cooling pad terbaik

cooling pad yang bagus

Cooling Pad Terbaik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Memilih Cooling Pad Terbaik dan Perbedaannya dengan Vacum Cooler

Setiap orang yang selalu aktif menggunakan laptop harus memiliki cooling pad terbaik agar perangkat tersebut dapat awet dan tidak mudah rusak. Khususnya kerusakan yang diakibatkan oleh mesin-mesin laptop yang memanas setelah berjam-jam diaktifkan.

Cooling pad merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mendinginkan laptop agar terhindar overheating atau kepanasan. Selain itu, yang tidak kalah penting juga melindungi pemakainya dari suhu panas yang muncul dari mesin-mesin laptop.

Sistem dan Cara Mendinginkan Laptop

Dalam garis besarnya sistem dan cara mendinginkan laptop itu ada 2 macam, secara pasif dan dan aktif. Pendingin pasif merupakan suatu alat yang tidak memerlukan daya maupun tenaga untuk mengaktifkannya. Pada umumnya bentuknya berupa alas yang dikasih garam organik, sehingga memiliki kemampuan menyerap panas yang keluar dari mesin laptop.

Selain itu, ada yang lebih sederhana, hanya berupa alas biasa yang dipasang di bawah laptop. Tujuannya adalah untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak menimbulkan hawa yang terlalu panas. Bahan yang digunakan untuk membuatnya bersifat konduktif.

Sedangkan pendingin aktif merupakan mesin pendingin yang memerlukan daya energi untuk mengaktifkan atau menghidupkannya. Biasanya alat ini berbentuk kipas kecil yang dipasang di bawah laptop untuk menambah aliran udara.

Sumber tenaga untuk menghidupkannya dapat berasal dari laptop sendiri yang dihubungkan dengan pendingin tersebut melalui kabel USB serta dipasang pada port. Alat pendingin inilah yang dinamakan cooling pad.

Tips Memilih Cooling Pad

Untuk memilih cooling pad terbaik pilih yang kipasnya dapat dipindah agar bisa lebih bebas menentukan tempat peletakannya. Tapi jika ternyata kipasnya tidak bisa dipindah, utamakan kipas terpasang pada bagian bawah lubang laptop karena dari lubang tersebut udara panas akan muncul.

Pendingin laptop atau cooling pad yang bagus selalu memiliki kipas yang ukurannya lebih besar. Jika ukuran kipasnya besar, maka angin yang dikeluarkan dari alat tersebut juga besar. Sehingga kemampuannya dalam mendinginkan mesin laptop dapat berjalan sempurna.

Sebagian besar cooling pad memiliki satu, dua atau tiga kipas. Jika ingin memiliki pendingin laptop terbaik, pilih yang jumlah kipasnya lebih dari satu agar anginnya semakin bertambah banyak. Apabila jumlahnya ada tiga satu diantaranya pasti terletak di bawah lubang ventilasi sehingga angin dari cooling pad dapat langsung masuk dalam laptop.

Kecepatan putaran kipas memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemampuannya untuk mendinginkan mesin. Jadi pilih yang putarannya paling cepat dengan cara mengecek ukuran RPM cooling pad tersebut pada label atau kardus pembungkusnya. Semakin tinggi RPM-nya, maka cooling pad bisa berputar lebih cepat.

Tidak hanya kecepatan putarannya saja, cooling pad terbaik selalu menghembuskan angin yang arahnya kebawah. Alasannya untuk melindungi mesin laptop agar tidak mudah terkena kotoran debu. Akan tetapi jika ingin memperoleh tingkat penyerapan panas lebih besar, maka pilihan terbaiknya adalah yang arah anginnya keatas. Risikonya, pengguna laptop harus rajin membersihkan bagian ventilasi laptop agar mesinnya tidak cepat kotor.

Bahan cooling pad laptop yang bagus berasal dari alumunium atau besi dan logam lainnya yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Jangan menggunakan pendingin laptop yang terbuat dari platik. Bahan ini mempunyai kemampuan sangat rendah dalam menyerap panas, meski harganya lebih murah.

Tips yang terakhir, cek cooling pad tersebut saat dihidupkan. Pilih yang tidak menghasilkan suara tinggi karena akan membuat konsentrasi kerja jadi buyar. Tingkat kebisingan ini dapat diketahui melalui ukuran dBA-nya yang juga tertulis pada label dan kardus pembungkus. Jika ukuran dBA-nya kecil, menandakan tingkat kebisingan yang rendah.

Cooling Pad untuk Gaming

Untuk penggemar permainan game yang menggunakan laptop, cooling pad menjadi sebuah kebutuhan utama yang tidak boleh dilupakan. Karena biasanya saat bermain game akan selalu menghidupkan laptop hingga berjam-jam lamanya. Untuk itu perlu cooling pad yang bagus agar semua komponen laptop bisa terjaga dengan baik keawetannya.

Di pasaran ada salah satu merek cooling pad yang direkomendasikan, yakni Cooler Mater Notepal X-Slim II. Desainnya sangat sederhana dan ramping. Alat ini cocok dipasang di laptop yang ukuran layarnya 15,6. Harganya tidak terlalu mahal, kurang lebih 270 ribu rupiah.

Merek cooling pad laptop yang bagus dan paling rekomended lainnya adalah Cooler Master Silent Fan Notepad CMC-3. Pendingin laptop dengan ukuran dimensi 32,3 x 5 x 29 ini dibuat dari plastik, namun dilengkapi dengan karet berkualitas prima. Sehingga cukup handal untuk menjaga keawetan mesin dan bisa dipakai untuk laptop ukuran 10 sampai 15 inchi. Harganya sekitar 125 ribu rupiah.

Jika ingin memiliki cooling pad terbaik yang dilengkapi dengan empat kipas, maka pilihan utamanya adalah Deepcool Multi Core X6 Cooling Fan. Keempat kipas tersebut bisa menyala semua, atau bagian bawahnya saja yang diaktifkan. Dengan ukuran dimensi 38 x 29,5 x 2,5 cooling pad dari alumunium ini bisa dipasang di laptop yang ukuran maksimalnya 16,6 inchi. Harganya sekitar 250 ribu rupiah.

Selain itu, masih ada uNique Laptop Cooler Maxcool-7 Black seharga 130 ribu rupiah. Mesin pendingin laptop terbaik ini memiliki ukuran 33 x 25 x 4 cm dan dapat dipasang di laptop berukuran 10 hingga 15 inchi. Kipasnya ada dua dan semuanya bisa menghasilkan angin atau udara yang besar.

Merek Cooling Pad Rekomended untuk Laptop Biasa

Sedangkan untuk pengguna laptop biasa yang tidak dipakai untuk bermain game, pilihannya juga cukup banyak. Misalnya cooling pad merek Deepcool Notebook Cooler N19 yang dapat digunakan untuk laptop berukuran 14 inchi ke bawah.

Bahan yang digunakan untuk membuat cooling pad yang bagus ini adalah alumunium dan mampu menyerap panas dengan optimal. Di pasaran, harganya kurang lebih 100 ribu rupiah saja.

Pilihan berikutnya adalah Deepcool Notebook Cooler N17 yang harganya sedikit lebih mahal 140 ribu rupiah. Meski harganya lebih mahal, tetapi pendingin laptop terbaik ini dilengkapi dengan kipas berukuran besar dan terbuat dari bahan metal. Selain itu, suaranya sangat halus dan tidak ada bisingnya sama sekali.

Micropack Cooling Pad CP-172A juga dapat dijadikan pilihan utama dan sangat kompitable untuk laptop ukuran besar hingga 17 inchi. Harganya memang tergolong mahal 330 ribu, tapi dilengkapi dengan dua kipas besar yang bisa dinyalakan bersama-sama. Meskipun digunakan dalam jangka waktu lama namun tetap mampu menjaga laptop agar tetap dingin.

Perbandingan Cooling Pad vs Vacum Cooler

Selama ini masih banyak yang merasa bingung memilih cooling pad atau vacum cooler untuk menjaga laptop mereka dari kerusakan. Sebelumnya sebagian besar pemakai laptop memang memilih cooling pad. Namun setelah beredar vacum cooler banyak yang ingin meninggalkan cooling pad.

Ada sebagian yang menyebutkan vacum cooler dapat bekerja secara maksimal dibandingkan cooling pad karena keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda. Kelebihan utama yang ada di vacum cooler adalah mampu menyedot debu dan udara panas dari laptop. Namun pada sisi yang lain alat ini selalu memunculkan suara bising saat diaktifkan.

Jadi jika bicara tentang kualitas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Oleh karena itu keputusan terbaik tetap berada di tangan pengguna sendiri. Apabila ingin suasana yang tenang dan tidak berisik, maka cooling pad terbaik adalah sebuah pilihan yang tepat. Tetapi jika tahan dengan suara berisik maka dapat menggunakan vacum cooler.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

LEAVE A REPLY

Anal