membuat cloud storage di rumah

cara membuat cloud server

Membuat Cloud Storage di Rumah

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mau Tahu Cara Membuat Cloud Storage di Rumah?

Tahukah Anda apa itu cloud storage? Ini merupakan media penyimpanan yang memerlukan jaringan internet dalam pengaksesannya. Misalnya saja begini, Anda adalah seorang desainer, Anda tentu akan membutukan berbagai file berupa font, gambar, flash, file tutorial, dan sebagainya. Untuk memudahkan pengerjaan tersebut, sebaiknya menggunakan media penyimpanan cloud storage. Mengapa? Dengan sloud storage ini Anda bisa mengefisienkan waktu pengerjaan serta tempat dibandingkan dengan media penyimpanan CD atau flashdisk.

Misalnya saja ketika Anda ketinggalan flashdisk atau CD, atau jika media tersebut rusak, tentu akan kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas. Namun, jika data-data tersebut disimpan dalam cloud storage, pastinya bisa mengaksesnya di manapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan internet.

Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi informasi tentang cara membuat cloud server. Membuat cloud server sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengetahui langkah cara membuat cloud server sendiri. Berikut penjelasannya.

Ada banyak penyedia layanan ini. Mereka menggunakan ratusan server untuk menyimpan data-data. Kapasitas media yang disediakan oleh penyedia laanan ini cukup besar. Namun, jika merasa masih kurang, tentunya masih bisa membuat akun baru lagi. Bisa juga mengambil layanan premium dengan membayar tiap bulannya.

Keuntungan dari teknologi ini adalah kemudahan dalam mengakses data. Namun, selain keuntungan, dalam layanan ini terdapat juga kekurangan seperti keamanan dari penimpanan tersebut. Setiap akun yang sudah dilindungi oleh password tentu saja tetap bisa dibuka oleh orang lain, seperti di-hack. Kelemahan lain dari cloud storage adalah saat mengakses data internet harus terus dalam kondisi baik. Jika kondisi internet buruk, Anda tidak dapat mengaksesnya.

Ada banyak media penyimpanan seperti ini yang ditawarkan, seperti Google Drive atau Dropbox. Berikut ini cara membuat cloud storage di rumah dengan dua storage tersebut.

google driveCara Membuat Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan online milik Google. Layanan ini diluncurkan tanggal 24 April 2012. Google Drive merupakan ekstensi dari Google Docs yang mengganti URL docs.google.com menjadi drive.google.com. Layanan ini memberikan layanan penyimpanan gatis sebesar 5 GB. Kapasitas ini rasanya lebih dari cukup untuk penyimpanan data-data yang dimiliki.

Google Drive memiliki keunggulan yang sama seperti pada Dropbox, yaitu pengguna dapat menyinkronkan data melalui sebuah folder khusus yang disebut Desktop Sync Clients. Google Drive juga memiliki berbagai fitur, seperti Gmail, Google Search, dan G+. Untuk membuat akun Google Drive, berikut langkah-langkahnya.

  • Masuklah ke browser kemudian pilihlah Google.
  • Kliklah ikon kotak-kotak kecil di pojok kanan atas, kemudian pilih Google Drive.
  • Setelah muncul tampilan baru, jika memiliki akun gmail maka tidak lagi perlu membuat akun baru. Gunakan saja akun Gmail tersebut. Anda hanya perlu mengisi kolom-kolom yang tersedia. Tapi jika belum memiliki akun Gmail, buatah terlebih dahulu akun Gmail.
  • Setelah muncul tampilan baru, ini artinya sudah masuk ke akun Google Drive. Anda bisa langsung membuat folder dan menyimpan data yang dimiliki tersebut.

dropboxCara Membuat Akun Dropbox

Selain Google Drive, Anda juga bisa menggunakan Dropbox sebagai media penyimpanan online. Dropbox ini hampir sama dengan Googe Drive. Dropbox bisa dikatakan sebagai salah satu cloud hosting yang banyak digunakan oleh pengguna internet seperti blogger, developer, atau yang lainnya. Langkah-langkah untuk membuat akun Dropbox ini antara lain:

  • Bukalah situs Dropbox
  • Isilah data personal Anda dengan lengkap dan beri tanda centang pada kolom “I agree to Dropbox Terms”. Klik Create Acount.
  • Kemudian, download area. Secara otomatis dropbox akan terdownload pada area ini.
  • Mungkin proses download akan memakan waktu beberapa menit. Ini bergantung dari koneksi internet yang dimiliki.
  • Setelah download berhasil, kemudian lakukan penginstalan Dropbox pada laptop atau PC. Bukalah file download, kemudian klik installer-nya.
  • Setelah itu, akan muncul Security Warning untuk proses instalasi. Klik Run, kemudian klik Install.
  • Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa menit.
  • Setelah selesai, tandai kolom “I already have a dropbox account”, kemudian klik Next.
  • Setelah muncul tampilan baru untuk mengisi alamat email dan password, isilah, kemudian klik Next.
  • Pilih kolom free atau gratis kemudian klik Next.
  • Pilih kolom Advanced, klik Next.
  • Simpan folder di lokasi yang diinginkan, kemudian klik Next.
  • Pilih opsi “I want this computer to sync all the folders in my Dropbox”, kemudian klik Install.
  • Untuk melewati halaman iklan, pilih Skip Tour.
  • Akhiri proses instalasi dengan mengklik Finish.
  • Setelah selesai, akan muncul folder Dropbox pada layar laptop dan PC Anda.

Nah, itulah informasi tentang cara membuat cloud storage sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Power Bank Murah Berkualitas

LEAVE A REPLY