membangun data center

cara membuat data center sendiri

Membangun Data Center

Blog about all latest PC & tech related news and info

Praktisnya Membangun Data Center dengan Active Directory

membangun data center

Membangun data center layaknya seperti membangun aset yang pasti akan berguna untuk berbagai keperluan pendataan. Terutama dalam memudahkan pencarian informasi untuk kepentingan akan adanya data-data yang tercatat dengan cermat pada komputer server Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membangunnya terlebih dahulu untuk selanjutnya bisa dimanfaatkan secara optimal. Tidak hanya untuk perusahaan besar tapi juga perusahaan kecil yang bergelut dengan berbagai data milik klien.

Itulah sebabnya kali ini kami akan berikan informasi mengenai bagaimana cara membuat data center sendiri dalam sebuah data center agar bisa dimanfaatkan oleh sebuah institusi, perusahaan atau bahkan organisasi sebagai pusat data. Ibarat sebuah server yang memiliki banyak data dari banyak pengguna dengan keragaman kategori. Tentunya disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan atau bisa jadi yang dianggap penting dalam pusat data ini.

Pernah dengar tentang active directory? Ya, inilah yang akan kita gunakan untuk keperluan pembuatan data center ini. Sebuah layanan direktori yang dimiliki oleh sistem operasi jaringan Microsoft Windows Server yang memang khusus digunakan oleh komputer-komputer server. Di antaranya ialah Windows server 2008 yang akan kita gunakan untuk pembangunan data center kali ini. Itulah sebabnya yang harus Anda lakukan hanyalah mengaktifkan active directory-nya saja.

Langkah untuk Persiapan Membuat Data Center Sederhana

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka “Server Manager”. Fasilitas ini memungkinkan untuk melakukan pengaturan serta mereka-reka konfigurasi pada windows server 2008 yang akan Anda gunakan. Caranya ialah dengan klik “Start” selanjutnya pilih “Administrative Tools”, lalu pilih “Server Manager”. Anda tinggal pilih “Roles”. Nantinya akan muncul beberapa pilihan, Anda bisa ceklis “Active Drectory Domain Service” yang selanjutnya akan kita singkat sebagai “ADDS”. Terakhir pilih “Next” untuk melanjutkan langkah konfigurasi Wizard sebagai hal wajib yang harus dilakukan untuk proses instalasi pembuatan domain service ini.

Dalam tahapan instalasi ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

  • Anda membutuhkan setidaknya 2 domain untuk tersedianya redudansi server ketika melakukan pekerjaannya.
  • ADDS membutuhkan keberadaan DNS. Itulah sebabnya jika Anda belum menginstalnya maka akan ada permintaan untuk melakukan instalasi. Jika Anda sudah menginstalnya maka Anda hanya cukup menjalankan dcpromo.exe untuk melakukan up grade pada domain controller.
  • Instalasi ADDS secara bersamaan juga akan memasang DFS Namespace, DFS (Directory Federation Service) replikasi, filer replikasi, serta layanan lain yang dibutuhkan oleh direktori.
  • Jika semua sudah ok maka klik install untuk menginstal ADDS ini.

Jika proses instalasi sudah berhasil dilakukan, nantinya akan keterangan “Installation Succeeded”. Andapun berhasil menginstal ADDS dengan baik.

Proses Instalasi Active Directory

Langkah berikutnya ialah dengan mengklik “Start” pilih “Run”, lalu ketikan “dcpromo”, jika sudah klik “Ok” untuk masuk pada proses instalasi ADDS. Jika Anda sudah melihat kotak dialog yang di dalamnya terdapat kalimat berikut: “ Welcome to the active Directory Domain Service Installation Wizard”.

Cukup centang pada kalimat “Use advance mode Installation”, dan klik “Next”. Setelah itu, Anda akan melihat pemberitahuan mengenai kompatibilitas pada sistem operasi sebelum versi wondows server 2008. Hal ini terjadi jika memang terjadi peningkatan dari sisi security, lalu klik “Next”.

Pengkategorian Domain

Konfigurasi selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi pembuatan domain dengan memasukan beberapa pilihan kategori yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam pembangunan data center ini. Akan ada beberapa pilihan yang akan muncul pada komputer Anda, yaitu “Exiting Forest” dan “Create New Domain a New Forest”.

Karena yang Anda buat adalah domain baru maka centang pilihan tersebut, lalu klik “Next”. Selanjutnya Anda isi dengan nama dimain yang akan Anda gunakan lalu klik Next. Jangan lupa untuk mengisi domain Net BIOS Name dengan nama domainnya tanpa “.com”. Klik “Next”. Selanjutnya akan muncul “Set Forest Functional Level” Anda pilih sesuai dengan Windows yang digunakan. Karena kali ini yang digunakan adalah Windows 2008 maka pilih “Windows 2008”, lalu klik kembali “Next”.

Selanjutnya Anda akan masuk pada “Additional Domain Controller Option”. Pada bagian ini cukup memberi centang “DNS Server”, lalu klik “Next”. Pilih “Yes, the computer will use a dynamically assigned IP address” dan klik “Yes”.

Jika sudah sampai tahap ini hanya tinggal menentukan lokasi penyimpanan file-file yang merupakan data base, termasuk Log, dan Sysvol. Anda bisa pilih “default”, lalu klik “Next”. Isikan Password yang akan digunakan. Sebelum melakukan pengecekan ringkasan semua konfigurasi dalam 1 task bar, lalu klik “Next” Tunggu proses instalasi hingga pilihan terakhir untuk “Reboot on completion”, maka selesailah proses instalasi active directory ini.

Itulah tutorial praktis yang bisa dilakukan untuk membangun data center dengan menggunakan active directory. Saatnya Anda mencobanya sendiri dengan komputer dan data base yang Anda miliki untuk komputer server. Selamat mencoba!

Berikut ini adalah video pengenalan Active Directory dari “Eli The Computer Guy” YouTube semoga bisa memperjelas apa yang sudah dijelaskan di atas.

Baca artikel yang lain mengenai UPS Komputer

LEAVE A REPLY

Anal