Komputer Gaming Rakitan

komputer rakitan game

Komputer Gaming Rakitan

Blog about all latest PC & tech related news and info

Apa Saja Sih yang Perlu Diketahui dari Komputer Gaming Rakitan?

Komputer Gaming RakitanBoleh dibilang komputer gaming rakitan lebih ngetren dibandingkan dengan komputer gaming pabrikan. Mengapa begitu? Ya, sebab kita bisa memilih spesifikasi dan perangkat komputer yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal yang lumrah bila komputer gaming harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Terutama pada perangkat keras seperti kartu grafis VGA, RAM memori, kapasitas hardisk, dan prosessor.

Bagi game professional performa komputer dengan kinerja tinggi menjadi hal yang mutlak harus terwujud. Terutama saat memainkan game-game genre movie action, action war, action, dll. Tampilan grafis menjadi hal yang diutamakan karena menambah keasyikan bermain. Hal yang wajar pula kalau mereka yang hobi merakit komputer adalah para pecinta game PC.

Harga Murah, Performa Tinggi

Para pecinta game PC memiliki prinsip untuk memperoleh komputer gaming yang mumpuni harus semurah mungkin, tapi performa setinggi mungkin. Terkadang, mereka melakukan overclocking bila perlu. Nah, untuk sampai pada level ini, mereka memiliki jam terbang tinggi dalam hal soal rakit-merakit komputer. Bagi yang masih baru mencoba atau belum pengalaman, hal yang harus perlu diketahui terlebih dahulu yaitu kesesuaian antar berbagai komponen hardware yang akan dirakit. Apakah komponen tersebut bisa saling kompatibel atau tidak. Pelajaran dasar yang harus dikuasai tentu mengenal motherboard dan komponen-komponen komputer lainnya besertas kesesuaiannya. Pengenalan merek juga tak kalah pentingnya seperti prosesor dari INTEL atau AMD.

Contoh komputer rakitan untuk gaming dengan anggaran sekita Rp 4 juta. Spesifikasinya berikut ini

  • Prosessor intel Haswell G3240 3.1GHZ
  • Motherboard Biostar H81MLV3
  • VGA Radeon R7 250 2GB ICEQ DDR5 HIS
  • Memori DDR3 4GB PC12800 1600MHz VGEN
  • Hardisk HDD WD Blue/Seagate 500GB SATA 3
  • Optical drive DVDRW LG SATA 24x
  • Casing powerlogic 450W

PC rakitan seperti ini mampu memainkan berbagai game berat bergenre action, war-action, bahkan sampai dengan movie action yang tampilan grafisnya begitu halus dan tajam. PC rakitan ini merupakan salah satu contoh saja, Anda bisa berkreasi sendiri membuat PC rakitan sesuai selera.

Upgrade VGA Card dan Prosessor

Untuk keperluan bermain game, utamakan selalu meng-upgrade VGA card. Pemilihan kartu grafis ini tak melulu hanya berpatokan pada ukuran memory saja. Tak benar anggapan penentu kekuatan VGA, yaitu pada ukuran memorinya. Misalnya ukuran memory 2GB atau 4GB itu sudah kuat untuk bermain game. Padahal, kenyataannya belum tentu. Saat ini, di pasaran sudah tersedia VGA low-end dengan memory 4 GB. Untuk memainkan game-game modern, dibutuhkan VGA dengan memori DDR5. Setelah meng-upgrade VGA, langkah selanjutnya yaitu upgrade prosessor ke dual-core atau lebih. Setelah upgrade VGA dan prosessor, langkah selanjutnya memprioritaskan tambahan RAM.

Sebelum membeli komponen-komponen untuk membuat komputer gaming rakitan, ada baiknya dijawab dulu pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

  • Berapa besar anggaran maksimun yang akan disiapkan?
  • Apakah anggaran tersebut sudah termasuk monitor atau hanya CPU saja?
  • Ketahui apa saja prioritas kebutuhan utama selama menggunakan komputer ini?
  • Game-game modern apa sajakah yang ingin dimainkan dengan memakai komputer supaya performanya lancar?
  • Tentukan settingan grafis apa yang diinginkan, very high, high, atau medium?
  • Berapa resolusi game yang dimainkan, standar HD atau Full-HD?

Tentukan pula ukuran monitor yang akan dipakai. Untuk game-game berat reolusi Full-HD 1920×1080 dipakai monitor berukuran lebih dari 21 inchi. Untuk keperluan ini tentu butuh komponen-komponen yang lebih kuat dibandingan monitor berukuran kurang dari 21 inchi seperti ukuran 20 inchi (1600×900) atau ukuran 16 inchi (1366×768).

Spek Komputer Lebih Diutamakan

Untuk memperoleh komputer gaming rakitan yang mumpuni, susunan spek komputer lebih diutamakan dibandingkan asal merek atau brand. Dalam hal ini, kelas value dan kemewahan spek komputer diabaikan. Oleh karena itu, bisa saja kita akan memperoleh spek komputer untuk gaming dengan anggaran yang lebih murah.

Bila menginginkan spek komputer gaming dengan merek yang berkualitas dan performa bagus tentu butuh anggaran yang lebih tinggi. Hindari spek komputer dengan komponen-komponen yang telah berumur walau masih tersedia di pasaran. Disarankan, hindari juga memilih komputer yang bila 2 tahun ke depan, komponen-komponen di dalamnya sulit dicari, mahal harganya, sulit di-upgrade.

Saran Untuk Memainkan Game-Game Keluaran Tahun 2014-2016

Berdasarkan pengalaman dari gamer yang memainkan game-game pada tahun 2012, setelah berlangsung 2-4 tahun berjalan, game-game keluaran tahun 2014-2016 memiliki tampilan grafis dengan kualitas yang lebih tinggi, ada tambahan efek-efek yang semakin mempesona, dibutuhkan juga perangkat keras dan lunak yang lebih baik dan memadai.

Dukungan perangkat lunak atau software untuk menjalankan game-game terbaru harus benar-benar diperhatikan. Tinggalkan sistem operasi lama seperti WinXP, Window 8/8.1/10 karena sudah tak bersahabat dengan game-game baru. Sistem operasi Win7 masih bisa dipakai, tapi harus gunakan Win7 Ultimate 64-bit+Service Pack 1. Mengandalkan OS saja tentu tak cukup, perlu dukungan software lainnya seperti DirectX, VCredist, dotNET, OpenAL, Windows Live dan PhysX. Perlu diketahui juga, ada kondisi OS tersebut tak bisa diinstal sehingga game tak bisa dijalankan. Bisa saja karena virus dan antivirus yang menyebabkan hal ini terjadi.

Saat Anda memutuskan membuat komputer gaming rakitan, pastikan hardware dan software yang Anda jalankan sudah tepat dan berjalan dengan baik. Kedua perangkat tersebut harus saling mendukung dan kompatibel. Apalagi untuk menjalankan game-game terbaru yang butuh dukungan hardware software lebih tinggi. Terutama untuk melihat tampilan grafis yang halus dan tajam sehingga bermain game begitu mengasyikan dan lebih dahsyat.

Kesimpulan

Processor dan graphic card memegang peranan penting dalam komputer gaming rakitan. Jadi bagi anda yang suka bermain game sangat diperlukan untuk melakukan upgrade agar bisa mengikuti requirement/syarat dari game-game yang baru. Bila ingin share atau diskusi silahkan langsung menuliskan pada bagaian komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai PC Rakitan Game

LEAVE A REPLY

Anal