Kecanduan pokemon Go

bermain pokemon go non-stop

Kecanduan Pokemon Go

Blog about all latest PC & tech related news and info

Jangan Sampai Kecanduan Pokemon Go dengan Cara Ini!

Dozens of Pikachu characters, the famous character of Nintendo's videogame software Pokemon, march at the Landmark Plaza shopping mall in Yokohama, suburban Tokyo on August 13, 2015.  The Pikachu mascots walk around daily to attract summer vacationers as a part of the "Pikachu Outbreak" event through the weekend.     AFP PHOTO / Yoshikazu TSUNO        (Photo credit should read YOSHIKAZU TSUNO/AFP/Getty Images)

Kecanduan Pokemon Go sebenarnya sama halnya dengan kecanduan game lainnya membuat orang lupa waktu, lupa pekerjaan, dan lupa banyak hal. Hanya saja karena realita yang terjadi pada para pemburu pokemon banyak yang tidak masuk akal, akhirnya membuat game ini seakan menjadi game yang konyol dan membahayakan. Padahal jika kita tahu tempat, tahu situasi, dan pandai pengatur strategi dalam memainkannya tentu permainan ini hal tersebut tidak akan terjadi. Bahkan kita bisa mengambil manfaat dari permainan ini.

Salah satunya memperluas networking kita dengan orang yang sebelumnya tidak kita kenal atau bahkan menjadi quality time yang menyenangkan bersama keluarga. Manfaat ini tentu hanya bisa didapat oleh mereka yang memainkannya dengan wajar. Bukan mereka yang kecanduan hingga melupakan dunia nyata, bahkan terobsesi dengan dunia dalam permainan Pokemon Go ini. Untuk mencegah agar kita tidak sampai kecanduan pada permainan ini berikut dua hal penting yang bisa dilakukan.

Pengendalian dari Luar

Pengendalian dari luar ini menyangkut kepatuhan kita pada institusi terutama yang menetapkan aturan tentang Pokemon Go ini. Ketika kita tidak bisa mengontrol diri kita sendiri rupanya control dari luar sangat diperlukan. Jika kita tidak patuh terhadap pengendalian eksternal yang ada di sekitar kita ini maka kita akan mendapatkan sanksi yang cukup berat. Hingga dengan cara-cara berikut ini kita dipaksa untuk tidak sampai kecanduan Pokemon Go. Apa sajakah itu?

Larangan untuk tidak membawa smartphone di workstation

Maraknya pengguna game Pokemon Go ini di setiap instansi bisa jadi berbeda. Para atasan biasanya sudah tahu mengenai kecenderungan bawahan-bawahannya ada yang kecanduan bermain Pokemon atau tidak. Jika disinyalir permainan ini dapat mengganggu kinerja karyawannya maka sebaiknya peraturan ini bisa dipertegas. Mereka boleh bermain Pokemon Go, tapi tidak ketika waktunya mereka sedang kerja. Di meja kerja mereka tidak membawa smart phone. Jika aturan ini diberikan maka sudah tentu karyawan tidak akan sempat atau sampai kecanduan memainkan Pokemon Go. Tentu saja dengan bermain game tersebut ketika bekerja, bisa menjadi lupa waktu. Lupa waktu bermain Pokemon Go bisa menjadi ancaman serius bagi pekerjaan yang sedang dijalani.

Larangan untuk tidak bermain game saat waktu kerja

Ini sudah tentu bisa ditegaskan dalam sebuah perusahaan sebagai aturan yang harus ditaati oleh para karyawannya. Apapun yang terjadi karyawan tidak diperkenankan menggunakan smart phone yang dimilikinya untuk memainkan Pokemon Go. Hal ini akan membantu perusahaan untuk membuat para karyawannya lebih produktif dalam pekerjaan mereka karena mereka lebih fokus pada apa yang menjadi tugas dan kewajibannya sesuai dengan job desk masing-masing.

Larangan untuk tidak memainkan Pokemon Go

Ini aturan yang cukup keras karena apapun alasannya karyawan tidak diperkenankan untuk memainkan Pokemon sama sekali. Terdengar kejam memang, namun jika dirasa perlu hal ini bisa diberlakukan. Terutama pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan pelayanan yang sifatnya prima dan membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam pekerjaannya. Dengan begitu, karyawan tidak berkesempatan untuk larut dalam permainan ini apalagi sampai kecanduan. Karena bagaimanapun juga bahaya kecanduan Pokemon Go bisa menjadi sangat berbahaya.

Pengendalian dari dalam diri sendiri

Game semestinya adalah permainan yang bisa kita mainkan di waktu senggang. Itulah sebabnya kita yang berhak untuk mengontrol diri kita untuk bermain game atau tidak. Termasuk permainan Pokemon Go ini. Namun ada kalanya kita seolah dikendalikan oleh game tersebut. Hingga seakan-akan tujuan hidup kita beralih bukan pada tujuan hidup yang sebenarnya melainkan memenangkan permainan tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya kecanduan Pokemon Go. Apa sajakah itu?

  • Mengeksplor Pokemon yang sudah kita buru. Cara ini akan membuat kita asyik bermain dengan Pokemon yang sudah kita tangkap. Hal ini mampu menekan keinginan untuk berburu Pokemon jenis lainnya.
  • Berburu pada saat yang tepat. Ini berkaitan dengan berusaha mengontrol diri kita sendiri karena begitulah seharusnya.
  • Berburu bersama keluarga. Karena perburuan menjadi momen kebersamaan, tentunya tidak mau jika harus melakukan perburuan seorang diri, bukan? Hasilnya tentu saja tidak harus sampai kecanduan bermain Pokemon Go.
  • Fokus pada realita. Sedahsyat apapun permainan yang kita mainkan, tentunya kita harus tetap sadar akan relita yang sedang dihadapi. Dengan begitu, tidak ada pihak lain yang merasa dirugikan dengan permainan yang sedang disenangi ini.
  • Batasi kuota internet. Artinya adalah seberapa besar keinginan untuk memainkannya, namun jika kuota internet yang terbatas membuat kesulitan untuk memainkan permainan ini. Dengan begitu, Anda justru menjadi tidak terlalu antusias untuk berburu Pokemon di manapun sedang berada. Pada akhirnya pun, tidak akan menjadi kecanduan.

Seberapa beratnya aturan yang dibuat bahkan sanksi yang dikenakan untuk tidak memainkan Pokemon Go demi menghindari kecanduan, jika diri sendiri tidak ada kemauan untuk lepas dari kecanduan itu akan sulit dilakukan. Hal yang utama dari keberhasilan untuk tidak sampai kecanduan memainkan permainan ini harus berasal dari diri sendiri. Kemampuan kita untuk mengotrol diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop atau PC

LEAVE A REPLY

Anal