cara merawat printer

tips merawat printer

Cara Merawat Printer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Cara Merawat Printer Inkjet

Printer menjadi suatu kebutuhan untuk mencetak dokumen anda, ada begitu banyak merek printer yang beredar di pasar. Merek-merek itu antara lain Canon, HP, Epson, Brother, dll. Selain printer Inkjet sekarang sudah ada printer laserjet yang lebih unggul dalam kecepatan dan kualitas, tetapi rata-rata orang masih jarang menggunakan laserjet dan memilih untuk menggunakan inkjet. Saya ingin memberikan perbedaan sederhana dari Inkjet dan lasertjet.

Inkjet

Laserjet

Kecepatan cetak : medium Kecepatan cetak : Sangat cepat (Seperti fotocopy)
Tinta : Menggunakan tinta cair Tinta : Menggunakan bubuk toner sehingga lebih unggul. Setelah cetak
Cartridge : Bisa trouble tidak detect, buntu, harus ganti cartridge jika rusak Cartridge : Secara berkala hanya perlu ganti sparepart seperti Drum atau Roll. Tetapi tidak ada kendala tidak detect, macet seperti inkjet
Refill : Untuk refill tergolong murah melalui tinta suntik yang beredar dipasaran Refill : Cenderung mahal karena tidak bisa diisi sendiri harus tenaga profesional

Merek printer yang banyak beredar dan banyak dipakai adalah merek Canon, HP, Epson dan Brother. Untuk printer Inkjet kebanyakan orang akan melakukan modifikasi pada cartridge sehingga dapat di refill dengan mudah tetapi selalu ada resiko dimana selang tinta bisa buntu dan cartridge printer bisa rusak. Berikut ini saya memberikan kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing merek tersebut sesuai dengan pengalaman saya.

Canon
Kelebihan Merek Canon : Harga printer cenderung murah dapat dimodif untuk cartridge
Kekurangan Merek Canon : Rata-rata cartridge canon 810 dan 811 saat ini harga cartridge tersebut untuk original sangat mahal. Jika dimodif suatu saat bisa terjadi buntu pada selang tinda atau kerusakan pada cartridge

HP
Kelebihan Merek HP : Harga cartridge original tergolong murah jika dibandingkan Cartridge Canon
Kekurangan Merek HP : Pengalaman saya memakai printer HP saat cartridge diisi ulang pakai tinta suntik, tinta tidak bisa langsung keluar harus disedot dahulu (lebih susah).

Epson
Kelebihan Merek Epson : Kualitas hasil cetak sangat bagus. Tersedia tipe printer yang sudah modif dari Pabrik Epson (L100, L200)
Kekurangan Merek Epson : Kecepatan cetak agak lambat dan jika beli printer Epson langsung modif dari pabrik harus diisi dengan Tinta refill yang original karena jika tidak maka printer seperti terkunci dan tidak bisa dipakai untuk mencetak

Brother
Kelebihan Merek Brother : Unggul di modifikasi jadi saat modif tidak perlu pakai selang lagi. Cartridge original dilepas dan langsung dipasang cartridge modifikasi. Untuk isi tinta lebih mudah setelah modifikasi. Menurut saya hasil modifikasi brother PALING BAGUS dari pada printer jenis lain karena langsung tancap seperti cartridge originalnya.
Kekurangan Merek Brother : Head printer mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Misalnya harus di-cleaning secara rutin, saat “paper jam” menarik kertas harus lebih hati-hati.

Printer Inkjet perlu mengetahui cara merawat printer yang benar sehingga printer tidak mudah rusak atau lebih awet. Berikut ini saya ingin membagikan tips cara merawat:

  • Printer harus dihidupkan terus untuk menjaga agar tinta tidak kering, jangan takut listrik habis banyak karena setiap printer mempunyai mode sleep saat tidak dipakai. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan secara berkala meskipun tidak setiap hari.
  • Saat mengiisi ulang sendiri cartridge jangan mengisi tinta terlalu penuh. Jika sudah diisi tetapi tinta tidak keluar, tinta perlu disedot dari bawah jika anda tidak bisa melakukan maka perlu tenaga profesional untuk membantu anda
  • Lakukan head cleaning secara berkala
  • Jangan menyentuh bagian chip pada cartridge karena bisa menyebabkan cartridge tidak terdeteksi oleh printer
  • Untuk merek Printer Brother butuh tenaga extra untuk melakukan cleaning setiap hari untuk menjaga head tetap terawat
  • Pastikan kertas tidak terlipat saat akan dipakai untuk mencetak, jika terjadi “paper jam” hati-hati saat menarik kertas tersebut karena jika kasar bisa merusak roller printer
  • Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power karena hal ini menyebabkan head tidak kembali pada tempatnya sehingga tinta lebih mudah mengering.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Menentukan Spesifikasi Komputer Terbaru

LEAVE A REPLY