kamera untuk vlog

kamera vlog terbaik

Kamera Untuk Vlog

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Kamera untuk Vlog dan Tips Membuat Vlog

Beberapa tahun lalu dunia internet telah diramaikan dengan kehadiran blog yang selanjutnya melahirkan bloger-bloger handal. Dalam perkembangan berikutnya muncul trend yang lebih baru lagi yaitu video blog yang lebih populer dengan istilah vlog. Jika ingin menjadi seorang vlogger, perabot paling utama yang dibutuhkan berupa kamera untuk vlog dan beberapa jenis aksesoris.

Tips Memilih Kamera untuk Membuat Vlog

Kamera untuk vlog sering pula dinamakan sebagai camera action. Untuk memperoleh kamera vlog terbaik, ada beberapa strategi khusus yang perlu diterapkan. Jika kamera tersebut punya kualitas yang baik, tentu akan membuat pengunjung atau permirsa video blog merasa senang dan puas. Sehingga rating kunjungannya juga akan terus mengalami peningkatan.

Field of View

Salah satu syarat pertama yang harus dipenuhi saat memilih kamera untuk vlog adalah tingkat resolusinya yang tinggi, sehingga gambar atau film yang dihasilkan bisa terlihat jernih. Tidak lupa ukuran lensannya ikut dipehartikan,sebab bisa memberi pengaruh yang sangat besar atas hasil rekaman video.

Selain itu, masih ada masalah lain yang tidak boleh di remehkan, terkait dengan field of view. Maksudnya adalah kamera tersebut harus dapat menangkap semua obyek gambar yang ingin diambil secara lengkap. Guna memenuhi kebutuhan ini, sebaiknya memilih kamera vlog yang sudut pandangnya bisa mencapai 150 derajat.

Konektor Mic

Saat membuat vlog, yang dibutuhkan tidak hanya berupa gambaran atau film yang jernih saja tapi juga rekaman suara berkualitas tinggi. Biasanya kamera volg sudah dilengkapi mic untuk merekam suara tersebut.

Tetapi apabila ingin menghasilkan rekaman suara yang lebih baik, sebaiknya memilih kamera yang dapat dipasangi atau support konektor mic eksternal. Karena jika hanya mengandalkan mic bawaan saja, hasil rekaman suaranya kurang jernih dan bening. Apalagi saat mengambil video muncul tiupan angin yang keras.

Kualitas dan Daya Tahan Baterai

Selain dilengkapi konektor mic, sebaiknya juga membeli kamera vlog yang baterainya mempunyai daya tahan lebih lama paling sedikit 2 hingga 3 jam. Selain itu, sediakan pula baterai cadangan agar obyek yang mau direkam bisa diambil semua secara menyeluruh.

Jangan sampai terjadi ketika sedang asyik-asyiknya mengambil rekaman film atau video tiba-tiba kegiatan ini harus dihentikan karena kehabisan daya baterai dan tidak memiliki cadangan atau backup-nya.

Bisa Digunakan dengan Motor dan Dimount pada Helm

Aspek selanjutnya yang dilakukan saat membeli kamera untuk vlog, yaitu memilih yang dapat dipasang di motor dan helm pelindung kepala. Terutama sekali untuk vlogger yang lebih suka dengan kegiatan vlog outdoor sambil mengendarai sepeda motor.

Salah satu jenis kamera vlog yang bisa dipasang dalam berbagai macam posisi adalah kamera go pro. Kamera ini dapat dikenakan di kiri, kanan, atas atau dagu. Untuk saat ini posisi paling populer dan disukai sekaligus sering dipakai oleh para motovlogger adalah kamera diletakan di depan. Sehingga semua bagian yang ada di dasboard motor bisa terekam semua. Selain itu posisi ini juga bisa membuat mic mudah dipasang di helm.

Kamera Vlog Paling Canggih untuk Vlogger yang Sudah Profesional

Dilihat dari sisi penggunaannya, kamera untuk vlog dapat dibagi menjadi 2 macam dan yang pertama adalah kamera vlog yang dipakai oleh vlogger profesional. Kamera ini pada umunya dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, sehingga harganya lebih mahal.

sony-cyber-shot-rx100-ivSony Cyber-shot RX100 IV

Sony Cyber-shot RX100 IV merupakan kamera vlog terbaik yang harganya antara 14 hingga 15 juta rupiah. Kamera ini dilengkapi layar LCD dan engsel, hingga dapat diarahkan dengan mudah ke depan. Sensornya menggunakan stacked CMOS sensor. Sedangkan kapasitas 20.1 mp dengan resolusi maksimal 4 K Ultra High Definition.

Kamera terbaru dari Sony edisi RX 100 ini dapat dipakai untuk membuat video slow motion hingga mencapai 1000 fps. Karena itu tidak mengherankan jika sebagian besar penggunanya merupakan vlogger-vlogger terkenal di Youtube.

canon-powershot-g7-xCanon PowerShot G7 X

Merek kamera vlog terbaik kedua adalah Canon PowerShot G7 X yang harganya sekitar 7 juta rupiah. Kapasitasnya 20,2 mp serta menggunakan sensor BSI CMOS. Resolusi maksimalnya 1080p/60fps High Definition. Lalu untuk layarnya, berupa layar LCD touchscreen flip able.

Bagi vlogger yang merasa harga Sony Cyber-shot RX100 IV terlalu tinggi, disarankan untuk memilih kamera ini sebagai alternatif. Kemampuannya dalam membuat video juga bagus dan sempurna. Warnanya terlihat sangat jernih dan tajam.

canon-eos-70dCanon EOS 70D

Jika menginginkan kamera vlog yang lebih canggih lagi, bisa memilih Canon EOS 70D yang harganya sekitar 15,5 juta rupiah. Kamera berkapasitas 20.2 mp ini dilengkapi dengan sensor PAS-C dual pixel CMOS AF dan ISO 12800. Resolusi maksimalnya 1080p/30fps. Sementara itu, untuk layar display-nya menggunakan 3 LCD touchscreen.

Canon EOS 70D sebenarnya merupakan kamera jenis DSLR. Namun oleh para vlogger yang sudah profesional sering digunakan membuat video setelah dipasangi michrophone eksternal agar suaranya terdengar makin jernih.

sony-a5100Sony A5100

Kamera untuk vlog terbaik keempat merupakan produk keluaran Sony lagi tapi dengan harga yang lebih murah yaitu Sony a5100. Kapasitasnya sedikit lebih tinggi, 24 mp, sensor APS-C dan ISO 12800. Resolusi maksimalnya 1080p/60fps Full High Definition, sedangkan display menggunakan LDC touchscreen. Harganya sekita 5,7 juta rupiah.

Di Indonesia, Sony a5100 mempunyai penggemar dalam jumlah yang lumayan banyak. Salah satu alasannya karena kamera ini sudah dilengkapi dengan microphone jenis stereo. Selain itu ukurannya tipis dan praktis dibawa kemana saja. Layarnya yang memakai teknologi flipable, sehingga makin nyaman untuk melakukan kegiatan perekaman video.

gopro-hero4-blackGoPro Hero4 Black

Merek kamera vlog terbaik terakhir adalah GoPro Hero4 Black dengan harga kurang lebih 6,6 juta rupiah. Kapasitasnya 12 mp, ISO 6400 dengan resolusi maksimal video 1080p/60fps full high definition. Untuk display-nya, dapat disesuaikan dengan keinginan karena perangkatnya dijual secara terpisah.

Meski spesifikasinya tidak terlalu tinggi tetapi kamera vlog ini tetap memiliki performa yang bagus. Bentuknya yang lumayan kecil sangat disukai para vlogger karena praktis dibawa dan digunakan di mana saja. Dan yang tidak kalah penting lagi hasil pengambilan videonya sangat sempurna dan enak ditonton.

Kamera Vlog Murah untuk Vlogger Pemula

Bagi pemula atau masih dalam taraf belajar, tidak perlu memakai kamera vlog dengan harga yang mahal. Apalagi saat ini telah banyak beredar vlog murah sehingga lebih terjangkau oleh isi dompet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

polaroid-cube-sportsPolaroid Cube Sports

Dengan mengeluarkan uang sebanyak 1,4 hingga 2 juta saja, sudah dapat mempunyai sebuah kamera untuk pemula murah merek Polaroid Cube Sports untuk membuat vlog. Meski harga bandrolnya tergolong murah, namun Polaroid Cube Sports bisa dipakai untuk membuat video dalam format full HD 1080p. Di tiap-tiap sisinya dilengkapi magnet sehingga kamera ini bisa diletakan atau ditempelkan pada benda lain dari logam besi.

brica-b-pro5-alpha-editionBrica B-PRO5 Alpha Edition

Meski merupakan perusahaan yang tergolong masih baru, tetapi Brica telah mampu membuat kamera vlog terbaik denga harga ekonomis. Salah satunya yaitu Brica B-PRO5 Alpha Edition yang banderol harganya hanya sekitar 1,4 hingga 1,9 juta rupiah saja.

Dengan harga semurah ini, vlogger pemula sudah bisa membuat video dengan sudut pandang wide angle dalam ukuran yang lebih besar. Selain itu kamera ini dapat digunakan dalam air di kedalaman maksimal 40 meter.

xiaomi-yiXiaomi Yi

Setelah sukses meluncurkan aneka macam produk smartphone di Indonesia, kali ini pabrikan asal China Xiaomi melaunching kamera vlog murah seharga 1 hingga 1,5 juta rupiah dengan bentuk yang sangat mirip dengan GoPro. Meski terkesan ikut-ikutan, tapi Xiaomi Yi memiliki performa yang lumayan sempurna untuk vlogger pemula.

sony-hdr-as20Sony HDR AS20

Apabila ingin mendapatkan kamera vlog terbaik dengan harga yang sedikit lebih murah Sony HDR AS20 bisa dijadikan alternatif pilihan. Dengan biaya 2,9 juta, vlogger dapat menikmati sebuah fitur canggih yang dinamakan SteadyShot yang fungsinya hampir sama dengan Image Stablizer.

Fitur ini sangat berguna untuk meminimalkan efek blur yang muncul karena adanya getaran saat gambar video diambil. Lensanya menggunakan jenis Carl Zeiss yang mampu mengambil rekaman video dengan sudut 170 derajat.

Aksesoris Lain untuk Membuat Vlog

Untuk menjadi seorang vlogger, bukan hanya kamera action saja yang dibutuhkan. Selain itu masih ada beberapa macam perabot lain yang perlu disediakan dan sering dinamakan sebagai aksesoris kamera vlog. Perabot tersebut antara lain:

Selfie Stick dan Tripod

Seorang vlogger sebaiknya memiliki selfie stick dan tripod guna mendukung kegiatannya itu. Selfie stick, tentu saja dipakai untuk membuat rekaman video diri sendiri. sedangkan tripod, fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk menghasilkan rekaman video yang lebih jelas dan tidak blur atau bergoyang-goyang. Keduanya mempunyai bentuk yang praktis, mudah dibawa kemana saja.

External Microphone

Pasti diantara vlogger pernah membuat video tapi dengan hasil kurang memuaskan terutama pada bagian audio atau suaranya yang terdengar kurang jelas. Bahkan yang muncul dominan justru suara berisik, terutama ketika membuat video di luar ruang atau tempat terbuka. Hal ini dikarenakan microphone bawaan kamera untuk vlog memiliki kualitas yang kurang bagus.

Agar masalah ini dapat diatasi dengan baik, maka tidak ada pilihan lain kecuali menggunakan external microphone. Dengan adanya external microphone, suara dalam hasil rekaman video akan terdengar lebih jelas, bening dan jernih. Suara berisik yang sering muncul bisa dikurangi secara maksimal.

Memory Card atau Kartu Memori

Pembuatan video selalu memerlukan space memori yang sangat besar dibanding gambar atau foto. Misalnya ketika membuat video dalam durasi sekitar 10 menit saja, hal ini sama dengan pembuatan foto sebanyak 100 buah.

Oleh karena itu setiap vlogger harus bisa menyediakan kartu memori yang kapasitasnya lebih besar paling tidak 16 Gb. Akan jadi lebih bagus lagi apabila memory card yang dipakai punya kapasitas penyimpanan data hingga 32 atau 64 Gb.

Apabila mempunyai memory card yang kapasitasnya besar, maka vlogger dapat merasa lebih nyaman karena tidak perlu sering-sering menghapus video yang salah atau rusak.

Laptop atau Komputer

Laptop atau komputer tidak hanya berfungsi untuk menyimpan data rekaman video yang mau diuplod ke situs Youtube dan website sejenis lainnya. Selain itu, masih ada fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu untuk melakukan proses pengeditan.

Untuk seorang vlogger, keberadaan laptop atau komputer merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk pemula, perabot ini tidak perlu yang mahal-mahal. Yang paling utama adalah spesifikasinya bisa memenuhi syarat untuk mengedit video.

Hanya saja perlu diingat, dibanding komputer, penggunaan laptop lebih disarankan. Terutama untuk vlogger yang sering melakukan pengeditan secara mobile. Tidak usah khawatir karena saat ini sudah banyak laptop yang dapat digunakan untuk mengedit video dengan harga yang sangat terjangkau.

Tips Membuat Volg yang Baik untuk Pemula

Video blog atau vlog itu terdiri dari berbagai macam rupa dan bentuk. Jumlahnya mencapai ratusan jenis. Contohnya vlog edukasi atau pendidikan, tutorial, hiburan, informasi berita atau pemberitahuan, berbagi pengalaman dan sebagainya. Oleh karena itu, setiap vlogger biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Bagi mereka yang masih dalam taraf belajar dan pemula, pasti ingin berhasil menjadi seorang vlogger yang sukses. Apabila ditekuni dengan serius kegiatan seperti ini dapat mendatangkan penghasilan dalam jumlah yang lumayan besar. Namun tentu saja, agar bisa mendapatkan itu semua, ada beberapa tips membuat vlog yang harus dijalankan.

Memahami Tema yang Ingin Vlogger Disampaikan

Setiap vlogger harus memahami dan mengetahui secara lengkap atas tema yang mau disiarkan atau dipublikasikan dalam vlog. Misalnya ada seorang vlogger yang mengambil tema tentang dunia wisata atau traveling. Vlogger tersebut harus dapat menemukan data-data yang berkaitan dengan tempat wisata yang dikunjungi.

Data-data tersebut antara lain sejarahnya, budayanya, masakan kuliner paling khas di daerah tersebut, dan sebagainya. Jika semua data ini bisa disajikan secara lengkap, maka vlog tersebut akan memiliki daya tarik yang lebih istimewa dibanding buku panduan traveling atau blog dalam bentuk artikel dan tulisan.

Rajin dan Tekun Belajar Editing dan Filming

Jika ingin menjadi vlogger profesional, harus mampu melakukan proses editing dengan hasil yang sempurna. Rekaman video yang ditampilkan sebaiknya diberi tambahan efek, misalnya subtitle atau tulisan-tulisan lain dengan bahasa yang menarik.

Jadi sebelum memutuskan menjadi seorang vlogger, sebaiknya mempelajari lebih dahulu hal-hal yang berhungan dengan editing dan filming. Kedua hal ini merupakan semacam kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia vlogging.

Selalu Aktif di Media Sosial

Agar bisa dikenali oleh orang lain sebagai vlogger, sangat disarankan selalu aktif di berbagai media sosial seperti facebook, instagram, twitter, google+ dan lainnya. Dengan teknik seperti ini eksistensi seorang vlogger akan terus meningkat.

Selain itu apabila aktif di media sosial, akan jadi lebih mudah melakukan share dan membuat orang lain makin tertarik mengunjungi serta melihat vlog yang dipublikasikan. Selain itu juga bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengunjung vlog melalui fitur komentar.

Berkomitmen Tinggi

Syarat selanjutnya untuk menjadi seorang vlogger sukses adalah, selalu berkomitmen tinggi serta teratur membuat vlog. Maksudnya adalah vlogger tersebut tidak harus setiap hari selalu mempublish vlog baru, tapi dilakukan secara rutin dengan jadwal yang pasti. Misalnya setiap seminggu atau dua minggu sekali, ada upload vlog terbaru yang dipublish.

Demikianlah beberapa informasi yang berhubungan dengan kamera untuk vlog terbaik bagi vlogger profesional dan pemula. Semoga penjelasan lain terkait dengan tips agar bisa menjadi seorang vlogger sukses ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Selamat belajar serta membuat vlog yang baik dengan kualitas sempurna.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih VGA

LEAVE A REPLY