kamera untuk traveling

kamera yang cocok untuk traveling

Kamera untuk Traveling

Blog about all latest PC & tech related news and info

Jenis Kamera untuk Traveling yang Lebih Murah dan Praktis

Meski sebenarnya bukan merupakan sebuah kebutuhan mutlak, tapi setiap traveler pasti ingin mengabadikan momen-momen istimewa dalam kegiatannya tersebut. Karena itu mereka tidak pernah lupa membawa kamera ketika berada di mana saja. Kamera untuk traveling ini terdiri dari beberapa jenis. Misalnya kamera mirrorless dan kamera underwater.

Penjelasan Singkat Tentang Kamera Mirrorless

Jika diartikan secara umum, kamera mirrorless adalah kamera yang tidak dilengkapi cermin. Tetapi ketika diartikan secara khusus kamera ini lebih merujuk terhadap kamera MILC atau mirrorlles interchangeable lens camera. Jadi lensa kamera tersebut dapat dilepas dan dipasang lagi serta diganti dengan lensa yang lain, tapi tidak memiliki cermin.

Beberapa tahun belakangan ini kamera mirrorless seringkali dianggap sebagai kamera yang cocok untuk traveling dan kegiatan. Karena bentuknya lebih ringkas dibanding kamera jenis DSLR. Sehingga sangat mudah dan praktis dibawa untuk berpergian ke pantai, pegunungan maupun obyek-obyek wisata lainnya.

Kelebihan Kamera Mirrorless

Selain bentuknya yang ringkas, masih ada kelebihan lain yang menjadikan kamera mirrorless sering dipandang sebagai kamera traveling terbaik untuk saat ini. Meski ukurannya tidak jauh berbeda dengan kamera saku, tetapi sudah memakai sensor dengan kualitas yang sama persis dengan kamera DSLR.

Lensa kamera untuk traveling ini juga dapat diganti, sehingga mampu menghasilkan foto atau hasil jepretan dengan kualitas sempurna. Apalagi fitur sensornya juga memiliki ukuran besar, membuat penggunanya bisa melakukan pemotretan di tempat yang gelap atau minim cahaya.

Kemudian dilihat dari segi pengoperasiannya, kamera mirrorless tergolong mudah digunakan. Karena fitur-fiturnya tidak serumit kamera DSLR. Jadi untuk traveler yang tidak terlalu ahli dalam mengambil foto, kamera mirolless untuk traveling merupakan sebuah pilihan terbaik.

Selanjutnya jika bicara masalah harga, maka bagi traveler yang dananya tidak terlalu banyak bisa memilih kamera untuk traveling jenis mirrorless. Harga kamera ini jauh lebih murah dan sangat terjangkau dibanding kamera DSLR yang kadangkala mencapai puluhan juta rupiah.

Tips Memilih Kamera Mirrorless

Agar bisa memperoleh kamera mirrorlesss untuk traveling yang terbaik, ada beberapa strategi dan tips yang harus diperhatikan.

Kualitas Gambar atau Foto

Salah satu tujuan utama membeli kamera untuk traveling adalah untuk mengabadikan momen perjalanan dengan hasil sempurna. Jadi ketika memilih kamera, jangan hanya memperhatikan ukuran resolusinya saja.

Ukuran resolusi yang besar bukan merupakan sebuah jaminan bahwa gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih sempurna. Urusan paling utama yang perlu diteliti justru terletak di bagian sensornya. Makin besar ukuran sensor suatu kamera, akan semakin bertambah banyak cahaya yang bisa masuk dalam kamera. Sehingga noise pada gambar bisa diminimalkan.

Praktis Dibawa

Berat dan ukuran merupakan dua unsur yang harus selalu menjadi bahan pertimbangan ketika membeli serta memilih kamera untuk traveling atau wisata. Makin ringan dan ringkas kamera mirrorless tersebut, bisa dijadikan alternatif pilihan pertama.

Apalagi jika kegiatan traveling yang dilakukan sering dilakukan di obyek-obyek wisata alam seperti perbukitan, gunung, pantai dan sebagainya. Maka berat atau bobot kamera tidak boleh dikesampingkan begitu saja agar tidak menimbulkan kerepotan saat dibawa.

Harga

Harga juga menjadi faktor penentu, sebab setiap kegiatan traveling tidak hanya membutuhkan kamera saja. Masih ada banyak keperluan lain yang perlu dipikirkan. Seperti tiket perjalanan, makan, biaya penginapan atau hotel dan kebutuhan akomodasi lainnya.

Jadi jika tidak punya dana yang banyak, jangan memaksakan diri membeli kamera mirrorless untuk traveling yang harganya mahal. Yang penting kualitasnya baik dan mudah dioperasikan dengan hasil foto yang bagus dan menarik.

Coba Dulu Sebelum Membeli

Jika ingin mengetahui apakah kamera untuk traveling tersebut benar-benar berkualitas bagus dan sesuai dengan kebutuhan, maka teknik terbaiknya adalah mencoba lebih dulu. Jadi jangan hanya mengecek dan meneliti spesifikasi maupun harganya saja.

Percobaan ini tentu saja hanya boleh dilakukan di toko penjualannya saja. Tapi apabila ingin memperoleh keyakinan yang lebih pasti, bisa meminjam kepada orang lain khususnya teman sendiri. Setelah mengetahui hasilnya dan benar-benar yakin kualitasnya baik, kamera tersebut dapat dipilih dan dibeli.

Kamera Mirrorless Paling Rekomendasi

Canon EOS M10

Saat ini sudah banyak sekali beredar kamera untuk traveling yang beredar di pasaran. Apabila mau menggunakan kamera mirrorless, ada beberapa merek terbaik yang bisa dipilih. Misalnya Canon EOS M10 yang harganya hanya sekitar 6 juta rupiah saja.

Kamera ini mempunyai ukuran resolusi sebesar 18 mp dan LCD-nya bisa diputar hingga 180 derajat. Jadi sangat cocok untuk para traveler yang suka dengan kegitan selfie. Selain itu juga dapat dipakai membuat video meski ukuran maksimalnya hanya 1080 full HD pada 30p, 25p dan 24p.

Olympus E-PM2

Merek kamera traveling terbaik lainnya dari jenis mirrorless yaitu Olympus E-PM2 yang dijual dengan harga kurang lebih 4,8 juta rupiah. Kamera ini mempunyai ukuran resolusi 16 mp dan layar sebesar 3 inchi.

Meski bentuknya tergolong mungil, namun Olympus E-PM2 bisa dijadikan teman perjalanan atau traveling kemana saja. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat memuaskan meski hanya dilengkapi sensor micro tipe Four Thirds yang ukurannya lebih kecil dibanding ADPC.

Sony A3500

Selain itu, masih ada kamera mirroless untuk traveling yang tidak kalah menarik dan canggih yaitu Sony A3500 dengan harga yang lebih murah lagi, sekitar 4,5 juta rupiah. Gambar yang dihasilkan melalui pemotretan dengan kamera ini memiliki kualitas setara dengan DSLR.

Hal ini bukan merupakan hal yang mengherankan sebab ukuran resolusinya saja mencapai 20 mp dengan lensa kit 18 – 50 mm serta f/4 – 5.6. Spesifikasi ini sudah memenuhi syarat untuk melakukan pemotretan bagi penggemar dunia fotografi. Segala jenis metode pemotretan atau pengambilan gambar bisa dilakukan dengan mudah dan tidak ribet.

Samsung NX3000

Belum lama ini pabrikan asal Korea Selatan, Samsung juga telah mengeluarkan kamera yang cocok untuk traveling dari jenis mirroless yaitu Samsung NX3000. Ukuran sensornya 23.5 x 15.6 mm ASPC dengan resolusi 20,3 mp dan lensa kit 16 – 50 mm serta f/3.5 – 5.6.

Salah satu kelebihan dari kamera ini yaitu batu baterainya bisa dicharge secara langsung pada aliran listrik atau memakai power bank. Selain itu juga sangat bagus untuk penggemar selfie, karena layar pengambilan gambarnya bisa diputar 180 derajat. Adapun harganya kurang lebih sekitar 5,5 juta rupiah.

Fujifilm X-A1

Merek kamera mirrorless untuk traveling terbaik berikutnya adalah Fujifilm X-A1 yang dijual dengan harga sekitar 5,6 juta rupiah. Ukuran sensornya 23,5 15,6 mm ASPC dengan resolusi sebesar 16,3 mp dan lensa kit 16 – 50 mm serta f/3.5 – 5.6. Adapun ukuran layarnya 3 inchi.

Hasil pengolahan gambar atau foto dari kamera ini juga sangat bagus, terutama ketika dipakai memotret di tempat yang terang. Sistem shutteer speed dan aperture-nya sangat mudah diatur sehingga pemotret bisa melakukan pengambilan gambar dengan mudah.

Kamera Underwater Beserta Tips Memilihnya

Selain mirrorless, ada sebuah kamera yang cocok untuk traveling terutama bagi traveler yang senang menjalankan kegiatan menyelam atau diving dan snorkling, yaitu kamera underwater. Panorama di dasar laut atau sungai yang dalam memang selalu memiliki keindahan sempurna karena merupakan ciptaan Tuhan.

Setelah masuk dalam air yang dalam, traveler dapat menyaksikan dan menikmati aneka jenis kehidupan air. Misalnya terumbu karang, ikan dan binatang air lainnya dengan bentuk tubuh dan warna-warna yang unik, tumbuhan ganggang dan sebagainya. Jadi sangat sayang apabila tidak diabadikan dengan kamera dan dilewatkan begitu saja.

Tidak berbeda dengan jenis kamera mirroless untuk traveling, kamera underwater juga terdiri dari beberapa merek pilihan. Oleh karena itu, agar bisa memperoleh kamera underwater terbaik, ada beberapa hal yang juga harus menjadi perhatian.

Menentukan Jenis Kamera

Sama dengan jenis lainnya kamera underwater itu ada yang berupa kamera poket biasa, tetapi juga ada yang berbentuk kamera DSLR. Untuk traveler maupun fotografer pemula, lebih baik memilih kamera poket karena beratnya lebih ringan. Selain itu, sistem operasinya juga sangat mudah dijalankan.

Untuk traveler dan fotografer yang sudah profesional, tentu pilihan kamera traveling terbaik yang digunakan adalah jenis DSLR underwater yang spesifikasi dan fiturnya lebih bagus dan lengkap. Sehingga hasil pengambilan foto yang didapat juga sempurna.

Mengecek Fitur

Terkait dengan kebutuhan fitur, untuk kamera underwater yang harus selalu ada diantaranya yaitu fitur waterproof housing availability. Fitur ini bersifat mutlak dan harus dipenuhi karena menjadi semacam pilar utama ketika memotret di dalam air. Pilihlah kamera underwater yang under waterproof housing-nya bisa dipakai untuk mengakses tombol-tombol yang ada dalam kamera.

Demikian pula dengan koneksi lampu bawah airnya, juga harus diteliti dengan cermat. Dan yang tidak boleh dilupakan, waterproof housing tersebut harus dapat memberi akses terhadap external add-on lenses. Sehingga saat melakukan pemotretan bisa menggunakan teknik wide angle dan macro closer sekaligus.

Fitur Kontrol Manual

Antara mengambil foto dalam air dan darat, memiliki perbedaan yang sangat jauh. Mungkin bagi traveler dan fotografer yang suka dengan segala yang yang berbau otomatis, hal ini tidak terlalu penting. Akan tetapi perlu disadari, sistem otomatis pada kamera biasanya tidak dapat dioperasikan secara maksimal jika digunakan di dalam air.

Oleh sebab itu, selalu teliti secermat mungkin apakah fitur kontrol manual pada kamera untuk traveling tersebut bisa dijalankan dengan baik. Tujuannya yaitu agar gambar yang dihasilkan dapat memiliki kombinasi warna dan exposure yang sempurna.

Fitur Manual yang Harus Ada

Salah satu fitur manual terpenting yang perlu dicek adalah fitur white balance. Fitur ini punya manfaat tinggi ketika traveler ingin mengambil gambar tanpa lampu bawah air karena hanya mengandalkan cahaya alami atau ambient light saja. Fungsi fitur white balance adalah untuk mengatur ambient light yang ada.

Sebagaimana diketahui, setelah masuk ke dalam air maka warna dominan yang akan muncul hanya biru saja. Jadi bila dananya mencukupi, beli kamera traveling terbaik jenis underwater yang memiliki perlengkapan fitur High Dynamic Range atau HDR.

Dukungan External Lens

Selanjutnya perhatikan pula apakah kamera untuk traveling tersebut dilengkapi external lens atau tidak. Terutama sekali kamera poket. External lens adalah optic tambahan yang sering dipakai untuk menjalankan teknik wide angle atau closer macro shooting.

Shutter Lag

Shutter lag merupakan waktu jeda yang muncul ketika tombol shot ditekan hingga obyek bisa ditangkap oleh kamera. Apabila menggunakan kamera underwater, sebaiknya mengutamakan kamera yang shutter lag-nya tidak sama antara model satu dan model lainnya. Hal ini selalu memberi pengharuh besar pada hasil pengambilan gambar, terutama terhadap obyek bergerak misalnya ikan.

Itulah beberapa hal yang harus diteliti dengan baik saat memilih kamera untuk traveling yang akan digunakan untuk mengambil gambar dalam air. Dan satu hal lagi yang tidak harus selalu diingat, belilah kamera underwater yang dilengkapi dengan jaminan garansi perbaikan untuk berjaga-jaga jika ada kerusakan.

Cara Memilih Tas Kamera untuk Traveling

Setelah kamera, baik kamera mirrorless untuk traveling atau kamera underwater terdapat satu kebutuhan lain yang harus dipenuhi yaitu tas kamera. Ketika membeli kebutuhan ini, juga ada beberapa hal yang perlu dicermati agar bisa mendapat tas kamera yang pas sekaligus nyaman dipakai untuk traveling dan bepergian.

Bahan Pembuatan

Pilih tas kamera yang dibuat dari bahan berkualitas dengan mutu terbaik. Sehingga tas untuk menyimpan kamera tersebut bisa awet dan tahan lama. Selain itu pilih juga tas yang material pembuatannya lebih tebal tapi lembut dan bersifat waterproof atau tahan air. Terutama sekali untuk traveler yang senang bepergian ke pantai, danau, air terjun atau sungai dan lainnya.

Teliti bagian cangklongannya, apakah kuat menahan beban dari kamera beserta perlengkapan lain yang disimpan dalam tas. Jika memakai tas kamera model backpack, maka bagian yang perlu diteliti tentu saja jahitan yang ada diantara tas dan cangklongan punggungnya. Apalagi ketika memilih tas yang ukurannya lebih besar.

Bagian resleting juga harus diteliti. Agar bisa mengetahui apakah resleting yang ada di dalam dan luar tas kamera tersebut berkualitas atau tidak, ada sebuah teknik yang mudah diterapkan. Perhatian bagian kepala resleting itu, apakah terlihat kokoh dan tebal. Selain itu resletingnya dicoba untuk dibuka dan ditutup beberapa kali. Resleting yang baik selalu dapat berjalan baik dan lancar.

Jumlah Kompartemen

Saat melakukan kegiatan traveling, tentu tidak hanya kamera saja yang dibawa. Karena setiap kamera memerlukan perlengkapan lain seperti batu baterai cadangan, kartu memori cadangan atau lensa tambahan dan sebagainya. Perlengkapan ini sebaiknya disimpan dalam kantong tas agar mudah dicari ketika mau digunakan.

Oleh karena itu, pilih tas kamera untuk traveling terbaik yang dilengkapi dengan kantong atau kompartemen yang jumlahnya lebih banyak dan lengkap. Bahkan jika dirasa perlu, utamakan memilih tas kamera yang masing-masing kompartemennya dibuat sesuai fungsinya. Misalnya kantong khusus untuk menyimpan lensa tambahan, kantong khusus untuk menyimpan baterai cadangan dan seterusnya.

Tahan Terhadap Benturan

Tas kamera yang cocok untuk traveling adalah tas yang dilengkapi dengan bahan atau lapisan khusus yang bersifat tahan terhadap benturan. Biasanya bahan ini berupa material empuk atau busa tebal dan diletakan pada bagian dalam dan sekat-sekat tas.

Dengan adanya lapisan tahan benturan, jika terjadi goncangan atau berbenturan dengan benda keras kamera tetap terlindungi dengan baik. Perlu diketahui, kamera memiliki berbagai jenis fitur dan perangkat lain yang rentan terhadap benturan. Karena itu harus mendapat lindungan yang maksimal agar tidak mudah rusak.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang segala hal yang berhubungan dengan kamera untuk traveling dan kegiatan wisata. Semoga dapat membantu para traveler dalam memilih kamera yang cocok untuk traveling dengan sahabat atau keluarga. Selamat berpetualang semoga bisa mendapat pengalaman indah dan menakjubkan.

Baca artikel yang lain mengenai Komputer Gaming Rakitan

LEAVE A REPLY