Label harga elektronik

digital price tag

Label Harga Elektronik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Penggunaan Label Harga Elektronik Dalam Bisnis

Electronic price labelling atau label harga elektronik merupakan suatu peralatan atau mesin yang memiliki manfaat tinggi dalam dunia bisnis terutama jual beli retail. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk membuat lebel pada barang atau produk yang dijual. Adapun tujuannya antara lain adalah untuk memberi kepastian harga bagi konsumen terhadap barang yang akan mereka beli.

Selain itu, juga bisa memberi kemudahan pada pembeli dan konsumen untuk mengetahui jenis atau tipe barang yang ingin dipilih. Bukan itu saja, dengan adanya perangkat tersebut, bagian kasir jadi lebih mudah dan cepat menjalankan tugasnya. Terutama saat menghitung nilai total harga yang harus dibawar konsumen atas semua barang yang dibeli.

Pengertian Digital Price Tag

Digital Price Tag atau Label Harga Elektronik adalah label dalam bentuk elektronik yang bentuknya seperti monitor super mini yang menampilkan informasi barang yang dijual. Informasi bisa bervariasi mulai harga, berat, dimensi dan sebagainya. Label harga elektronik sering dijumpai pada supermarket atau toko retail tapi sayangnya di Indonesia teknologi ini masih belum begitu populer.

Melalui blog ini saya ingin memperkenalkan betapa mudahnya dengan label harga elektronik dibandingkan dengan label harga manual seperti yang sudah ada dipasaran. Alat-alat yang dipakai oleh label harga elektronik antara lain:

  • Display label harga
  • Control Center untuk label harga elektronik
  • Wifi Router
  • Komputer/Label dengan program khusus untuk digital price tag

Kelebihan dan Kekurangan Digital Price Tag

Dengan adanya teknologi ini label harga elektronik akan menggantikan label manual yang sudah ada dipasaran. Tetapi setiap teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihannya untuk itu berikut ini versi dsolusindo mengenai kelebihan yang didapatkan dari digital price tag:

  • Display harga menjadi lebih menarik dan mendetail.
  • Sangat mudah jika ada perubahan harga karena user tinggal mengganti pada software dan melakukan sinkronasi maka secara otomatis label harga akan mengikuti database.
  • Tidak akan terjadi kesalahan harga saat customer membayar di kasir.
  • Tingkat service/pelayanan menjadi lebih cepat dan akurat.

Selain dari kelebihan yang sudah disebutkan diatas mari kita bahas sekarang kekurangan yang dimiliki digital price tag:

  • Membutuhkan dana lebih mahal karena semua perangkat elektronik.
  • Label harga elektronik menggunakan baterai jadi harus ada maintain dari pihak IT.
  • Jika ada kerusakan perlu waktu lebih lama untuk memperbaiki beda dengan label manual yang tinggal diganti saja.

Itu adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh digital price tag. Apakah anda pelaku bisnis ingin menggunakannya? Teknologi ini tentu akan memudahkan anda bagi pengusaha retail.

Cara Kerja Digital Price Tag

Label harga elektronik memiliki beberapa komponen yang sudah disebutkan diatas. Pada bagian ini kita akan membahas mengenai cara kerja digital price tag. Kita berasumsi bahwa suatu supermarket sudah menggunakan sistem IT yang sudah terpusat pada 1 database. Dari database inilah software khusus akan melakukan sinkronasi antara data barang yang ada di database dengan label harga elektronik.

Jadi secara otomatis ketika data-data barang berudah di database maka secara otomatis label harga elektronik akan meng-update displaynya sesuai dengan database yang ada di komputer server.

Sistem sinkronasi inilah yang menjadi sangat penting dalam digital price tag karena dengan ini cara kerja label manual yang harus mengganti label 1 per 1 ketika ada perubahan harga akan ditiadakan dan tergantikan dengan sinkronasi yang otomatis.

Penerapan Teknologi Barcode

Barcode sudah menjadi teknologi umum yang sudah digunakan semua pebisnis retail. Dengan menggunakan label harga elektronik bagaimana dengan sistem barcode yang sudah berjalan? Jawabannya adalah kombinasikan keduanya dengan harmonis. Untuk menerapkan digital price tag pada bisnis retail anda maka yang diganti hanya label harga manual dengan label harga elektronik jadi display harga menjadi lebih akurat dan tidak menyusahkan ketika ada perubahan harga.

Sedangkan untuk pembayaran dikasir tetap menggunakan barcode label dan sistem pembayaran anda yang lama masih tetap berjalan seperti biasanya. Jadi yang perlu anda lakukan hanya mengubah label manual dengan digital price tag.

Kesimpulan

Sistem digital price tag sangat menjanjikan untuk kemudahan mengatur display data barang untuk customer. Terutama ketika menampilkan harga yang berubah-ubah, digital price tag mengubah semuanya menjadi lebih mudah dengan sistem sinkronasi yang disediakan. Tetapi semuanya ini membutuhkan investasi dana lebih karena semua label manual akan tergantikan dengan label harga elektronik. Dengan kemudahannya apakah anda pelaku bisnis siap mengubah bisnis retail anda? Apakah anda siap menerima perubahan ini di dalam bisnis retail anda?

Baca artikel yang lain mengenai PC atau Laptop Untuk Gaming

LEAVE A REPLY