Memilih Baterai Laptop

tips membeli baterai laptop

Memilih Baterai Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Baterai Laptop yang Baik dan Tahan Lama

Baterai dalam sebuah laptop memang sangat penting supaya bisa menyala dan digunakan melakukan berbagai pekerjaan. Maka dari itu Anda harus memiliki laptop dengan baterai yang bagus, awet, dan tahan lama. Dengan baterai yang dayanya tidak cepat habis maka jika laptop dibawa kemana pun tidak perlu khawatir. Jika Anda sedang memilih sebuah baterai pengganti untuk laptop Anda maka bisa membaca informasinya di sini.

Bagaimana Memilih Baterai Laptop yang Benar?

Dalam memilih baterai pastikan bahwa disesuaikan dengan laptop dan kegunannya. Jika sering dibawa keluar rumah untuk maka harus benar-benar memilih baterai yang bisa tahan sampai 8 jam, jika ada pilih yang bertahan sampai 12 jam sekalian. Sebelum sampai kepada hal lainnya, pastikan bahwa Anda membeli baterai yang asli agar berkualitas dan mungkin mendapatkan garansi jika rusak.

Jenis baterai untuk laptop ada beragam, meski yang palsu juga ada banyak jenisnya. Usia baterai laptop biasanya 2 atau 3 tahun sehingga harus diganti agar tidak mempengaruhi performa laptop karena biasanya menjadi menurun. Baterai laptop terdiri atas beberapa jenis, ada baterai original, OEM, KW Super, dan KW 1 – 3.

Baterai laptop yang original biasanya bisa dibeli langsung di service centernya laptop langsung. Tentu saja baterai ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga harganya mahal. Namun memang sesuai dengan kualitasnya. Lalu ada baterai EOM atau Original Equipment Manufacturer. Ini adalah baterai asli juga tapi tidak dijual di service center sehingga harganya lebih murah dibandingkan di service center. Dua jenis baterai laptop ini adalah asli.

Nah, untuk yang palsu ada juga jenis-jenisnya, seperti original merek, kompatibel non merk, dan non original. Original merk artinya dibuat pihak ketiga yang masih memberikan garansi, kualitasnya juga tidak terlalu jauh dari yang asli. Lalu, kompatibel non merk dibuat oleh pihak ketiga yang memang tidak memiliki merk tapi ada yang kualitasnya bagus dan harganya hampir sama dengan yang bermerek asli. Terakhir, ada yang palsu. Meski begini tapi banyak orang yang tidak tahu mengenai hal ini jika pedagangnya tidak memberitahu. Tapi ada banyak penjual yang akan memberitahukan Anda bahwa baterai tersebut palsu.

Baterai laptop yang palsuini ada KW Super atau Grade A yang mirip 90 persen dengan yang asli, sedangkan yang Grade B memiliki kualitas yang jelek dan mungkin hanya bertahan sebentar sekali.

Jika sudah tahu mengenai jenis baterai laptop apa saja yang dijual, sekarang mari langsung bahas bagaimana caranya memiliki baterai laptop yang baik. Berikut ini apa saja yang harus diperhatikan.

  • Harga dan Garansi

Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Mengenai harga mungkin bisa disesuaikan dengan kemampuan atau budget Anda. Pastinya harganya akan sesuai dengan kualitas dari baterai yang Anda beli. Lalu mengenai garansi, hal ini akan berguna apabila nanti ada kerusakan yang terjadi. Anda bisa mengembalikan barang dan menggantinya dengan yang baru dan masih bagus atau meminta uang kembali.

  • Spesifikasi Baterai

Pastinya hal ini juga harus Anda pilih dengan benar. Spesifikasi yang harus Anda perhatikan antara lain jenis baterainya, apakah Li-ion, NiMH atau NiCad kemudian jumlah tegangan baterainya, verifikasi mAh, dan produsen pembuatnya.

  • Tipe Baterai

Tipe dan jenis berbeda, tipe baterai biasanya ada dalam bentuk kode. Jika hanya beda satu angka saja maka beda juga tipenya.

  • Bahan Baku Baterai

Ketika membeli baterai pasti Anda diperbolehkan melihat atau membuka kemasannya. Jika seperti ini maka Anda bisa mengetahui mengenai kualitas bahannya atau bahan baku.

  • Tempat Membeli

Anda harus pastikan bahwa tempat Anda membelinya memiliki reputasi yang baik atau memiliki lisensi. Akan lebih baik Anda membelinya langsung di service center resmi laptop Anda.

Itu dia bagaimana caranya memilih baterai laptop yang baik. Jangan asal dan sampai salah membeli.

Rekomendasi Laptop dengan Baterai yang Tahan Lama

Setelah Anda diberikan informasi mengenai bagaimana caranya memilih baterai untuk yang laptop yang baik atau benar sekarang Anda informasi mengenai laptop yang memiliki ketahanan baterai sangat baik atau lama. Berikut ini beberapa rekomendasinya untuk Anda.

  • Lenovo Laptop Thinkpad X240

Laptop ini bentuknya tipis sekali sehingga bobotnya ringan. Laptop dengan sistem operasi Windows 8 ini menggunakan prosesor Intel Core generasi keempat sehingga kinerja laptop ini sangat baik. Konsumsi daya laptop ini memang sangat rendah sehingga baterainya sangat awet.

  • Apple Macbook Air 13 Inci

Ini adalah laptop dari Apple terbaik dalam kehematan dayanya. Bateri laptop ini bisa bertahan selama 12 jam setelah diisi. Sehingga ketika dibawa ke luar rumah Anda tidak perlu membawa charger. Bahkan, jika Anda memutar film bisa bertahan selama 10 jam. Apalagi jika dalam modus siaga bisa sampai 30 hari.

  • Apple MacBook Pro 13 inci Retina Display

Selain memiliki daya tahan baterai yang lumayan tahan lama, laptop ini juga memiliki banyak kelebihan dan teknologi terbaik. Apalagi dengan retina displaynya semakin membuat laptop ini canggih dan patut dimiliki.

  • Acer TravelMate P645-MG-9419

Laptop ini dilengkapi dengan berbagai software terbaik seperti prosesor dengan jenis Intel Core i5-4200U dengan kecepatan 1.6 GHz. Kemudian kapasitas RAM-nya adalah 4 GB dan hard drive 500 GB. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh laptop ini adalah memiliki teknologi ULV atau ultra low voltage yang membuatnya memiliki daya baterai yang tidak boros sehingga tahan lama.

  • Lenovo Yoga 900

Selain sebagai sebuah laptop, produk ini juga bisa dijadikan sebagai tablet dan bisa dijadikan berbagai mode yang sesuai dengan kebutuhan. Layarnya bisa diputar dengan kemiringan 360 derajat. Dengan berbagai spesifikasi yang baik, laptop ini pantas dimiliki. Hemat daya baterai juga.

  • Acer Aspire S7

Acer memang produk yang berkualitas karena dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni, begitu juga dengan laptop ini. Desainnya yang ringan dan tipis lebih mudah dibawa kemana saja. Ketahanan baterainya pun bisa bertahan selama 8.5 jam setelah diisi penuh. Jadi tidak perlu khawatir baterainya habis.

  • Lenovo ThinkPad Carbon X1

Inilah dia seri Lenovo ThinkPad lainnya yang memiliki daya baterai yang tahan lama. Selain kelebihan itu, laptop ini juga memiliki performa yang sangat baik dan memiliki desain elegan dan modern. Cocok dipilih oleh Anda yang sedang mencari laptop canggih dan keren.

  • Dell XPS 13

Ini juga laptop tipis yang daya baterainya mampu bertahan berjam-jam meski digunakan melakukan berbagai hal. Dengan desain ramping dan keren, laptop ini siap membantu Anda melakukan aktivitas yang membutuhkan perangkat terbaik. Prosesor laptop ini menggunakan Intel Core i5, RAM sebesar 8 GB dan kapasitas hard drive 256 GB.

  • Asus Zenbook 3 UX390

Laptop dengan daya baterai yang awet ini menggunakan prosesor terbaru, yaitu Intel Core i7 7500U dengan kecepatan 3.5 Ghz. Meski sangat cepat tapi tidak membuat laptop ini boros baterai. Hard disknya sebesar 512 GB sedangkan memorinya 16 GB.Untuk baterainya berjenis Polymer Battery 6 Cells 40 Whrs.

Demikianlah informasi mengenai tips atau cara memilih baterai laptop yang benar. Ada juga informasi mengenai beberapa laptop yang memiliki baterai dengan daya tahan lama alias irit konsumsi baterai. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Perbandingan Merk Laptop

LEAVE A REPLY