komputer built up

pc built up

Komputer Built Up

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pilih Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

Komputer Built Up

Topik kali ini kita akan membahas mengenai komputer desktop, di Indonesia umumnya kita sering menggunakan komputer rakitan untuk kebutuhan sehari-hari baik kantor, sekolah ataupun lainnya. Masih jarang yang menggunakan komputer built up jenis desktop. Sebelumnya saya ingin membedakan dulu komputer rakitan dan komputer built up.

Komputer rakitan adalah komputer yang spesifikasinya kita pilih sendiri dan dirakit oleh penjual komputer. Sedangkan komputer built up adalah komputer desktop yang sudah terakit dan sudah ada merknya misalnya adalah Acer, HP, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi.

Posting ini bertujuan untuk membantu anda memberikan tips komputer desktop mana yang cocok untuk kebutuhan anda? Komputer rakitan atau komputer built up. Sebelumnya mari kita pelajari lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing komputer.

Kelebihan Komputer Built Up

Komputer built up memang jarang dipakai oleh banyak orang tetapi sebenarnya komputer ini memiliki banyak kelebihan yang bisa anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan anda misalnya:

  • Bentuknya sederhana. Sekarang ada yang model All in one jadi komputer dan monitor sudah jadi 1. Anda tidak perlu menyiapkan tempat box untuk komputer dan monitor. Jadi desainnya sangat sederhana.
  • Hemat tempat. Dengan desain yang sederhana anda bisa menempatkan komputer ini dimana saja dengan mudahnya.
  • Sudah include fitur Wifi. Umumnya komputer rakitan tidak ada fitur Wifi sedangkan kalau komputer built up sudah ada fitur Wifi jadi anda sudah tidak perlu repot lagi.
  • Tidak mungkin salah spesifikasi. Jika komputer rakitan anda bisa salah memilih spesifikasi komputer maka komputer built up menghilangkan faktor itu karena komputer built up sudah dijual dengan tipe-tipe tertentu dengan spesifikasi yang sudah fix.
  • Garansi lebih mudah. Karena ini anda beli built up maka jika ada kerusakan di salah satu spare part sudah menjadi tanggung jawab dari merk komputer built up itu sendiri jadi anda hanya perlu komplain ke merk yang anda beli.

Kekurangan Komputer Built Up

Selain kelebihan yang dimiliki ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum anda membeli komputer built up. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  • Tidak semua toko bisa service. Karena sudah diberi merk jadi tidak semua toko bisa melakukan service. Ada spare part tertentu yang mungkin asing bagi toko jadi anda harus melakukan service ke service center dari merk komputer built up.
  • Spesifikasi sudah fix sesuai dengan tipe. Spesifikasi dari komputer sudah fix anda tidak bisa memilih part tertentu.
  • Harga lebih mahal. Karena desain dan ada merk maka komputer built up tentunya lebih mahal dari komputer rakitan biasa.
  • Upgrade lebih susah. Karena sudah fix spesifikasinya upgrade komputer menjadi lebih susah dan lagi casing pun sudah di desain sesuai dengan spesifikasi saat anda beli.

Kelebihan Komputer Rakitan

Setelah kita membahas komputer built up mari sekarang kita beralih ke komputer rakitan. Apa saja kelebihan komputer rakitan berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Spesifikasi bisa memilih sendiri. Ini adalah faktor utama yang membuat semua orang memilih komputer rakitan. Karena kita bisa menentukan spesifikasi sehingga harga pun bisa anda sesuaikan dengan budget.
  • Siapapun bisa melakukan service. Karena ini dirakit oleh toko komputer jadi anda sendiripun bisa membongkar sendiri dan ingin melakukan service sendiripun anda juga bisa.
  • Harga lebih murah. Karena spesifikasi bisa memilih sendiri anda bisa menentukan merk-merk sparepart sendiri jadi budget anda bisa lebih hemat.
  • Upgrade lebih mudah. Anda bisa mengubah spesifikasi sesuai yang anda inginkan jadi lebih flexible.

Kekurangan Komputer Rakitan

Selain kelebihan-kelebihan komputer rakitan yang sudah kita bahas masih ada beberapa kekurangan komputer rakitan yang perlu anda pertimbangan antara lain yaitu:

  • Sparepart bisa dipermainkan oleh toko komputer. Anda tidak bisa mengetahui apakah spare part itu baru atau bekas karena sudah dirakit oleh toko komputer.
  • Bisa salah memilih spesifikasi. Karena spesifikasi anda tentukan sendiri ada kemungkinan anda bisa salah memilih spesifikasi komputer.
  • Garansi lebih susah. Karena itu dirakit sendiri maka jika ada kerusakan garansi harus per spare part. Ini akan membuat anda kesulitan.

Tips Menentukan Komputer Yang Cocok Dengan Kebutuhan Anda

Setelah kita mengetahui dengan detail kelemahan dan kelebihan dari masing-masing komputer baik itu komputer rakitan atau komputer built up maka sekarang anda harus bisa menentukan ingin pakai yang mana untuk memenuhi kebutuhan anda. Berikut ini adalah beberapa tips:

  • Tentukan budget anda. Langkah pertama anda harus menentukan dahulu ingin mengeluarkan budget berapa untuk beli komputer. Jadi anda bisa memilih yang sesuai dengan budget anda.
  • Apakah tempat anda luas? Evaluasi situasi kantor/ruang kerja anda apakah sempit atau luas? Jadi anda bisa menentukan pakai komputer all in one (komputer built up) atau pakai rakitan saja.
  • Upgrade atau tidak? Tentukan apakah komputer ini ke depan bakal anda upgrade atau tidak. Misalnya komputer hanya untuk mengetik atau buat dokumen saja maka jelas anda ke depan tidak perlu upgrade. Sedangkan jika untuk desain atau programming maka ada kemungkin ke depan anda harus upgrade.
  • Punya tim IT. Apakah kantor anda memiliki tim IT yang bisa memperbaiki sendiri? Jika punya maka lebih enak komputer rakitan jadi ketika ada kerusakan anda bisa segera memperbaiki sendiri.
  • Lihat promo komputer. Sebelum anda beli komputer anda perlu cek promo-promo dahulu karena terkadang harga komputer built up ada promo khusus merk-merk tertentu jadi bisa lebih murah dari komputer rakitan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dari saya mengenai komputer rakitan dan komputer built up. Semoga dari posting ini anda sudah tidak bingung lagi membedakan komputer rakitan dan built up. Dengan tips ini saya harap anda bisa menentukan ingin pakai komputer jenis apa dengan mudah, jika ada pertanyaan langsung saja meninggalkan komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

LEAVE A REPLY