Laptop atau PC

laptop atau komputer

Laptop atau PC

Blog about all latest PC & tech related news and info

Stress Pilih Laptop atau PC? Tips Menentukan Laptop atau PC

Laptop atau PC

Laptop atau PC sudah tidak bisa terpisahkan dari kegiatan kita sehari-hari. Posting kali ini saya ingin memberikan tips menentukan ingin pakai laptop atau PC. Kebanyakan dari kita bingung mau pilih laptop atau PC bahkan orang IT pun terkadang masih bingung untuk menentukannya. Untuk itu saya membuat posting ini untuk membantu pembaca semuanya agar tidak bingung lagi.

Pertama yang perlu kita pelajari adalah kelebihan dan kekurangan dari laptop atau PC. Berikut ini adalah tabelnya

  Kelebihan Kekurangan
Laptop Mudah dibawah kemana saja

Tidak perlu tempat besar

Tidak tergantung dengan listrik

Sudah include Wi-Fi

Mahal

Service lebih mahal dari PC

Susah untuk upgrade

PC Rakitan Lebih murah daripada laptop

Mudah untuk service

Mudah untuk upgrade

Ketergantungan dengan listrik

Butuh tempat lebih besar daripada laptop

Tidak bisa dibawa kemana saja

Perlu tambahan jika ingin Wi-Fi

Perlu pasang kabel untuk jaringan komputer

Itulah ringkasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan antara laptop atau PC. Dari situ anda dapat melihat bahwa laptop atau PC memiliki keistimewaan tersendiri. Jika anda hanya mengetahui kelebihan dan kekurangannya saja anda tentunya masih bingung mau pilih laptop atau PC.

Untuk itu berikut ini saya akan memberikan panduan untuk menentukan mau beli laptop atau PC. Saya membagi panduan ini menjadi 4 faktor penting berikut ini adalah faktor-faktor tersebut.

Tentukan Kegunaannya

Pertama yang perlu anda tentukan adalah kegunaannya karena dengan menentukan kegunaannya saja anda sudah bisa menjawab antara laptop atau PC. Saya memberikan beberapa contoh misalnya seperti ini:

  • Untuk keperluan sekolah = Laptop. Mengapa? Karena anak sekolah perlu membawa komputer ke sekolah jadi lebih baik laptop daripada PC. Apalagi jika ada kegiatan di lab komputer atau mengerjakan tugas ke rumah teman, pilihan laptop sangat pas.
  • Untuk keperluan pekerjaan kantor = PC. Mengapa? Karena lebih murah, mudah upgrade dan mudah service. Apalagi PC akan dipakai oleh staf anda jadi lebih baik PC daripada laptop. Kalau staf anda lebih banyak diluar kantor maka lebih baik laptop tetapi jika di dalam kantor saja maka PC sangat pas.
  • Untuk keperluan gaming atau desain = PC. Mengapa? Alasannya sederhana karena PC lebih tangguh daripada laptop, dengan harga yang sama anda bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Contoh itu hanya sebagian saja dari kegunaan yang sering saya temui. Anda harus menentukan dulu untuk apa komputer ini, jika sudah terjawab maka anda sudah bisa menentukan antara laptop atau PC.

Sering Mobile atau Tidak

Jika pada faktor pertama tidak terjawab maka faktor kedua adalah menentukan apakah komputer dipakai untuk orang yang sering mobile (sering keliling diluar) atau menentap di kantor. Jika jawabannya adalah YA maka anda tidak perlu pikir panjang maka anda harus pilih laptop. Tetapi jika jawabannya TIDAK maka anda masih bisa memilih PC karena PC lebih murah daripada laptop.

Tentukan Budget

Ketiga adalah masalah budget, anda tentukan budget berapa yang akan anda anggarkan untuk membeli komputer. Kembali lagi pada kegunaannya, jika anda perlu high end komputer tentu budget yang anda siapkan paling tidak 10 juta keatas. Berikut ini saya mengkategorikan budget yang anda perlukan:

  • Komputer dengan kegunaan biasa (tidak untuk kerja berat) = 5 juta ke bawah
  • Komputer dengan kegunaan medium = 7 juta an
  • Komputer dengan kegunaan tinggi = 10 juta ke atas

Misalnya budget anda berlebih anda bisa memilih laptop dengan processor Core i7, bisa anda pakai untuk kerja, untuk game standart saja (bukan game 3D yang berat) dan bisa anda pakai dimana saja.

Yang paling penting dari faktor budget ini adalah ANDA HARUS MEMBANDINGKAN HARGA PC RAKITAN DAN LAPTOP YANG MEMILIKI SPESIFIKASI YANG SAMA DENGAN PC RAKITAN TERSEBUT. Jika spesifikasi sama harga tidak terpaut jauh maka saya menyarankan anda ambil laptop saja. Karena anda bisa pakai dimana saja dan kapan saja.

Siapa Yang Akan Memakai

Terakhir adalah orang yang memakai komputer, faktor terakhir ini anda harus menentukan komputer akan dipakai oleh siapa. Berikut ini beberapa kejadian yang pernah saya alami:

  • Dipakai anak sekolah = Laptop
  • Dipakai pegawai di kantor = PC
  • Dipakai sales = Laptop
  • Dipakai programmer = laptop
  • Dipakai gamer = PC
  • Dipakai desainer = PC

Itu hanya beberapa contoh dari saya, anda tentukan siapa yang akan memakai kemudian tentukan apakah anda ingin membeli laptop atau PC. Kenapa ini penting? Karena jika komputer dipakai oleh staf, anda tidak perlu buang-buang budget beli laptop karena PC lebih murah dan mudah service-nya. Cara pakai setiap orang berbeda-beda jika tidak bisa merawat komputer dan cepat rusak maka anda akan mengeluarkan biaya terus.

Kesimpulan

Sebagai rekap, anda sudah mengetahui kelebihan dan kurangan dari laptop atau PC. Setelah itu ikuti 4 langkah dari saya yaitu:

  • Tentukan keguaannya
  • Tentukan apakah pemakainya mobile atau tidak
  • Tentukan budget
  • Tentukan siapa yang akan memakai

Dari langkah-langkah itu anda akan dapat menentukan mau memilih laptop atau PC dengan lebih mudah. Semoga tips ini berguna bagi anda yang masih bingung mau pilih yang mana, jika ada pertanyaan langsung saja menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini. Semoga ini bisa menjadi solusi anda.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop Murah Berkualitas

LEAVE A REPLY