laptop untuk mahasiswa

laptop untuk pelajar

Laptop Untuk Mahasiswa

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Beli Laptop Untuk Mahasiswa dan Rekomendasi yang Murah

Laptop adalah barang yang sangat penting bagi para mahasiswa karena banyak kegiatan mereka yang bisa dilakukan di laptop seperti untuk membuat tugas sampai membuat skripsi. Setiap laptop memiliki spesifikasinya masing-masing yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Untuk para mahasiswa laptop yang baik untuk dipilih adalah yang spesifikasinya tidak terlalu besar karena kebanyakan hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti menulis atau membuka beberapa program. Maka dari itu laptop untuk mahasiswa harganya murah. Bagi Anda yang bingung bagaimana memilih laptop untuk kuliah maka bisa membaca tips memilih nya disini dan ada juga rekomendasi laptop terbaik untuk kuliah.

Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Memilih laptop untuk mahasiswa lebih mudah dibandingkan untuk para gamers atau perusahaan karena tidak harus memilih yang mahal dan spesifikasinya tinggi. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih laptop bagi mahasiswa.

  • Pilih yang Spesifikasinya Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhannya. Kepada jurusan yang Anda pelajari. Jika Anda adalah mahasiswa dalam jurusan multimedia maka membutuhkan laptop yang jumlah RAM-nya besar, yaitu minimal 4 GB. Sedangkan, jika Anda memiliki jurusan yang hanya membutuhkan laptop untuk menulis maka pilih laptop yang spesifikasinya stAndar seperti RAM 2 GB.

  • Perhatikan Budget

Bagi mahasiswa tentu memikirkan budget juga harus dilakukan karena umumnya mahasiswa perlu menghemat pengeluaran apalagi bagi yang tinggal di luar kota dan jauh dari orangtua. Apabila Anda bukan orang yang memiliki uang banyak maka bisa membeli laptop yang harganya 3 jutaan atau bisa juga membeli laptop bekas. Hal ini tidak masalah asalkan laptop bekasnya yang masih bagus kalau bisa yang baru sebentar dipakai dan yang hanya digunakan untuk kegiatan ringan.

  • Perhatikan Desain Laptop

Untuk seorang mahasiswa pastinya membutuhkan jaringan internet untuk mengerjakan tugas. Jika Anda termasuk orang yang selalu pergi ke tempat lain untuk mencari wifi maka pilih laptop yang desainnya sederhana dan ringan agar bisa dibawa kemana-mana.

Anda bisa memilih notebook ukuran layar 10 – 11 inci. Jika ingin bergaya mungkin Anda bisa membeli laptop yang berwarna-warni atau yang desainnya agak futuristik.

  • Pilih yang Bisa Digunakan Multitasking

Multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus beberapa program sekaligus mungkin akan sering dilakukan oleh mahasiswa. Maka dari itu Anda harus mencari laptop yang bisa bekerja dengan baik meski digunakan untuk multitasking dalam waktu yang lama. Misalnya laptop yang bisa untuk mengakses internet sekaligus mendengarkan musik, dan membuka dua program. Semakin banyak kegiatan yang harus Anda lakukan sekaligus maka harus semakin besar RAM yang dipilih, begitu juga dengan prosesor, dan harddisk-nya.

  • Beli yang Bergaransi

Jika Anda membeli laptop baru maka harus pilih yang bergaransi karena membuktikan bahwa produk ini berkualitas. Dengan hal ini juga Anda bisa langsung membawanya ke tempat Anda membeli laptop jika ada yang rusak, tidak perlu datang ke tempat service yang sudah pasti membutuhkan uang.

  • Pilih yang Sudah Pre Installed Windows

Agar tidak bermasalah nantinya Anda harus membeli laptop yang telah menggunakan sistem operasi Windows yang asli, jangan yang mendownload dari situs karena nanti akan ada masa berakhirnya. Jika demikian Anda harus menginstall Windows kembali dengan yang baru. Hal ini akan merepotkan jika Anda memiliki banyak data atau file karena harus memindahkannya ke tempat lain supaya tidak terhapus, terutama bagi file yang penting.

  • Jangan Beli Online

Memang ada banyak sekali situs jual beli online yang menjual laptop tapi Anda tidak bisa melihat barangnya langsung hanya berdasarkan gambar dan deskripsi. Kadang hal ini tidak benar sehingga akan membuat Anda merasa menyesal nantinya. Lebih baik langsung datang ke tempat jual laptop resminya supaya Anda bisa bertanya-tanya dan langsung melihat laptop yang akan dibeli. Anda bisa menyimpulkan apakah laptop yang akan dibeli layak atau tidak, dan cocok atau tidak dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Laptop Terbaik untuk Kuliah

Setelah membaca tips memilih laptop untuk mahasiswa atau kuliah selanjutnya ada rekomendasi mengenai laptop terbaik untuk kuliah. Apabila Anda bingung memilihnya maka bisa coba memilih laptop yang ada di daftar-daftar di bawah ini.

  • Apple MacBook Pro

Jika Anda memiliki budget yang banyak tidak ada salahnya untuk memilih laptop ini sangat baik. Laptop ini memiliki Retina Display yang bisa lebih menjaga penglihatan Anda. Laptop ini cocok bagi Anda yang memang sering sekali menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas.

Laptop ini menggunakan prosesor jenis Intel Core i5 2.60 GHz, salah satu jenis processor tinggi yang kecepatannya bagus. Memori yang digunakannya adalah sebesar 512 GB dan RAM 8 GB. Untuk layarnya beresolusi 2560 x 1600 pixels yang artinya sangat jernih dan tajam.

  • HP ProBook 450 G1

Ini adalah laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan sebuah laptop minimalis. Laptop ini bisa menjalankan Microsoft Word dengan baik. Prosesor yang digunakannya adalah Intel Core i3 2.4 GHz dengan memori HDD sebesar 500 GB dan RAM 4 GB. Untuk layarnya beresolusi 1366 x 768 pixel yang lumayan jernih. Jenis Windows 7 yang digunakannya adalah home premium 64 bit. Laptop ini menyediakan port untuk DVD+ dan -RW.

  • Asus Chromebook C300MA-DB01

Asus merupakan laptop yang paling bagus dan untuk jenis chromebook ini memiliki rating yang tinggi. Cocok dipilih oleh Anda yang ingin laptop berkualitas. Akan tetapi laptop ini hanya lebih cocok untuk Anda yang sering mengerjakan tugas ringan seperti menulis dan membuka beberapa tab di internet.

Kelebihan yang dimiliki oleh laptop ini adalah baterainya bisa bertahan selama 10 jam jika diisi full. Maka dari itu cocok dipilih bagi Anda yang sering membawanya ke tempat-tempat untuk mendapatkan wifi yang tidak ada tempat untuk mencolokkan baterainya. Layar laptop ini lumayan besar, yaitu 13 inci HD.

  • Acer Aspire ES1-421

Harga laptop ini lumayan murah, yaitu 3.7 juta rupiah tapi spesifikasinya lumayan baik. Anda bisa melakukan kegiatan komputasi dengan lancar karena prosesor yang digunakannya adalah AMD A4 Quadcore. Kemudian, kapasitas RAM-nya adalah 2 GB. Kelebihan lain yang dimiliki laptop ini adalah hemat daya meski prosesornya sangat bertenaga. Fitur lain yang dimilikinya adalah kamera, bluetooth, wifi, dan tempat menjalankan DVD dan CD RW.

Jika ingin merek lain yang spesifikasinya hampir sama begitu juga dengan harganya maka Anda bisa cari laptop HP 14-af118AU.

  • Toshiba Satellite C55D

Apabila Anda mahasiswa di jurusan yang memerlukan penginstalan banyak program maka bisa memilih laptop ini karena memiliki harddisk sebesar 1 TB, belum banyak laptop dengan kapasitas harddisk sebesar ini apalagi yang harganya lumayan murah. Ukuran laptop ini lumayan besar karena memiliki layar 15.6 inci LED.

Prosessor yang digunakannya adalah AMD A8 Quadcore yang dikombinasikan dengan Rodeon R5 VRAM 2 GB. Dengan kombinasi ini, kegiatan komputasi Anda akan berjalan dengan lancar. Harga laptop ini hanya 4.4 juta rupiah.

Demikianlah informasi mengenai tips memilih laptop bagi mahasiswa dan rekomendasi laptop terbaiknya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, dan cukup.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Merawat Laptop

LEAVE A REPLY