laptop multimedia murah

laptop untuk multimedia terbaik

Laptop Multimedia Murah

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cerdas Memilih Laptop Multimedia Murah

Laptop menjadi sebuah barang yang saat ini sangat penting untuk dimiliki terutama bagi mereka yang memang bekerja atau mengambil kuliah di bidang yang membutuhkan banyak bantuan laptop. Salah satunya mereka yang mengambil kuliah jurusan multimedia atau mereka yang memang bekerja di bidang multimedia. Memiliki laptop multimedia murah menjadi salah satu impian yang harus diwujudkan di tengah tingginya harga laptop multimedia.

Ya, umumya laptop multimedia memang memiliki harga yang relatif tinggi karena spesifikasi yang dimilikinya. Selain itu, umumnya laptop multimedia juga lebih canggih dibandingkan dengan laptop gaming karena salah satunya laptop multimedia digunakan oleh mereka yang membuat game itu sendiri.

Fitur yang Wajib Dimiliki Laptop Multimedia

Laptop multimedia bukanlah laptop biasa. Laptop multimedia umumnya digunakan untuk berbagai keperluan dalam hal multimedia yang memerlukan kecepatan, ruang yang luas, dan ketepatan. Terutama bagi para mahasiswa bidang multimedia yang harus memadukan antara video, teks, audio, dan animasi. Lalu, apa saja fitur yang wajib dimiliki oleh sebuah laptop multimedia sehingga ia bisa dikatakan sebagai laptop multimedia terbaik untuk Anda? Berikut ulasannya.

Layar Laptop

Layar laptop laptop dalam hal ini berhubungan dengan kualitas layar dan ukurannya. Kedua unsur ini sangat penting dimiliki oleh sebuah laptop multimedia. Dari segi ukuran, laptop multimedia sebaiknya memiliki ukuran 14 inci ke atas. Ukuran ini akan memudahkan dalam pengerjaan semua yang berhubungan dengan bidang multimedia. Begitu juga dengan kualitas layar. Pastikan bahwa kualitas layar untuk mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan multimedia minimal beresolusi 1.600 x 900 piksel. Layar dengan resolusi ini mampu untuk bisa menampilkan gambar dengan detal dan juga tajam. Ada baiknya untuk memilih laptop multimedia dengan resolusi layar yang sudah full HD, yaitu 1.920 x 1.080 piksel.

Ketangguhan Kinerja Laptop

Sebuah laptop multimedia dituntut untuk memiliki kinerja yang tangguh. Kinerja yang tangguh artinya harus didukung oleh sokongan RAM dan prosesor yang juga tinggi. Artinya, sebuah laptop multimedia minimal harus didukung oleh RAM paling minimal adalah 6GB. Sedangkan prosesornya, sebaiknya sudah prosesor Intel Core i5. Kinerja yang tangguh berhubungan dengan salah satunya cara menampilkan gambar dengan tidak adanya lag. Tidak adanya gangguan seperti lag atau gangguan lainnya membuat performa laptop multimedia menjadi tangguh. Terlebih jika Anda harus menjalankan banyak program dalam satu kali pemakaian laptop setiap saatnya.

Kartu Grafis dalam Laptop Multimedia

Dukungan dari kartu grafis juga penting dalam sebuah laptop multimedia. Ya, salah satu fitur penting dalam laptop multimedia adalah RAM dan prosesor yang mumpuni. Akan tetapi, peran kartu grafis juga penting. Ternyata, untuk laptop multimedia kartu grafis yang paling baik adalah yang dipasang terpisah dari prosesornya. Mengapa? Kinerja laptop multimedia dengan kartu grafis yang terpisah diklaim memiliki kinerja yang lebih tangguh dan lebih baik jika dibandingkan dengan laptop yang kartu grafisnya terpasang bersamaan dengan prosesor. Contohnya adalah kartu grafis ATI dan NVIDIA. Kedua jenis kartu grafis tersebut memiliki memori.

Laptop dengan Kualitas Suara yang Tangguh

Kebutuhan laptop multimedia tidak hanya berhubungan dengan kualitas layar dan prosesor yang tangguh. Laptop multimedia yang berkualitas tinggi juga memiliki suara yang baik dan tangguh. Orang yang bekerja di bidang multimedia juga memerlukan kualitas suara laptop yang berkualitas. Jika kualitas suara laptop tidak mumpuni, maka Anda harus membeli perangkat pendukung audio terpisah seperti speaker eksternal atau headphone agar bisa mendengarkan dengan lebih baik.

Laptop Multimedia Asus

Salah satu merk laptop yang memproduksi tipe laptop multimedia adalah Asus. Salah satu tipe laptop Asus yang cocok untuk bidang multimedia adalah Asus N550JV. Terdapat banyak keunggulan dari Asus N550JV yang mendukung sebagai laptop multimedia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Didukung oleh prosesor terbaru Intel Core i7-4700HQ. Prosesor yang sudah lebih tangguh ini juga semakin mendukung kinerja laptop untuk kebutuhan multimedia dengan clock speed 2,4GHz dan Turbo Frequency yang bisa mencapai 3,4GHz.
  2. Didukung layar lebar yang memuaskan kebutuhan kerja multimedia. Laptop Asus ini memiliki lebar layar 15,6 inci yang akan sangat mendukung kebutuhan kerja multimedia Anda. Selain layarnya yang lebar dan luas, ternyata ASUS N550JV juga sudah ditanami kartu grafis tinggi yaitu NVIDIA Geforce GT 740M. Dari segi kartu grafis sudah bisa ditebak bukan bagaiman kinerja laptop dari Asus ini?
  3. Didukung oleh hardisk yang luas. Laptop multimedia tidak hanya membutuhkan prosesor, kartu grafis, dan layar yang berkualitas tinggi, tetapi juga hardisk yang luas. Anda tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang luas untuk menyimpan semua hasil pekerjaan Anda yang memang memakan memori yang tidak sedikit. Laptop Asus ini memiliki hardisk dengan kapasitas tinggi, yaitu 1 TB.

Tips Memilih Laptop Multimedia 5 Juta ke Bawah

Laptop multimedia sebenarnya tidak selalu mahal. Terdapat beberapa jenis laptop multimedia yang sebenarnya harganya sekitar 5 juta ke bawah. Berikut beberapa tips dalam memilih laptop multimedia 5 juta ke bawah dan beberapa contoh laptopnya.

  • Pilih laptop multimedia dengan RAM minimal 4 GB untuk laptop multimedia di bawah 5 juta.
  • Pilih ukuran layar laptop minimal 14 inci agar pandangan tetap terasa luas saat mengerjakan pekerjaan atau tugas-tugas multimedia.
  • Beberapa contoh laptop multimedia di bawah 5 juta sebagai berikut
  1. Laptop Lenovo Ideapad G40-45-8BID. Laptop Lenovo ini dibanderol dengan harga sekitar 3,9 juta. Menggunakan prosesor AMD A8-6410, laptop dari Lenovo ini juga didukung RAM 4 GB dengan memori sebesar 500 GB yang membuat Anda tetap nyama menggunakannya untuk kegiatan multimedia Anda.
  2. Laptop Asus A455LA-WX667D. Laptop Asus ini memiliki harga sekitar 4,725 juta. Spesifikasi yang dimilikinya di antaranya ukuran layar 14 inci dengan resolusi HD, RAM 4GB, Keseluruhan laptop yang tipis sehigga ringan dibawa ke mana-mana, dan prosesor Intel Core i3 5005U. Kelebihan lain yang dimiliki laptop Asus ini adalah speaker yang sudah didukung teknologi SonicMaster.
  3. Laptop Dell Inspiron 14-3458. Laptop dari Dell ini dibanderol dengan harga 4,6 jutaan. Beberapa spesifikasi yang mendukungnya di antaranya ukuran layar 14 inci, layar sudah beresolusi HD yang didukung oleh teknologi TrueLife, menggunakan prosesor Intel i3 4005U, dan sudah disertakannya kartu grafis VGA NVIDIA Geforce 820M.
  • Pastikan laptop pilihan Anda benar-benar mendukung pekerjaan dan tuga multimedia walau harganya di bawah 5 juta.

Demikian pembahasan mengenai cara cerdas untuk memilih laptop multimedia murah dengan harga di bawah 5 juta dan pembahasan mengenai laptop multimedia lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap selektif dalam memilih laptop multimedia. Pastikan Anda mendapatkan laptop multimedia harga terjangkau dengan kualitas yang tetap sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop ASUS Untuk Game Berat

LEAVE A REPLY

Anal