Komputer Server Tidak Terdeteksi

Masalah pada Komputer Server

Komputer Server Tidak Terdeteksi

Blog about all latest PC & tech related news and info

Penyebab Komputer Server Tidak Terdeteksi yang Sering Terjadi

Komputer server memiliki peran yang sangat penting bagi komputer client yang terhubung. Apabila komputer server mengalami masalah maka komputer lainnya juga akan mengalami hal yang sama. Salah satu masalah yang terjadi adalah komputer server yang tidak terdeteksi oleh komputer lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini akan membahasnya.

Kenapa Komputer Server Tidak Terdeteksi?

Komputer server juga sering mengalami masalah jika sudah terlalu sering digunakan dan karena alasan lainnya. Komputer server yang merupakan jantung dari komputer lain yang terhubung ke dalam jaringannya harus memiliki spesifikasi yang baik supaya bisa awet dan jarang mengalami masalah.

Salah satu masalah yang akan membuat kinerja komputer server terganggu adalah tidak dapat terdeteksi oleh komputer lain. Jika hal ini terjadi maka komputer lain tidak bisa melakukan pekerjaan seharusnya. Misalnya, jika komputer lain memiliki satu jaringan LAN dengan komputer server yang bermasalah atau tidak terdeteksi maka jadi tidak bisa mengakses internet. Atau bisa juga tidak bisa sharing data. Masalah ini ada alasannya. Kenapa? Anda akan mengetahuinya di bawah ini.

Kejadian seperti ini bukan hanya bisa terjadi pada komputer server yang sudah lama tapi juga pada komputer server yang baru digunakan. Salah satu alasan mengapa hal ini bisa terjadi adalah tidak tepatnya konfigurasi yang dilakukan. Mungkin ketika memasangkan kabel-kabel ke ke server ada beberapa hal yang terlewati atau kesalahan yang Anda lakukan. Kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi antara lain.

  • Susunan Kabel Tidak Sesuai

Ini bisa menjadi salah satu masalah utama yang menyebabkan tidak terdeteksinya server. Apabila hal ini Anda salah menempatkan kabel untuk jaringan LAN maka sudah pasti tidak akan ada yang bekerja.

Kabel UTP untuk jaringan LAN memiliki 4 pasang warna yang urutannya harus sesuai. Jenis kabelnya ada kabel cross dan kabel stright. Kedua jenis kabel ini berbeda penggunaannya jenis kabel cross hanya bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang sama, yaitu dari komputer ke komputer sedangkan kabel stright untuk dua perangkat berbeda.

Apabila server tidak terdeteksi artinya cara memasang kabel cross tersebut salah. Jika Anda tidak mengerti akan hal ini maka perlu bantuan dari orang lain.

  • Ada Kerusakan di Piranti Perangkat Jaringan

Komputer tentu saja memiliki banyak sekali perangkat jaringan. Apabila ada salah satu yang rusak maka akan mempengaruhi bagian yang lain juga. Contoh kerusakan yang terjadi adalah pada bagian NIC komputer atau switch. Jika seperti ini maka Anda harus mengganti perangkat tersebut dengan yang baru.

  • Pemasangan Konektor Tidak Benar

Untuk mendeteksi apakah connector terpasang dengan benar atau tidak adalah dengan melihat bagian lampu indikator yang letaknya ada di kartu jaringan dan di switch. Apabila tidak menyala artinya connector memang salah pemasangan. Maka dari itu Anda harus membetulkannya.

  • IP Tidak Diterima Komputer

Hal ini bisa saja terjadi jika salah satu komputer tidak mendapatkan IP dari admin sehingga tentu saja tidak akan terdeteksi atau terkoneksi. Dengan demikian harus dilakukan pengaturan kembali dan sambungkan pada komputer yang belum mendapatkannya.

Sedangkan jika komputer server yang tidak bisa melihat komputer lain yang jaringannya sama maka alasan-alasannya, antara lain.

  • Terlalu padatnya traffic jaringan sehingga memberikan beban pada bandwidth.
  • Bisa juga karena infrastruktur jaringannya terganggu.
  • Terakhir, karena virus. Apabila ada virus yang menyerang maka sistem jaringan akan rusak sehingga bisa menyebabkan dampak kepada PC lainnya yang jaringannya sama.

Begitulah apa saja alasan yang menyebabkan komputer server tidak dapat terdeteksi. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengatasi masalah-masalahnya.

Mengatasi Masalah Pada Komputer Server

Tadi Anda sudah diberitahu apa saja alasan-alasan komputer server tidak dapat terdeteksi oleh komputer lain. Sekarang saatnya membahas bagaimana caranya agar masalah-masalah tersebut dapat diatasi.

  • Masalah Konektor Jaringan

Apabila ada masalah yang terjadi pada konektor jaringan atau kabel maka cara untuk mengatasinya adalah melihat bagian lampu indikator. Apabila menyala maka Anda harus mengganti konektornya. Sedangkan jika kabelnya juga rusak Anda harus mengganti kabelnya juga.

  • Kegagalan Kabel Jaringan

Jika masalahnya kegagalan dalam kabel jaringan maka cara mengatasinya juga dengan melakukan pengecekan pada kabel jaringan. Mungkin saja bagian ini putus karena digigit oleh hewan pengerat. Jika hal ini terjadi maka semua komputer yang terhubungan dalam server yang sama akan mengalami kegagalan. Cara mengatasi lainnya adalah jika kabel data masih bagus ada kemungkinan belum tercolok secara sempurna.

  • Kegagalan Piranti Jaringan

Jika pada bagian piranti jaringan terjadi kegagalan, cara yang dilakukannya pun sama, yaitu harus mengganti dengan network card yang masih bagus dan baru.

  • Tidak Bisa Sharing Data

Apabila masalahnya adalah tidak bisa melakukan sharing data ke komputer lain yang jaringannya sama maka Anda harus melakukan pengecekan pada bagian Network and sharing Center. Karena mungkin saja masih belum diaktifkan. Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke Network and Sharing Center kemudian pilih Set Advanced Sharing Setting. Selanjutnya pilih Enable Network Discovery, File Sharing, Public Folder Sharing. Setelah itu pilih mana folder yang akan Anda sering dengan cara melakukan klik kanan pada folder kemudian pilih Sharing dan aktifkan. Folder yang akan di share pasti terlihat di bagian Network di Windows Explorer.

  • Tidak Bisa Mendeteksi Komputer Lain

Apabila komputer lain tidak bisa terdeteksi maka Anda harus melakukan hal ini untuk mengeceknya. Yaitu, memeriksa koneksi jaringan dengan perintah yang stAndar seperti dengan PING. Apabila angkanya tinggi maka yang terjadi bisa saja pada bagian koneksi jaringan seperti pada switch atau hub. Cara untuk melakukan PING adalah dengan klik tombol Start kemudian pilih run, ketik CMD sehingga akan ada tampilan Command Prompt, ketik “ip config” lalu enter. Apabila ada tulisan TTL maka artinya pada bagian IP tidak ada masalah. Setelah itu periksa juga kabel dan perangkat lainnya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan beberapa tools monitoring yang bisa memantau traffic jaringan contohnya wireshark.

  • Koneksi Jaringan Lambat

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan koneksi jaringan menjadi lambat, salah satunya adalah karena virus atau malware. Agar bisa diatasi maka Anda dapat menggunakan bandwidth management yang berfungsi untuk mengatur bandwidth agar selalu ada dalam keadaan yang baik.

  • Virus Menyerang

Ini terjadi maka hal yang harus Anda lakukan adalah Anda harus memperhatikan pertahanan sistem jaringan atau menerapkan best practice security police. Hal ini dilakukan supaya komputer Anda akan kuat dari serangan virus.

  • Ada Pesan Network Cable Unplugged

Jika pesan ini muncul menandakan bahwa jaringan kabel komputer tidak terpasang dengan baik maka dari itu Anda harus melakukan pengecekan kondisi kabel LAN. Apabila tidak ada masalah pada bagian kabel maka bukalah Control Panel kemudian pilih Network Connections. Setelah itu pada bagian local area network yang mengalami masalah klik dua kali. Nanti klik lagi pada pilihan Connect Using di bagian tab Properties. Selanjutnya klik tab Configure, dan klik Advanced. Setelah itu blok pada bagian Link Speed/ Duplex Mode. Ubah nilainya dan cek satu persatu nilai yang ditawarkan sampai LAN benar-benar terkoneksi.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai penyebab komputer server tidak terdeteksi dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga cara-cara yang dibahas di sini akan berhasil menyelesaikan masalah Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih Hardisk Eksternal

LEAVE A REPLY