LCD Laptop Rusak

Kerusakan LCD Laptop

LCD Laptop Rusak

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mengatasi LCD Laptop Rusak dengan Langkah Mudah

Semua bagian dari sebuah laptop rentan mengalami kerusakan. Baik hardware maupun softwarenya, termasuk LCD atau layarnya. Jika software yang bermasalah mungkin bisa mudah diselesaikan karena bisa mendownload yang baru, tapi bagaimana dengan LCD? Artikel ini akan membahas bagaimana caranya mengatasi layar LCD laptop yang rusak.

Macam-macam Kerusakan LCD Laptop

Layar tentunya merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah laptop. Oleh karena itu jika mengalami kerusakan akan mempengaruhi kinerjanya. Meski kadang tidak berdampak secara langsung terhadap software atau hardware yang lain tapi tetap mengganggu. Kerusakan LCD ini bisa terjadi karena banyak hal, jenis-jenis kerusakannya juga ada banyak. Apa saja jenis kerusakannya? Di bawah ini ada daftar berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada layar LCD laptop.

  1. Layar Pecah

Benda apa saja yang memiliki layar LCD pastinya rentan mengalami kerusakan, begitu juga dengan laptop. Untuk kerusakan satu ini tentunya sudah bisa dilihat secara jelas. Selain pecah pada bagian luarnya, masalah seperti ini juga bisa menyebabkan kerusakan lainnya yang semakin mengganggu seperti adanya bagian yang menjadi hitam.

Layar yang pecah sedikit lama kelamaan juga bisa menjadi lebih parah dan menyebar ke bagian yang lain. Penyebab layar pecah bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satu yang sering karena jatuh atau terbentur.

  1. Adanya Goomy

Anda belum tahu apa itu goomy? Istilah ini bisa diartikan juga sebagai bercak putih. Bagian ini memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan bagian dari LCD yang lain. Sebenarnya goomy bukan masalah yang besar karena biasanya bentuknya kecil seperti titik. Akan mengganggu jika sudah menjadi lebih besar dan banyak. Namun agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan maka lebih baik langsung periksakan kondisi ini ke service centernya.

  1. LCD Bergaris

Selain pecah, LCD bergaris juga yang paling sering terjadi. Biasanya garis yang terbentuk kebanyakan horizontal tapi ada juga yang vertical. Kerusakan ini akan bersifat permanen jika tidak dibetulkan karena berhubungan dengan bagian software yang tidak terlihat. Saat pertama biasanya garisnya akan pendek dan tipis tapi selanjutnya bisa membesar bahkan memenuhi LCD sampai tidak terlihat.

  1. LCD Bergoyang

Kerusakan LCD seperti ini mirip dengan gambar pada TV jika antenanya bergoyang atau bergeser. Apabila hal ini terjadi pada laptop Anda pastinya visual yang ditampilkan di dalam layar akan terlihat bergetar dan bisa membuat pusing. Biasanya masalah ini akan terjadi jika Anda terlalu banyak membuka tutup laptop.

  1. LCD Menjadi Blank

Jika kerusakan-kerusakan di atas bisa dibilang tidak terlalu masalah jika masih tahap sedikit rusak. Masalah ini salah satu yang paling mengganggu karena Anda tidak bisa melihat apa pun di layar selain warna hitam, putih, atau warna lain. Jika kerusakan-kerusakan di atas terjadi Anda masih bisa melakukan kegiatan karena masih bisa melihat yang ada di layar. Namun jika layar blank Anda akan sangat repot.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa hal ini bisa terjadi jadi jangan langsung menggantinya tapi coba bongkar dulu kemudian lepaskan kabel-kabelnya. Jika tidak bisa baru bisa langsung diganti.

  1. LCD Mati

Ini tentu kerusakan layar laptop paling fatal, lebih fatal dari sekadar blank. Oleh karena layar sama sekali tidak menyala. Penyebab terjadinya masalah ini bisa karena dead pixel bagian layarnya rusak.

  1. Ada Tampilan Artifact

Ini adalah masalah terakhir yang biasanya terjadi pada LCD laptop, tapi jarang ditemukan. Kerusakan ini akan membuat layar LCD menampilkan sebuah tampilan bentuk yang besar dan hampir memenuhi keseluruhan layar hingga menutupinya.

Itulah berbagai kerusakan atau masalah-masalah yang biasa terjadi pada layar LCD. Jika sudah ada kerusakannya maka Anda harus tahu bagaimana cara memperbaikinya agar masalahnya segera selesai. Pembahasannya ada di bawah ini.

Cara Memperbaiki LCD Laptop Rusak

Di atas sudah Anda pembahasan mengenai apa saja masalah yang biasa terjadi pada layar LCD laptop. Sekarang ada pembahasan mengenai cara memperbaikinya.

Sebenarnya memperbaiki layar LCD ada banyak caranya, sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakannya. Jika masalahnya hanya berupa ada bintik hitam dan bintik putih kecil, dan layar sedikit bergaris atau kerusakan kecil lainnya. Namun jika sudah mati dan pecah maka Anda harus menggantinya meski memang belum begitu parah. Kenapa?

Layar LCD memiliki beberapa lapisan dari yang paling luar sampai dalam. Biasanya yang terkena karena pecah adalah bagian LCD Matrix yang letaknya ada di tengah-tengah. Bagian ini juga memiliki beberapa lapisan lainnya salah satunya bernama kristal cair. Komponen ini lah yang akan mengalami tekanan dan benturan sehingga layar pecah. Nah, lapisan ini sangat sulit diperbaiki kecuali oleh perlengkapan-perlengkapan yang mendukung.

Agar lebih mudah maka lebih baik diganti dengan layar LCD baru yang sama dengan ukuran LCD yang laptop Anda gunakan. Jika tidak bisa gunakan yang bekas juga tapi pastikan bentuk layar, posisi lubang baut, dan jenis video connectornya sama dengan yang rusak. Biaya untuk perbaikan ini tergantung dengan ukuran layarnya.

Jika yang kecil seperti 10 inci mungkin hanya sekitar 200 ribu rupiah untuk yang bekas dan harga baru sekitar 300 ribu rupiah ke atas. Sedangkan untuk layar LCD berukuran 14 inci yang baru harganya sekitar 750 ribu rupiah ke atas.

Cara memperbaiki lainnya adalah jika layar Anda bergaris. Jika kerusakan ini terjadi bisa saja tidak terlalu parah tapi tetap mengganggu makanya lebih baik diperbaiki meski masih sedikit. Cara memperbaikinya bisa dengan empat cara, yaitu melakukan update driver VGA, memeriksa VGA, RAM dan hard disk, memeriksa kabel fleksibel layar, dan menggunakan pixel repairer.

Memperbaiki dengan mengupdate driver VGA adalah cara pertama yang bisa dilakukan. Adanya garis pada layar bisa disebabkan karena driver VGA yang lama tidak sinkron dengan program-program yang terbaru. Cara untuk memperbaikinya tentu saja hanya dengan mengupdate drivernya. Ini adalah cara yang paling mudah.

Kemudian kenapa harus memeriksa kabel fleksibel layar? Alasannya karena kabel fleksibel layar berguna untuk menghubungkannya dengan motherboard. Terkadang kabel ini kendur sehingga memengaruhi layarnya. Makanya Anda harus memeriksanya dulu agar tahu apa masalah yang terjadi. Pertama coba hubungkan laptop Anda menuju layar monitor eksternal dan jika masih muncul berarti bukan kabelnya yang rusak.

Langkah terakhir menggunakan pixel repairer yang merupakan software untuk mendeteksi dead pixel di laptop. Dead pixel dapat terjadi karena laptop Anda mengalami cacat bawaan. Bukan hanya untuk mendeteksinya, pixel repairer juga bisa memperbaikinya dengan mudah sehingga layarnya tidak perlu dibongkar.

Langkah-langkah memperbaiki layar yang mengalami masalah ini dengan pixel repairer adalah sebagai berikut.

  • Download softwarenya kemudian jalankan programnya di laptop Anda.
  • Selanjutnya klik menu Repair dan klik Add dengan tujuan melakukan pengaturan dan menambahkan area perbaikan.
  • Kemudian drag kotak repairnya ke tempat dimana dead pixel berada.
  • Pilih mode konfigurasi repairnya yang sesuai dengan masalah.
  • Kemudian pilih ukuran pada menu Tuliskan ukuran yang mencakup area dari dead pixel tersebut.
  • Kemudian atur frekuensi, biasanya diubah menjadi 60 Hz.
  • Pilih Add kemudian tambahkan area repairnya. Setelah itu software akan mulai memperbaiki.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam kerusakan dan cara memperbaiki layar LCD laptop Anda. Semoga dengan bantuan artikel ini masalah Anda bisa terpecahkan.

Baca artikel yang lain mengenai Perbandingan Merk Laptop

LEAVE A REPLY