cara merawat komputer

perawatan komputer

Cara Merawat Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pelajari Cara Merawat Komputer Yang Praktis

Komputer sudah menjadi alat bantu manusia jaman modern saat ini. Dulu kita hanya mengandalkan otak dan buku catatan untuk bekerja, jaman modern ini dengan komputer semua bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Tetapi bagaimana jika komputer anda rusak? Sudah pasti orang jaman sekarang tidak akan bisa bekerja, lain dengan orang jaman kuno yang masih menyimpan catatan penting di dalam otaknya sehingga masih tetap bisa kerja.

Komputer perlu dirawat agar tetap terjaga perfomanya sehingga komputer tetap bisa berjalan dengan baik membantu anda. Kali ini saya akan membahas cara merawat komputer yang praktis jadi anda yang tidak mengerti teknis komputerpun bisa melakukan hal itu. Ada 2 bagian utama yang akan saya bahas untuk cara merawat komputer yaitu merawat komputer pada bagian hardware dan pada bagian software. Kenapa ada 2 bagian besar? Pada umumnya orang hanya akan merawat hardware saja dan melupakan software. Padahal hardware dan software adalah 1 bagian yang tak terpisahkan, hardware jalan baik tetapi jika software tidak perfoma juga menurun begitu pula sebaliknya.

cara merawat komputer bagian hardware

Cara Merawat Komputer Pada Bagian Hardware

Pada bagian hardware ini yang akan kita bahas adalah cara merawat komputer pada bagian fisiknya sehingga komputer bisa menyala dengan baik dan software bisa bekerja sebagaimana mestinya. Yang dimaksud dengan hardware adalah perangkat keras yang ada di dalam komputer seperti motherboard, processor, hard disk, memory, monitor, keyboard dan mouse. Berikut ini adalah cara merawat komputer yang praktis pada hardware.

Jaga Kebersihan Komputer Anda

Tentu saja kebersihan adalah hal yang pertama, komputer baru bisa berjalan dengan baik karena semua komponen masih bersih sehingga perfoma masih bagus.

Masalah: Komputer yang dipakai lama kelamaan pasti akan berdebu dan debu pasti menempel yang umumnya pada kipas pada bagian processor dan casing. Lama kelamaan processor bisa cepat panas atau komponen yang lainnya cepat panas sehingga bisa rusak.

Solusi: Cara membersihkannya sangat mudah anda tinggal ambil kuas ukuran sedang saja dan langsung dikuas agar kipas-kipas itu bersih.

Cepat Tanggap Jika Ada Masalah

Komputer yang sudah lama akan sering bermasalah untuk itu anda harus tanggap jika ada problem yang muncul dari komputer anda. Berikut ini daftar masalah-masalah yang sering terjadi agar anda bisa cepat tanggap langsung merawat komputer agar tidak sampai rusak parah:

  • Tidak bisa booting/masuk Windows, Solusi: untuk mengatasi komputer tidak bisa masuk Windows ini ada berbagai macam cara tetapi yang pasti langkah awal untuk merawat komputer anda adalah mengambil data penting dulu dari hard disk. Anda bisa melakukan repair pada Windows atau melakukan format ulang.
  • Logo motherboard tidak muncul sehingga komputer restart terus, Solusi: Anda lepas semua memory pada motherboard kemudian ambil penghapus pensil, gosok bagian kaki memory (yang warna kuning) depan dan belakang. Setelah itu bersihkan dan pasang kembali.
  • Komputer dinyalakan tidak mau hidup. Solusi: Untuk masalah yang satu ini komputer tidak bisa hidup tandanya power supply anda sudah rusak sehingga komputer tidak bisa menyala.
  • Terdapat bunyi-bunyi pada hard disk. Solusi: Masalah ini sering terjadi karena hard disk kekurangan power supply. Kerusakan hard disk sering ditandai dengan bunyi-bunyi nah itu tandanya hard disk anda sudah rusak. Anda harus mengganti hard disk itu.
  • Terdapat bunyi-bunyi pada motherboard. Solusi: Pastikan semua komponen menancap dengan benar dan tidak ada yang salah. Bagi anda yang tidak mengerti komputer anda bisa membuka casing dan memastikan kabel-kabel itu kencang dan menancap dengan benar. Jika masih tidak bisa anda bisa menggunakan penghapus pensil dan membersihkan memory seperti pada bagian sebelumnya.

Kira-kira itu masalah-masalah yang paling sering muncul pada komputer yang sudah lama. Jadi anda harus tanggap dan segera menemukan cara merawat komputer untuk masalah yang anda temui sehingga komputer tidak sampai rusak berat.

Gunakan Stavolt atau UPS Agar Power Supply Awet

Penggunaan stavolt atau UPS sangat penting terutama bagi komputer server atau komputer penyimpanan data. Karena jika terjadi naik turun tegangan dapat merusak komponen yang ada di dalam komputer itu. Akan lebih baik jika anda menggunakan UPS, UPS ini lebih unggul daripada stavolt karena dengan UPS saat terjadi lampu mati komputer dapat bertahan beberapa menit jadi anda masih ada waktu untuk melakukan shutdown.

Jauhkan Smartphone Dari Komputer

Gaya kehidupan saat ini smartphone sudah seperti temen sejati yang tak terpisahkan tetapi saat anda di depan komputer ada baiknya anda menjauhkan smartphone anda dari komputer karena jika smartphone anda bekerja biasanya speaker PC anda akan terganggu suaranya. Ini dapat merusak komponen elektroniknya. Jadi sebaiknya anda melektakkan agak jauh agar tidak mengganggu komputer anda.

Dalam Keadaan Darurat Gunakan Tombol Power Saja

Nah ini yang paling sering terjadi dan umum sekali, anda pasti pernah mengalami dimana komputer anda hang/berhenti tidak bisa diapa-apakan. Untuk kasus itu terjadi sebaiknya anda jangan menggunakan tombol reset untuk merestart komputer karena kuatirnya hard disk anda bisa terganggu. Lebih baik anda menggunakan tombol power terus ditahan lama nanti komputer akan mati, kemudian anda dapat menyalakannya kembali. Dengan begitu hard disk anda bisa lebih aman dan awet.

cara merawat komputer bagian software

Cara Merawat Komputer Pada Bagian Software

Setelah anda mengetahui cara merawat komputer untuk hardware, anda harus juga mengetahui perawatan komputer pada bagian software. Cara merawat komputer pada bagian software ini ada banyak jadi saya hanya membahas yang paling umum digunakan dan dengan praktis anda dapat menerapkan cara ini.

Pastikan Anda Menggunakan Operating Sistem 64 bit

Bagi anda yang bukan orang IT tentu jarang mengetahui istilah 64 bit, jadi singkat kata penjelasannya begini, Windows adalah operating sistem yang paling sering kita pakai dan itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu 32 bit (x86) dan 64 bit (x64). Bagi anda yang akan menginstall Windows saya menyarankan menggunakan Windows dengan 64 bit saja kenapa begitu? Karena menurut pengalaman saya virus-virus masih langka yang dapat berjalan di 64 bit sehingga akan membuat komputer anda lebih tahan virus. Dan lagi kelebihan yang lainnya adalah Windows 64 bit dapat membaca memory lebih dari 3GB sedangkan 32 bit maximal hanya 3GB, mengingat bahwa memory sekarang sudah sangat murah ada baiknya anda menggunakan Windows 64 bit.

Gunakan Antivirus Yang Handal dan Update Selalu

Antivirus harus selalu update karena secanggih apapun antivirus itu jika tidak dilengkapi dengan database virus maka sama saja virus dapat masuk ke dalam komputer. Untuk itu pastikan anda menggunakan Antivirus yang handal dan HARUS UPDATE selalu. Daftar antivirus yang dapat dipertimbangkan:

  • Kaspersky
  • Norton
  • McAfee
  • Avira
  • AVG

Pengalaman saya menggunakan antivirus akan memakan perfoma komputer, komputer akan terasa lebih lambat karena ada antivirus tersebut. Bagi anda yang sudah menggunakan Windows 64 bit dan jarang menggunakan flashdisk dari luar anda masih bisa menggunakan komputer anda tanpa antivirus sehingga perfoma lebih cepat cara ini saya lakukan sendiri pada laptop. Jadi saya jarang menggunakan flashdisk untuk kirim data oleh karena itu virus jarang masuk dan saya sudah menggunakan Windows 64 bit.Tetapi bagi anda yang sering menggunakan flashdisk WAJIB HUKUMNYA untuk menggunakan antivirus agar AMAN. Dari kelima jenis antivirus itu anda bisa pilih salah satu dan pastikan update sehingga komputer anda terjauh dari virus.

Jangan Melakukan Install Untuk Program Yang Tidak Dikenal

Anda yang suka hobi install program aneh-aneh hati-hati karena program yang aneh dan tidak dikenal bisa menyebabkan Windows ada CRASH atau RUSAK. Biasanya yang sering terjadi setelah anda install program itu tiba-tiba Windows anda tidak bisa booting lagi. Nah kan masalah anda cari sendiri kalau sampai terjadi hal seperti ini. Pastikan program yang anda install itu benar sumbernya bukan file .EXE yang berasal dari iklan-iklan internet.

Cara merawat komputer defragment

Pastikan Melakukan Defragment Untuk Menjaga Performa PC

Defragment adalah suatu proses untuk menata ulang susunan data pada hard disk sehingga lebih rapi dan jika lebih rapi maka hard disk akan bekerja lebih cepat untuk membaca data-data tersebut. Defragment dapat dilakukan pada Windows caranya adalah:

  • Tekan start menu
  • Pilih All Programs
  • Pilih Accessories
  • Pilih System Tool
  • Pilih Disk Defragmenter

Pada tampilan disk deframenter itu akan tampil berbagai macam partisi/bagian hard disk (C, D, E, dsb) anda tinggal memilih bagian mana yang akan dilakukan defrangment. Lakukan dahulu pada C yaitu partisi yang diinstall Windows. Defragment ini akan memakan waktu jadi sebaiknya anda melakukan diwaktu komputer anda tidak dipakai.

Gunakan Theme Yang Standart Saja

Sebaiknya anda menggunakan theme default dari Windows saja agar lebih aman terutama bagi anda yang suka mengganti theme Windows anda dengan tema-tema kartun/anime kesukaan anda sebaiknya jangan dilakukan. Karena hal ini akan berpengaruh pada kinerja Windows yang kadang bisa CRASH sehingga Windows tidak bisa masuk/tidak bisa booting. Saya sering dulu mengganti theme dengan tema-tema yang aneh lama-kelamaan ada suatu waktu dimana Windows tidak bisa masuk dan restart lagi begitu seterusnya. Jadi himbauan saya agar komputer anda tetap terjaga perawatannya lebih baik menggunakan theme dari Windows saja.

Cara merawat komputer password LAN

Batasi Sharing Folder Pada Jaringan LAN

Bagi anda yang komputernya menggunakan jaringan LAN di rumah atau di kantor lebih baik untk sharing folder tetap menggunakan password sehingga tidak bisa sembarang orang masuk. Karena kuatirnya jika anda memberikan siapapun bisa kirim data ke komputer anda (read/write) bisa jadi secara tidak sengaja virus dari komputer lain bisa masuk ke folder itu. Secara default sebenarnya Windows sudah memberikan proteksi saat anda sharing folder akan terkunci dengan password anda yang anda pakai buat login ke Windows. Tetapi ada beberapa orang yang tidak suka karena malah membuat ribet. Berikut ini adalah cara untuk memastikan bahwa sharing folder anda menggunakan password:

  • Buka control panel
  • Jika tampilan control paneh anda masih “Category” ubah ke “Small View” pada bagian pojok kanan atas.
  • Pilih Network and Sharing Center
  • Pada bagian kiri pilih Change advanced sharing setting
  • Scroll pada bagian bawah sendiri, pastikan anda memilih “Turn on password protected sharing”
  • Tekan Save changes.

Cara merawat komputer msconfig

Buang Program Startup Yang Tidak Perlu

Cara merawat komputer yang satu ini agak sulit karena harus menggunakan perintah, bagi anda yang tidak mengerti komputer mungkin agak bingung tetapi jangan kuatir ikuti saja langkah yang saya berikan ini anda pasti bisa melakukan karena caranya mudah saja, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tekan start menu
  • Ketik Run
  • Ketik msconfig
  • Akan muncul Window baru System Configuration
  • Pilih pada tab startup
  • Disitu akan muncul berbagai macam program yang akan dipanggil oleh Windows pada saat pertama kali masuk ke Windows atau istilahnya startup.
  • Bagi anda yang merasa proses startup ini lama maka cara perawatan komputer agar lebih cepat anda buang centang-centang pada program yang anda tidak inginkan pada startup
  • Jika anda bingung mana yang harus dibuang pastikan anda hanya membuang centang dari program yang anda kenal saja dan memang anda memastikan tidak ingin program itu dipanggil saat startup.
  • Misalnya jika anda menginstall Yahoo Messenger, dibagian startup akan muncul. Darisini anda sudah pasti tahu bahwa Yahoo Messenger ini tidak diinginkan saat startup jadi anda langsung buang saja centangnya.
  • Jika sudah selesai maka tekan Ok dan lakukan restart untuk melihat efeknya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara merawat komputer yang praktis dari saya semoga tips-tips itu berguna bagi anda baik sudah ahli ataupun yang masih pemula sehingga cara merawat komputer ini berguna dan bisa dipraktekan. Jika anda mengalami kendala atau masalah yang lain bisa langsung bertanya dengan meninggalkan komentar pada bagian bawah ini. Semoga posting ini menambah ilmu pembaca semuanya sehingga anda mengetahui cara merawat komputer yang mudah.

Baca artikel yang lain mengenai Memilih Spesifikasi Komputer PC Yang Tepat dan Hemat

LEAVE A REPLY