cara merawat jaringan komputer

software maintenance jaringan

Cara Merawat Jaringan Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Inilah Cara Merawat Jaringan Komputer yang Tepat

Memiliki dan mengoperasikan jaringan komputer itu butuh biaya yang tidak sedikit. Karena itu pengelolanya harus tahu cara merawat jaringan komputer semua tugas yang dilakukan melalui jaringan tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan lancar. Apalagi mengingat bahwa sebagian besar komponen pada jaringan komputer tersebut harganya juga mahal.

Tips Pemeliharaan Jaringan Komputer

Untuk menjaga dan melakukan perawatan jaringan komputer, harus tahu lebih dulu jenis-jenis perangkat keras atau hardware yang digunakan di jaringan komputer tersebut. Misalnya komputer client, komputer server, router, HUB atau Switch, kabel jaringan dan segala macam konektor yang lain.

Perlu diketahui, komputer server mempunyai fungsi utama sebagai pusat pengendali terhadap komputer client. Komputer server ini bertugas memberi layanan dan memenuhi permintaan client tanpa ada kata henti. Jadi mengetahui cara merawat jaringan komputer server adalah hal yang sangat penting karena bagian inilah yang juga punya tugas menyimpan semua data milik client.

Pekerjaan yang berhubungan dengan perawatan fisik ini dilakukan secara berkala, misalnya setiap minggu, bulan atau dua hari sekali jika jumlah tugas layanan bagi client sangat banyak. terlebih lagi komputer server harus bekerja terus selama 24 jam tanpa henti.

Sistem pemeliharaan jaringan komputer berikutnya berkaitan dengan switch, yaitu perangkat yang memiliki peran sebagai perantara di sebuah jaringan komputer. Apabila ada kerusakan di Switch, hubungan komunikasi antara client dan server dalam jaringan tidak dapat berjalan normal. Oleh sebab itu pengecekan terhadap Switch harus rajin dilakukan dan ditempatkan di tempat yang bersih dan bersuhu dingin.

Kabel-kabel di jaringan komputer mempunyai pengaruh yang sangat besar pada kinerja suatu jaringan. Pada umumnya kerusakan yang terjadi di kabel disebabkan oleh posisi peletakannya yang kurang mendapat lindungan dari serangan hewan pengerat terutama tikus.

Ikut merawat komputer client adalah tips perawatan jaringan komputer berikutnya. Secara umum sebenarnya komputer client tidak punya pengaruh besar terhadap jaringan di komputer server. Meski demikian komputer client tetap harus dirawat. Misalnya menghapus semua file yang sudah tidak terpakai, scanning virus, dan sebagainya.

Software Jaringan Komputer untuk Membantu Perawatan

Tidak hanya cara merawat jaringan komputer saja, pengelola jaringan komputer juga perlu tahu beberapa jenis softwar yang bisa dipilih untuk menjalankan tugas tersebut. Pemilihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis tugas yang harus dijalankan.

Contohnya antara lain Microsoft Network Monitor yang bisa dipakai untuk menganalisa lalu lintas dalam jaringan. Software ini dilengkapi lebih dari 300 jenis protokol proprietary publik dan punya kemampuan tinggi dalam melakukan pemantauan jaringan sistem wireles.

Software pilihan berikutnya, Angry IP Server merupakan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan mampu melakukan scan terhadap jaringan dengan cepat. Selain itu aplikasi ini juga dapat dipakai untuk membantu admin dalam mengelola jaringan.

Nagios adalah software maintenance jaringan yang juga sangat bagus dipilih karena punya fitur lengkap untuk memberi peringatan, menangani masalah dan membuat laporan. Terutama saat jaringan sedang kena masalah atau error.

Software berkualitas lainnya adalah Advanced IP Scanner. Software ini bisa diaplikasikan di jaringan nirkabel seperti router wifi, printer dan smartphone. Sistem pengoperasiannya sangat mudah dilakukan dan dapat dihubungkan dengan berbagai layanan umum misalnya FTP atau HTTP hingga shared folder menggunakan remote.

Jenis software maintenance jaringan berikutnya yaitu Capsa Free merupakan suatu aplikasi analisa jaringan yang kemampuannya saat menganalisa lalu lintas jaringan tidak kalah hebat jika dibandingkan software sejenis lainnya. Jumlah protokol jaringannya banyak tidak kurang dari 300 protokol.

Masalah Jaringan Komputer yang Sering Dialami

Ketika melakukan perawatan jaringan komputer ada beberapa masalah yang paling sering muncul. Salah satunya sebagaimana yang telah dijelaskan di atas yaitu kerusakan pada bagian kabel. Sebelum masalah ini muncul, sebenarnya bisa dideteksi menggunakan suatu perangkat yang dinamakan LAN tester. Dari alat ini bisa diketahui apakah suatu kerusakan dikarenakan oleh kabel atau perabot yang lain.

Jika kerusakannya memang terjadi pada kabel, maka untuk mengatasinya tidak ada alternatif lain kecuali mengganti kabel tersebut dengan yang baru. Jadi bisa disimpulkan, ketika belajar cara merawat jaringan komputer sebaiknya juga tahu jenis-jenis kabel yang dipakai dalam jaringan komputer berikut fungsinya.

Gangguan kedua yang juga sering muncul yaitu kerusakan di Switch dan Hub. Kedua perabot ini berfungsi untuk memecah suatu jaringan komputer dalam bebrapa kanal dan menjadi alat penghubung antara komputer client dan komputer server.

Tidak berbeda dengan kabel, masalah pada kedua perangkat ini juga bisa diketahui lebih dini melalui cara yang sangat mudah yaitu mengecek di lampu indikator. Jika tidak menyala maka kemungkinan besar Switch dan Hub sedang terkena masalah.

Jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah ini juga sama persis dengan kabel, diganti dengan yang baru. Tetapi harus diketahui, apabila kondisinya masih baru biasanya pembelian Switch atau Hub selalu dilengkapi dengan garansi.

Gangguan terakhir yang sering muncul pada sistem pemeliharaan jaringan komputer yaitu proses transmisi atau pengiriman data yang sangat lambat. Sudah sering ditemui autentifikasi dan koneksi hingga transmisi pada data melambat dan sudah pasti hal ini membuat pekerjaan tidak dapat diselesaikan sesuai jadwal.

Secara umum gangguan ini bisa terjadi sebab jaringan sedang sibuk atau terlalu penuh. Tetapi selain itu juga dapat diakibatkan oleh adanya gangguan lain di perangkat keras atau perangkat lunaknya.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah waku penggunaan atau akses data serta info harus dibatasi tidak boleh terlalu lama. Selain itu, server harus rajin diupgrade termasuk juga perangkat keras dan perangkat lunaknya. Demikian pula dengan kabelnya, sebaiknya diganti dengan kabel dari serat optic terutama kabel yang dipakai dalam jaringan.

Peralatan Jaringan Komputer yang Wajib Dimiliki

Sebelum mengaktifkan jaringan komputer terdapat beberapa peralatan yang harus disediakan. Pertama adalah router sebagai penghubung antar jaringan. Selanjutnya ada lagi wireless card dengan fungsi untuk menghubungan dua device menggunakan kabel atau sistem nirkabel.

Selain itu harus disediakan pula LAN Card yang bisa digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain yang berada pada satu jaringan. Tidak itu saja, perangkat ini juga mempunyai tugas merubah aliran data yang sebelumnya pararel menjadi serial, sehingga bisa ditransmisikan melewati jaringan.

Perangkat penting lainnya yaitu modem atau modulator demodulator yang berperan merubah sinyal digital jadi sinyal analog dan sebaliknya. Kemudian ada lagi bridge, berupa perangkat jaringan yang berfungsi memperluas jaringan dan membuat suatu segmen pada jaringan.

Hub juga menjadi perangkat yang sangat penting dan bertugas sebagai perubah sinyal dalam transmisi jaringan agar setiap komputer bisa saling terkonek. Sedangkan switch, adalah suatu perangkat yang fungsinya mirip hub, namun masih memiliki kemampuan lain, yaitu mengatasi collision atau bentrokan data.

Selanjutnya jangan lupa menyiapkan kabel khusus jaringan sebegai alat transmisi dan media penghubung antar komputer untuk saling berkirim data. Kemudian yang terakhir repeater dan acces point. Repeater berperan untuk melebarkan jangkauan terhadap sinyal, sedangkan acces point untuk menghubungkan jaringan tanpa kabel.

Demikian ulasan singkat cara merawat jaringan komputer dan jenis-jenis perangkat yang diperlukan dalam membuat jaringan komputer. Semoga bisa memberi manfaat untuk semua.

Baca artikel yang lain mengenai VGA Terbaik

LEAVE A REPLY

Anal