jurusan teknik informatika

prospek kerja teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika

Blog about all latest PC & tech related news and info

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Jurusan Teknik Informatika

Mendalami pembelajaran soal komputer hingga jenjang perkuliahan pasti mengasyikkan. Terutama bagi Anda yang memang sejak awal sudah bercita-cita terlibat langsung di bidang profesi IT (Information and Technology). Namun sayang, masih ada saja mahasiswa yang salah pilih jurusan, karena tidak betul-betul mengenali program studi apa yang dipilihnya, termasuk salah sangka soal materi pembelajaran dan banyak lagi faktor lainnya.

Makanya tak heran, kemudian muncul tipe-tipe mahasiswa populer yang sering di kelas-kelaskan oleh mahasiswa IT. Ada setidaknya 4 tipe mahasiswa yang bisa dikenali.

Pertama, mahasiswa sesuai passion. Mahasiswa tipe ini biasanya tahu betul jurusan kuliah yang dipilihnya akan belajar dan jadi apa, sehingga tak punya kendala berarti saat berkuliah.

Kedua, mahasiswa prospek kerja. Mahasiswa tipe ini (atau seringkali orang tuanya), biasanya memang memilih jurusan berbau komputer karena mempertimbangkan prospek kerja yang luas, dinilai bergengsi, dan punya gaji tinggi. Tak ada masalah berarti yang mereka hadapi, meski kebanyakan terkaget-kaget juga dengan pembelajaran program studi pilihan.

Ketiga, mahasiswa pintar kesasar. Mahasiswa tipe ini biasanya tergolong anak pintar. Mereka boleh jadi kesasar karena menjadikan fakultas komputer sebagai pilihan kedua di luar pilihan pertamanya seperti fakultas kedokteran, tapi tidak diterima, atau sengaja memilih jurusan sesuai ‘anak pintar’ yang notabene fakultas komputer di Indonesia punya passing grade3 besar di bidang IPA, tapi tak tahu apa yang akan dihadapinya. Jelas tak ada masalah buat mereka menjalani perkuliahan.

Keempat, mahasiswa salah jurusan. Nah, mahasiswa tipe ini sepenuhnya salah sangka dan punya ekspektasi keliru soal jurusan komputer yang dipilih. Mereka biasanya mengira akan belajar desain grafis dan multimedia, otak-atik photoshop hingga bikin film. Jika demikian, harusnya mereka ini ambil kuliah desain macam DKV (desain komunikasi visual), desain grafis, dan sebagainya.

Untuk itu, agar Anda bisa berkuliah layaknya mahasiswa tipe satu yang sesuai passion, alangkah bijak jika Anda tahu dulu apa saja fakultas IT berikut jurusannya yang paling banyak diminati, dan tersedia  di berbagai universitas di Indonesia.

Mengenal Cabang Jurusan Teknik Informatika di Universitas

Penyebutan untuk fakultas dan jurusan IT bisa beda antara universitas satu dan universitas lainnya. Tergantung wewenang universitas berdasarkan kurikulum dan kiblat pembelajarannya.

Utamanya, perbedaan dan persamaan itu bisa dilihat dari mata kuliah (matkul) yang diberikan. Jika matkul fokus ke pengembangan software aplikatif dan pemrograman, berarti termasuk ilmu komputer. Jika kebanyakan matkul mempelajari manajemen sistem komputer dan interaksi manusia, boleh jadi tercakup Sistem Informasi. Jika lebih ke arah teknik dan elektro, besar kemungkinan Teknik Komputer. Berikut penjelasannya.

1. Computer Science atau Ilmu Komputer

Mahasiswa jurusan ini akan khusus belajar soal pengembangan software dan kemampuan programming secara mendalam. Di sini mereka dilatih memiliki logika dan analisis teori yang sangat tinggi. Pun belajar segala hal yang berbau matematika seperti menyusun algoritma.

Jurusan ini punya nama paling beragam, salah satunya Teknik Informatika. Lebih jauh, jurusan ini akan memperdalam pengajaran minat khusus seperti Arsitektur IT yang nantinya belajar kriptografi, hingga Kecerdasan Komputasional yang mempelajari matkul unik bioinformatika.

2. Computer Engineering atau Teknik Komputer

Jurusan ini punya peminat paling banyak. Kurikulumnya mengarahkan mahasiswa agar dapat mengimplementasikan software pada hardware guna menciptakan sistem terintegrasi. Meski begitu, bukan berarti lulusannya akan membuat komputer, robot, atau ponsel pintar. Sebaliknya, mereka inilah yang merancang otak di komputer dan elektronik lainnya menjadi sistem canggih, layaknya chip atau prosessor sehingga perangkat-perangkat tadi bisa berfungsi.

3. Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak

Pembelajaran di jurusan ini pada dasarnya mirip-mirip cabang jurusan ilmu komputer, yakni pengembangan software. Namun, mereka tidak belajar programming secara mendalam, melainkan berfokus pada software skala besar, ditambahan pemahaman hingga ke seluk-beluk mengenai SDLC (Software Development Life Cycle).

4. Information System atau Sistem Informasi

Program studi satu ini berfokus membekali mahasiswanya dengan ilmu manajemen teknologi informasi dan perilaku pengguna. Mereka terlatih menganalisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak bagi kebutuhan bisnis atau korporasi. Dengan kata lain, pengaruh ekonomi dan manajemennya juga lumayan besar.

Nantinya mereka bekerja serupa agen, yang menjembatani kebutuhan teknis klien pada sebuah sistem, dengan sejumlah teknisi di belakangnya. Jurusan ini cocok bagi Anda yang tertarik dunia IT, tapi tak ingin terlalu dalam menelisik programming, sekaligus lumayan berminat dengan urusan bisnis dan manajemen.

5. Information Technology atau Teknologi Informasi

Jurusan ini terkait erat dengan aspek teknologi. Baik itu perencanaan, konfigurasi dan implementasi, hingga maintenance beragam infrastruktur teknologi informasi. Mereka juga belajar pengembangan perangkat lunak.

Rekomendasi Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika

Indonesia punya sejumlah lulusan IT terbaik dari universitas dalam negeri yang kini sukses. Agar tak salah menentukan pilihan, berikut rekomendasi universitas terbaik jurusan IT di Indonesia, berdasarkan data dan survei.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tampaknya kegemilangan ITB dalam menghasilkan lulusan-lulusan mumpuni tak perlu diragukan lagi. Berdasarkan riset yang diadakan iPrice Group bekerja sama dengan Venturra pada 2017, ditemukan bahwa lulusan ITB merupakan pendiri startup (perusahan rintisan) sukses terbanyak di Indonesia. Sebut saja tiga pendiri Bukalapak seperti Nugroho Herucahyono, Achmad Zaky, dan Muhamad Fajrin Rasyid, ketiganya berasal dari ITB. Begitu pula CEO Kudo yang telah diakuisisi Grab, Agung Nugroho.

Sejak 2006 Sekolah Teknologi dan Informatika (STEI) di ITB mulai diresmikan, dan sejak itu Jurusan IT juga tercakup di dalamnya. Ada dua pilihan yang tersedia untuk mengembangkan minat dan bakat di jurusan ini. Yaitu S1 Sistem dan Teknologi Informasi (STI) dan S1 Teknik Informatika (TI).  Penerapan kurikulumnya pun terbilang maju dan sangat kompetitif. Cocok bagi persiapan dunia kerja.

Program sarjana berlangsung seperti umumnya, dengan 8 semester dan minimal 144 SKS hingga mendapat gelar.

2. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan universitas terbaik di Indonesia, dan peringkat ke 13 Asia Tenggara versi Webometrics Ranking of World Universities 2016. UI juga menduduki peringkat 277 di dunia pada 2016 versi World University Ranking. Tak heran, beberapa jebolan UI macam Ashar Fuadi yang merupakan programmer andal Indonesia, seringkali mengharumkan nama Indonesia di dunia..

Di UI, secara umum dikenal dua fakultas yang berhubungan dengan IT. Yakni Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). FT mencakup Teknik Komputer, sedangkan jurusan seperti Sistem Informasi (SI) dan Ilmu Komputer (Ilkom) masuk Fasilkom. SI ini mirip STI di ITB, sedangkan Ilkom mirip TI di ITB. Penamaannya saja yang beda. Fasilkom juga punya kelas internasional.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurusan IT di ITS ada di Fakultas Teknologi Informasi (FTIF), yakni jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Kurikulumnya berfokus pada menguasai hardware dan software secara seimbang. Beberapa kuliah minat di semester tinggi di antaranya AI, jaringan, manajemen proyek IT, RPL, dan banyak lagi.

Baca artikel yang lain mengenai Membuat NAS Sendiri

LEAVE A REPLY