Masalah pada Komputer Server

masalah yang sering terjadi pada server

Masalah Pada Komputer Server

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mengatasi Masalah Pada Komputer Server agar Bisa Bekerja Lancar

Bagian Anda sangat mengenal komputer pasti sudah mengetahui apa itu komputer server. Sedangkan jika anda tidak memiliki pengetahuan mengenai komputer mungkin hanya pernah mendengarnya, tapi tidak mengetahuinya. Komputer server biasanya ada di sebuah tempat yang memiliki banyak pengguna seperti di kantor, warnet, sekolah, kampus, dan tempat lain yang memiliki banyak komputer. Komputer server ini menjadi tempat untuk menyediakan service bagi jaringan internet dan intranet ke client atau komputer lain. Bagian ini akan bekerja tanpa henti selama 24 jam.

Komputer server harus mempunyai sistem operasi yang baik dan didesain khusus untuk menjadi server. Apabila ada kesalahan maka komputer server akan mengalami masalah

Ada beberapa masalah yang terjadi pada komputer server. Agar tidak mengalaminya tentu saja harus diatasi. Pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai masalah yang terjadi pada komputer server dan cara mengatasinya.

Masalah-masalah yang Sering Terjadi Pada Server

Oleh karena menjadi penghubung antar komputer satu dengan komputer lainnya, komputer server akan mudah mengalami masalah jika sudah lama digunakan. Berikut ini beberapa masalah-masalah yang mungkin atau bisa terjadi pada bagian komputer server.

  • Putusnya Jaringan karena Adanya Kegagalan Kabel Jaringan

Masalah ini akan terjadi apabila kabel jaringan putus sehingga akan mempengaruhi semua komputer yang ada dalam satu jaringan dengan komputer server ini. Putusnya kabel bisa karena digigit tikus. Ini adalah hal yang sering terjadi.

  • Ada Kegagalan Piranti Jaringan

Piranti jaringan juga akan mengalami banyak sekali masalah. Contohnya saja kegagalan switch di komputer atau kegagalan NIC-lan card. Dengan demikian internet tidak bisa diakses oleh komputer yang lain.

  • Sering Gagal Server

Gagalnya server merupakan kondisib yang akan membuat server tidak dapat melayani client. Hal ini bisa saja terjadi apabila meski koneksi LAN aktif. Ada banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Antara lain, harddisk terserang virus atau bad sector, dan jika server terlalu sibuk server terlalu sibuk yang akhirnya kapasitas server melebihi batas seharusnya.

  • Ikon LAN Tidak Berkedip

Apabila komputer server digunakan sebagai penghubung jaringan internet ke komputer lain maka bisa saja suatu saat nanti ikon LAN tidak berkedip. Apabila hal ini terjadi artinya pada bagian hardware LAN terdapat masalah. Penyebabnya antara lain konektor LAN-nya tidak terpasang dengan baik atau bagian switch rusak.

  • Bagian Switch dan Hub Rusak

Switch dan HUB adalah bagian atau perangkat keras yang paling penting dari sebuah jaringan LAN. Kedua bagian ini akan menjadi penghubung server dan komputer client. Apabila rusak tentu saja komputer server tidak bisa mengirimkan sinyalnya kepada komputer lain.

  • Konektor Jaringan dan Kabel Rusak

Apabila terdapat masalah ini maka jaringan LAN tidak akan bisa bekerja dengan baik. Ini sebenarnya masalah yang terjadi dan sederhana. Agar bisa mendeteksi kerusakan pada bagian ini maka anda harus cek jaringannya dengan LAN tester. Ada banyak hal yang mempengaruhi kerusakan pada kabel antara lain konektornya lepas, saat menyusun kabel ada kesalahan, kabel terjepit, kabel kualitasnya sudah tidak baik, dan kabel digigit hewan pengerat.

  • Transmisi Data Prosesnya Menjadi Lambat

Hal ini bisa terjadi karena proses autentifikasi dan koneksi lambat sehingga mengakibatkan hal yang sama pada proses transmisi data. Hal ini bisa terjadi karena server yang terlalu sibuk dan penuh sehingga arus data jadi padat, akibatnya proses transfer pun melambat.

  • Kegagalan Sistem

Ini salah satu hal yang sangat fatal. Hal ini bisa terjadi karena ada masalah pada bagian DHCP server yang akhirnya membuat client tidak dapat menerima alamat IP. Penyebab lainnya adalah ada masalah di bagian sistem directory service.

  • Tidak Bisa Melakukan Sharing Data

Hal ini bisa saja terjadi jika IP yang digunakan oleh komputer server anda sama dengan komputer lainnya, jika demikian maka anda harus mengganti IP. Penyebab lainnya adalah kegiatan sharing komputer masih belum diaktifkan (disable).

  • Koneksi Lambat

Hal ini bisa terjadi jika terlalu banyak PC yang disaring lewat satu komputer server. Supaya hal ini tidak terjadi maka anda harus menggunakan bandwidth management.

  • Koneksi yang Terputus-putus

Hal ini bisa terjadi karena kualitas komputer server Anda menurun atau ada masalah pada bagian kabel-kabel.

  • Terkena Virus

Apabila virus menyerang jaringan komputer server anda maka virus akan membuat sistem jaringan menjadi kebanjiran traffic yang akhirnya bisa tertular ke jaringan komputer lain yang terhubung dengan server anda. Jika hal ini terjadi maka kinerja dari sistem jaringan akan melambat. Maka dari itu Anda harus menginstal antivirus pada komputer anda.

Itulah dia apa saja masalah-masalah yang bisa terjadi pada komputer server. Selain hal-hal ini tentu masih banyak masalah lainnya.

Cara Mengatasi Masalah Komputer Server

Anda sudah tahu mengenai masalah-masalah apa saja yang bisa terjadi pada komputer server. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

  • Apabila ikon LAN tidak berkedip maka cara untuk mengatasinya adalah coba untuk mencabut kemudian menghubungkannya kembali. Lalu lakukan pemeriksaan juga pada bagian switch, HUB, dan perangkat keras lainnya.
  • Apabila LAN tidak muncul maka cara mengatasinya adalah melakukan perbaikan atau mengulang proses pemasangan network wireless adapter. Bisa juga dengan cara menginstal ulang driver adapter network supaya LAN bisa berjalan kembali.
  • Cara mengatasi apabila ada kerusakan pada bagian switch dan HUB adalah melihat bagian lampu indikatornya, apabila menyala artinya bagian switch dan HUB yang mengalami masalah. Ini adalah cara yang paling mudah. Jika tidak berhasil maka anda harus memperbaikinya.
  • Cara mengatasi jika ada kerusakan pada konektor jaringan dan kabel adalah dengan melakukan pendeteksian dulu dengan menggunakan LAN server. Dengan melakukan pemeriksaan ini anda akan tahu apakah memang kerusakan terjadi karena kabel atau bukan. Mengenai penyebab kerusakannya sudah dibahas tadi kerusakannya sudah dibahas tadi, sekarang baru cara mengatasinya. Cara termudah jika memang sudah diketahui kabel menjadi masalahnya adalah dengan mengganti kabel yang rusak dengan yang baru. Anda perlu menghubungi teknisi komputer supaya bisa tahu kabel apa saja yang harus diganti.
  • Cara mengatasi proses transmisi data yang menjadi lambat adalah anda harus melakukan pembatasan waktu dalam hal akses informasi agar tidak terlalu banyak komputer yang menggunakannya. Dengan begini pasti proses transmisi datanya bisa lebih cepat. Cara lainnya adalah lakukan upgrade perangkat keras jaringan dan servernya.
  • Cara mengatasi jika terjadi kegagalan server adalah coba dulu untuk mematikan jaringan lalu cek servernya. Apabila sudah dilakukan sekarang Anda harus membersihkan server dari program yang mencurigakan dan malware yang menyerangnya. Cara lain yang lebih mudah adalah melakukan restart server dan koneksi.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan mengenai masalah-masalah pada komputer server dan cara mengatasinya. Semoga Anda berhasil memperbaiki komputer server jika memiliki masalah.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih Hardisk Eksternal

LEAVE A REPLY