fungsi firewall pada jaringan komputer

fungsi firewall

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Salah satu fungsi firewall pada jaringan komputer adalah sebagai pengontrol akses kepada semua pihak yang mempunyai akses atas jaringan pribadi dari pihak lain atau pihak luar. Saat ini, kata firewall sering dikonotasikan pada suatu sistem yang mengatur teknik komunikasi di dua jenis jaringan yang tidak sama.

Pengertian Firewall dan Fungsinya

Firewall merupakan suatu perangkat atau sistem yang memberikan izin pada lalu lintas dalam jaringan. Terutama sekali jaringan yang sudah dianggap punya tingkat keamanan tinggi, agar dapat melaluinya. Tapi selain itu fungsi firewall juga dipakai untuk mencegah agar tidak ada lalu lintas jaringan berbahaya yang masuk dalam sistem.

Pada umumnya, firewall atau sistem keamanan jaringan diaplikasikan di suatu mesin yang telah terdedikasi serta berjalan di gateway atau pintu gerbang. Gateway ini biasanya terletak diantara perbatasan antara satu jaringan dan jaringan yang lain.

Saat ini jumlah perusahaan yang memerlukan akses internet makin banyak. Tentu saja hal ini mengakibatkan kebutuhan perlindungan atas data perusahaan dan aset digital ikut bertambah tinggi. Misalnya lindungan dari serangan peretas atau hacker, pelaku mata-mata dan berbagai aksi pencurian data lainnya.

Jadi dapat disimpulkan, firewall merupakan suatu mekanisme atau teknik yang dibuat dengan tujuan utama menciptakan sistem perlindungan terhadap jaringan komputer. Adapun sistem kerjanya dijalankan dengan cara menyaring dan memfilter semua data yang masuk dan keluar dalam jaringan.

Data yang dianggap aman diizinkan masuk, sementara yang dicurigai sebagai data tidak aman tidak mendapatkan izin untuk lewat di jaringan. Demikianlah garis besar cara kerja firewall dalam sebuah jaringan di komputer dan perangkat sejenis lainnya.

Jenis-jenis Firewall dalam Jaringan Komputer

Sebenarnya firewall itu terdiri dari berbagai macam namun yang paling sering digunakan ada 7 jenis. Salah satunya adalah Packet Filter yang memiliki bentuk paling sederhana dan sering dibekali dua NIC atau Network Interface Card.

Jenis kedua dinamakan Cirkuit Level Gateway yang berbentuk komponen proxy server. Pada umumnya sistem keamanan jaringan atau firewall tipe ini mampu beroperasi di level paling tinggi dalam model referensi OSI.

Berikutnya adalah Application Level Firewall. Penggunaannya akan menimbulkan efek pada pelarangan masuk melalui firewall secaara langsung. Selanjutnya permintaan masuk ini akan dialihkan di layanan jaringan privat kemudian diteruskan kepada komputer yang pertama kali meminta masuk.

Jenis lainnya, NAT atau Network Adress Translation yang mampu memberi lindungan secara otomatis pada sistem. Tipe Firewall ini hanya memberi izin koneksi dari perangkat komputer yang berada dibalik firewall dengan cara menjalankan multiplexing dalam lalu lintas jaringan internal.

Firewall kelima adalah Stateful firewall yang mampu menggabungkan aneka keunggulan dan biasanya ditawarkan secara paket. Firewall tipe ini dapat memfilter lalu lintas jaringan sesuai karakteristik dalam paket. Selain itu juga punya kemampuan mengecek sesi koneksi agar bisa diyakinkan jika suatu sesi koneksi telah mendapat izin.

Ada lagi Virtual Firewall yang biasanya dipasang dalam perangkat komputer maupun sistem keamanan jaringan lainnya. Dalam tipe firewall yang satu ini, beberapa jaringan bisa diberi proteksi melalui izin.

Selanjutnya yang terakhir, Transparent Firewall yang juga sering disebut Brindging Firewall. Tipe ini sebetulnya bukan merupakan firewall asli namun hanya suatu turunan dari satatefull firewall dan dapat melakukan segala hal yang juga dijalankan firewall tipe packet filtering.

Aplikasi Firewall Windows

Agar sistem atau cara kerja firewall dalam sebuah jaringan dapat dijalankan, maka butuh alat khusus atau software. Saat ini sudah banyak software farewall yang bisa didapatkan atau diunduh dan digunakan secara gratis.

Zone Alarm Basic Firewall merupakan salah satu contohnya. Perangkat ini dapat melindungi komputer dari hal-hal yang membahayakan terutama yang muncul dari jaringan internet. Ada beberapa pilihan yang semuanya dapat dipakai untuk mengatur sistem keamanan terutama di sistem OS Windows 7.

Kemudian ada lagi Comodo Firewall yang saat ini merupakan aplikasi firewall paling sering diunduh oleh pengguna komputer. Sistem pertahanannya sangat kuat dan protektif. Selain itu, pengaturan sistem keamanannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui fitur-fitur yang disediakan.

Aplikasi firewall pilihan berikutnya adalah Online Armor Free Firewall yang fiturnya sangat lengkap sekaligus mampu memberi perlindungan maksimal pada perangkat komputer. Tidak hanya ancaman yang muncul dari dalam atau internal saja, ancaman gangguan dari eksternal juga dapat dilindungi termasuk transaksi online dan pencurian data identitas.

PC Tools Firewall Plus merupakan aplikasi firewall yang dilengkapi fitur-fitur dan memiliki kemampuan tinggi guna melakukan pemantauan terhadap lalu lintas web dan situs. Termasuk juga lalu lintas online secara dua arah dan dilengkapi opsi untuk vertifikasi sistem keamanan. Sehingga jika ada ancaman yang muncul pengguna komputer akan mendapat pemberitahuan.

Aplikasi untuk menjalankan fungsi firewall pada jaringan komputer berikutnya dinamakan Tiny Wall. Kelebihannya, aplikasi ini tidak membutuhkan space besar, namun tetap memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu juga tidak akan memunculkan fitur pop up saat disetting.

Aplikasi Private Firewall juga boleh dipilih sebab kemampuannya dalam melindungi jaringan komputer juga sangat sempurna. Tidak hanya serangan dari peretas dan hacker saja, virus dan malware yang membahayakan juga dapat ditangkis dengan aplikasi yang satu ini.

Fungsi dan Manfaat Internet Firewall

Secara umum, cara kerja firewall dalam sebuah jaringan selalu memberi berbagai manfaat dan fungsi terhadap penggunanya. Terutama yang berkaitan dengan masalah keamanan suatu jaringan dan menjaga data hingga informasi penting, agar tidak bisa diketahui atau dicuri oleh pihak lain.

Untuk pengguna internet terutama yang memiliki situs dan website, firewall merupakan suatu sarana yang berfungsi sebagai pelindung konten dari pembajakan. Ketika perangkat komputer dikoneksikan dengan jaringan internet, tentu banyak orang yang dapat mengakses semua data dalam situs. Namun hal ini tidak akan bisa terjadi jika menggunakan program firewall.

Selain pembajakan konten dan pencurian data, pengaktifan koneksi internet juga seringkali memunculkan malware dan virus. Keduanya masuk dalam jaringan komputer melalui website atau situs yang sedang dibuka.

Tanpa ada sistem proteksi yang sempurna, komputer akan jadi lebih mudah terkena serangan malware dan virus tersebut. Namun untungnya ada sebuah sistem keamanan jaringan yang sangat handal mengatasi hal tersebut, yaitu firewall.

Sedangkan untuk windows, firewall juga memiliki fungsi yang tidak kalah besar. Saat suatu jaringan komputer dikoneksikan dengan jaringan internet, harus selalu dilengkapi perangkat lain seperti kabel telpun tanpa router, modem DSL, dan lainnya. Jadi secara otomatis jaringan komputer ini akan mempunyai alamat IP yang bisa diketahui oleh banyak orang.

Dampaknya adalah, segala jenis fitur, aplikasi hingga data dan file yang ada dalam komputer dapat diakses dan dicuri orang lain. Jika data dan file tersebut bersifat rahasia, sudah barang tentu akan menimbulkan bahaya apabila disalahgunakan.

Kondisi inilah yang menjadikan fungsi firewall menjadi hal yang sangat penting. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah, semua data dan file tersebut dirusak atau atau dirubah oleh para hacker dan peretas sehingga tidak dapat difungsikan lagi seperti sebelumnya.

Jika diistilahkan, fungsi firewall pada jaringan komputer tidak ada bedanya dengan polisi atau satpam yang mendapat tugas mengamankan suatu lokasi. Tapi pada firewall, yang dijaga adalah jaringan komputer berikut data, aplikasi dan segala hal yang ada di dalamnya.

Baca artikel yang lain mengenai PC atau Laptop Untuk Gaming

LEAVE A REPLY

Anal