Membeli Komputer Server

Memilih Komputer Server

Membeli Komputer Server

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Sebelum Membeli Komputer Server agar Tidak Salah Pilih

Komputer server harus dipilih dengan teliti dan hati-hati karena perannya sangat penting. Komputer server menjadi otak dari jaringan komputer lain yang menjadi client-nya sehingga harus dipilih yang berkualitas dan bagus agar tidak mengalami masalah. Jika komputer server bermasalah maka komputer lain yang terhubung akan mendapatkan masalah juga. Tentu hal ini akan sangat merepotkan.

Apabila Anda belum bisa menentukan bagaimana cara menentukan komputer server yang bagus maka bisa mengikuti tips yang akan diberikan di sini.

Cara Memilih Komputer Server yang Bagus

Komputer server dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk kantor, warnet, sekolah, atau keperluan lainnya. Apabila Anda masih bingung mengenai hal ini, ikutilah tips-tips memilih komputer server yang bagus di bawah ini.

Tiga hal paling utama yang harus ada pada sebuah komputer server adalah menggunakan prosesor yang cepat, kapasitas harddisk dan RAM harus besar, dan server harus bisa beroperasi 24 jam sehari. Selain hal ini perhatikan juga hal-hal sebagai berikut.

Anda harus tahu dulu apa saja jenis server yang ada karena setiap server punya kemampuan yang berbeda.

Pemilihan server harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini jenis server terdiri atas empat buah, yaitu value server, midrange server, blade server, dan enterprise server. Setiap jenis ini ada yang cocok dan tidak cocok digunakan untuk beberapa kebutuhan.

Value server adalah jenis yang paling rendah atau entry level server. Oleh karena itu hanya bisa digunakan untuk sedikit komputer, maksimal 10 buah. Spesifikasi yang dimilikinya adalah kapasitas RAM hanya 2 GB, menggunakan single processor, dan kapasitas hardisk-nya minimal 1 TB. Komputer server ini cocok dipilih untuk digunakan di warnet, laboratorium komputer, dan kantor yang kecil.

Kemudian ada midrange server yang sedikit lebih tinggi kelasnya dibandingkan yang pertama dibahas. Spesifikasinya adalah memiliki kapasitas RAM 8 GB, menggunakan 2-4 processor AMD atau Intel Xeon, dan seringnya lebih dari 1 storage drive. Server ini cocok digunakan oleh tempat yang memiliki 20 sampai 100 komputer karena kemampuannya yang baik sekali.

Untuk blade server memiliki keunikan tersendiri, yaitu tersusun rapi dalam sebuah rak khusus yang terintegrasi. Di dalam rak itu harus terdapat power supply, pendingin dan komponen blade server lainnya. Server ini memiliki kecepatan yang sangat baik karena dapat mendukung ratusan jumlah processor.

Terakhir, ada enterprise server yang kemampuannya paling tinggi sehingga bisa digunakan oleh perusahaan yang sangat besar. Semua pekerjaan berat dan banyak bisa lancar dilakukan. Spesifikasi yang dimiliki server ini adalah sistem operasinya bukan lagi menggunakan windows tapi unix atau Linux, menggunakan 4-8 prosesor yang kecepatannya 32 sampai 63 bit. Perusahaan yang biasa menggunakan komputer server ini adalah stasiun televisi, kantor pemerintahan, perusahaan retail besar, universitas yang mempunyai laboratorium berteknologi tinggi, dan perusahaan penerbangan.

Nah, setelah mengetahui jenis ini maka Anda bisa memutuskan mana yang harus dipilih. Mudah, bukan?

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar mendapatkan komputer server yang bagus adalah sebagai berikut.

  • Memilih Komputer Server dengan Teknologi Terbaru

Jika akan membeli komputer server maka Anda harus membeli yang spesifikasinya terbaru karena sudah pasti jaringan komputer akan terus mengalami perkembangan. Jika Anda membeli komputer server yang dibuat sudah lama tentu saja akan merepotkan jika terdapat perubahan jaringan server. Anda jadi harus membeli komputer server lain dan membangun infrastruktur jaringan kembali. Apalagi jika digunakan untuk keperluan kantor, Anda akan kerepotan memindahkan semua data-data yang ada di dalam komputer server lama.

  • Pilih Server yang Telah Teruji

Agar mendapatkan yang tepat Anda harus mencari banyak informasi mengenai server. Cari informasi mengenai kemampuan dan spesifikasi komputer server yang akan Anda beli. Cari informasi di forum-forum, website review, atau situs belanja online yang memiliki layanan review pembeli. Jika reviewnya bagus-bagus maka komputer server itu layak untuk Anda beli. Jika ada pilihan komputer server yang spesifikasinya mirip maka pilih yang layanan servisnya paling mudah dan baik. Mengenai harga, bisa disesuaikan dengan budget Anda dan menurut keputusan Anda sendiri.

  • Pertimbangkan Kompatibilitas Server dengan Sistem

Jika membeli server untuk kantor maka Anda harus memilih yang sesuai dengan sistem di kantor Anda. Kecanggihan sebuah produk tidak akan menjamin bisa cocok dengan sistem di kantor Anda. Lebih baik juga jika Anda membeli komputer server dengan teknologi terbaru supaya jika akan melakukan upgrade system biayanya murah dan mudah.

  • Pilih Merek yang Bagus

Merk yang bagus adalah yang mampu menawarkan produk-produk terbaik dan telah memiliki banyak pelanggan. Merek-merek ini pastinya sudah dipercaya sejak lama sehingga masih rajin membuat produk-produk terbarunya. Beberapa merek komputer server yang bagus dan terkenal adalah Dell, indorack, asus server, IBM System x Server, HP Proliant Server, dan Fujitsu. Namun, selain merk ini masih ada banyak yang lainnya.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin mendapatkan komputer server yang bagus.

Rekomendasi Komputer Server Terbaik

Jika masih bingung juga apa komputer server terbaik yang bagus, ada rekomendasinya di bawah ini.

  • New Asus Server TS110-E8 Xeon

Ini adalah rekomendasi pertama yang cocok dipakai pada perusahaan kelas menengah. Meski demikian, efisiensi energi dan performanya baik sekali. Server ini menggunakan processor jenis Intel Xeon processor E3-1200 v3 yang mempunyai kelihaian dalam hal ekspansi. Prosessor ini juga performanya dapat diandalkan sehingga mampu mendukung segala kebutuhan bisnis Anda. Semua tugas bisa dijalankan dengan baik.

Kelebihan lain dari prosessornya adalah bisa mengerjakan berbagai program multimedia yang memiliki grafis tinggi. Hardware pelengkap dari komputer server ini adalah Power Supply 80 Plus Bronze yang bisa meningkatkan keawetan daya listrik. Agar terhindar dari virus maka ada fitur keamanannya yang bernama Threat Management.

Selain itu masih banyak kelebihan lainnya.

  • Lenovo ThinkServer TS150

Ini adalah pilihan merek lainnya, tidak kalah baik dari server di atas. Server ini juga cocok dipakai oleh perusahaan kecil dan menengah. Dapat juga dipakai sebagai remote di kantor cabang dan perusahaan retail.

Server ini menggunakan prosessor berjenis Intel Xeon seri E3-1200 v5 yang menggunakan empat core. RAM-nya tipe DDR4 yang dapat dimaksimalkan menjadi 32 GB agar bisa bekerja dengan lebih cepat. Server ini mampu menjalankan berbagai fungsi virtual machine jadi dapat membuat kinerjanya lebih efisien.

Selain efisien dalam hal melakukan tugas, server ini juga efisien daya sehingga Anda dapat lebih hemat. 65 persen bahan server ini berasal dari bahan daur ulang ramah lingkungan. Kelebihan lainnya yang dimiliki server ini adalah menghasilkan suara yang kecil jadi tidak akan berisik. Memori yang digunakannya minimal 8 GB, hard drive-nya sebesar 1 TB.

Demikianlah informasi mengenai tips membeli komputer server dan rekomendasi komputer server yang bagus. Semoga informasi ini cukup dan bermanfaat bagi Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan SSD dan HDD

LEAVE A REPLY