cara mengatasi radiasi komputer

cara mengurangi radiasi laptop

Cara Mengatasi Radiasi Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Mengatasi Radiasi Komputer yang Berpengaruh pada Penglihatan

Pengguna laptop atau segala alat elektronik yang menggunakan layar harus waspada akan bahaya yang ditimbulkan. Ada radiasi yang akan selalu menghantui penglihatan Anda terutama bagi yang sering menggunakan laptop sepanjang hari. Radiasi bisa didapatkan dari sinar yang muncul dari layar. Agar Anda terhindar dari kesehatan mata yang memburuk maka perlu cari tahu bagaimana caranya untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan dari sebuah layar laptop. Artikel ini akan membahasnya.

Bahaya Radiasi Layar Komputer/Laptop

Banyak orang yang tidak sadar bahwa ada bahaya yang bisa ditimbulkan dari sebuah layar laptop. Mereka yang ada di depan laptop sering lupa bahwa ada hal yang sebenarnya harus dilakukan supaya mata tidak selalu fokus pada layar laptop. Ya, bekerja di depan laptop atau melakukan hal lain dengan laptop jangan membuat Anda terlalu fokus. Anda harus bisa menjaga mata dengan baik dan setidaknya mengalihkan penglihatan sebentar ke arah lain.

Kenapa radiasi layar laptop berbahaya? Pertanyaan ini mungkin sering muncul. Untuk menjawab pertanyaan ini yang mungkin sedang Anda tanyakan juga maka baca pembahasan mengenai bahaya radiasi layar laptop di bawah ini.

Layar laptop bisa mengeluarkan radiasi yang kemudian merusak mata kita. Radiasi tersebut bisa terjadi akibat sinar ultraviolet, sinar X, gelombang mikro, dan radiasi elektromagnetik yang frekuensinya rendah. Jika mata Anda terkena dampak ini maka akan mengalami gangguan seperti kekelahan mata. Namun selain itu masih ada banyak lagi dampak buruknya.

Hal ini bisa terjadi karena mata mempunyai batasan dalam melihat objek yang ada di hadapannya. Apabila telah mencapai batas itu maka mata jadi tidak bisa bekerja dengan baik lagi. Jadi semakin lama mata sampai pada batasnya tapi terus dipaksakan maka bisa memperburuk keadaannya. Mata Anda bisa menjadi kering, berair, pandangan kabur, dan berubah menjadi merah.

Hubungan antara radiasi dengan penglihatan yang menjadi kabur atau masalah mata yang lain bisa dijelaskan dengan sangat mudah. Kelelahan pada mata bisa terjadi apabila Anda melihat objek yang dekat dalam jangka waktu yang lama. Nah, ini adalah hal yang bisa terjadi ketika Anda menggunakan laptop bahwa Anda pasti akan berada pada jarak yang dekat dengan layarnya. Ini karena Anda harus menggunakan keyboard yang tertanam di laptop sehingga tidak mungkin duduk berjauhan dengan laptop. Beda ceritanya jika menggunakan komputer karena Anda bisa menggunakan keyboard pada jarak yang jauh dari layar komputer.

Jika mata Anda mengalami kelelahan maka ada keluhan lain yang akan terjadi pada Anda. Sebut saja merasakan silau terhadap cahaya, sakit kepala, penglihatan seolah menjadi ganda, dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa jika layar menampilkan warna yang cerah seperti kuning, merah, ungu, dan orange bisa lebih membuat mata cepat lelah. Hal ini akan semakin buruk apabila ada pantulan cahaya dari sumber lain yang mengenai layar monitor.

Meski hal ini belum terasa sekarang tapi ada baiknya Anda mencegahnya. Oleh karena jika mata sudah terlanjur rusak maka Anda akan menyesal di kemudian hari. Ada banyak hal yang Anda tidak bisa lakukan secara maksimal. Namun untungnya, laptop atau komputer sekarang sudah didesain lebih tipis sehingga radiasinya tidak sebesar dulu ketika masih menggunakan layar yang besar. Akan tetapi tetap saja harus menjaga mata dengan baik.

Cara Mencegah Radiasi dari Layar Laptop

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah radiasi layar laptop tentu saja tidak terlalu sering menggunakannya. Namun, jika memang pekerjaan Anda mengharuskan selalu berada di depannya maka bisa melakukan cara lain supaya radiasi bisa dicegah atau dikurangi. Belum tahu bagaimana caranya mencegah radiasi atau menjaga kesehatan mata dari radiasi? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya.

  1. Menggunakan Kacamata

Meski mata Anda masih normal tapi menggunakan kacamata ketika melihat layar komputer adalah salah satu cara mengurangi radiasinya. Tidak perlu menggunakan kacamata dengan lensa, gunakan yang biasa saja. Dengan begini radiasi tidak akan langsung sampai ke mata Anda.

  1. Membuat Mata Istirahat

Anda jangan sampai lupa mengalihkan pandangan dari layar laptop supaya mata tidak lelah. Anda bisa menginstirahatkan mata setidaknya 15 menit setiap 2 jam. Lihat objek lain yang jaraknya jauh dari letak Anda atau lihat objek yang berwarna hijau agar mata kembali lebih segar.

  1. Atur Penerangan

Bukan hanya penerangan dari layar laptop yang harus Anda perhatikan tapi juga penerangan ruang sekitar. Jangan mengoperasikan laptop atau komputer ketika gelap tapi jangan juga menyalakan lampu yang terlalu terang karena sama tidak baiknya. Agar lebih aman bisa menggunakan penerangan alami seperti dengan membuka pintu atau jendela.

  1. Atur Kecerahan Layar Laptop

Jangan biarkan cahaya atau kecerahan layar laptop atau komputer terlalu terang. Anda harus mengatur kontras dan kecerahannya sesuai dengan kenyamanan, jika Anda sudah merasa tidak terlalu terang dan nyaman maka jangan ubah lagi.

  1. Atur Jarak Pandang

Meski Anda harus dekat dengan laptop tapi pastikan jarak pandang jangan terlalu dekat. Jarak yang baik adalah sekitar 4 cm. Jangan terlalu dekat maupun jauh.

  1. Sering Kedipkan Mata

Agar mata kembali menjadi rileks Anda harus sering mengedipkan mata. Hal ini supaya mata tidak lelah, merah, dan gangguan mata yang lainnya. Kedipan mata dapat merangsang kelenjar air mata Anda mengeluarkan air mata sehingga lembab.

  1. Jangan Terlalu Sering Menyalakan Wifi

Mungkin Anda tidak tahu bahwa jaringan Wifi juga bisa menyebabkan radiasi. Padahal sebenarnya radiasinya sama dengan handphone. Selain itu jangan terlalu sering juga menggunakan modem, hotspot, atau wireless.

  1. Perbesar Tulisan di Layar

Membaca tulisan di layar laptop yang terlalu kecil tidak baik juga bagi mata. Maka dari itu Anda harus memperbesar sedikit ukuran tulisannya. Hal ini bertujuan supaya mata tidak terlalu fokus. Dengan tulisan yang kecil juga akan membuat Anda mendekat ke layar sehingga jarak pandangnya menjadi terlalu dekat.

  1. Atur Posisi Duduk

Selain harus memperhatikan kesehatan mata, posisi duduk juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda duduk terlalu pendek dari layar dan jangan duduk dengan bungkuk karena akan berakibat buruk pada kesehatan tulang belakang.

  1. Pasang Aplikasi Flux

Ini adalah sebuah aplikasi yang bisa sedikit membantu mengurangi radiasi layar. Fungsinya adalah mengatur kecerahan berdasarkan dengan waktu dan lokasi. Dengan memasang aplikasi ini maka kecerahan monitor Anda akan disesuaikan, apabila siang berarti kecerahan akan sedikit meredup sedangkan pada malam hari menjadi lebih cerah.

Setelah menginstall dan memasangnya ke laptop Anda selanjutnya lakukan pengaturan, caranya adalah dengan pilih menu Setting kemudian Change. Selanjutnya adalah pilih lokasi dengan klik Locate, kemudian hubungkan laptop ke internet. Selanjutnya buka alamat Stereopsis dan cari dimana lokasi Anda berada. Kemudian copy pilihan Koordinat dan OK. Setelah pengaturan ini selesai maka layar akan secara otomatis menyesuaikan dengan waktu dan lokasi Anda berada.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan kepada Anda mengenai apa saja bahaya dari radiasi layar laptop dan bagaimana cara menguranginya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selalu sayangi mata dan kesehatan Anda!

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih Hardisk Eksternal

LEAVE A REPLY