Laptop untuk anak sekolah

Laptop untuk sekolah

Laptop Untuk Anak Sekolah

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Laptop Untuk Anak Sekolah

Untuk membeli suatu laptop yang tepat untuk anak tidak begitu sulit meskipun anda yang tidak mengerti mengenai komputer. Semoga posting berikut ini bisa membantu anda memilh laptop untuk anak sekolah yang tepat. Merek-merek laptop di Indonesia sudah sangat banyak dengan berbagai macam spesifikasi pula bagi kita yang tidak mengetahui merek dan spesifikasi akan kesulitan memilih laptop yang tepat untuk anak sekolah.

Pada umumnya anak-anak yang sekolah SD sampai dengan SMA menggunakan komputer/laptop sebagai media untuk bermain. Itulah mengapa kebanyakan anak akan meminta laptop dengan spesifikasi tinggi karena untuk keperluannya bermain bukan sekolah. Bagi orang tua yang mempunyai uang berlebih tidak ada masalah untuk hal itu, tetapi bagi orang tua dengan kondisi ekonomi biasa akan keberatan membelikan laptop dengan harga tinggi. Untuk memilih laptop yang tepat saya memberikan langkah-langkah yang harus ditentukan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli laptop.

Harga

Faktor pertama yang harus ditentukan dahulu dalam memilih laptop adalah HARGA. Mengapa demikian? Karena anda dapat menemukan laptop dengan spesifikasi rendah sampai tinggi tergantung dari harga yang akan anda setujui. Untuk harga ini bervariasi tergantung dari kondisi ekonomi orang tua dari anak, pada umumnya laptop untuk anak sekolah mempunyai harga antara 3.000.000,- s/d 5.000.000,-. Dengan mengeluarkan uang sebesar itu anak anda sudah dapat mengikuti pelajaran di sekolah.

Penggunaan Laptop di Sekolah

Setelah harga ditentukan maka langkah berikutnya adalah mencari tahu kira-kira laptop yang akan dipakai oleh anak anda akan dipergunakan seperti apa di sekolah.

Mengapa penggunaan laptop perlu diketahui orang tua?

Karena dengan mengetahui penggunaan laptop anak anda maka orang tua akan lebih tahu laptop dengan spesifikasi seperti apa yang akan dibeli untuk anak anda.

Anak-anak lebih mengetahui teknologi jaman sekarang jadi bila anda sebagai orang tua tidak mengetahui maka bisa jadi anda akan menuruti apa kata anak anda. Bagaimana cara mengetahui penggunaan laptop anak anda?

  • Bisa mencari tahu kepada sesama orang tua teman anak anda
  • Bisa mencari tahu kepada guru yang ada di sekolah

Dengan 2 cara itu saya rasa anda bisa mendapatkan banyak informasi penggunaan laptop untuk anak sekolah. Menurut saya pada umumnya penggunaan untuk anak sekolah tidaklah membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Untuk menunjang pelajaran di sekolah pada umumnya penggunaannya antara lain:

  • Belajar mengetik
  • Penggunaan untuk Microsoft Office
  • Penggunaan untuk editing gambar seperti adobe photoshop, corel draw

Secara umum laptop dengan range harga seperti yang di atas sudah mencukup secara umum penggunaan laptop untuk anak sekolah.

Laptop untuk mahasiswa lebih tergantung dari jurusan yang dipilih. Karena mahasiswa jurusan ekonomi tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi karena penggunaannya tidak terlalu berat. Lain halnya dengan mahasiswa jurusan desain atau arsitek yang harus menggunakan software desain yang membutuhkan spesifikasi tinggi agar kerja menjadi lebih cepat.

Spesifikasi Laptop

Langkah ketiga adalah memilih spesifikasi laptop yang tepat sesuai dengan anak anda. Dengan harga dan penggunaan yang sudah ditentukan maka spesifikasi laptop sudah dapat anda tebak seperti apa. Bagi orang tua yang tidak mengerti laptop berikut ini adalah informasi umum spesifikasi laptop sehingga anda bisa lebih mengerti sebelum membeli.

  • Processor à Ini adalah bagian utama dari laptop yang mempengaruhi kecepatan dari laptop
  • Hard disk à Tempat penyimpanan data
  • Memory à Untuk mempercepat kinerja dari laptop
  • VGA à Graphic card untuk menampilkan gambar yang bagus
  • Ukuran à Laptop mempunyai ukuran 10”, 12”, 14” dan 17”

Dengan mengetahui secara umum spesifikasi laptop maka anda dapat lebih baik saat berada di toko komputer karena tidak sedikit toko komputer merekomendasikan berbagi macam spesifikasi laptop sehingga anda akan menjadi bingung. Untuk saat ini dengan harga 3.000.000 – 5.000.000 anda dapat memiliki laptop dengan spesifikasi seperti berikut ini:

  • Processor Intel Core i3
  • Hard disk 500GB
  • Memory 2GB
  • 14 inch
  • Tanpa operating system

Dengan spesifikasi laptop diatas anak sekolah sudah dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan dapat pula digunakan untuk bermain game sederhana yang tidak membutuhkan VGA yang besar.

Rekomendasi Merek-Merek Laptop Untuk Anak Sekolah

Bagian ini adalah rekomendasi dari saya merek-merek laptop yang cocok untuk anak sekolah. Berbagai macam merek laptop beredar di Indonesia, cara memilih laptop yang bagus terdapat pada posting yang lain. Berikut ini rekomendasi merek-merek laptop untuk anak sekolah:

  • Acer, Asus,  HP à 3 merek ini adalah yang paling diminati oleh pembeli karena harganya yang murah dan mendapatkan spesifikasi yang cocok untuk anak sekolah.
  • Toshiba à Merek Toshiba mempunyai harga yang lebih tinggi dari 3 merek di atas
  • Untuk kelas atas atau laptop dengan spesifikasi tinggi rekomendasi kami adalah merek Sony, Apple atau Fujitsu. Ketiga merek ini mempunyai standart harga yang cukup tinggi 10jt ke atas.

Dari sekian langkah sederhana ini semoga posting ini dapat membantu anda pembaca setia blog ini memilih laptop untuk anak sekolah. Bila ada pertanyaan agar lebih jelas jangan malu-malu langsung saja tulis pada bagian comment di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Bagaimana Cara Backup Data Yang Benar

LEAVE A REPLY