cara merawat power bank

merawat power bank

Cara Merawat Power Bank

Blog about all latest PC & tech related news and info

5 Tips Cara Merawat Power Bank dan Mendeteksi Kerusakan

cara merawat power bank (1)

Posting kali ini saya ingin membahas mengenai cara merawat power bank yang benar sehingga power bank anda tetap awet. Saya menyediakan 5 tips paling mendasar dan mudah untuk diaplikasikan sehingga anda bisa langsung praktek. Selain itu saya juga akan membahas mengenai deteksi kerusakan power bank sehingga anda bisa mengetahui dengan cepat apakah power bank anda rusak atau tidak. Langsung saja kita ke topik pembahasan berikut ini.

Cara Pengisian/Charge Power Bank Yang Benar

Komponen utama dari power bank adalah baterai sehingga anda harus memperlakukan dengan benar cara pengisi baterai itu saat sudah habis. Berikut ini tips pengisian/charge power bank yang benar:

  • Charge power bank saat hampir habis. Anda jangan men-charge power bank anda jika kondisi baterai masih setengah atau masih kurang sedikit, paling tidak indikator power bank tinggal 1 anda sudah boleh melakukan pengisian.
  • Jangan sampai overcharge. Apa itu overcharge? Overchage adalah pengisian power bank yang berlebihan. Baterai akan cepat drop sama seperti baterai handphone yang anda isi ketika malam mau tidur dan pagi harinya anda lepas lama kelamaan handphone anda pasti baterainya drop. Sama seperti itu. Jadi anda lebih baik melakukan charge pada siang hari saja sehingga jika sudah penuh anda tahu dan segera dilepas.
  • Pastikan menggunakan kabel yang bagus. Kabel power bank yang ujungnya bisa diganti-ganti itu adalah kabel JELEK, sering ada kendala, rusak, dll. Lebih baik anda beli kabel yang langsung saja dari USB ke micro USB dan tentunya yang bagus. Sehingga arus listrik dapat mengalir dengan baik.
  • Jangan men-charge power bank bank sambil dipakai. Anda lebih baik melakukan pengisian power bank jangan sambil dipakai, logikanya power bank masih kosong dan saat akan diisi energinya sudah diambil lagi oleh smartphone. Lebih baik diisi sampai penuh baru digunakan.
  • Charge power bank tidak boleh putus-putus. Saat charge power bank dari awal sampai penuh lebih baik jangan diputus. Biasanya anda melakukan pengisian terus tiba-tiba anda ingin pakai dan anda ambil terus dipakai hal ini dapat membuat baterai cepat drop. Lebih baik anda charge dari awal sampai akhir tanpa putus.

Cara Penggunaan Yang Benar Agar Baterai Tidak Mudah Drop

Selain dari cara pengisian yang benar cara penggunaan juga mempengaruhi ketahanan dari power bank. Berikut ini tips dari saya cara menggunakan power bank agar tetap awet:

  • Pakai hanya saat anda di luar ruangan. Lebih baik memakai power bank saat anda tidak bisa melakukan charge pada listrik. Jika ada konektor listrik kenapa kita pakai power bank? Karena baterai di dalam power bank ada masa waktunya sehingga semakin anda pakai terus menerus lama-kelamaan kekuatan baterai akan menurun.
  • Saat smartphone diisi oleh power bank jangan dibuat telepon. Saat pengisian dengan power bank anda lebih baik tidak melakukan aktivitas berlebihan seperti telpon, nonton film, menyalakan musik. Kenapa? Karena saat anda melakukan aktivitas yang berlebihan kondisi smartphone akan panas dan begitu pula dengan power bank jika suhu terlalu panas akan cepat merusak power bank.
  • Gunakan kabel yang langsung tanpa sambungan. Kabel tanpa sambungan dapat mengalirkan arus lebih baik daripada kabel sambungan dan lagi kabel sambungan sering rusak. Saya menyarankan anda menggunakan kabel yang langsung saja, apalagi sekarang hampir semua smartphone menggunakan kabel micro USB jadi anda cukup membawa 1 kabel saja.

cara merawat power bank (2)

Gunakan Charger Yang Bagus Saat Mengisi Power Bank

Penggunaan charger saat mengisi power bank juga diperlukan yang bagus karena tegangan dan arus yang dialirkan semakin stabil power bank akan semakin awet. Tips memilih charger yang bagus yaitu:

  • Biasanya jika ringan pasti jelek charger itu.
  • Lihat harga karena dalam dunia elektronik harga = kualitas.
  • Gunakan charger yang bermerek saja.
  • Pilih tegangan 5V 1A atau 5V 2A untuk charge ke power bank. Pilih arus dan tegangan yang support pada power bank anda.

Hindari Benturan dan Jangan Sampai Jatuh

Tips yang ini anda sudah pasti tahu, dalam dunia elektronik jatuh adalah hal yang paling tabu jadi anda harus mengindari ini. Karena power bank sering anda bawa kemana anda pergi lebih baik anda masukan di dalam tas sehingga tidak sampai jatuh. Dan satu lagi jangan sampai terkena benturan karena bisa merusak komponen elektronik yang di dalam power bank. Hindarkan dari anak-anak sehingga tidak dibuat mainan karena takutnya anak-anak masih belum mengetahuinya dan nanti dibanting.

Hindari Suhu Terlalu Panas Saat Pemakaian Power Bank

Tips terakhir ini sudah saya singgung di bagian atas. Hindari suhu yang terlalu panas karena bisa merusak power bank itu. Biasanya power bank saat di-charge atau men-charge pasti akan menghasilkan suhu yang hangat (bukan panas) jadi masih normal tetapi ketika anda pakai untuk aktivitas yang berlebihan pasti power bank anda akan panas hal ini tidak boleh terjadi. Kondisi suhu yang panas ini harus dihindari baik oleh power bank berkualitas jelek, medium dan high end.

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Power Bank

Setelah mengetahui cara merawat power bank saya ingin memberikan tips mendeteksi kerusakan power bank jadi anda bisa cepat mengetahui jika ada kerusakan, apalagi jika itu masih dalam masa garansi anda bisa melakukan garansi ke penjualnya.

Macam-Macam Kerusakan Power Bank

Pertama anda harus mengetahui dulu macam-macam kerusakan power bank itu seperti apa. Pengalaman saya menjumpai kerusakan power bank bermacam-macam berikut ini adalah daftarnya:

  • Power bank mati total. Jadi anda pencet tombol indikatornya tapi tidak bisa menyala.
  • Baterai Drop, tandanya saat anda isi power bank itu penuhnya sangat cepat dan saat dipakai habisnya sangat cepat.
  • Saat diisi indikator tidak mau bertambah. Biasanya ini tanda komponen elektronik di dalam power bank tidak bisa mengisi pada baterainya.
  • Power bank bisa diisi tetapi tidak bisa dibuat mengisi baterai smartphone.
  • Konektor USB lepas, biasanya karena power bank jatuh jadi konektor USB nya lepas.

Mengatasi Kerusakan Power Bank

Nah kita sudah mengetahui macam-macam kerusakan power bank seperti apa, sekarang pertanyaannya apakah bisa kita mengatasi kerusakaan itu? Dalam hal ini apa bisa service? Jawabannya tentu tidak bisa service. Anda pasti rugi jika harus service karena ongkos service dan harga beli power bank sama saja jadi anda lebih baik beli baru dengan kualitas yang baik sehingga bisa lebih awet.

Semoga tips cara merawat power bank ini berguna bagi anda dan anda bisa lebih cepat mengetahui cara mendeteksi kerusakan power bank anda. Jika anda ada pertanyaan bisa langsung menuliskan pada komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membuat Jaringan Komputer

214 RESPONSES

  1. tri

    June 29, 2016 10:42 am

    REPLY

    Power bank bisa diisi tetapi tidak bisa dibuat mengisi baterai smartphone

    • eddy setiawan

      June 29, 2016 10:54 am

      REPLY

      Kemungkinan yang rusak ada di PCB power bank nya pak. Untuk baterai tidak ada masalah karena masih bisa diisi.

      • handhika andre

        April 28, 2017 4:21 pm

        REPLY

        Gimana kalau mengecas powerbank tapi kok casnya panas banget ya???

        • eddy setiawan

          April 28, 2017 8:24 pm

          REPLY

          Coba pakai charger yang lain dulu apakah memang panas. Terkadang charger bisa panas karena saat mengisi komponen elektronik di dalamnya mengeluarkan suhu panas.

      • tary

        October 6, 2017 6:52 am

        REPLY

        Saya punya pb samsung 88000 Mah saat di cas lampu senternya hidup terus dan tidak mau mati. Jd saya biarin saja sampai batrainya habis barulah mati lampunya. Jd bagaimana cara mengatasi agar lampu senternya tidak menyala lagi gan?

    • trierna

      September 17, 2016 7:33 pm

      REPLY

      Step up rusak

      • tary

        October 6, 2017 6:57 am

        REPLY

        Jd tidak bisa dipakai lagi ia gan

    • mutiara

      November 18, 2016 8:04 am

      REPLY

      mau nanya power bank saya kan udah diisi penuh 1 hari.. udh di cas ke hp.. terus power bank nya cepet habis… padahal baru ngisi 20%

    • Supriyadi

      October 2, 2017 1:46 am

      REPLY

      Assalamualaikum.gan ane mau tanya kenapa ya PB ane di cas gak mau masuk arus ya pada hal lampu indikator ya menyala kedap kedip….mohon pencerahannya…..klu mau Servis dmn ya…. makasih

      • eddy setiawan

        October 9, 2017 7:28 am

        REPLY

        Kalo service percuma gan mahalan service daripada beli baru. Coba kabel nya diganti kemungkinan tidak support.

        • iwan

          October 26, 2017 8:39 pm

          REPLY

          bisa di servis sendiri kok, modalnya cuma nekad.
          beli batery 18650 bekas laptop(ada di toko online harga bervariasi 10 ribuan sd ada yg 40 ribu/ pcs)
          saya sih beli ya yg harga raskin aja 26 rb di toko.jakn*t. bagus.5 biji. power bankku kaya pb jutaan😸
          bisa ngecas androidku ku 2.5 x kapasitas batery android 4350 mAh.

          semoga membatu

  2. stev_ary

    July 24, 2016 9:16 pm

    REPLY

    kalau power bank tidak bisa ngecas HP Sony tp kl hp yg lain bisa….Sony batre kurang dr 55%….hp non sony kurang dr 5%…

    • eddy setiawan

      July 26, 2016 7:18 am

      REPLY

      Berarti masalah kompabiliti itu gan. Coba kabel nya diganti sapa tahu bisa atau kalau tidak gunakan kabel original dari HP Sony.

    • Rilla

      June 30, 2017 11:24 pm

      REPLY

      Mau tanya.. Apakah power bank baru itu cepat penuh ( dalam artian pertama kali chas)

      • eddy setiawan

        July 5, 2017 7:38 pm

        REPLY

        Tidak gan. Harusnya malah kebalikan bakal lama banget karena masih pertama kali dipake.

  3. Ichwan

    July 26, 2016 7:52 am

    REPLY

    Power bank saya dicharge, lampu pertama kedip² trus stelah 30 mnit, keempat lampu kedip². Tp stelah saya coba on kan power bank, dayanya gk ada. Itu gimana gan ?

    • eddy setiawan

      July 27, 2016 6:41 pm

      REPLY

      Coba di charge sampai penuh hingga lampu menyala semuanya. Terkadang power bank baru bisa seperti itu karena baterai masih baru. Jadi seperti perlu charge pertama kali gan. Setelah di charge mungkin bisa 3 harian non-stop hingga penuh jika power bank kualitas bagus. Terus dicoba lagi apakah normal atau tidak jika masih dirasa kurang normal sebaiknya digaransikan.

  4. rafiln

    July 26, 2016 7:15 pm

    REPLY

    gan kalo indikator ga habis 2 ttpi msih bisa ca juga pdhl cma 8800mah itu normal apa ada kerusakan?

    • eddy setiawan

      July 27, 2016 6:43 pm

      REPLY

      Maksudnya indikator masih ada 2 lampu tapi bisa charge? kalau iya. Berarti masih ada energi tersisa di dalam baterai yang bisa dipakai menurut saya normal.

  5. Ichwan

    July 29, 2016 6:23 am

    REPLY

    Power bank ane Sudah charge 12 jam gan, tp gk ada dayanya

  6. merindadwi

    August 4, 2016 9:42 pm

    REPLY

    Kak kalo pb saya dicas kedip2 lampunya 1 terus. Padal audah di cas berjam2 tapi tidak mau nembah kenaoa ya?

    • eddy setiawan

      August 5, 2016 7:27 am

      REPLY

      Berjam-jam berapa jam? untuk PB baru terkadang pertama kali charge bisa sampai 2 hari non-stop

  7. Mayta

    August 6, 2016 10:41 pm

    REPLY

    Kalau baru beli udah titik 2 trus d cas tp gamau naik titik,a apa salah pnggunaan awal atau itu pb udh rusak ???

    • eddy setiawan

      August 7, 2016 9:42 am

      REPLY

      Coba di charge terus kalau kondisi pbank masih baru. Siapa tahu baterai memang masih baru. Saya ada pengalaman charge 1 hari penus hanya di titik 1 saja. Terus saya charge dan di hari kedua mulai bergerak ke titik kedua. Itu saya charge non-stop 48 jam.

      Kalau sudah pemakaian lama mungkin ada kerusakan indikator atau memang baterainya yang rusak gan.

  8. muth

    August 18, 2016 11:19 pm

    REPLY

    kenapa powerbank saya lampu senternya nyala terus dan gamau di matiin lagi , sehingga ga bisa ngecharge ke hp dan ga bisa di chage di liatrik juga

    • eddy setiawan

      August 20, 2016 8:14 pm

      REPLY

      Ada kemungkinan kerusakan terjadi pada komponen elektronik di dalamnya. jadi tidak bisa mati lampu senternya.

      • Niu

        December 9, 2016 10:52 pm

        REPLY

        Jadi gimana cara mengatasi nya???

        • eddy setiawan

          December 10, 2016 6:44 am

          REPLY

          Itu sudah paten dengan komponen elektro di dalamnya gan. Kalau mau diperbaiki harus buka power bank dan memperbaiki PCB di dalamnya

  9. caposh

    August 22, 2016 5:57 pm

    REPLY

    Kenapa tombl on/off powerbank saya tdk mau nyala yah gan? Pdhl battery udh penuh. Tp dlm kondisi charger tombol on/off bisa d gunakan buat nyalain senter

    • eddy setiawan

      August 22, 2016 8:12 pm

      REPLY

      Biasanya itu terjadi pada komponen elektro di dalamnya gan. Jadi dipencet tidak bisa. Yang penting bisa dipakai untuk charge ke hp gan. Kalau tidak bisa dan masih ada garansi sebaiknya digaransikan saja gan.

      • Yogi

        May 7, 2017 10:02 pm

        REPLY

        Gaan kenapa ya powerbank ane kalo di cas sampe full indikatornya berhenti nah ane cabut ane colokin lagi trus lampu nya berkedip tiga padahal tadi sebelum di cabut ada empat

        • eddy setiawan

          May 11, 2017 7:24 am

          REPLY

          Berkedip 3 setelah itu masih charge lagi lama baru ke indikator 4 atau tidak?

  10. David

    August 30, 2016 2:36 am

    REPLY

    Mau tny pbank sya lampu titik pertama ny kedap kedip sya charger berjam” lalu sya cabut pas sya pencet tombol on/off titik lampu ny tidak nyla dan sya mau charger pkai pbank pun gk ke charger knp tu om??

    • David

      August 30, 2016 2:48 am

      REPLY

      Pas charger lg ke listrik lampu ny gk nyla lg tu om knp om kok bs gtu??

    • eddy setiawan

      August 30, 2016 7:24 am

      REPLY

      Menurut saya power banknya rusak di komponen elektronik (PCB) di dalamnya. Kalau baterai saya rasa masih oke. Jadi power bank tidak bisa dicharge maupun nge-charge ke HP.
      Coba david lakukan ini
      1. Test dengan kabel original HP nya
      2. Pakai adaptor lain untuk charge pbank

      Kalau keduanya tidak bisa berarti pbank-nya memang udah rusak. Coba digaransikan kalau memang masih baru. Semoga bisa membantu

  11. Sofyan

    August 31, 2016 2:21 pm

    REPLY

    PB saya gk bisa di charger, jga gk bisa buat charger, padahal kmarin msih normal. Itu knapa ya?

    • eddy setiawan

      August 31, 2016 2:26 pm

      REPLY

      Biasanya kalo ndak bisa charge dan dicharge yang rusak komponen elektro di dalamnya (PCB) untuk baterai masih bagus biasanya. Sebaiknya garansikan kalau masih ada garansi.

    • trierna

      September 17, 2016 8:25 pm

      REPLY

      Punya multitester???
      Dicek dulu konektor usb +- ad 5v gak pastilah gak ada tuh!!!
      Cek usb+ dng – batrei ad 5v gak?? Kl ad ln4sng jumper aj usb- dng batre – , klo png ganti ic cari di bangkai baterai hp. Smoga bermanfaat mohon maaf dg pemilik situs numpang berbagi ilmu, mondar mandir di google gak temuin cara servis pd pcb yg ad cm pd konek usb retak. Kmudian tak analisa sendiri dari ngecas, dicas hngg indikator. Mhn maaf sblmny INGIN BERBAGI ILMU

  12. Putri Nur senna

    September 10, 2016 4:13 pm

    REPLY

    Aku charger powerbank Sampai penuh, dilepas dan tidak dipakai. Besokannya aku coba charger seharusnya masih penuh. Tapi malah mengisi lagi…
    Knpa yaa?

    • eddy setiawan

      September 10, 2016 8:44 pm

      REPLY

      Baterai memang begitu gan. Jadi bisa berkurang sendiri memang. Jadi lebih baik dipakai secara rutin.

  13. Fajar.

    September 12, 2016 11:10 pm

    REPLY

    Mau nanya gan, ane punya power bank, keadaan lampu indikator full, nah saat ane pake engga sampe 2 menit perlahan” ilang dan abis, pas ane cas lagi engga sampe 1 menit full lg. Minta sarannya gan

    • Fajar.

      September 12, 2016 11:11 pm

      REPLY

      Itu knp yaaa

    • eddy setiawan

      September 13, 2016 8:34 pm

      REPLY

      Itu tandanya baterai power bank sudah drop gan. Sebaiknya ganti power bank saja karena percuma tidak bisa dipakai lagi sudahan. Kalau masih garansi sebaiknya di garansikan

  14. Intan

    September 14, 2016 10:36 pm

    REPLY

    Saya baru beli power bank 6600 mah. Belum di charge dari pertama beli, terus saya pake. Setelah itu batrenya habis, lalu saya charge, tapi sudah saya charge hampir 8 jam, titik nya tetep di 4, itu normal atau gimana ya?

    • eddy setiawan

      September 15, 2016 7:32 am

      REPLY

      Bisa full atau tidak? kalau tidak bisa full itu yang tidak normal. Biasanya karena baru charge-nya lama banget bisa sampai 2 hari non-stop.

  15. trierna

    September 17, 2016 8:04 pm

    REPLY

    Dlm postingan ini gak ad tehnik cra servs pd pcb, ingin berbagi trik servis moga bermanfaat
    Dlm pb trdpat ic: ic cas, ic control indikator, ic step up, ic negatif(gak tau nama sebenere) cth krusakan
    1 pb gak bisa dicas indikator full ato mati, pb gak bs ngecas. Biasanya kerusakan pd ic ne4atif, ganti ic beli gak ada cari pd bangkai baterai ambil pcbnya so pasti sama serinya kalo terlalu ribet jumper aj antara negatif baterai dng negatif konektor usb dijamin kalo emg it kerusakannya (ic ini plg rawan mudah rusak)
    2 abis ganti batre pb gak bs ngecas, tkan tombol lampu gak nyala solusi pb dicas sambil ngecas 1-2dtk aj (batre n pcb kenalan) ini hny trjadi pd pb trtentu aj

    • eddy setiawan

      September 17, 2016 8:10 pm

      REPLY

      Thanks gan sudah mau shareing tips cara service-nya

  16. bombom

    September 23, 2016 7:31 am

    REPLY

    gan nanya ni pb saya kan baru bli pas pertama beli isi nya lama pas di pake gk smpe 30 menit sdh hbs trus pas aq cas lagi pb nya 20 mnit sdh penuh… sampe skrng pun msh gtu.. na itu ap yg rusak gab..

    • eddy setiawan

      September 23, 2016 7:33 am

      REPLY

      Pbank itu baterai nya sudah drop gan. Jadi harus service (ganti baterai). Kalau masih garansi lebih baik digaransikan gan.

  17. Syifa

    October 6, 2016 10:59 am

    REPLY

    Numpang nanya. .
    Saya baru membeli powerbank, setelah saya gunakan mencharga ke handphone kabel yang terpasang di powerbank panas, apakah itu kerusakan atau wajar?

    • eddy setiawan

      October 7, 2016 7:27 am

      REPLY

      Pendapat saya wajar. Karena sedang men-charge jadi kabel bisa panas. Terkadang power bank juga bisa panas. Jadi semuanya itu normal.

  18. tian

    October 10, 2016 6:53 pm

    REPLY

    Bang saya beli PB baru tapi ko gak jalan sama gak ngisi2 padahal pb nya kalo di cas idup tapi waktu di pake ke hp gak bisa

    • eddy setiawan

      October 11, 2016 7:12 am

      REPLY

      Mungkin ada masalah dengan kabelnya sehingga tidak bisa dipakai untuk charge. Jika kabel sudah diganti tapi masih tetap saja berarti PB nya yang bermasalah lebih baik digaransi selagi masih ada masa garansi

  19. Miftachul arif

    October 13, 2016 11:07 am

    REPLY

    gan numpang tanya nih, aku ada PB…tdk bisa charge hp, waktu posisi standby body PB terasa panas dan indikator LED berkedip2 tpi tidak bisa charge Hp…kira2 kenapa ya gan?

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:23 am

      REPLY

      Coba diganti dengan kabel original HP nya. Ada kemungkinan kabel atau komponen elektro di dalam power bank yang rusak.

  20. Mayaonyx

    October 19, 2016 3:05 pm

    REPLY

    permisi gan, kalo pada saat mengisi power bank bunyi bzz bzz lampu kedap kedip ny masih normal , itu kenapa ?

    sy takut meledak aja
    Terima kasih

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:22 am

      REPLY

      Kalau panasnya berlebihan mending jangan dipakai gan. Dan kalau ada garansi mending digaransikan saja.

  21. haris

    October 23, 2016 10:34 am

    REPLY

    mau nanya PB saya tidak mau ngecas ke hp mengisi daya bisa…
    kalau saya konekan PB ke hp power PB nyala tapi tidak mengisi ke hp..
    gi mana gan solusinya..?? mohon pencerahannya…

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:19 am

      REPLY

      Coba diganti dengan kabel original dari HP nya. Jika tidak bisa coba di cek apakah hal itu terjadi pada HP yang lain. Jika memang ke semua HP tidak bisa charge sebaiknya digaransikan saja gan.

  22. indra

    October 25, 2016 2:41 pm

    REPLY

    gan saya punya powerbank baru, tapi ngisi nya cepet habisnya juga cepet. kenapa ya?

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:16 am

      REPLY

      Tandanya baterai power bank sudah drop gan. Harus diganti baterainya itu

  23. Ryan

    November 1, 2016 2:59 pm

    REPLY

    Saya mau tanya, kalo misalnya powerbank saya udah di charge.. dan baterai nya full. tapi pas sudah full lampu indikator nya tidak mau mati dan terus menyala… dan ketika digunakan untuk charge gak bisa keluar output nya kira kira masalah nya apa yah gan ?

    thank you

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:35 pm

      REPLY

      Kemungkinan besar ada kerusakan pada komponen elektro nya gan. Jadi error pada indikator dan tidak bisa charge ke HP. Kalau masih masa garansi sebaiknya digaransikan agar tidak rugi gan.

  24. Richard

    November 2, 2016 6:39 pm

    REPLY

    Kalo power bank saya lampu nya berkedip 1 terus
    Jika di cas gak mau ngisi masih kedip terus itu gimana ya gan

    • eddy setiawan

      November 2, 2016 10:40 pm

      REPLY

      Coba terus gan. Ada kemungkinnan masih baru. Kadang bisa sampek 3 hari non-stop di charge karena masih pertama kali pemakaian

  25. Satria

    November 8, 2016 3:32 am

    REPLY

    Power bank saya masih tersisa 3 led masih menyala, setelah stengah jam ngecas tiba” habiss.. tanpa led menjadi 2 dulu terisisa.. itu kenapa yaa?…

    • eddy setiawan

      November 8, 2016 7:44 am

      REPLY

      Tandanya itu baterainya drop gan. Agan bisa ganti baterainya atau ganti power bank. Lebih murah ganti power bank nya gan.

  26. Canox

    November 11, 2016 5:21 am

    REPLY

    Saya mw tya bgmna cara mematikan lampu power bank yg sda d tekan lama ttpi lmpunya nga mw mati

    • eddy setiawan

      November 14, 2016 10:11 pm

      REPLY

      Kalau sudah error kayaknya ndak bisa gan. Sudah error di power bank nya.

    • novia

      July 1, 2017 1:33 pm

      REPLY

      ni powerbank nya bisa dibuat ngecash tapi pas ngecas lampunya kedipkedip gk mau mati

  27. LantaiKayu

    November 14, 2016 2:09 pm

    REPLY

    Bravo, thnks gan, artikel cara melawat powerbank, bermanfaat sekali

  28. Ades

    November 17, 2016 8:47 pm

    REPLY

    Maaf mau tanya mas, saya baru beli powerbank asus zenpower 10050 mah, kalo waktu pb dicas/diisi, lampu lednya nyala normal dlm artian kedipnya cm 1 lampu sesuai tingkatan pengisian. Tapi kalo waktu pb nya dipakai ngecas hp kok lampu lednya nyala kedip kedip semua ya? Memang sih lampunya nanti mati satu persatu sesuai daya yg tersisa. Tp lampu yg nyala tetap kedip kedip. Apa memang pb asus seperti itu kl lagi dipakai ngecas? Lampu led nya g mau diam saat dipakai ngecas? Saya pny pb cross kl lg dipakai ngecas lampu led nya nyala diam tuh. Terimakasih

    • eddy setiawan

      November 18, 2016 7:09 am

      REPLY

      Tiap power bank cirinya beda-beda. Saya punya romoss juga kalau di charge semua lampu LED tidak berkedip tapi nanti tetap ada lampu yang berkurang setelah dipakai. Jadi pendapat saya asalkan fungsinya normal saya rasa kedip2 lampu LED nya ndak ada masalah gan.

      • Ade

        November 21, 2016 3:34 pm

        REPLY

        Oh gt, iya deh.. sipp.. mksh y mas.

  29. arysyahputra

    November 19, 2016 6:36 pm

    REPLY

    Gan mau nanya, ini saya baru beli powerbank 20000. Sudah saya cas sampai 6 jam masih tetap di lampu ke 2. Itu kenapa ya gan?

    • eddy setiawan

      November 20, 2016 6:14 pm

      REPLY

      Biasanya karena masih baru itu gan. Tetap saja dicharge sampai full. Nanti kalau charge pertama sudah full berikutnya charge tidak akan selama ini gan. Itu pengalaman saya dengan power bank yang mirip seperti kasus agan.

  30. acixz

    November 22, 2016 2:21 pm

    REPLY

    mau nanya gan, saya baru beli power bank, saat dipke ngecas hp tiba-tiba mati sendiri, trus harus tekan power lagi di power bank nya, sekali ngecas hp bisa mati sendiri sampai 3 kali, mohon info nya trimz

    • eddy setiawan

      November 25, 2016 6:55 pm

      REPLY

      Ada kemungkinan besar komponen elektro nya yang rusak. Untuk baterai saya rasa masih bagus. Bisa garansi kalau masih baru.

  31. mega

    November 27, 2016 12:17 am

    REPLY

    bang powerbank saya kalau lagi dicharge tu bisa tapi setelah beberapa menit kemudian kok gabisa ngisi daya lagi ya?kenapa ya bang?

    • eddy setiawan

      December 1, 2016 7:57 pm

      REPLY

      Kemungkinan ada yang rusak di bagian PCB elektronya bang. Kalau baterai menurut saya masih oke.

  32. rudi

    November 30, 2016 5:44 pm

    REPLY

    Power bank d’charger lampu brkedip satu seperti normal tp kurang 1menit lampu nyala smua lalu mati ga ngecharger

    • eddy setiawan

      December 1, 2016 8:00 pm

      REPLY

      Ada kemungkinan rusak dibagian PCB elektronya gan.

  33. sogol

    December 3, 2016 3:37 am

    REPLY

    cara benerin gan jng ke garansi gan

    • eddy setiawan

      December 3, 2016 7:45 am

      REPLY

      Untuk benerinnya harus bagian elektro gan. Karena komponen di dalam nya kami juga tidak paham. Ada komponen-komponen elektro yang rusak dan harus diganti itu butuh tenaga ahlinya.

      • hanna

        December 9, 2016 7:42 pm

        REPLY

        knpa led light powerbank gak mau mati? padahal udah gak di pake lagi… nyala terus..

  34. Niu

    December 9, 2016 8:07 pm

    REPLY

    Kenapa lampu (senter) pb gak mau mati padahal led light nya udah mati dan pb nya gak di pake lagi.. Kenapa?

    • eddy setiawan

      December 10, 2016 6:44 am

      REPLY

      Itu sudah paten dengan komponen elektro di dalamnya gan. Kalau mau diperbaiki harus buka power bank dan memperbaiki PCB di dalamnya

      • Andri

        December 12, 2016 8:35 pm

        REPLY

        Om numpang tanya!!
        Saya bru beli power bank 6600 Mah,, trus saya pake sampai led pertama kedap kedip,, lalu saya charge.
        Masalahnya,, knp lampu led nya ga bertambah diam di titik ke 1??
        #mohon bantuannya gan

        • eddy setiawan

          December 15, 2016 7:24 am

          REPLY

          Coba dicharge terus selama 3 hari tanpa dilepas gan. Mungkin masih baru soalnya. Terkadang memang bisa begitu kalau masih baru.

  35. nanda

    December 11, 2016 8:43 am

    REPLY

    saya punya pb 10000mah punya lampu indikator 4 kalau dicas yang hidup hanya yang 3 bagaimaba ya cara memperbaikinya.

    • eddy setiawan

      December 15, 2016 7:19 am

      REPLY

      Untuk memperbaiki lampu tersebut anda harus membongkar power bank dan memperbaiki komponen elektro itu. Saya rasa ongkos perbaikan dan harga power bank baru bisa sama gan.

  36. M. IRFAI

    December 12, 2016 9:35 am

    REPLY

    Klau power bank veger mati total. Tapi masih garansi, bagaimana pak caranya

    • eddy setiawan

      December 15, 2016 7:20 am

      REPLY

      Anda bisa ke toko tempat membeli dan menggaransi disana. Jadi anda bisa tukar dengan yang baru.

  37. robert

    December 12, 2016 5:45 pm

    REPLY

    gan ane mau nanya … kan pas di ces dri titik lampu 1,2 cepet bgt ngisingnya tp kok titik ke 3 lama bgt …. trus untuk mengecas hp kok titik yg ke 4 cepet mati ganti ke titik 3… nah buat ngecas cuma kuat 70% padahal hp saya cuma 1900 mah sedangkan pb saya 38000 mah itu knapa ya ?

    • eddy setiawan

      December 15, 2016 7:24 am

      REPLY

      Itu tandanya kapasitas asli power bank anda bukan 38.000mAh banyak banget gan kapasitas abal-abal. Sekarang ukuran standar kira-kira sebesar samsung note 5 itu paling tidak 10.000mAh. Agan bisa bayangkan jika sebesar HP apakah mungkin kapasitas 38.000mAh baterai power bank kan harus banyak jadi tidak mungkin bisa sekecil itu. Jadi kesimpulannya kapasitas power bank agan itu tidak mungkin 38.000mAh

  38. Aqib Widodo

    December 13, 2016 9:06 pm

    REPLY

    gan PB ane gara gara kehabisan daya, pas lg dicas nggak ada notifikasi bar nya alias mati. sampe sya kira chargernya yg rusak.. ini gimana ya?
    thx

    • eddy setiawan

      December 15, 2016 7:25 am

      REPLY

      Untuk service power bank itu harus ke orang elektro dan ongkosnya sama dengan power bank baru pasti gan. Jadi saya rasa mending agan ganti baru. Jika ada kenalan temen elektro bisa minta bantuan dia gan biar lebih murah.

  39. Adie

    December 17, 2016 7:48 pm

    REPLY

    Saya mau tanya nih bang pb ane merk romos di cas pertama indikatornya jalan smpe 2 lampu indikator abis itu keadan lampu indikator mati semua tidak jln saat di cas. Apakah power bank saya rusak? Terima kasih

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:20 am

      REPLY

      Coba di cek dengan cara charge ke HP jika bisa berarti tidak rusak. Saya sering berjualan powerbank Romoss belum ada yang rusak seperti punya agan.

  40. mieta

    December 21, 2016 6:20 pm

    REPLY

    powerbank saya lednya ga nyala semua pdhl batrai full, trs tdk bs dicharge kalau dicharge lednya malah ga bs nyala. trs ga bs dipake ke hp yg lain cm hp yg asus itupun bukan mengisi malah berkurang batrainya

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:23 am

      REPLY

      Perlu garansi itu gan power banknya ada yang ndak bener itu.

  41. hendra firmansyah

    December 21, 2016 10:08 pm

    REPLY

    mas mau tanya powerbank saya 1hari sebelumnya masi normal jaya, pas malamnya powerbanknya di cas, paginya buat ngecas hp ngga bisa, setelah beberapa saat power yg keluar dari powerbank mati, tetapi saat powerbanknya di cas bisa masuk tpi klo powerbankmya buat ngecas hp ngga masuk, mohon pencerahannya

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:25 am

      REPLY

      Coba kabelnya diganti dengan kabel yang original dari HP nya gan mungkin bisa. Kalau untuk service saya rasa tidak perlu karena harga service sama dengan ganti baru.

  42. RiyanRiyadi

    December 22, 2016 5:03 pm

    REPLY

    Mas powerbank saya kok di cas lama ya .. Padahal udah berjam jam tapi lampu indikatornya gk nambah.. Tetep 1 lampu terus.. Solusinya gan

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:26 am

      REPLY

      Teruskan saja itu gan. Saya pernah praktek power bank Romoss charge pertama 3 hari non-stop. Setelah itu sudah jalan normal kok tidak perlu charge selama itu.

  43. Septy

    December 30, 2016 6:19 pm

    REPLY

    Powerbank saya itu udah saya cas sampai penuh,gak saya pakai terus saat mau saya pakai baterainya udah habis
    Ini kenapa ?

    • eddy setiawan

      January 10, 2017 7:15 am

      REPLY

      Terkadang baterai bisa abis sendiri gan. Seperti baterai Alkaline juga begitu. Tetapi setahu saya untuk power bank dengan kualitas bagus masih bisa bertahan lama setelah di charge

  44. Rini Rinawati

    January 2, 2017 11:39 pm

    REPLY

    Malam mas/mba, mau tanya pb sy gak baru2 amat udah sekitar 2 bulanan. Dan sekarang kalo di charger lampu LED nya g mau naik di 1 titik trs, kenapa ya mas? Terimakasih

    • eddy setiawan

      January 10, 2017 7:17 am

      REPLY

      LED nya tidak bisa nambah tapi apakah kapasitasnya hanya sedikit juga? kuatirnya hanya salah indikator saja gan

  45. arjuna tsc

    January 8, 2017 2:00 pm

    REPLY

    Kalau powerbank saya dari indikator lampu biru 4 dan tiga awet,kenapa lampu 2 dan 1 bkros sekali ya

    • eddy setiawan

      January 10, 2017 7:21 am

      REPLY

      Kemungkinan dari kapsitas baterai itu gan. Jadi kualitas baterai dari power bank agan yang menentukan.

  46. Reksi gtg

    January 21, 2017 9:12 pm

    REPLY

    Kenapa lampu power bank saya hidup terus gan gk bisa di matiin apa power bank nya udh rusak???

    • eddy setiawan

      January 22, 2017 8:16 pm

      REPLY

      Belum tentu gan. Coba dipake charge ke HP apa bisa. Kemungkinan itu hanya rusak di lampu indikator saja.

  47. han

    January 24, 2017 11:40 pm

    REPLY

    gan numpang nanya
    saya baru beli pb, nah pas saya isi pertama kali 4jam full sampe lampu indikator mati, terus saya charge ke hp saya, kok baru nambah 25% baterai pb udh hbs?
    apa ada yang rusak atau cas pertama harus lama skali gan?
    mohon bantuannya

    • eddy setiawan

      January 26, 2017 9:45 pm

      REPLY

      Dari penjelasan agan pendapat saya baterai di dalam power bank sudah drop.

  48. Liria

    January 27, 2017 5:19 pm

    REPLY

    Power bank nya bisa diisi dan lamu indikatornya juga masih menyala tapi saat dipake ngecharge tiba2 mati

    • eddy setiawan

      January 27, 2017 8:42 pm

      REPLY

      Lampunya yang mati atau tidak bisa dipake charge juga gan?

  49. han

    January 27, 2017 6:48 pm

    REPLY

    tp baru kok udh drop gan?

    • eddy setiawan

      January 27, 2017 8:41 pm

      REPLY

      Mungkin stock lama gan. Coba digaransikan saja kalau masih baru.

  50. Bayu kustianto

    January 29, 2017 6:57 pm

    REPLY

    Mau nanya saya kan habis merakit lampu dan saya lupa melakban kabel plus dan min nya saya sambungkan ke power bank saya setelah itu kabel min dan plus menyatu akhirnya power bank saya mati total kira” kenapa itu ya bos mohon jawabannya karna saya power banknya merek robot ori .

    • eddy setiawan

      February 2, 2017 1:07 pm

      REPLY

      Kemungkinan ada konslet di PCB nya menurut saya lebih baik ganti power bank karena diperbaiki sendiri spare part dan ongkos akan sama dengan biaya beli baru

  51. laeli ss

    February 8, 2017 2:06 pm

    REPLY

    saya mau tanya pb saya merk nya advance digitals…pb ini ngga bisa di isi batrenya dan lampu nya ngga mau nyala atau mati total….cara memperbaiki nya gmn yaa…

    • eddy setiawan

      February 10, 2017 7:32 am

      REPLY

      Untuk memperbaiki menurut saya lebih mahal daripada ganti baru gan. Power bank lebih baik garansi atau ganti baru

  52. jakwir

    February 9, 2017 11:20 am

    REPLY

    gan mo tanya..sya ada pb yg pke batre 2pcs 18650 kpasitas total 5200mah 2600×2..
    itu pas sya charge biasa anget..nah pas discharge/ngnggur ttep anget itu mslhnya bagian apa gan sya beli baru..pb nya..takut meledak sya cabut aja btrei nya..

    • eddy setiawan

      February 10, 2017 7:34 am

      REPLY

      Bisa jadi di baterai nya gan. Biasanya kalao sudah dicabut panas nya sudah turun tidak ada aktivitas soalnya.

  53. danang

    February 12, 2017 2:44 pm

    REPLY

    Gan, PB saya kalo dicas nyala, lampu indikator ada 4 buah, yang nomer 3 mati. Kalau buat ngecas HP lampu gak mau nyala semua, daya juga gak masuk k HP. Kira2 apanya ya yang rusak?

    • eddy setiawan

      February 12, 2017 8:03 pm

      REPLY

      Sepertinya indikatornya saja itu gan soalnya bisa ngisi HP. Yang penting bisa dicharge dan men-charge gan.

  54. Elgio henry

    February 13, 2017 1:22 pm

    REPLY

    Gan powerbank apa yang paling bagus gan ? … ane ada bru rencana beli pb merek hippo … kira2 bgus gk gan ?

    • eddy setiawan

      February 15, 2017 8:52 pm

      REPLY

      Saya recommended kan Romoss gan. Saya udah pake 3 jenis dari Romoss semuanya super JOSSSSS

  55. Widya

    February 16, 2017 6:17 am

    REPLY

    Mas, mau tanya nih, kmrn aku baru aj beli pb karakter kepala doraemon di swalayan, aku charge dr siang smp pagi lampu indikator nyala nya cm 1 aj, aku lepas charger nya mau cobain ngisi hp udah ditekan power button nya gbs ngisi jg, aku charge lg pb nya coba tak charge hp ku lwt pb yg msh dcolokan stop kontak, hp nya bisa keisi
    Berarti pb nya ya yg g bs nyimpen atau ada komponen yg rusak ya ?
    gimana nih solusinya ?

    • eddy setiawan

      February 26, 2017 4:41 pm

      REPLY

      PB nya yang tidak bisa nyimpan ke baterai itu gan. Solusinya jika masih baru beli sebaiknya digaransi saja karena tidak ada jasa service power bank. Kalau adapun pasti mahal

  56. Chacha

    February 19, 2017 4:17 pm

    REPLY

    Gan mau tanya..
    Pb sya dicash ok penuh..
    Pas mau cash ke hp nya bisa si tp cm 5 mnitan,lalu dicabut dlu kabelnya bisa lagi tp cm 5 mnit.. Jd bntr2 aja ngcash ke hpnya..ini gmn yab bearrti???

    • eddy setiawan

      February 26, 2017 4:43 pm

      REPLY

      Pendapat saya itu komponen di dalamnya yang tidak beres. Atau dicoba juga ganti kabel yang lain ada kemungkinan kabelnya bermasalah

      • Grescia

        September 9, 2017 9:44 pm

        REPLY

        Pb saya baru yg robot
        Lampu indikatornya ada 4
        tdi saat saya cas lampu nya kedip mengisi
        Lah stelah stengah jam saya lihat
        Lmpu indikator nya mati
        Saya cobak hidupkan tpi gk bisa
        Gimna ini min?

  57. yoga

    March 2, 2017 10:48 am

    REPLY

    min.. powerbank saya.. pertama dichas lampu indikatornya hidup tpi baru 5-10 detik, lampu indikatornya gak nyala semua..
    tapi dipakai buat ngecas HP masih bisa ..

    problemnya apa min ?

    • eddy setiawan

      March 3, 2017 7:22 am

      REPLY

      Selama fungsinya masih bisa berarti hanya lampu indikator saja tidak merusak komponen power bank yang lainnya gan. Coba di cek saat di charge kondisi lampur power bank bagaimana?

    • Rizki Fajar

      March 3, 2017 11:28 am

      REPLY

      Kalo punya saya, delcell eco polymer 10000 mAh, waktu dinyalain lampu indikator nya nyala sekitar 5-10 menit, habis tu lampu nya mati, tapi masih bisa ngisi daya…

  58. inaa styles

    March 2, 2017 5:06 pm

    REPLY

    Powerbank saya baru dg kapasitas 9000mAh. Dipake 3x lmpu indikatornya sisa 1 terus sy charger tapi kok tetep di indikator 1 terus ya?

    • eddy setiawan

      March 3, 2017 7:23 am

      REPLY

      Mungkin masih ada sisa yang bisa dipakai untuk charge ke hp gan. Biasanya berkedip jika sisa 1 dan mau habis.

  59. Badri

    March 4, 2017 9:29 pm

    REPLY

    Bos! Mau tnya nie saya pnya PB MI 10000 MAH, klo di cas ke empat lmpu led ny nyala setelah di cas ke hp yg nyala cm satu trus kira2 10 menit mati lmpu led ny mati

    • eddy setiawan

      March 5, 2017 9:00 pm

      REPLY

      Apakah power bank masih bisa charge atau men-charge hp? jika tidak bisa mungkin baterai sudah drop gan.

  60. Widy

    March 6, 2017 3:22 pm

    REPLY

    PB saya zenpower msh 3 bln. Dalam kondisi full ktika charge ke ponsel, sering 4 led indikator tiba2 mati. Switch power d tekan tetap mati, daya pada PB langsung kosong. Mohon pencerahan gan..

    • eddy setiawan

      March 8, 2017 7:24 am

      REPLY

      Gan itu tandanya baterai sudah drop. Jadi dipakai sebentar sudah habis langsung

  61. Badri

    March 7, 2017 10:06 pm

    REPLY

    PB klo di cas ke empat led ny berkedip(berarti full donk) tp klo PB ny di colok ke hp lmpu ledny cm satu yg berkedip,kenapa tuh?

    • eddy setiawan

      March 8, 2017 7:26 am

      REPLY

      Power bank nya saat dipakai itu LED nya berkedip satu saja nah itu nanti lama-lama berkurang dari lampu ke 4 jadi ke 3 terus ke 2 dan sampai ke 1 tidak? Kalau iya power bank anda normal kok gan. Itu hanya indikator saja bahwa kalau sedang men-charge hp.

      • Badri

        March 12, 2017 11:15 pm

        REPLY

        Tidak bos kedipny cm satu trus kira2 5 menit mati, saya binggungny klo PB ny di cas ke listrik klmpuny kedip empat

        • eddy setiawan

          March 14, 2017 10:12 pm

          REPLY

          5 menit mati itu apakah tidak mau charge lagi atau hanya indicatornya saja yang mati tetapi masih bisa charge ke HP. Untuk cas ke listrik kedip 4 harusnya sudah benar

  62. Eidon

    March 17, 2017 10:36 pm

    REPLY

    Gan mau nanya, saya baru beli pb merk vivan 17000mah, udah di cas 8 jam lampu indikatornya gaada yg nambah (lampu ketiga masih kedip gamau naik ke lampu keempat). Trus kenapa begitu di sambungkan ke hp (posisi pb udah ga di cas lagi), hp saya langsung ke cas padahal powerbanknya belum dinyalain (lampu indikatornya juga masih mati). Nah pas saya nyalain powerbanknya gaada bedanya dgn waktu masih dimatiin. Curiga palsu gan.. bener ga sih? :/

    • eddy setiawan

      March 22, 2017 5:46 pm

      REPLY

      Selama itu bisa cas dan di-cas masih normal gan. Ndak bisa sampai lampu ke empat itu mungkin indikator saja. Coba charge terus sampai 3 harian. Saya dulu pernah sampai 3 harian baru mencapai lampu ke 4 karena masih baru soalnya. Untuk palsu kok rasanya ndak ya gan vivan belum pernah dengar ada yang palsu soalnya

  63. Fadhil Lapakke

    March 21, 2017 9:17 pm

    REPLY

    Powerbank saya tidak bisa mencas hp . Pada saat menghubungkan kabel usb dr powerbank ke hp, tdk lama kmudiaan lampu indikator pada powerbank akan mati??

    • eddy setiawan

      March 22, 2017 5:46 pm

      REPLY

      Karena tidak bisa men-charge ke hp otomatis indikator akan mati gan. Coba di cek apakah kabel atau memang power bank nya yang rusak.

  64. prasetya

    March 26, 2017 7:50 pm

    REPLY

    Kalo ngecas powerbank xiaomi 20000mah hingga 9jam non stop bru penuh,
    Apakah ga ada masalah buat batok chagernya gan,soalnya chargernya panas banget..

    • eddy setiawan

      March 28, 2017 10:23 am

      REPLY

      Menurut saya ndak ada masalah itu gan. Karena memang kapasitasnya 20.000 jadi lebih lama apalagi jika tidak ada fast charging. Untuk charger pasti panas gan karena dipakai charge.

  65. Elizabeth Ivanya

    March 29, 2017 8:46 pm

    REPLY

    Punya aku kak 99000mah udh gitu aku charge pertama lampunya kelap kelip, udah gitu 30 menit atau brp menit udah 4 4 nya nyala, tapi aku charge ke hp eeh ga bisa banyak, itu teh biasanya ngecas nya brp jam ya?

    • eddy setiawan

      March 31, 2017 7:28 pm

      REPLY

      Normal biasanya 8 jam atau semalaman biasanya. Nah untuk kasih Elizabeth itu adalah baterainya drop sehingga diisi sangat cepat dan habisnya juga sangat cepat.

  66. firman

    March 29, 2017 10:55 pm

    REPLY

    Power bank bisa diisi tetapi tidak bisa dibuat mengisi baterai smartphone knp ya min

    • eddy setiawan

      March 31, 2017 7:28 pm

      REPLY

      Coba di cek kabelnya dulu gan. Apakah bisa pakai kabel original dari HP nya. JIka kabel sudah memang tidak bisa ada kemungkinan memang power banknya yang tidak beres

  67. Zing

    April 4, 2017 10:04 pm

    REPLY

    Kak PB q lampunya gak bisa mati walau dayanya uda habis. Pas charge jg gak bisa nambh satu titikpun. Ada solusi gak?

    • eddy setiawan

      April 5, 2017 9:24 pm

      REPLY

      Untuk PB yang saat ini rusak biaya service lebih mahal daripada ganti baru gan. Jadi kalau memang sudah tidak bisa dipakai sebaiknya beli baru saja karena lebih murah daripada dibetulin. Mungkin punya agan hanya indikator saja coba di test apakah bisa dicharge dan men-charge hp?

  68. Nira

    April 6, 2017 10:43 am

    REPLY

    Ka powerbank saya penuh. Tapi kenapa kalo pas di sambungin buat ngecas hp. Batrrai hp nya ga bertambah ya?

    • eddy setiawan

      April 6, 2017 7:55 pm

      REPLY

      Mungkin ada salah dengan kabel nya? jadi power bank tidak bisa mencharge ke hp.

  69. Bibit

    April 17, 2017 12:40 pm

    REPLY

    Mau tanya gan..kenapa ya powerbank saya itu lampu indikatornya tdk bisa mati,mstinya kan klo kebanyakan PB yg ada itu setelah buat ngisi Smartphone mati..Ini sampai berhari2 lampu indikatornya nyala terus..Mohon pencegahannya gan.. Terimakasih

    • eddy setiawan

      April 21, 2017 7:24 am

      REPLY

      Kalau masih bisa dipakai buat charge berarti yang rusak hanya indikator lampunya saja gan. Jadi tidak seluruh komponen power bank rusak.

  70. ahmad zaqqy

    April 20, 2017 3:18 pm

    REPLY

    pb gue 198000 mah,2 jam dicas udah penuh.dipakai 30 menit udah habis,tolong solusinya gan..

    thanks

    • eddy setiawan

      April 21, 2017 7:25 am

      REPLY

      Bisa jadi power bank itu sudah drop gan. Power bank service nya mahal dibandingkan beli baru.

  71. hakim

    May 8, 2017 1:59 pm

    REPLY

    gan kalo dicharge terus gmn selama bertahun2 tp sambil ngisi ? ( jadi ngisi power bank sambil dipake ngisi batre )

  72. Alif Rizaldi

    May 11, 2017 7:44 am

    REPLY

    Gan powerbank saya kok kalo lagi ngisi daya keHp saya kok bunyi bzzzzz itu normal apa jangan dipake .

    • eddy setiawan

      May 13, 2017 6:38 am

      REPLY

      Asal ndak sampai panas banget gpp gan. kalau panas nya super hot mending jangan dipakai gan.

  73. David

    May 16, 2017 6:45 am

    REPLY

    Gan pb saya kan xiomi 10000 mah, lampu indikatornya nyala 4 terus dan tidak bisa dipakai, padahal uda seharian sya cas, meskioun sya cas, itu lampu indikatornya nyala 4 terus, apa pb nya rusak atau gmn ? Atau salah pengecesannya ?

    • eddy setiawan

      May 26, 2017 7:36 pm

      REPLY

      Cek dulu gan siapa tahu hanya indikator saja. Tapi masih dipakai untuk charge, jika memang tidak bisa berarti memang kondisi power bank sudah rusak.

  74. Eka

    May 21, 2017 8:05 am

    REPLY

    Mau nanya kebetulan sya baru beli powerbank, pb nya itu digital dan matinya otomatis, biasanya kalau dia tdk sedang digunakan angka digitalnya itu mati nah ini padhl sya tidak sedang pake pb, kok tetap ya nyala lampu indikatornya, tapi dia masih bagus kok buat ngecas, kebetulan pb ini blm ada sebulan sya beli , mohon sarannya

    • eddy setiawan

      May 26, 2017 7:37 pm

      REPLY

      Mungkin itu error terjadi hanya pada indikator saja gan tidak pada fungsionalitas power bank. Sebaiknya digaransikan jika memang masih ada garansi.

  75. Yoora

    May 26, 2017 1:15 pm

    REPLY

    Saya mau brtanya ,kabel powerbank ktika buat ngcas hp mlah tdak terdeteksi tapi ktika saya ganti kabel dri samsung buat disambungkan ke powerbank ktika saya ngcas mlah bisa masuk . Yg rusak apanya yaa

    • eddy setiawan

      May 26, 2017 7:38 pm

      REPLY

      Kemungkinan kabel itu tidak compatible dengan hp nya gan

  76. nyy

    May 26, 2017 3:43 pm

    REPLY

    Powerbank saya belum lama belinya tapi tidak bisa dicas,dipencet tombolnya tidak nyala indikatornya, kalau dicas kedip bersamaan skali,trus nunggu lamaaaa kedip brsamaan skali, gitu terus, gimana solusinya yaaaa???

    • eddy setiawan

      May 26, 2017 7:39 pm

      REPLY

      Untuk power bank selama ini tidak ada jasa service karena memang ongkos service dan beli baru sama. Jadi jika ada garansi sebaiknya digaransikan saja gan.

  77. dhani

    June 9, 2017 9:45 am

    REPLY

    mau tanya kenapa pb robotQ rt7100 kalau di goyang kok lampu indikatornya gak bsa nyala itu normal gak ya

    • eddy setiawan

      June 12, 2017 7:18 am

      REPLY

      Digoyang gimana maksudnya gan? kalau ditaruh meja terus gak bisa digoyang sama sekali mungkin kabelnya ada yang bermasalah gan.

  78. richi

    June 10, 2017 7:52 pm

    REPLY

    mas power bankl saya lampu nya nyala terus,,,ga bisa di matikan…lampu indikatornya bos,,,kira2 apanya tu bos

    • eddy setiawan

      June 12, 2017 7:20 am

      REPLY

      Komponen elektro bagian LED yang bermasalah gan. Kalau masih bisa dipake harusnya no problem gan. Kalau masih garansi bisa di garansikan.

  79. Ria

    June 20, 2017 11:15 am

    REPLY

    Saya baru beli pb, pas bru beli lampunya bisa nambah dari titik 1 ke titik 2 begitu terus sampe penuh. Tapi pas ngcas untuk hari ke 3. Lampu di titik satu cuma kedip ga nambah atau naik ke titik ke 2. Iu kenapa ya.?

    • eddy setiawan

      June 25, 2017 10:53 am

      REPLY

      Ada 2 kemungkinan yang pertama memang baterai nya yang rusak sehingga tidak bisa nambah. Yang kedua hanya indikatornya saja yang rusak. Jika masih baru lebih baik digaransi saja

  80. Citra

    July 1, 2017 3:59 pm

    REPLY

    Min pb saya klo di cas lampunya nyala 44nya tapi jika dilepas dan sy menekan powernya lampunya gak mau nyala dan hpnyapun gak mau tercas. Dan sy coba charger pbnya dan sy smbungkan ke hp kok mau tercas. Itu gmna ya min?

    • eddy setiawan

      July 5, 2017 7:39 pm

      REPLY

      Berarti arus untuk charge ke HP tidak bisa gan. Ada kerusakan dibagian elektronik yang membuat arus charging ke HP. Untuk service power bank tidak ada gan, sebaiknya kalau baru digaransikan.

  81. Naff

    July 19, 2017 6:18 pm

    REPLY

    Boss,PB saya kmrin gpp,tp td pagi saya carge,indikatornya cuma kedip satu aja terus,pdahal udah 5 jam dicargenya,biasanya kalau dicarge kedip dr satu smpai 4,apanya boss?thx

    • eddy setiawan

      July 19, 2017 9:30 pm

      REPLY

      Coba di test gan apa itu drop? Drop cirinya dicharge cepat penuh dan dipake cepat habis. Terus coba di charge 1 harian kalau memang masih tidak bisa penuh mungkin ada yang rusak di bagian indikatornya.

  82. Gia Aprialda

    August 20, 2017 5:28 pm

    REPLY

    Min, saya baru beli PB kemudian saya udah charger selama 5 jam dan PB itu penuh. Keesokan harinya saya pakai PB itu tapi kepake sebentar kekudian mati. Itu kenapa ya min?

  83. Adriansah

    August 31, 2017 1:24 pm

    REPLY

    Bro PB saya sudah di isi penuh, sekitaran 12jam, kemudian saya pakai, mungkin 5menit mati lagi, kemudian di nyalain lagi (mengisi di HP), 1 menit mati lgi. Itu kenapaya?

    • eddy setiawan

      September 1, 2017 7:52 am

      REPLY

      Coba cek di kabelnya bro apa mungkin kabelnya ada kerusakan. Atau kalau tidak di colokan uSB nya ada problem. Kalau semuanya beres berarti komponen di dalamnya ada yang rusak bro

  84. Adriansah

    September 1, 2017 7:36 pm

    REPLY

    Ohh iya bro, saya sudah buka isinya, ternyata ada kabelnya yg putus, mungkin itu sebabnya. Tpi saya ngga tau cara sambung lgi wkwkwk. Caranya gimana bro? Mohon saran

  85. rizal

    September 9, 2017 12:20 pm

    REPLY

    gan saya baru beli pb 3 bulan . kemaren kemaren lancar terus saya cas gk penuh penuh . dari jam 12 malem sampai jam 12 siang pun tetep satu . apa karna pemakaian ? saya selalu pake 10 jam perhari .

    • eddy setiawan

      September 10, 2017 7:02 pm

      REPLY

      Apakah ini terjadi baru pertama apa dulu-dulu nya ndak begini? Karena terkadang kalau pb baru charge pertama kali nya bisa lama banget memang.

  86. Grescia

    September 9, 2017 9:48 pm

    REPLY

    Min ..
    Pb saya baru
    Pb robot
    Lampu indikator nya ada 4
    Tdi saat ngecas lampu nya kedip
    Tanda mengisi
    Trus saat saya lihat stengah jam yg lalu
    Lampu indikatornya mati
    Di hidupin gak hidup2 min
    Gmna min?

    • eddy setiawan

      September 10, 2017 7:06 pm

      REPLY

      Kalau di-charge ulang apa lampu tidak menyala? kemudian jika dipakai di hp apakah masih bisa mengisi?

  87. edy

    September 18, 2017 12:17 pm

    REPLY

    saya beli power bank merk delcell tornado 10.000mah. pas pertama kali datang ke rumah, power bank keadaan mati total(tidak ada daya sama sekali).
    saya cas 12 jam, lalu power bank nya over heat(sangat panas dan seperti tidak normal) dan tidak mau full(lampu ke 4 tetap berkedip). panas power banknya bertahan sangat lama, saya tunggu ada 4 jam lebih(daya baterai habis perlahan2, dr 4 ke 3 lalu ke 2)

    dihari ke 2 saya cas lagi sampai 4 indikator(tidak full), kali ini power banknya tidak sepanas kemarin, hanya hangat. tetapi hangat itu tetap ada sampai 1 jam. lalu normal. apakah power bank seperti ini termasuk rusak? ada solusi? saya malas claim garansi, soalnya saya belinya cuman 85ribu, kemarin dapat harga promosi.

    • eddy setiawan

      September 19, 2017 11:02 pm

      REPLY

      Menurut saya normal itu gan. Asal jangan dari 4 drop jadi 1 nah kalau begitu biasanya baterainya sudah drop itu. Coba di charge ulang siapa tahu karna masih baru jadi overheating. Yang penting jangan sampai overcharge gan jadi power bank tidak sampai drop baterainya.

  88. Mr.x

    September 21, 2017 10:25 am

    REPLY

    Cara memperbaiki konektor usb yg lepas gimana

    • eddy setiawan

      September 22, 2017 7:16 am

      REPLY

      Harus bongkar power bank dan di solder ulang itu gan. Harus orang elektro gan karena jalur2 nya susah kalau bukan orang elektro

  89. Faisal

    October 1, 2017 2:59 am

    REPLY

    Gan mau tanyak ne.
    Sy baru blik pb robot,5200 mah
    Pertama belik, langsung ane pake buat cas hp pb ada 2 lampu nyala, dan hp saya terisi normal.
    Setelah ane cas full,skitar 5 jam, sy pake ke hp, lambat ngisi ny-cepat lobet tu pb, ampe skrng, ne baru 3 hari pakai
    Kira2 itu kenapa ya ?

    • eddy setiawan

      October 9, 2017 7:27 am

      REPLY

      Kemungkinan itu pb nya sudah drop baterainya. Coba diisi lagi kalau cepat full dan cepat habis berarti baterainya sudah drop.

  90. hari

    October 3, 2017 12:51 am

    REPLY

    Power bank saya xiaomi 20000 mah hbis jtuh,biasa.x d tekan trus lampu.x nunjukin kapasitas isi.x brp gtu kan,1x kedip biasa.x langsung mati..tp skrng ko hbs jatuh d tekan tombol.x nunjukin indikator isi.x tp sampai 5x berkedip baru mati..apakah power bank saya eror?

    • eddy setiawan

      October 9, 2017 7:31 am

      REPLY

      Mungkin ada cacatnya karena abis jatuh. Tapi fungsi utamanya bisa mengisi HP dan diisi, yang penting itu harus bisa kalau tidak bisa berarti sudah rusak karena jatuh gan.

  91. Idris

    October 12, 2017 6:14 am

    REPLY

    Gan ane mau nanya.. Pas di cas masuk lampunya nyala tapi kalo di pencet tombolnya gak nyala2.. Itu kenapa ya gan

    • eddy setiawan

      October 13, 2017 8:45 pm

      REPLY

      Nah itu yang penting baterai terisi gan. Kalau tidak terisi berarti baterainya rusak. Tetapi jika terisi berarti cuman lampu indikatornya saja yang rusak.

  92. Ignasius Fature

    October 14, 2017 3:24 am

    REPLY

    Kenapa pb saya stelah di cas full, buat cas hp mke kabel data bawaan pb indikator nyala semua, tpi pas pakek kabel data bawaan hp langsung drop di indikator 1?

    • eddy setiawan

      October 31, 2017 7:26 pm

      REPLY

      Pendapat saya kayaknya kok baterainya ada yang tidak bener ya pak. Coba dipastikan apakah memang jika indikator 1 itu memang hanya mengisi sedikit saja. Bisa jadi memang baterai drop atau bisa jadi hanya indikator saja.

  93. Ignasius Fature

    October 14, 2017 3:25 am

    REPLY

    Dan langsung abis baterai pb nya

  94. Arya

    November 8, 2017 3:08 pm

    REPLY

    mau tanya, cara ngatasin power bank yang sering mati gimana? contohnya power bank udh di charge udh penuh ketika saya nyalain saya buat charge smartphone belum ada 3menit mati.. mohin penjelasanya.

    • eddy setiawan

      November 21, 2017 10:10 pm

      REPLY

      Baterainya udah drop gan. Power bank rugi gan kalao diperbaiki beli baru lebih murah

  95. iqbal

    November 25, 2017 7:41 pm

    REPLY

    Bang indikator power bank saya gak bisa mati gimana bang??

    • eddy setiawan

      November 30, 2017 9:41 pm

      REPLY

      Untuk service agak susah gan karena biayanya lebih mahal dari beli baru. Asal bisa dipakai menurut saya dipertahankan dulu.

LEAVE A REPLY

Anal