komputer hemat listrik

pc hemat listrik

Komputer Hemat Listrik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Adakah Komputer Hemat Listrik? Mini Komputer Solusinya

Komputer Hemat Listrik

Saat ini komputer sudah menjadi alat utama untuk kerja. Baru-baru ini sudah banyak beredar komputer hemat listrik yang bisa menjadi solusi agar kita bisa lebih hemat tagihan listrik. Produk ini diberi nama Mini Komputer atau Mini PC.

Kita orang Indonesia lebih banyak menggunakan komputer rakitan karena kita bisa meminta spesifikasi sesuai keinginan dan jika ada kerusakaan bisa diganti sendiri. Tetapi kelemahannya adalah konsumsi listrik besar minimal 350-400watt untuk 1 komputer.

Kali ini saya ingin memberikan informasi mungkin pembaca setia blog ini lagi ada yang ingin menghemat listrik agar biaya kantor tidak membengkak. Mari kita langsung pada topik utamanya.

Komputer Rakitan Yang Umum Dipakai

Komputer rakitan sudah menjadi barang wajib di kantor kita bukan? Budget sekarang tahun 2016 minimal yang anda gunakan untuk belaja komputer rakitan sederhana adalah 4-5jt lengkap dengan monitor. Itu sudah dapat yang standart bisa untuk kerja karyawan anda. Untuk komputer all-in-one atau build-up langsung seperti HP, Dell, Acer, dsb masih jarang ada yang mau pakai.

Kenapa? Karena komputer build-up susah jika ada kerusakaan kita tidak bisa memperbaiki sendiri karena harus dibawa ke service center dari merek yang anda beli. Pengalaman saya, biasanya bisa kita toko-toko untuk melakukan service tetapi karena itu build-up motherboard, desain casing sudah custom tidak seperti PC rakitan yang umum jadi akan susah untuk servicenya. Karena susah charge untuk service jadi mahal. Itulah mengapa komputer rakitan masih umum untuk dipakai saat ini.

Mini PC Solusi Komputer Hemat Listrik

Komputer rakitan yang umum kita pakai seperti yang sudah dibahas konsumsi listrik nya paling tidak 350-400watt, itu minimal sekali. Jika anda komputer bagus dengan banyak hard disk dan VGA maka sudah otomatis power supply harus 600-700watt. Jadi sangat besar bukan pemakaian listrik?

Dari kesulitan energi yang dialami dunia maka pengembang dunia IT hadir dengan solusi Mini PC yaitu komputer mini dengan konsumsi listrik sangat kecil. Kenapa namanya mini PC? Karena memang bentuknya kecil dan casingnya tidak sebesar casing PC rakitan biasa. Power supply yang digunakan hanya menggunakan adaptor seperti laptop jadi konsumsi listrik sudah pasti kecil.

Keunggulan dari Mini PC adalah:

  • Hemat Listrik
  • Bentuk kecil jadi bisa diletakkan dimana saja.
  • Sudah include Wifi, VGA dan processor intel yang paling baru.
  • Harga sama dengan PC rakitan biasa

Kelemahan dari Mini PC adalah:

  • Jika rusak kita susah untuk service sendiri.
  • Belum include monitor
  • Belum include keyboard dan mouse
  • Tidak bisa upgrade

Contoh Beberapa Produk Mini Komputer

Masih banyak contoh-contoh produk Mini komputer yang sudah ada di dunia. Tetapi masih jarang di Indonesia yang mau memakainya padahal listrik sekarang mahal ini bisa jadi SOLUSI tepat bagi kantor anda.

Apakah Perlu Berpindah Dari PC Rakitan Biasa ke Mini Komputer?

Pertanyaan ini perlu kita tanyakan sekarang karena kita sudah biasa menggunakan PC rakitan apakah perlu kita pindah ke Mini PC? Menurut saya adalah IYA dan TIDAK. Jadi ada beberapa divisi di kantor harus pakai komputer mini dan ada divisi yang harus memakai komputer rakitan.

Misalnya, divisi HRD, front office, sekretaris, dsb kerjanya hanya mengetik tidak begitu kerja berat seperti orang desain jadi lebih baik diganti dengan mini PC agar biaya listrik jadi lebih ringan. Kemudian divisi seperti desainer, IT perlu komputer rakitan karena mereka lebih kerja berat dengan komputer.

Tips: pastikan saat anda membeli mini PC, sparepart adaptor bisa anda dapatkan dengan mudah karena itu adalah power supply jika rusak dan anda tidak bisa menemukan sparepart pengganti bisa susah nantinya ke depan.

Kesimpulan

Jadi itulah sekilas mengenai Mini PC sebagai solusi komputer hemat listrik. Energi di dunia sudah semakin menipis mari kita lakukan hal kecil untuk menghemat energi yang tersisa di bumi ini. Apalagi sekarang listrik mahal jadi kita bisa menghemat bukan dengan mini PC. Jika pembaca sekalian ada yang sudah pengalaman menggunakan mini PC mari saya himbau untuk berkomentar disini agar semua pembaca bisa lebih mengetahui mendalam mengenai Mini komputer.

Baca artikel yang lain mengenai Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

LEAVE A REPLY