Konsultan IT

it konsultan

Konsultan IT

Blog about all latest PC & tech related news and info

Menjadi Konsultan IT Tanpa Harus Menguasai Programming

Konsultan IT

Posting sebelumnya kita membahas mengenai konsultasi dunia IT, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana menjadi konsultan IT tanpa harus menguasa ilmu programming. Apakah mungkin? Pendapat saya bisa asal sudah pengalaman cukup lama di dunia IT. Langsung kita bahas bagaimana caranya

Apa itu Konsultan IT?

Konsultan IT adalah seseorang yang bertugas mengatur sistem yang ada di dalam suatu perusahaan. Sistem ini adalah sistem administrasi yang sudah komputerisasi sehingga semua data sudah digital sehingga jika diperlukan suatu analisa data digital sudah ada.

Konsultan IT lah yang mengatur harus bagaimana alur sistem dari suatu perusahaan atau dengan kata lain bisa disebut dengan analis. Biasanya untuk menjadi analis harus menjadi programmer dulu agar pengalaman mengatur sistem bisa lebih baik barulah menjadi seorang analis. Nah untuk itu saya tidak menggunakan istilah analis karena bukan itu yang akan kita target, target kita adalah konsultan IT.

Jika ada pertanyaan apa beda konsultan IT dengan analis. Menurut versi saya adalah sama-sama mengatur sebuah sistem dalam suatu perusahaan tetapi analis bisa mengatur programmer harus membuat program seperti apa sedangkan konsultan IT tidak harus bisa mengatur programmer karena ada kemungkinan konsultan IT ini tidak memiliki background IT.

Tugas-Tugas Seorang Konsultan IT

Untuk menjadi konsultan IT harus memiliki pengalaman mengatur sebuah manajemen perusahaan baik skala kecil ataupun besar. Topik kali ini menjadi konsultan IT tanpa background IT jadi tugas-tugas yang harus dipelajari adalah:

  • Mampu melakukan analisa.
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang terjadi di dalam sistem perusahaan.
  • Mampu membaca alur sistem manajemen suatu perusahaan.
  • Mengetahui dan memahami bagaimana alur atau sistem komputerisasi meskipun tidak bisa programming.
  • Mampu mengatur seorang programmer atau paling tidak punya partner programmer. Kenapa? Karena ada kemungkinan suatu perusahaan meminta anda dibuatkan program jadi anda yang melakukan analisa dan partner anda yang membuat programnya.
  • Mampu melakukan testing pada suatu software yang sudah disepakati oleh perusahaan.
  • Mampu menggunakan fitur-fitur excel dengan baik.

Kenapa harus bisa excel dengan baik? Karena anda tidak bisa melakukan programming jadi excel adalah senjata andalan anda untuk melakukan analisa. Suatu database jika anda ambil maka datanya akan berbentuk kolom-kolom dan excel sangat membantu anda untuk melakukan analisa. Salah satu fitur excel yang dapat anda pelajari adalah pivot table.

Apakah Harus Memiliki Background Sarjana Komputer untuk Menjadi Konsultan IT?

Tidak harus. Sudah dijawab sebenarnya pada bagian sebelumnya, untuk menjadi konsultan IT anda bisa mengarahkan customer anda untuk membuat program atau anda bisa mengaturkan suatu sistem dengan program yang sudah ada dan anda membuatnya agar alur kerja atau sistem menjadi lebih efisien.

Jadi cukup possible bukan menjadi konsultan IT tanpa harus mengauasai programming atau menjadi sarjana komputer. Tetapi jika anda memiliki partner kerja seorang programmer akan menjadi lebih bagus karena anda bisa menyediakan service yang lebih baik. Tetapi tanpa background sarjana komputer anda harus mengerti alur sistem dalam dunia manajmen, IT ataupun akuntansi. Jadi dibutuhkan pengalaman yang banyak sebelum anda menjadi konsultan IT.

Bagaimana Menjadi Konsultan IT Tapi Tidak Bisa Programming

Untuk bisa menjadi konsultan IT tanpa bisa programming ada beberapa ilmu yang harus anda pelajari. Berikut ini ilmu yang harus anda kuasai:

  • Dasar-dasar akuntansi. Kenapa? Paling tidak anda mengerti bagaimana membuat journal akuntansi sehingga jika ada pembicaraan akuntansi anda bisa mengerti dan memberikan solusi.
  • Dasar-dasar IT. Meskipun tidak bisa programming paling tidak ada mengerti bagaimana mengatur suatu sistem dengan komputer. Misal dengan excel.
  • Ilmu manajemen. Dengan menguasai ilmu manajemen analisa sistem anda akan menjadi lebih kuat ditambah lagi dengan pengalaman anda.
  • Ketelitian yang tinggi. Dengan ketilitian yang tinggi anda mampu melakukan analisa dengan sedetail mungkin sehingga solusi yang anda berikan sesuai dengan apa yang customer anda minta.
  • Mempunyai pola pikir seorang programmer. Meskipun bukan programmer paling tidak punya pemikiran seorang programmer jadi anda bisa lebih mantap dalam melakukan analisa. Bagaimana caranya akan saya bahas di bagian di bawah ini.

Tips Menjadi Konsultan IT Yang Sempurna

Beberapa tips dari saya untuk menjadi seorang konsultan IT yang sempurna meskipun anda bukan programmer. Berikut ini adalah tips-nya:

  • Punya partner programmer atau anda mempunyai pegawai seorang programmer. Dengan punya seorang programmer anda mampu memberikan jasa layanan bikin program sehingga service anda tidak kalah dengan konsultan lain.
  • Punya pola pikir seorang programmer. Nah pola pikir seorang programmer anda harus mampu membaca sistem yang ada saat ini dan kemudian anda terjemahkan di dalam dunia komputer apakah lebih efisien? Apakah solusi anda tidak ada kekurangan? Apakah semua pegawai perusahaan bisa menerima? Dll itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus anda tanyakan ke diri anda sendiri ketika anda memberikan solusi ke customer anda. Pola pikir ini seiring berjalannya waktu akan bertambah dengan sendirinya.
  • Mengerti bagaimana suatu sistem dengan komputerisasi berjalan. Dengan mempunyai pengalaman ini anda bisa memberikan gambaran pada customer bakal seperti apa sistem yang akan anda tawarkan.
  • Buat proposal penawaran semenarik mungkin agar tawaran konsultasi anda diterima oleh perusahaan.
  • Buat Gant Chart atau diagram untuk membantu memantau progres sistem yang anda tawarkan. Dengan bantuan chart ini anda bisa menyelesaikan suatu proyek dengan baik sesuai batas waktu.

Ini adalah beberapa tips versi saya untuk bisa menjadi konsultan IT yang sempurna. Jika pembaca blog masih mempunyai tips yang lain mari berbagi jadi kita semua bisa belajar dengan baik.

Kesimpulan

Semoga posting ini bisa membantu generasi muda baik di dunia IT atau bukan tetapi punya cita-cita menjadi konsultan di dunia IT agar bisa menjadi konsultan IT yang sukses. Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi tips langsung saja meninggalkan komentar pada bagian comment di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Ruangan Tertutup

2 RESPONSES

  1. Jasa Pembuatan Aplikasi

    February 12, 2017 7:42 pm

    REPLY

    thats my ambition, bagus artikelnya (y)

  2. perusahaan konsultan it

    April 11, 2017 2:31 pm

    REPLY

    good artikel, sangat mengispirasi min.
    Mantap !!!

LEAVE A REPLY