cara riset keyword

Riset keyword

Cara Riset Keyword

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Riset Keyword Dengan Market Samurai Cepat dan Mudah

Anda seorang blogger atau pemilik website dan trafik anda masih tidak sesuai dengan harapan anda? Anda belum mengenal ilmu SEO (Search Engine Optimization). SEO sudah banyak dikenal oleh kalangan blogger atau IT untuk melakukan optimasi pada website atau blog agar bagus dimata search engine dalam hal ini Google. Google sudah mendominasi bisnis Internet karena itu search engine yang kita pertimbangan adalah Google.

Bagi anda yang sudah mengenal SEO topik ini sudah umum dan banyak dibahas, saya hanya ingin membagikan pengalaman saya saja dalam dunia IT semoga tips ini bisa berguna bagi pembaca blog ini. Langkah awal saat kita ingin membangun suatu website atau blog adalah riset. Riset awal sangat penting karena akan menjalani pondasi awal dan tentunya harus kokoh. Pada posting ini saya ingin membagikan tips saya untuk melakukan cara riset keyword yang paling cepet dan mudah dilakukan.

Keyword Itu Apa Sih?

Keyword adalah sebuah kata-kata yang diketikkan pada search engine ketika seseorang ingin mencari informasi. Misalnya “belajar ilmu SEO”, “Google Adsense”, “belajar matematika” itu adalah contoh-contoh keyword yang biasa diketikkan ketika anda ingin mencari suatu informasi pada search engine. Bagi anda yang ingin mengelola suatu website anda harus mengetahui keyword apa yang paling sering diketikkan oleh seseorang ketika mencari suatu topik. Ketika anda sudah mengetahui keyword tersebut maka keyword tersebuat akan menjadi tambang emas anda.

Menurut saya keyword dibedangkan menjadi 2 jenis yaitu:

  • Short tail keyword = Keyword yang terdiri dari 1-2 kata misalnya laptop murah, power bank, smartphone, dll
  • Long tail keyword = Keyword yang terdiri dari 3 kata atau lebih misalnya laptop murah tahun 2015, smartphone paling canggih 2015, dll

Dari sini anda sudah mendapat gambaran bukan seperti apa keyword itu? Bagian berikutnya saya akan membahas mengenai cara riset keyword yang cepat dan mudah dengan menggunakan fasilitas Google atau menggunakan SEO software.

Google Keyword Planner

Tool yang satu ini adalah tool dari Google anda pasti sudah mengetahuinya, tetapi tool ini lebih dominan untuk advertiser (pemasang iklan) karena trafik dan detail informasinya lebih mengarah ke pemasang iklan.

cara riset keyword

Keyword planner sangat mudah untuk dipakai anda cukup memasukkan keyword yang anda inginkan dan secara otomatis Google akan mengeluarkan keyword yang relevan, jumlah pencari dalam 1 bulan seperti pada gambar di atas. Pada gambar terdapat beberapa kolom yaitu:

  • Keyword, keyword yang anda bidik juga tampil beserta dengan keyword lain yang relevan
  • Avg Monthly searches, adalah jumlah pencari dalam sebulan untuk keyword tertentu
  • Competition, kompetisi disini adalah bukan kompetisi dari website tetapi kompetisi dari orang-orang yang ingin memasang iklan dengan adword. Sedangkan yang kita butuhkan adalah jumlah kompetisi dari suatu keyword yang akan kita bidik.
  • Suggested bid, adalah jumlah uang untuk pemasang iklan pada keyword tertentu.

Anda dengan menggunakan Google Keyword Planner paling tidak bisa menemukan gambaran keyword-keyword yang revelan dengan keyword yang anda bidik. Keyword planner sudah bisa mencari salah satu cara riset keyword untuk blog atau website anda, tetapi jika anda memang serius dengan SEO maka keyword planner ini masih kurang karena anda membutuhkan data yang lebih detail untuk membuat suatu posting pada blog atau website.

Kali ini saya ingin memperkenalkan SEO software untuk riset keyword yang cepat dan mudah yaitu MARKET SAMURAI.

Market Samurai Sebagai Sejata Ampuh Riset Keyword

Market Samurai ini adalah suatu SEO Software yang dapat anda gunakan untuk riset keyword dengan cepat dan mudah. Tetapi sayangnya SEO Software ini tidak gratis tetapi Market Samurai worth it untuk anda beli karena cukup membeli 1x saja anda bisa memakai untuk selamanya.

Market-Samurai

Market Samurai adalah software besutan perusahan dari Australia dan saya menggunakan ini sangat puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan beserta team support-nya jika anda terkendala dengan software itu. Untuk cara riset keyword dengan market samurai secara default menggunakan “Golden Rule”, Golden rule terdiri dari 4 bagian yaitu:

  • Relevant
  • Traffic
  • Competition
  • Commerciality

golden rule - cara riset keyword

Relevant, Keyword Harus Relevan

Rule pertama adalah keyword yang anda bidik harus relevan, jadi dari topik suatu blog atau website anda dapat menemukan berbagai macam keyword yang relevan sedangkan yang tidak relevan anda bisa tinggalkan. Jadi anda hanya mengambil yang relevan sebagai acuan anda.

Traffic, Keyword Harus Mempunyai Trafik Yang Cukup

Rule kedua adalah jumlah trafik untuk keyword yang anda bidik harus cukup karena jika anda membidik suatu keyword katakanlah keyword tersebut masih baru sehingga saingan masih sedikit tetapi jumlah pencari harus cukup sehingga keyword itu akan menciptakan trafik yang cukup ke blog atau website anda.

Competition, Kompetisi Dari Keyword Harus Masuk Akal

Rule ketiga adalah kompetisi. Kompetisi dari suatu keyword bervariasi jika anda membidik short tail keyword maka kompetisi akan lebih berat dari pada long tail keyword. Anda harus memastikan jumlah kompetisi itu apakah masih masuk akal bagi anda? Jika masih masuk akal anda bisa mengambil keyword itu. Kemudian aspek kedua dari kompetisi yang paling sering dilupakan adalah KEKUATAN DARI SUATU KOMPETISI. Anda melihat jika jumlah kompetisi adalah 2.000.000 untuk keyword tentang teknologi, sedangkan webiste yang muncul pada search engine misalnya amazon.com, ebay.com, cnet.com maka akan susah karena domain-domain itu sudah mendominasi dunia IT dan sudah menjadi authority site (site dengan high quality content).

Commerciality, Keyword Mempunyai Nilai Jual

Rule keempat adalah mengenai nilai ekonomis untuk keyword. Jika anda mempunyai keyword yang relevan, jumlah trafik cukup, kompetisi masuk akal tetapi jika tidak ada nilai ekonomisnya maka iklan-iklan tidak akan muncul yang sesuai dan visitor anda tidak akan tertarik dengan iklan anda jadi anda tidak bisa menghasilkan uang. Untuk rule ke 3 dan 4 ini Keyword Planner tidak bisa menampilkan data yang tepat untuk anda sebagai publisher iklan sedangkan dengan market samurai data yang disajikan sangat membantu anda sebagai publisher.

Cara Penggunakan Market Samurai Untuk Riset Keyword

Market samurai dapat anda beli dengan harga $149 tetapi jika ada promo market samurai dijual dengan harga $49 atau sekitar 600.000 saja dan itu sudah lifetime anda tidak harus bayar ini itu lagi. Murah bukan? Kali ini saya akan membahas cara menggunakan market samurai untuk riset keyword. Setelah anda install selesai dan membuat project baru maka tampilan dari market samurai seperti berikut ini

cara riset keyword (2)

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk riset keyword adalah:

  • Tekan New Keyword
  • Masukkan keyword yang anda inginkan dan tekan update
  • Setelah itu anda pilih modul “Keyword Research”

cara riset keyword (3)

  • Pada bagian kiri atas anda dapat memasukkan account dari google anda setelah itu anda dapat menekan “Generate Keyword” maka nanti pada box sebelah kanan akan terisi data keyword yang relevan dari keyword utama anda (dalam hal ini organic milk)
  • Setelah setelah ter-generate maka pada bagian kanan bawah ada button “Keyword Analysis” anda tekan maka akan tampil seperti ini

cara riset keyword (4)

  • Pada bagian ini adalah yang paling penting. Anda secara default oleh market samurai sudah diaturkan ke setting Golden Rule. Anda dapat memodifikasi sendiri apa yang sesuai dengan target anda. Untuk setting yang biasa saya lakukan adalah:
    • Total searches dicentang dan tombol + disamping dibuka untuk diisi minimal berapa pencari keyword. Misalnya diisi 50 (untuk market samurai searches adalah per hari bukan per bulan)
    • Kemudian SEO Competition juga dicentang dan dibuka tombol + untuk diisi jumlah kompetisi yang diinginkan. Misalnya 500.000
  • Setelah semua selesai maka anda dapat menekan tombol “Analyze Keyword” maka tabel-tabel akan terisi dengan data sehingga anda dapat melakukan analisa untuk keyword yang diinginkan.
  • Setelah semua teriisi anda sudah mempunyai keyword yang relevan, trafik yang cukup, jumlah kompetisi yang masuk akal dan nilai ekonomis dari suatu keyword (SEOV, terletak pada bagian paling belakang) sekarang kurang 1 faktor penting yaitu KEKUATAN DARI SUATU KOMPETISI.

cara riset keyword (5)

  • Untuk melakukan cek kekuatan kompetisi anda tinggal pilih SEO Competition pada modul di bagian kiri. Untuk kasus ini kita akan mengecek kekuatan kompetisi dari keyword “organic milk”. Jika anda buka seperti pada gambar diatas, anda tinggal menekan “Generate Result” maka akan tampil 10 besar hasil search engine
  • Dari hasil itu terdapat 3 macam warna yaitu merah, kuning dan hijau. Jika semakin banyak merah maka keyword itu memiliki kekuatan kompetisi yang sangat kuat sedangkan jika banyak hijau maka kekuatan kompetisi itu lemah.
  • Sampai sini anda sudah bisa memilih mana keyword-keyword yang dapat anda pilih sebagai tambang emas anda.
  • Anda harus melakukan 1 per 1 untuk tiap keyword untuk cek kekuatan dari suatu kompetisi

Kesimpulan

Cara riset keyword yang baik sangat penting karena sebagai pondasi utama dari suatu blog atau website. Saya sudah membahas mengenai riset keyword dengan Google Keyword Planner dan Market Samurai jika anda masih belum memiliki market samurai bisa langsung membeli MARKET SAMURAI terutama saat diskon mengingat fitur yang ditawarkan sangat banyak. Masih banyak fitur-fitur dari market samurai yang belum saya bahas disini.

Semoga posting saya mengenai cara riset keyword ini bisa membantu pembaca sekalian yang masih belum mengerti cara melakukan riset keyword. Bagi pembaca yang sudah ahli jika saya ada kesalahan bisa langsung memberikan komentar dan jika anda yang masih pemula yang kurang paham bisa bertanya melalui komentar di bawah ini.

Baca artikel yang lain mengenai Ciri-Ciri Power Bank Samsung Asli – Apakah Samsung Mengeluarkan Power Bank

LEAVE A REPLY