips cara memilih laptop yang bagus. Karena begitu banyaknya merek laptop yang beredar dipasaran dengan berbagai macam tipe kebanyakan kaum awam akan bingung untuk memilih laptop yang bagus buat anda.

Kegunaan Laptop

Faktor yang paling penting yang harus ditentukan sebelum berangkat untuk membeli adalah menentukan dahulu akan dipakai untuk apa ketika laptop ini sudah dibeli. Karena kegunaan laptop akan menentukan spesifikasi yang nantinya akan dipilih juga. Semakin tinggai spesifikasi maka harga tentu akan menjadi mahal. Beberapa pertanyaan berikut ini mungkin bisa membantu anda menentukan kegunaan dari laptop yang akan dibeli

  • Apakah laptop dipakai untuk pekerjaan kantor/sekolah? Misal untuk mengetik, cek website, browsing, dll
  • Apakah anda seorang desainer?
  • Apakah laptop ini akan dipakai untuk bermain game?

2 Pertanyaan paling akhir jika anda menjawab dengan “iya” maka anda benar-benar butuh laptop yang super. Dengan kata lain anda harus memilih laptop dengan brand bagus dan mempunyai spesifikasi tinggi karena laptop akan bekerja dengan sangat berat. Jika anda bermain game maka kami menyarankan lebih baik menggunakan komputer desktop. Kenapa begitu? Karena dengan harga sama anda bisa mendapatkan spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Jika desainer, karena biasanya kebutuhan untuk desain/render membutuhkan kecepatan tinggi jadi anda membutuhkan processor dan memory yang tinggi. Jika anda untuk kebutuhan standart saja untuk pekerjaan kantor atau sekolah maka laptop dengan spesifikasi standart sudah sangat cukup.

Spesifikasi Laptop

Setelah anda sudah mengetahui kegunaan dari laptop anda bisa langsung memilih spesifikasi laptop yang diinginkan. Setiap brand memiliki tipe laptop yang bermacam-macam dan tipe itu biasanya mencerminkan spesifikasinya. Berikut ini daftar spesifikasi laptop yang harus diperhatikan saat memilih.

Tipe Sparepart

Tips

Processor Processor sangat penting dalam hal kecepatan jadi ketika anda memilih anda harus menetukan akan dibuat apa. Kami merekomendasikan untuk menggunakan processor merek Intel. Tipe processor yang ada dipasaran adalah Dual Core, Core i3, Core i5, Core i7. Untuk gamer dan desainer lebih baik memilih Core i7, sedangkan untuk anak sekolah dan orang kantor pakai Core i3 sudah cukup. 

Untuk Core i3, Core i5, Core i7 yang perlu diperhatikan adalah tipe dari processor misalnya Core i3 3217. Angka “3217” adalah tipe dari processor tersebut (bisa disebut series 3/Ivy Bridge). Sekarang intel sudah mengeluarkan series 4 (4xxx / Haswell). Jadi minimal anda harus memilih series 3. Banyak sales/toko yang tidak menjelaskan hal ini biasanya hanya bilang ini Core i3/i5/i7 padahal tipe ini sangat menentukan kecepatan.

Graphic Card Graphic card hanya diperlukan oleh gamer dan desainer saja. Sekuat apapun graphic card yang dipilih untuk laptop akan tetap kalah dengan graphic card yang dipasang pada PC desktop. Untuk graphic card anda bisa memilih merek Nvidia/Radeon, 2 merek ini yang paling sering dipakai oleh brand laptop. 

Jika tidak ada graphic card bukan berarti tidak pakai melainkan sudah gabung dengan motherboard-nya. Sering dibilang graphic card “on board”

Memory Untuk jenis memory yang paling baru ada DDR3, kami menyarankan untuk menggunakan yang kapasitas besar minimal 4GB karena sekarang operating sistem sudah mulai memakai 64bit jadi memory bisa lebih banyak. Logikanya jika memory semakin banyak maka kinerja akan semkin cepat.
Hard Disk Hard Disk kami merekomendasikan merek Seagate atau Western Digital (WD). Tetapi saat memilih laptop merek dari hard disk tidak bisa disebutkan karena sudah di dalam laptopnya. Jadi kita hanya bisa memilih ukuran dari hard disk saja. Merek lain yang biasanya dipakai adalah hitachi dan toshiba. 

SSD menjadi alternatif storage. Dibandingkan dengan hard disk biasa SSD sangat cepat, tetapi harga masih mahal dan storage-nya kecil

Display Rata-rata laptop berukuran 13 inch – 17 inch, yang paling sering dipakai adalah ukuran 14 inch. Untuk display menyesuaikan dengan kebutuhan karena jika besar akan sudah membawa laptop dan berat. Untuk ukuran display standart bisa memakai 14 inch yang banyak dipakai oleh banyak orang.
Baterai Baterai kami merekomendasikan 6 cell. Untuk mengetahui ini saat beli anda bisa cek di internet dengan mengetikan tipe laptop atau anda bisa langsung tanya pada saat membeli. Tetapi hati-hati anda tetap harus melakukan cross check karena terkadang sales counter tidak begitu paham detail untuk setiap produk. 

Tips agar baterai tahan lama: Untuk menjaga baterai tetap tahan lama, caranya mudah ketika baterai sudah full terisi anda harus mencabut charger jangan diterukan. Jika diteruskan baterai akan cepat drop. Saat tinggal sedikit 10-20% anda harus melakukan charge. Lakukan rutin seperti itu maka dijamin baterai akan awet.

Charger Untuk charger rata-rata hampir sama semua laptop. Hanya saja pengalaman kami berjualan charger yang paling sering rusak adalah charger untuk netbook/laptop 12 inch. Meskipun charger original tetap mudah rusak. 

Tips ketika membeli charger pengganti adalah Voltase harus pas tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Untuk ampere bisa menyesuaikan. Selain itu cek konektor apakah sama karena setiap merek laptop tidak sama untuk konektornya.

Desain Laptop

Selain spesifikasi ada juga yang memikirkan fator desain laptop. Tambah tahun semakin marak ultrabook, bentuk laptop sangat tipis dan ringan. Model ultrabook sangat menggoda karena tipis dan ringan membuat orang sangat tergiur. Tetapi anda jangan tergiur dulu, karena ultrabook pasti tidak memiliki DVD-rom nah ini akan membuat user kesusahan ketika akan menginstall driver. Biasanya driver printer, maka anda harus membeli DVD external untuk itu. Jika anda kemana-mana harus membawa DVD external + laptop ultrabook tambah ribet dan tidak praktis.

Desain yang kami rekomendasikan adalah jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal tetapi semua fungsi harus ada dalam 1 laptop. Contohnya brand fujitsu mengeluarkan tipe ultrabook dengan bentuk tipis tetapi tidak sangat tipis dan masih memiliki DVD rom dan beratnya hanya 1 Kg. Desain ini menurut kami sangat sempurna ringan, tidak tebal dan mempunyai semua fungsi. DVD masih belum bisa dihilangkan karena install program masih sering memakai itu kecuali nanti era DVD sudah tidak ada maka ultrabook bisa menjadi pilihan yang sangat sempurna.

Merek/Brand

Untuk membahas merek kami merangkum merek-merek terkenal menjadi 1 tabel yang dapat membantu anda menentukan merek laptop yang ingin dipilih. Tetapi ada pula yang sudah fanatic dengan merek tertentu maka tabel kami di bawah ini tidak perlu dilihat langsung saja anda bisa memilih merek tersebut. Kami menggolongkan status merek menjadi 3 bagian yaitu standart, medium, high class.

Merek/Brand

Status

Acer, Axioo, Asus, Dell, Lenovo, Compaq

Standart

Toshiba, Samsung, HP

Medium

Fujitsu, Vaio, Apple

High Class

Kenali Spare Part Laptop

Ada baiknya anda bisa mengenali spare part laptop juga sehingga anda bisa memilih spesifikasi dengan baik dan anda juga bisa mendeteksi kerusakan lebih cepat. Pengalaman kami saat service laptop banyak merek-merek tertentu mengalami kerusakan yang sama, berikut ini kami membagikan pengalaman kami memperbaiki sparepart laptop.

  • Untuk brand Acer sering kali mengalami kerusakan pada bagian graphic card kebanyakan kami melakukan service pada bagian chip VGA-nya
  • Untuk brand Asus, Lenovo sering kami menjumpai kerusakan pada keyboard. Tetapi kerusakan ini mudah untuk ditangani yaitu dengan mengganti keyboard saja sudah selesai tidak perlu menunggu lama.
  • Terkadang engsel laptop dapat rusak tetapi hal ini masih bisa diperbaiki jadi anda tidak perlu mengganti laptop anda. Kami pernah melakukan service Engsel pada berbagai macam brand bahkan Fujitsu.
  • Untuk baterai kami sudah membagikan tips agar bisa awet.
  • Spare Part yang dapat diperhatikan saat memilih laptop adalah Memory dan hard disk karena dapat dengan mudah dibuka dan anda bisa meminta sales counter untuk membukanya dahulu dan anda cek mereknya kemudian baru disegel untuk garansi

Garansi

Untuk setiap pembelian laptop dapat dipastikan selalu ada garansi. Saat anda membeli laptop pastikan laptop ada diberikan segel oleh toko/counter dan cek kartu garansi yang ada pada box laptopnya. Karena terkadang ada toko yang menjual barang BM yang tidak bergaransi dan dibilang garansi. Kemudian saat ada kerusakan dan anda garansi ke dealer resmi maka laptop anda tidak akan diterima karena ini barang BM. Garansi internasional hanya berlaku pada product Apple saja.

Harga

Harga laptop sangat bervariasi tergantung dari spesifikasi yang dipilih dan tergantung juga pada merek yang dibeli. Karena merek-merek tertentu menggunakan bahan yang bagus untuk laptopnya sehingga laptop bisa tahan lama. Berikut ini kami memberikan kisaran harga untuk spesikasi tertentu

Spesifikasi Laptop

Kisaran Harga

Laptop Dual Core 3.500.000 – 4.000.000
Laptop Core i3 5.000.000 – 6.000.000
Laptop Core i5 7.000.000 – 8.000.000
Laptop Core i7 10.000.000 keatas

Baca artikel yang lain mengenai Cara Cloning Hard Disk

LEAVE A REPLY