laptop untuk desain grafis

laptop desain grafis 7 jutaan

Laptop untuk Desain Grafis

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Pintar Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Desain grafis memang memerlukan sebuah perangkat seperti komputer atau laptop yang dapat menunjang kinerja untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ketika awal kemunculannya, laptop yang banyak disebut sebagai komputer jinjing, tetapi banyak desainer grafis tidak begitu antusias dengan kehadirannya. Sebagian besar dari mereka lebih memilih komputer dibanding laptop yang saat itu belum menunjang kebutuhan desain grafis dengan baik. Saat ini, sudah banyak laptop untuk desain grafis. Sehingga para desainer desain grafis bisa melakukan pekerjaannya di mana pun dengan mudah dan praktis. Walau begitu, penggunaan komputer untuk desain grafis juga masih banyak digunakan.

Laptop vs Komputer Desain Grafis

Baik laptop maupun komputer memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam hal performa dalam membuat sebuah desain grafis. Para desainer bebas menentukan lebih nyaman menggunakan perangkat apa untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, komputer. Walaupun komputer tidak sepraktis laptop yang bisa dibawa ke mana saja, tetapi membuat desain grafis menggunakan komputer terasa nyaman.

Selain layarnya yang luas, karena rata-rata layar komputer lebarnya lebih dari 14 inci, ukuran prosesor yang digunakan pada komputer umumnya lebih besar. Selain besar, juga performanya lebih baik karena tidak mudah panas. Hanya saja, komputer termasuk perangkat yang membutuhkan perangkat lainnya sebelum dioperasikan dan pastinya tidak bisa dibawa ke mana saja kapan saja.

Untuk laptop desain grafis, sekarang ini spesifikasinya terus bertambah. Banyak produsen laptop yang terus meningkatkan performa laptop desain grafis buatannya untuk memenuhi kebutuhan para desainer desain grafis. Laptop desain grafis yang ideal umumnya yang memiliki layar di atas 14 inci. Selain pandangan desainer menjadi lebih luas, juga akan jauh lebih memudahkan pekerjaan saat mendesain. Keunggulan utama dari laptop desain grafis, selain semua fitur yang dimilikinya, adalah kepraktisan dan kemudahannya untuk dibawa ke mana saja. Anda bisa dengan mudah menunjukkan hasil kerja Anda kepada klien di mana saja dan kapan saja hanya dengan membawa laptop dan mengoperasikannya.

Beberapa Laptop Desain Grafis di Pasaran

Mencari dan mendapatkan laptop untuk desain grafis sekarang ini tidaklah sulit. Sudah banyak laptop desain grafis dengan spesifikasi dan harga yang bersaing. Ingin laptop desain grafis 7 jutaan? Atau laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan? Sekarang ini ada cukup banyak merek laptop yang menawarkan laptop desain grafis dengan harga yang berada di bawah 10 juta tetapi dengan spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D yang menggiurkan.

Berikut ini beberapa contoh laptop desain grafis yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Laptop Asus A451LN-WX028D. Laptop besutan Asus ini merupakan salah satu laptop untuk desain grafis yang memiliki harga sekitar 7,5 juta. Spesifikasi yang dimilikinya di antaranya layar sebesar 14 inci dengan HD Color Shine, DDR3 4GB, Core i54200U 1.6GHz, Nvidia Geforce GT840M 2GB, 1 TB, dan dilengkapi juga dengan WiFi, bluetooth, card reader, DVDRW, kamera, dan DOS.
  2. Laptop Toshiba Satellite L40-AS102. Laptop dari Toshiba ini memang baru didukung Core i3 3227U 1.9 GHz tetapi performanya tetap nyaman digunakan untuk desain grafis. Harganya sekitar 7,3 juta. Beberapa spesifikasi lain yang dimilikinya di antaranya DDR3 2GB, Nvidia Geforce GT740M 2GB, 500 GB, layar selebar 14 inci WXGA, dan fitur lain seperti DOS, WiFi, DVDRW, dan bluetooth.
  3. Laptop Lenovo Edge E445-5IA. Laptop dari Lenovo yang dibanderol dengan harga sekitar 5,9 juta ini didukung oleh prosesor AMD A8 5550 2.1GHz. Spesifikasi lain yang mendukunya di antaranya DDR3 4GB, layar seluas 14.1 inci dengan WXGA, AMD Radeon HD8570M 1GB, juga dilengkapi dengan kamera, DOS, dan WiFi.
  4. Laptop HP 14-R017TX. Laptop yang berasal dari produsen HP ini memiliki harga sekitar 5,3 jutaan dengan spesifikasi yang menggoda. Beberapa spesifikasi yang dimilikinya di antaranya Nvidia Geforce GT820M 2GB, didukung core i3 4030U 1.9GHz, layar sudah HD LED seluas 14 inci, RAM 2 GB, memori 500GB, dan fitur lainnya seperti WiFi, kamera, DVDRW, dan DOS.
  5. Laptop Acer Aspire E5-471G. Dari Acer, salah satu laptop yang cocok untuk desain grafis adalah Acer Aspire E5-471G dengan harga 5,8 juta. Spesifikasinya di antaranya Core i3 4030U, memiliki layar selebar 14 inci dengan HD Acer Cine Crystal, sudah didukung Nvidia Geforce GT 820M 2GB, RAM 2GB dengan memori internal 500GB, dan fitur lainnya seperti DOS, WiFi, kamera, dan DVDRW.

Tips Pintar untuk Memilih Laptop Desain Grafis

Memilih laptop untuk kebutuhan desain grafis tetap harus dengan pertimbangan yang matang. Tidak hanya dari segi praktisnya saja, tetapi juga spesifikasi yang akan mendukung kinerja selama bekerja. Berikut beberapa tips untuk memilih spesifikasi laptop dan merek laptop yang cocok untuk desainer.

  1. Memilih Prosesor Laptop. Salah satu spesifikasi penting dari sebuah laptop untuk desain grafis adalah prosesor yang digunakannya. Agar pekerjaan Anda membuat desain grafis berjalan lancar, maka Anda memerlukan prosesor yang cepat. Prosesor yang cepat tidak selalu karena tingkat GHz-nya yang tinggi, karena berbeda spesifikasi laptop akan berbeda cara kerjanya. Pilih laptop dengan prosesor yang tepat agar pekerjaan desain grafis bisa selesai dengan baik.
  2. Pemilihan RAM yang tepat. RAM sangat berpengaruh pada kecepatan dan kinerja dari laptop terutama laptop untuk desain grafis. Pilihlah laptop desain grafis dengan RAM minimal 4GB. RAM yang semakin tinggi akan membuat kinerja laptop juga semakin tinggi sehingga lebih memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Beberapa model RAM yang perlu Anda ketahui di antaranya DDR1, DDR2, dan DDR3.
  3. Memilih Prosesor yang Digunakan. Jika Anda merasa nyaman menggunakan Intel, maka pilihlah prosesor Intel dengan standar Core i5. Sedangkan untuk yang nyaman menggunakan AMD, bisa memilih AMD10. Keduanya sudah memenuhi syarat kecepatan dan cocok digunakan untuk berbagai aplikasi pembuatan desain grafis.
  4. Memilih Ukuran Layar dan Harddisk. Ukuran layar laptop juga penting dijadikan pertimbangan. Pilihlah ukuran yang dirasa nyaman untuk Anda, apakah yang ukurannya sedang sekitar 13 atau 14 inci atau bahkan yang besar 15 atau 17 inci. Sedangkan untuk harddisk, ada baiknya memilih laptop dengan harddisk minimal 500 GB. Masalah besarnya kapasitas penyimpanan akan tergantung dari Anda yang membutuhkannya, jadi sesuaikan dengan kebutuhan file yang akan Anda simpan.
  5. Memilih Merek Laptop. Salah satu tips penting untuk memilih laptop desain grafis adalah merek laptop. Walau tidak selalu menjadi yang utama, tetapi merek laptop juga memiliki peran terhadap kualitas laptopnya. Pilihlah laptop dengan merek yang memang kualitasnya sudah diakui banyak pihak jika memang Anda memiliki dana yang memang sudah dipersiapkan. Tetapi, jika kebutuhan mendesak dengan dana yang terbatas, Anda tetap bisa membeli laptop dengan merek lain tetapi dengan kualitas yang juga tidak begitu jauh jika dibandingkan dengan merek yang sudah sangat dikenal.

Itulah pembahasan dan beberapa tips pintar untuk memilih laptop untuk desain grafis. Semoga bermanfaat dan selalu teliti dalam memilih barang elektronik seperti laptop!

Baca artikel yang lain mengenai Motherboard Untuk Gaming

LEAVE A REPLY

Anal