Cara Mengatasi Masalah Komputer

permasalahan pada pc dan cara mengatasinya

Cara Mengatasi Masalah Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Mengatasi Masalah Komputer Dengan Mudah

Masalah komputer bisa ditemui oleh siapa pun penggunanya. Jangankan amatir, yang profesional saja sekali waktu pasti berurusan dengan masalah komputer. Sebelum bertindak, kenali dulu apa masalahnya. Pelajari, cari tahu sebabnya, bagaimana dampaknya, lalu temukan solusi.

Untuk itu, karena masalah berbeda butuh solusi yang berbeda pula, berikut beberapa permasalahan komputer dan cara mudah mengatasinya.

CPU Menyala, Monitor Gelap

Hal ini cukup lazim terjadi. Penyebab utamanya deteksi RAM tidak sempurna. Fungsi RAM ketika komputer bergerak, adalah menyimpan sementara segala proses yang sedang berlangsung. Jadi terbayang, jika RAM bermasalah, maka tak ada perangkat pengganti yang mampu menyimpan segala proses tadi. Alhasil, monitor tak bisa menampilkan apa pun.

Tak hanya RAM, VGA pun bisa jadi penyebab. Boleh jadi sambungan kabel VGA yang terhubung ke komputer sedang bermasalah atau pemasangannya kurang sempurna. Kabel VGA tidak perlu dihubungkan dengan VGA onboard yang terdapat di motherboard, bila Anda menggunakan VGA card.

Komputer Reboot, Mati Sendiri

Masalah komputer yang seperti ini biasa muncul pada komputer karena adanya masalah pada perangkat keras. Misalnya yang paling sering, processor mengalami overhat alias terlampau panas. Processor bisa mengalami panas berlebihan karena kinerja kipas pendingin tidak optimal, atau termal pasta yang ada pada processor sudah mengering.

Komputer atau CPU Hang

Komputer hang alias mandet bisa terjadi kapan saja jika komputer itu mengalami kelebihan beban kerja. Misalnya, data yang sedang diproses terlalu tinggi, sedangkan kemampuan memori RAM dan prosessor untuk membuffer atau menampung data sementara, tidak imbang alias terlalu rendah.

Ini bisa jadi penyebab yang paling masuk akal. Sebabnya, makin banyak atau makin berat aplikasi yang dijalankan, akan membuat kapasitas RAM semakin menyusut hingga habis. Pada akondisi ini komputer rentan hang karena tak mampu dan tidak kuat menjalankan tugas yang sedang diperintahkan. Seperti diketahui, RAM punya kapasitas yang terbatas.

Terkait dengan kelebihan muatan tadi, masalahnya bisa terjadi pada software atau hardware. Membedakannya sebetulnya mudah. Jika masalah terjadi pada software, biasanya komputer yang hang tidak menyeluruh. Hanya software tertentu yang berhenti, tapi mouse masih jalan.

Tak jarang ada tulisan “Not responding” ikut muncul. Misal, Anda menjalankan browser Mozilla atau google chrome, saking banyaknya tab yang dibuat, komputer tiba-tiba berhenti merespons. Namun, saat membuka aplikasi lain komputer tidak masalah. Hanya mungkin, gerakan kursor jadi sedikit melambat ketika dioperasikan.

Jika terjadi seperti itu, segera buka Task Manager dngan cara klik kanan di bagian bawah, lalu klik end task pada software penyebab hang. Jika sudah tertutup, Anda bisa me-restart komputer, atau langsung membuka ulang aplikasi yang sempat diakhiri tadi.

Selain itu, bisa juga karena komputer mengalami bad sector di harddisk. Adanya virus jg bisa jadi penyebab. Hal lainnya bisa terjadi karena adanya masalah di hardware. Contohnya memory atau MBoard komputer Anda kotor, bahkan mengalami kerusakan. Bisa juga karena perputaran kipas pendingin komputernya sudah lemah. Power supply juga bisa jadi alasan. Jika ini terjadi, sebaiknya komputer benar-benar tidak dipaksakan untuk dipakai karena akibatnya bisa lebih fatal.

Memang, masalah komputer yang disebabkan adanya gangguan di bagian hardware bisa agak susah dideteksi. Terutama karena komputer mendadak diam tanpa bisa menggerakkan perangkat komputer seperti mouse dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang, masalahnya jadi tambah rancu ketika komputer hang diikuti masalah blue screen.

Pilihan sederhana yang bisa Anda buat hanyalah melakukan hard shutdown atau mati paksa. Caranya dengan menekan tombol daya agak lama sekitar 5 detik. Bila sudah mati, diamkan sebentar lalu nyalakan lagi. Jika malah tak bisa menyala atau langsung hang lagi begitu digunakan, itu artinya Anda butuh perbaikan komputer.

Komputer Menyala, OS Tidak Bisa Diakses

Masalah seperti ini bisa disebabkan karena adanya kesalahan pada hardware atau software. Biasanya, karena ada hubungannya dengan OS yang tidak bisa diakses, boleh jadi masalah terletak pada harddisk. Sebab harddisk merupakan tempat penyimpanan sistem operasi. Kemungkinannya harddisk Anda tak terpasang dengan baik.

Selain hardware, kesalahan pada sistem juga bisa jadi penyebab. Misalnya, file penting pada OS ada yang hilang, terserang virus, atau tanpa sengaja partisi terformat ketika OS diinstal.

Sulit Terhubung dengan Jaringan Komputer Lain

Jika masalah seperti ini terjadi, Anda bisa coba mengecek keberadaan kartu jaringan atau NIC pada komputer, apakah ada atau tidak. Coba juga konfigurasi ulang pengaturan IP address. Bisa jadi ada yang salah atau tidak sesuai. Selain itu, memastikan ada tidaknya kerusakan pada NIC dan media penghubung macam kabel atau wireless juga sama penting.

Berbunyi Beep

Jika Anda mendengar suara beep beberapa kali pada komputer begitu dinyalakan, boleh jadi ada yang salah pada salah satu hardware yang terpasang di komputer. Beep ini bisa serupa tanda bahwa ada kesalahan tertentu pada BIOS. Bunyi Beep ini juga bisa bervariasi, tergantung masalahnya, pun produk BIOS-nya.

Misalnya, jika memory tidak terdeteksi, komputer secara otomatis bakal berbunyi beep. Begitu pula jika VGA Card tak terpasang dengan baik, atau processor hingga kabel data bermasalah.

Meski begitu, tak semua bunyi beep berarti masalah, terutama jika bunyi itu hanya terdengar sekali. Sebabnya, beberapa jenis BIOS akan berbunyi beep setidaknya sekali di awal proses booting, dan itu normal.

Layar Biru (Blue Screen)

Blue screen ini bisa menganggu karena komputert bisa restart mendadak. Jika terjadi kemungkinannya ada yang salah pada hardware, software yang diinstal, atau bisa juga disebabkan virus yang tak bersahabat.

Komputer Mati Total

Jika komputer mati total, hal pertama yang bisa Anda curigai adalah arus listrik, kemudian motherboard. Kendala arus listrik seringkali menjadi penyebab munculnya masalah pada komputer. Apakah komputer yang Anda gunakan mendapat asupan arus listrik, atau tidak.

Asupan arus listrik yang kurang akan membuat komputer tidak menyala. Terutama jika komputer tidak memiliki alat bantu semacam stabilizer sebagai penyeimbang daya.

Coba cek kabel listrik yang tersambung ke sumber listrik, apa sudah terhubung dengn benar? Cek juga power supply, hingga kabel front panelnya. Jika semua terpasang benar dan tidak memperlihatkan masalah, bisa diduga motherboardlah yang bermasalah.

Tidak Bisa Online

Jika terjadi segera cek ulang sambungan internet. Komputer yang tersambung ke jaringan lain juga perlu dicek apakah sudah konek ke server. Jika tidak, coba cek apakah komputer Anda diblok untuk mengakses internet, atau mungkin karena pengaturan browser untuk konfigurasi ada yang salah atau kurang.

Harddisk Tidak Terbaca

Hardisk yang tidak terbaca biasa ditandai dengan munculnya tulisan “harddisk error” atau “harddisk failure.” Komputer juga bisa diam beberapa saat. Ini mirip dengan kasus OS tak bisa diakses. Selain memperbaiki posisi harddisk agar tidak longgar, Anda juga bisa mematikan sebentar lalu menyalakan lagi. Coba lihat apakah suara yang keluar dari harddisk normal. Jika suara agak berat bergemuruh, mungkin ada kerusakan pada pengendali (controller) harddisk.

Baca artikel yang lain mengenai Membuat NAS Sendiri

LEAVE A REPLY