cara menghemat baterai smartphone

tips menghemat baterai smartphone

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Blog about all latest PC & tech related news and info

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Smartphone

Baterai adalah sumber utama dari smartphone sedangkan sekarang smartphone pasti dilengkapi dengan internet sehingga akan menguras baterai lebih banyak. Kami ingin memberikan cara menghemat baterai smartphone pada para pembaca agar baterai bisa lebih hemat terutama dalam keadaan darurat. Selain menggunakan tips ini sekarang banyak beredar power bank agar smartphone anda tidak kehabisan baterai, temukan tips memilih power bank yang bagus pada posting sebelumnya.

Display Brightness

Screen untuk smartphone semakin canggih sehingga dapat menghasilkan resolusi yang sangat tinggi. Sebagai contoh smartphone LG G3 mampu menghasilkan resolusi 2560 x 1440 hal ini tentunya akan menguras habis baterai smartphone. Kemajuan teknologi screen lebih cepat dibandingkan dengan kemajuan teknologi untuk baterai sehingga kekuatan baterai kalah jauh dengan tenaga yang dibutuhkan untuk screen smartphone. Dari segi brightness tips yang dapat kami berikan antara lain:

  • Hindari brightness yang terlalu tinggi karena akan menguras baterai. Dengan mengurangi brightness dari smartphone dapat memperpanjang baterai.
  • Automatic brightness setting juga dapat menguras baterai, jadi lebih baik mengatur brightness secara manual agar dapat menghemat baterai smartphone.

Service Provider

Sinyal yang tidak konsisten juga dapat menguras baterai smartphone. Misalnya saja pada smartphone kebanyakan provider Indonesia hanya support 3G pada area tertentu saja tidak sampai masuk ke daerah plosok. Sedangkan jika anda bawa smartphone itu ke daerah plosok sinyal yang anda dapat hanya 2G. Smartphone akan terus mencari sinyal 3G nah hal inilah yang akan menguras smartphone anda. Cara menghemat baterai smartphone pada bagian ini antara lain:

  • Anda bisa melakukan setting pada smartphone agar secara default 2G atau 3G saja sehingga smartphone tidak perlu mencari sinyal terus. Dengan demikian baterai smartphone menjadi lebih hemat
  • Cara lain yaitu anda bisa menjalankan model Airplane dan memasang Wi-Fi jika memang anda tidak memerlukan sinyal. Ini juga dapat menghemat baterai smartphone anda.

Streaming Video dan Bermain Game

Bermain game secara terus-menerus akan menguras baterai smartphone apalagi jika anda melakukan streaming HD Video. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa resolusi screen untuk smartphone sudah tinggi apalagi jika anda menonton film HD movie yang membutuhkan resolusi tinggi dan ketajaman warna maka baterai bisa cepat habis. Jika memang kebutuhan ini sangat urgent maka disarankan untuk menggunakan power bank sebagai baterai cadangan.

GPS dan Location Service

GPS dan location service akan menghabiskan baterai smartphone anda, misalnya saja seperti Google Map, Foursquare dan Kamera, aplikasi ini secara otomatis akan mencari lokasi anda berada dimana dan pada saat pencarian lokasi akan menghabiskan baterai anda. Fitur location service dapat anda setting sehingga dapat menghemat baterai smartphone anda. Berikut ini cari settingnya untuk berbagai macam operating sistem:

  • Pada iOS anda ke Setting, pilih Privacy dan klik pada location services dan pilih sistem services
  • Pada Android, anda bisa masuk pada menu setting dan pilih bagian location
  • Pada Windows Phone, klik start, pilih setting dan pilih location
  • Untuk Blackberry 10 anda bisa memilih setting dan pilih location services

Background Data

Terkadang backgroup data akan menghabiskan baterai smartphone. Prosesnya adalah seperti ini, misalnya anda tidak ingin terlewat email atau janji maka Apps tertentu akan berjalan di background dan akan melakukan refresh sehingga data selalu terupdate. Untuk menghemat baterai smartphone anda bisa mematikan setting tersebut. Tetapi jika ini dimatikan data pada Apps tidak akan terupdate secara otomatis anda perlu refresh secara manual dengan membuka Apps itu. Berikut ini adalah cara mematikan background data pada berbagai macam operating sistem:

  • Pada iOS anda bisa ke Setting, General dan pada bagian Background App Refresh anda bisa memilih Apps tertentu saja yang berjalan pada background
  • Pada Android, masuk pada bagian Setting, Data Usage, klik pada bagian App dan scroll ke bawah dan centang box dengan kalimat “Restrict Background Data”
  • Pada Windows Phone, user dapat menemukan pada Data Sense App
  • Pada Blackberry 10 anda bisa masuk pada bagian Setting, Security and Privacy, Application Permission dan ubah setting Apps yang dapat berjalan di background. Setelah itu anda dapat memilih Apps apa saja yang tidak diijinkan untuk berjalan di background.

Itulah tips dari kami untuk cara menghemat baterai smartphone semoga berguna bagi para pembaca. Jika ada yang ingin menanggapi posting ini langsung saja pada bagian komentar sehingga netizen dapat mengetahui apa pendapat para pembaca semuanya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Download Driver Laptop
Souce: Cnet

LEAVE A REPLY